Dulu Super Junior menjadi boy band ternama yang paling dilirik di Indonesia. Setelah 10 tahun berlalu, muncul boy band baru yang ternyata lebih memiliki ketenaran, yakni BTS.

Ada banyak alasan kenapa BTS menjadi sepopuler seperti sekarang. Dengan semakin merambahnya industri musik K-Pop, BTS berhasil membuat banyak musik yang ingin didengarkan oleh banyak orang.

Sementara kebanyakan lagu Korea Pop menceritakan tentang kisah cinta, BTS malah mencakup subjek yang cenderung dihindari oleh band lain, yakni berupa intimidasi, elitisme, dan kesehatan mental.

Namun di luar dugaan, lagu-lagu yang mereka tampilkan malah lebih populer dari grup boy band manapun.

Hanya saja selalu saja ada pembicaraan di balik performanya tersebut – terutama di dunia per-Kpop-an.

Salah satu pertanyaan klasik yang senantiasa terbersit di dalam kepala kita adalah: apakah BTS melakukan operasi plastik layaknya kebanyakan artis dan warga Korea Selatan atau tidak?

Biar tetap pada nuansa netral, kita coba bahas lebih mendetail lalu kita tilik dari berbagai macam perspektif.

Apakah BTS Operasi plastik menurut para Ahli

Dikarenakan belum ada pernyataan resmi apakah grup BTS melakukan operasi plastik atau tidak, maka jawaban dari pertanyaan ini haruslah merujuk kepada para ahli.

Misalnya bila kita mengutip pada outlet media Digital Music News pada tahun 2017 lalu, kita bisa mendapatkan sedikit gambaran apakah operasi plastik tersebut dilakukan atau tidak.

Digital Music News menghubungi seorang ahli bedah plastik yang berbasis di Amerika, Beverly Hills, yang menurut pendapatnya menyebutkan bahwa anggota BTS kemungkinan besar pernah menjalani operasi bedah plastik.

Dikarenakan takut terkena rundungan para fans BTS, nama ahli bedah tersebut dibuat anonim. Namun dia dengan tegas menyebutkan bahwa terdapat tanda dimana anggota boy band tersebut pernah menjalani operasi plastik.

“Setiap orang memiliki perspektif tersendiri dalam menilai hal tersebut. Akan tetapi jika dilihat dari sisi ahli bedah profesional, maka ini (operasi plastik) tidaklah berlebihan,” katanya kepada Digital Music News kala itu.

Menyusul pernyataannya tersebut, ahli bedah tersebut juga menunjukkan data bahwa Korea Selatan memiliki tingkat operasi plastik yang jauh lebih tinggi dari negara manapun.

Alhasil, jika fans dari luar Korea Selatan selalu merasa terusik saat pujaannya disebut menjalani operasi plastik, berbeda dengan orang Korea itu sendiri karena sudah menjadi sebuah kebiasaan dan gaya hidup dalam berkarir.

Tapi ini hanyalah sekedar teori. Semua fakta balik lagi kepada anggota BTS itu sendiri. Sebagai kunci dari pembahasan ini, maka kita bisa tilik salah satu anggotanya, yaitu RM.

RM Pernah Mengaku Operasi Plastik?

Salah satu anggota dari BTS bernama RM (Rap Monster, nama asli Kim Nam-joon) merupakan satu-satunya yang pernah go public dengan menjalani operasi plastik.

Namun RM mengatakan dengan jelas bahwa operasi tersebut bukanlah dilakukan untuk mempercantik diri, melainkan ditujukan untuk kesehatannya secara fisik.

Menurut agensi di balik boy band tersebut bernama BigHit Entertainment menyebutkan bahwa operasi itu secara medis sangatlah diperlukan bagi RM demi memperbaiki septum yang menyimpang sehingga mempengaruhi jalur pernafasannya.

“Memang benar dia menjalani operasi”, kata BigHit Entertainment dalam siaran pers pada tahun 2018 lalu (via Koreaboo).

“…dia baru-baru ini menjalani prosedur dan telah keluar dari rumah sakit. Untuk saat ini, RM berencana untuk beristirahat dan fokus memulihkan kesehatannya,” tambahnya.

Sampai hingga sekarang, operasi RM ini merupakan satu-satunya pernyataan yang dikonfirmasi oleh tim atau pihak BTS itu sendiri.

