Apakah baterai tanam bisa di ganti?

Baterai tanam adalah baterai yang ada di HP yang sudah terpasang permanen dan tidak bisa di ambil maupun di pindahkan, dengan adanya baterai tanam ini maka hp anda akan lebih simpel dan misalkan jatuh maka tidak akan terpisah antara baterai dengan casing maupun HP nya.

Jaman dulu, HP menggunakan baterai removable atau baterai yang bisa di copot dan kemudian di ganti. Dengan begitu maka akan lebih awet karena jika terjadi kerusakan pada baterai maka anda hanya cukup membeli baterainya saja kemudian di ganti dengan yang baru. Lantas apakah baterai tanam bisa di ganti layaknya baterai removable? Berikut penjelasannya

Bagaimana cara mengganti baterai tanam?

Jika pada hp jaman dulu, mengganti baterai sangatlah mudah karena anda hanya cukup membuka casing bagian belakang kemudian mengambil baterainya dan kemudian memasukan kembali baterai yang baru.

Semudah dan segampang itu tanpa harus repot menggunakan berbagai alat dan tanpa khawatir akan terjadi kerusakan karena membuka baterai. Namun pada baterai tanam sangat jauh berbeda dengan baterai removeable, karena jika anda ingin membuka dan mengganti baterai tanam maka ada beberapa alat yang perlu di persiapkan.

Selain itu anda juga perlu berhati-hati dalam melakukan penggantian baterai karena takut merusak komponen dan kabel-kabel yang rumit yang justru bisa menyebabkan kerusakan jika terjadi kesalahan.

Langkah mengganti baterai tanam

Untuk mengganti baterai tanam, anda harus memperhatikan betul langkah-langkahnya dan jangan membuat kesalahan sedikitpun agar HP anda tidak rusak atau eror. Oleh karena itu, berikut langkah-langkah cara mengganti baterai tanam yang perlu anda perhatikan.

  • Siapkan perlengkapan yang di butuhkan untuk mengganti baterai tanam, yakni baterai tanam baru yang baru anda beli, kemudian Obeng Philips plus yang berukuran 1,5 mm, SIM Ejector dan spudger
  • Setelah itu, buka SIM tray atau tempat penyimpanan kartu SIM dengan memasukan SIM ejector
  • Kemudian anda bisa membuka casing bagian belakang HP anda dengan tangan biasa selanjutnya untuk mulai membuka bagian baterai maka anda bisa mencongkelnya dengan spudger atau prying tool.
  • Pisahkan antara konektor baterai dengan spudger atau pryting tool dengan hati-hati agar tidak merusak konektor baterai anda
  • Buka modul load speaker terlebih dahulu, karena baterai tanam menempel pada bagian modul loud speaker yang tertanam pada body hp. Anda bisa menggunakan spudger untuk membuka modul load speaker dengan cara mencongkelnya. Perhatikan dan jangan sampai ada kabel maupun komponen yang tergeser ketika anda mengambil baterai tanam tersebut
  • Setelah itu tahap selanjutnya adalah mulai melepaskan baterai, untuk melepaskan baterai maka anda harus perlahan lahan mengambilnya dengan melepas perekatnya agar tidak sampai terputus
  • Kemudian jika anda sudah selesai mengambil baterai yang lama, anda bisa mulai memasang baterai yang baru dengan langkah yang sama seperti di atas hanya saja jika anda memasukan baterai yang baru maka anda harus merangkainya sedangkan jika anda mengeluarkan hp yang lama maka anda harus membongkarnya.
Baca juga >>
Tips Biar Perjuangan Servis Elektronik Terus Melejit (Pengalaman Pribadi)

Demikianlah beberapa langkah cara mengganti baterai tanam yang bisa anda lakukan sendiri jika anda ingin mengganti baterai anda secara mandiri atau tidak ke konter dan tukang service. Namun perlu anda perhatikan jika anda ingin mengganti baterai tanam sendiri maka berhati-hatilah agar tidak terjadi kerusakan lain atau timbul masalah lainnya.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !