file dan aplikasi tidak berguna bawaan android yang tidak boleh dihapus aplikasi administrator perangkat aktif seperti peramban get apps app market xiaomi

Suatu Ponsel baik android maupun iOS, meskipun baru pertama kali dibeli baik secara seken ataupun dalam kondisi masih baru, pasti sudah tertanam beberapa aplikasi bawaan. Jika perangkat android maka dapat dijumpai beberapa aplikasi bawaan seperti aplikasi GMail, Google, Chrome, Play Store, dan aplikasi lainnya.

Aplikasi bawaan ini biasanya disebut sebagai aplikasi sistem. Aplikasi sistem ini sudah ada sejak pertama ponsel dibeli. Biasanya saat menggunakan ponsel tersebut tentunya ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak begitu penting fungsinya bukan? Nah Aplikasi ini terkadang tidak membantu kita dalam bekerja menggunakan android, justru yang ada malah menuhin memori. Maka tidak heran jika para pengguna ponsel kerap kali gemas ingin menghapusnya.

Aplikasi Bawaan Android Yang Tidak Boleh Dihapus

Meskipun ingin menghapus aplikasi bawaan tersebut, sebenarnya ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dihapus begitu saja karena dapat mempengaruhi kinerja aplikasi lainnya. Berikut beberapa diantaranya.

1. Google Play Service

Jika Anda merupakan pengguna ponsel android, Anda dengan mudah dapat mengunduh aplikasi secara gratis di Google Play Store. Namun ada aplikasi lain yang berkaitan dengan Google Play Store dan tidak boleh dihapus yaitu aplikasi Google Play Service. Meski sebenarnya kita tidak begitu memahami apa fungsi utama dari aplikasi ini, apabila ingin menghapusnya sebaiknya dipertimbangkan lagi karena jika dihilangkan dari perangkat ponsel, maka segala aplikasi yang diunduh dari Google Play Store tidak dapat berjalan alias tidak dapat digunakan.

Google play service ini terpasang secara default di semua ponsel android dan merupakan aplikasi yang berisi kumpulan command perintah, fungsi dan protokol yang diganakan programmer saat membangun aplikasi untuk ponsel android.

Layanan google play service menyediakan fungsi seperti otentifikasi layanan google, sinkronikasi kontak dan akses ke semua pengaturan di android. Google play service memungkinkan ponsel android memperoleh update aplikasi terbaru tanpa harus menunggu pembaruan OS android.

Fungsi google play service yang paling vital adalah untuk sinkronisasi akun google seperti email, google maps, GPS google, dan aplikasi google lainnya.

Google play service merupakan salah satu aplikasi bawaan android yang tidak boleh dihapus dan tidak bisa diuninstall dari ponsel android. Yang bisa dilakukan hanya menonaktifkan dan menghapus update versi aplikasinya namun ini akan berimbas semua aplikasi yang membutuhkan google play service terganggu fungsinya dan tidak bisa berjalan normal.

2. Aplikasi Phone

Tidak semua aplikasi bawaan pada ponsel android yang tidak begitu penting bisa dihapus dengan mudah. Meskipun begitu mudahnya, pasti akan ada hambatan yang terjadi. Nah Aplikasi Phone adalah aplikasi bawaan ponsel.di android yang tidak boleh dihapus. Karena menunjang fungsi utama ponsel sebagai alat komunikasi, aplikasi phone memang berfungsi untuk menerima panggilan. Jadi apabila aplikasi ini dihapus, otomatis segala panggilan yang masuk akan terhambat. Bahkan Anda tidak dapat menerima panggilan telepon sama sekali.

3. Aplikasi Contacts

Aplikasi bawaan lainnya yang tidak bisa dihapus begitu saja adalah aplikasi contacts. Aplikasi contacts ini merupakan aplikasi bawaan pada setiap ponsel baik android maupun iOS. Tentu Anda tahu betul apa fungsi aplikasi ini bukan? Tentu saja untuk menyimpan beberapa nomor kontak orang-orang yang dapat dihubungi. Logikanya, apabila aplikasi contacts ini dihapus, semua data kontak akan hilang dan tidak bisa digunakan.

4. Aplikasi Browser Bawaan

Aplikasi Browser merupakan salah satu aplikasi yang tersedia dalam perangkat telepon baik android maupun iOS. Perangkat telepon memiliki browser sebenarnya sangat berguna untuk melakukan browsing segala informasi yang kita butuhkan. Sebenarnya, jika Anda ingin menghapus aplikasi browser ini sah-sah saja. Karena dalam google play store pun dapat Anda jumpai dengan mudah aplikasi browser lainnya. Namun harus dipahami bahwa tidak semua aplikasi browser pada market apps berjalan lancar seperti browser bawaan.