Namun itu tidak menjadi bukti kuat bahwa BTS pernah melakukan operasi plastik, karena seperti yang disebutkan di atas bahwa RM hanya menjalani operasi untuk kebutuhan kesehatan agar pernafasannya tidak terganggu.

Secara medis, prosedur pembedahan dan jenisnya pun sangatlah berbeda jauh. Untuk alasan ini jugalah, para BTS ARMY (sebutan bagi fans BTS) masih percaya bahwa mereka belum pernah melakukan operasi plastik sekalipun.

Karena Operasi Plastik Berseberangan Dengan Musik BTS

Rasa cinta fans terhadap BTS seringkali melangkah terlalu jauh. Misalnya, ada seorang penggemar asal Inggris bernama Oliver Oli London yang rela menghabiskan lebih dari $100.000 untuk operasi plastik demi terlihat mirip (sama) seperti Jimin BTS.

Melakukan operasi plastik memang menjadi hak semua orang selama tidak mengganggu orang lain. Namun selain ada dari fans BTS lain yang mendukugnya, sebagian lagi menghujatnya secara sadis.

BTS ARMY lain menyebutkan bahwa Oliver London merupakan contoh nyata dari seorang fans yang melakukan tindakan paling ekstrim yang mungkin tak akan pernah bisa dilakukan semua orang.

Selain itu, banyak fans yang juga menilai bahwa tindakan operasi plastiknya tersebut bertentangan dengan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh BTS itu sendiri.

Tak heran jika BTS yang selalu menulis lirik tetang “menerima diri sendiri” tak ingin terlibat dengan aktivitas mempersolek diri melalui jalan pintas tersebut.

Seperti yang dilaporkan Forbes pada tahun 2018, anggota boy band ini mencoba mendidik dan membekali generasi milenial untuk memiliki skill yang diperlukan agar tidak kesulitan saat mencari pekerjaan di tahun 2030 nanti.

Pada acara tersebut jugalah, anggota BTS yang diwakili oleh RM mendorong orang lain untuk memulai proses penerimaan diri sendiri.

Tidak hanya melalui kata-kata saja, semua lagunya mendorong para fans untuk memiliki kepercayaan diri yang – berarti – haruslah menghindari operasi plastik sebagai tujuan mempersolek diri.

BTS Pernah Operasi, Tapi Bukan Operasi Plastik

Selain RM, ada satu anggota paling banyak dipinang oleh para fans yang juga pernah menjalani operasi, yaitu Jimin. Tapi lagi-lagi bukanlah operasi plastik seperti yang digosipkan oleh banyak orang.

Pada tanggal 31 Januari 2022 lalu, Jimin terpaksa harus menjalani operasi setelah didiagnosis menderita radang usus buntu akut.

Sang vokalis BTS itu juga didiagnosis dengan Covid-19 sambil menjalani masa pemulihan pasca operasi.

Kejadian ini tentu dipublikasikan oleh agensi BTS, Big Hit, yang menjelaskan secara terperinci.

“Jimin mengalami sakit perut yang tiba-tiba disertai dengan sakit tenggorokan ringan pada tanggal 30 Januari sore hari. Dia dibawa ke ruang gawat darurat rumah sakit untuk pemeriksaan menyeluruh dan juga mengambil tes PCR. Jimin didiagnosis menderita radang usus buntu akut dan dinyatakan positif COVID-19. Dia menjalani operasi mengikuti saran dokter pagi hari pada senin 31 Januari,”

Pernyataan itu juga kemudian menjelaskan bahwa operasi telah berhasil dilakukan dan Jimin sedang dalam tahap pemulihan diri setelah menjalani prosedur tersebut.

Dia juga menjalani rawat inap untuk menyingkirkan virus Covid-19 yang tengah mengamuk di dalam tubuhnya.

Akan tetapi beberapa media masih ada yang kekeh mengatakan bahwa BTS pernah menjalani operasi plastik namun tidak dipublikasikan mengingat lagu-lagu yang dibawakannya.

Tapi bagi para fans sejati, mereka tak peduli apakah anggota BTS tersebut telah menjalani operasi atau tidak, karena performance dan talenta mereka di dunia hiburan adalah sesuatu yang nyata.