Apa yang Menjadi Objek Pengamatan IPA?

Objek Pengamatan IPA- Halo sahabat semua,mungkin dari kalian ada yang memiliki pertanyaan yaitu apa yang menjadi objek pengamatan IPA?Beberapa waktu lalu kita sudah menjabarkan tentang ruang lingkup IPA baik dari ilmu fisika, Kimia dan Biologi. Untuk menjawab pertanyaan tentang apa yang menjadi objek pengamatan IPA kita tidak akan lepas dari pengertian dan apa itu IPA

Pengertian IPA

Ilmu pengetahuan Alam adalah ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena alam melalui pengamatan. IPA saat ini dibagi menjadi tiga bagian ilmu yaitu fisika, kimia dan biologi. Ada banyak objek yang bisa di amati oleh IPA sebagai akibat dari fenomena-fenomena alam yang muncul di sekitar kita. Fenomena alam tersebut bisa terjadi bisa melibatkan makhluk hidup dan unsur-unsur lain yang tak hidup atau dikenal dengan biotik dan abiotik.

objek pengamatan IPA
objek pengamatan IPA

Objek Pengamatan IPA

Pengamatan adalah proses mengamati, memperhatikan, mengobservasi sebuah fenomena alam di sekitar kita menggunakan panca indra. Objek IPA adalah fenomena-fenomena yang terjadi di alam semesta yang bersifat konkrit, dan dapat diukur dan diamati oleh panca indra.

Pengamatan terhadap fenomena alam tersebut dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara kuantitatif atau yang dikenal dengan pengamatan yang menggunakan alat ukur yang baku, sedangkan yang kedua adalah pengamatan secara kualitatif yaitu pengamatan menggunakan alat indra dengan alat ukur yang tidak baku.

Untuk menjawab pertanyaan anda, apa yang menjadi objek pengamatan IPA? maka perhatikan akan kami jawab. Objek pengamatan IPA adalah Objek penelitian IPA, Tempat dan cara. Berikut ini akan kita bahas ketiga komponen tersebut.

Objek IPA

Objek yang dipelajari di IPA adalah seluruh materi atau fenomena alam yang ada di alam semesta baik Biotik (makhluk hidup) dan Abiotik (tak hidup)

Baca juga >>
Contoh Gambar Aquarium Aquascape

Tempat

Dalam kita mengamati fenomena alam yang terjadi disekitar kita dapat dilakukan dimana saja yang dapat di sesuaikan dengan pengukuran dan pengamatan yang kita lakukan. Pengamatan tersebut dapat dilakukan di tempat terbuka maupun tempat yang khusus. Jika pengamatan yang anda lakukan membutuhkan perlakukan khusus atau alat khusus maka anda harus melakukannya di tempat khusus atau yang dikenal dengan laboratorium.

Cara

Sesuai dengan perkembangan pengetahuan, pengetahuan dahulu ditemukan melalui sumbangan pemikiran para filsuf hingga di temukan sebuah cara atau metode yang ilmiah dalam mempelajari atau mengamati sebuah fenomena. Metode yang digunakan dalam pengamatan IPA adalah metode Ilmiah. Metode ini memiliki beberapa tahapan, berikut ini tahapan dari metode ilmiah

  1. Merumuskan masalah
  2. Mencari informasi atau tinjauan pustaka
  3. Membuat hipotesis berdasarkan informasi yang didapatkan
  4. Melakukan eksperimen atau percobaan
  5. Membuat kesimpulan
  6. Dan Melaporkan hasil pengamatan

Demikianlah pertanyaan anda mengenai apa yang menjadi objek pengamatan IPA sudah kami bahas secara lengkap. SIlahkan anda bagikan informasi ini kepada yang lain. Jika anda masih ada yang ingin ditanyakan silahkan ada bergabung di Forum diskusi kami.

Order via Whatsapp !