5. Aplikasi Email

Aplikasi lainnya yang tidak boleh dihapus adalah aplikasi e-mail. Email merupakan elektronik mail yang biasanya bermanfaat dalam proses pendaftaran sekolah, kuliah atau pekerjaan. Apabila mendaftar lowongan pekerjaan secara online, biasanya menyertakan email. Mendaftar beberapa jenis hal penting seperti sekolah online pun menggunakan email sehingga tida boleh dihapus.

Cara Mematikan Administrator Perangkat Android

Cara Mematikan Administrator Perangkat Android

Canggihnya perkembangan ponsel masa kini menjadikannya tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga mampu berguna sebagai alat bisnis. Android merupakan salah satu jenis ponsel yang begitu populer di kalangan masyarakat saat ini dengan berbagai fitur. Salah satu fitur yang bisa anda rasakan yakni adanya administrator pada ponsel android anda. Di mana fitur ini berfungsi sebagai jaminan keamanan bagi tiap-tiap ponsel android.

Untuk dapat memasang beragam aplikasi selain aplikasi bawaan pada android, anda harus mematikan administratornya untuk dirubah dalam sesi izinkan. Barulah perangkat android anda mampu memasang berbagai macam aplikasi selain aplikasi bawaan. Hal demikian juga berlaku bagi android anda apabila ingin menghapus aplikasi system namun terhalang oleh adanya administrator yang masih aktif ini.

Untuk dapat melepas aplikasi system yang barangkali tidak begitu penting fungsinya, gimana sih cara mematikan administrator perangkat android? Di bawah ini kami bahas secara lengkap.

1. Buka Menu Setelan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk dapat mematikan administrator pada perangkat android adalah dengan mengaktifkan administrator pada sistem androidnya. Maka, langkah paling awal adalah dengan masuk ke menu setelan atau settings.

2. Nonaktifkan Administrator Perangkatnya

Selanjutnya, apabila anda sudah masuk ke menu setelan, maka langsung bisa menonaktifkan administrator perangkatnya. Gimana caranya? Caranya adalah dengan memilih opsi dalam setelan berupa tulisan keamanan. Kemudian dalam opsi keamanan tersebut juga terdapat banyak sekali pilihan, maka kamu klik saja administrator. Selanjutnya, kamu baru akan sampai pada topik utama berupa mematikan administratornya. Begitu selesai menonaktifkan administratornya, kamu tinggal pergi ke aplikasi yang akan diuninstall. Maka semula aplikasi tersebut tidak bisa diuninstall, kini dengan mudah dapat dilepas.

Resiko Mematikan Administator Perangkat Android

Nah! Sampai pada langkah di atas, sudah selesai mematikan administrator pada android. Kemudian apabila kamu telah sepakat akan menonaktifkan administrator yang terdapat dalam perangkat android, maka kamu harus siap atas berbagai macam kemungkinan serta resiko yang akan terjadi. Di antara hal-hal yang mungkin saja terjadi apabila kamu menonaktifkan administrator perangkat adalah sebagai berikut:

1. Adanya Pencurian Data

Salah satu resiko dari adanya penonaktifan administrator dari perangkat android anda, yakni bahwa perangkat anda apabila menyimpan data-data pribadi akn sangat mudah dicuri. Bahkan perangkat ponsel anda begitu mudah di hack oleh seseorang.

2. Mudah Terserang Virus

Risiko lainnya yang kemungkinan dapat terjadi pada perangkat ponsel anda yakni adanya virus. Sebab apabila kamu menonaktifkan administrator pada perangkat android, maka tidak heran jika ponsel anda jadi mudah memasang aplikasi apa saja bahkan sekalipun aplikasi yang akan anda pasang tidak tersedia pada app store. Hal ini akan memudahkan ponsel anda terserang virus.

Manfaat Menonaktifkan Administator Android

Di sisi dari risiko kemungkinan adanya hal berbahaya dari menonaktifkan administrator pada ponsel android, maka ada juga manfaatnya diantaranya

1. Dapat memasang aplikasi dari manapun

Sekalipun ponsel kamu tadinya tidak bisa memasang aplikasi secara sembarangan, karena kini administrator pada androidnya sudah dinonaktifkan, maka kamu dengan benar dapat memasang aplikasinya. Hanya saja dengan berbagai pertimbangan risiko yang dapat terjadi seperti hal-hal di atas.

2. Dapat Memasang Aplikasi Meski Tidak Resmi

Salah satu kelebihan dari menonaktifkan administrator adalah ponsel anda bebas memasang aplikasi sekalipun aplikasi tersebut tidak resmi. Yups! Hanya saja dengan berbagai pertimbangan risiko ya. Mulai dari kebocoran data, hingga di hack.

Itulah beberapa cara tentang menonaktifkan administrator android dan juga risikonya.

 

Daftar Aplikasi Pendukung Android Terbaik

Daftar Aplikasi Pendukung Android Terbaik

Setelah membahas mengenai aplikasi bawaan android yang tidak boleh dihapus, selanjutnya adalah beberapa aplikasi pendukung terbaik. Walaupun terkadang dianggap tidak penting, sebenarnya beberapa aplikasi pendukung android sangat berguna dan wajib diperhatikan. Baik dari segi fitur dan performa aplikasi yang ada. Di bawah ini adalah beberapa aplikasi android yang berguna namun jarang digunakan. Silakan disimak.

1. Aplikasi Weather

Weather dapat disebut sebagai aplikasi cuaca paling baik untuk Android sekarang. Aplikasi ini memiliki penampilan sederhana, fitur prediksi cuaca sampai 12 minggu, fitur radar serta masih banyak fitur lainnya.

Aplikasi weather menyediakan widget yang dapat dikustomisasi sesuka hati, plus fitur seperti pemberitahuan seandainya hujan atau badai sedang mendekat. Aplikasi ini juga dapat menampilkan fakta-fakta menarik terkait cuaca.

2. Aplikasi Bouncer

Aplikasi Bouncer didefinisikan sebagai aplikasi keamanan dengan premis yang cukup unik. Aplikasi ini membuat pengguna untuk memberi izin sesaat ke aplikasi yang diinginkan.

Misalnya, anda dapat memberi akses ke Facebook saat anda sedang membukanya serta Bouncer akan dengan automatis mematikan akses atau izin itu saat anda keluar dari Facebook. Ini menjadi aplikasi yang benar-benar menolong khususnya untuk anda yang seringkali cemas akan privacy dan keamanan anda saat tidak sedang jalankan aplikasi.

3. Aplikasi LastPass Password Manajer

LastPass Password Manajer jadi salah satu aplikasi Android yang harus diinstall. Sesuai dengan namanya, ini adalah aplikasi untuk pengendalian kata sandi pemakai, supaya info login yang rahasia dapat lebih aman. Aplikasi ini dapat menolong pemakai untuk bikin password yang susah untuk dijebol.

Selain itu aplikasi LastPass mempunyai suport cross-platform untuk pemakaian di computer, smartphone, tablet dan sebagainya. Menariknya, LastPass ini mempunyai aplikasi penambahan untuk keamanan tambahan bernama LastPass Authenticator.

4. Aplikasi Pocket Casts

Di samping Spotify serta Anchor yang telah populer, ada Pocket Casts yang tidak kalah menarik. Aplikasi ini menawarkan penampilan yang enak disaksikan serta potensi untuk mengambil atau streaming podcast yang pemakai senangi.

Pocket Casts diperlengkapi dengan suport audio-only serta video sehingga pemakai dapat menikmati podcast favorite sesuai dengan yang diharapkan. Ada juga dark theme buat mereka yang menyukai penampilan gelap serta suport penyelarasan antar piranti. Di tahun 2020 ini, Pocket Casts memperoleh perombakan penampilan yang lebih baik.

5. Aplikasi Kompak Explorer

Kompak Browser ada untuk menangani permasalahan dimana sejumlah besar aplikasi file browser bawaan kurang dapat menjalankan pekerjaannya secara baik. Kompak Browser jadi salah satunya aplikasi file browser paling baik yang tawarkan Material Desain yang simpel, support file archive seperti ZIP serta RAR, support untuk beberapa service cloud dan sebagainya.

Sama dengan namanya, Kompak Explorer kelihatan kompak, konstan serta kinerja yangn benar-benar baik. Buat beberapa orang, Kompak Explorer dipandang seperti aplikasi file browser paling baik yang tidak gampang dipakai tetapi berfitur komplet.

6. Aplikasi SwiftKey Keyboard

SwiftKey Keyboard adalah salah satu aplikasi keyboard paling baik dengan feature kustomisasi yang cukup komplet. Aplikasi ini dilengkapi beberapa feature seperti SwiftKey Flow untuk pengetikan dengan gestur, suport untuk banyak bahasa serta penyelarasan antar piranti. SwiftKey dapat didownload dengan gratis serta jadi pilihan yang menarik buat mereka yang jemu dengan tampilan keyboard yang begitu saja.

7. Aplikasi TickTick

Walau tidak setenar aplikasi to-do-list lain, TickTick masih jadi salah satu aplikasi yang paling baik serta direferensikan. Dilengkapi dengan fitur-fitur penting seperti pengingat, pemberitahuan serta pengelompokan berdasar type pekerjaan.

Pada aplikasi ini, pemakai dapat membagikan daftar hal yang ingin mereka kerjakan pada rekan, keluarga atau orang lain. Bila dibanding dengan aplikasi yang lain, TickTick dapat disebut ada di tengahnya, dengan tawarkan feature yang banyak namun gampang untuk dipakai.

Demikian pembahasan mengenai aplikasi bawaan android yang tidak boleh dihapus dan aplikasi pendukung android terbaik, semoga bermanfaat.