Apa itu wordpress dan Penjelasannya

Apa itu wordpress? Mungkin banyak dari kita tidak tahu apa itu wordpress, tetapi jika Anda akrab dengan dunia blogging, istilah yang satu ini sudah tidak asing lagi. Karena wordpress sangat terasing dengan blogger. Sekarang sebelum kita membahas wordpress lebih lanjut, kita harus tahu dulu “parent” wordpress adalah CMS. Apa itu CMS? CMS adalah singkatan dari Content Management System, yang berarti sistem yang berfungsi untuk mengelola konten (konten) dari situs web. WordPress termasuk CMS, tetapi CMS belum tentu wordpress. Saya mengerti? Jadi WordPress adalah platform / alat / sistem yang berfungsi untuk mengelola konten situs web. WordPress adalah pilihan nomor satu bagi sebagian besar blogger di seluruh dunia. Mengapa demikian? Alasan utamanya adalah wordpress itu gratis! Ya 100% gratis.

Jika gratis, mengapa kita harus membayar untuk domain dan hosting?

Sekarang ini sering keliru di kalangan blogger pemula. Domain dan hosting bukan CMS. Seperti ini, Anda memiliki file ebook, ebook ini gratis untuk Anda baca, bagikan, atau gunakan dalam bentuk apa pun. Tetapi, jika ebook dicetak sebagai buku, kita harus membayar untuk pencetakan, kan? Analogi yang lebih jelas seperti ini. Jika disamakan dengan situs web yang merupakan pabrik, maka alamat domainnya. Misalnya Jalan Internet Marketing nomor 28. Kemudian Hosting disamakan dengan bangunan pabrik. Yah, kami punya 2 pilihan untuk hosting atau menyewa. Ya, seperti kami ingin menyewa bangunan pabrik atau membangunnya sendiri.

Sementara domain tersebut memang wajib untuk dibeli dari penyedia jaringan, yang berbasis di Amerika sana. Semua penjual domain di seluruh dunia adalah pengecer dari penyedia domain itu sendiri. Karena membuat hosting dan domain Anda sendiri itu mahal, jadi sebaiknya sewa saja. Sudah jelas, domain adalah alamat pabrik, hosting adalah bangunan pabrik. Sekarang, sementara wordpress adalah produsen peralatan seperti mesin, dll. Dan mesin wordpress yang hebat itu gratis! Kami hanya perlu membayar sewa domain dan hosting di mana saja! Jadi, domain dan hosting berbeda dari perusahaan pengembangan wordpress. Kami tidak membayar untuk domain dan hosting di pengembang wordpress, tetapi kami bebas untuk membeli di mana saja.

Baca juga >>
Tanpa Backlink, Jangan Harap Web Bisa Naik, Benarkah?

Saya kira sudah mengerti, apa itu wordpress dan analoginya? Selain gratis, tentu saja ada banyak faktor yang membuat wordpress menjadi blogger pilihan nomor 1. WordPress sendiri sudah digunakan oleh 60 juta situs web di dunia! Ini benar-benar angka yang fantastis bukan? Jadi, tidak perlu diragukan lagi kualitas mesin wordpress ini. Jadi tidak perlu lagi meragukan kualitas CMS ini? Karena ada jutaan situs web yang menggunakan, wordpress ini akan selalu terbarui. Jadi, kita tidak perlu khawatir bahwa mesin CMS kita akan usang. Karena wordpress ini telah didukung oleh banyak pengembang, dan tentu saja fitur dan keamanan wordpress meningkat.

Lalu, bagaimana dengan wordpress di Indonesia?

Jika skala global wordpress memang sangat populer, tetapi bagaimana dengan Indonesia? Di Indonesia wordpress juga populer, terutama di kalangan blogger dan pengembang web. Ini bagus kan mengapa Anda harus memilih wordpress sebagai platform CMS utama Anda? Yang pasti, berikut adalah beberapa keunggulan WordPress dibandingkan yang lain:

  1. WordPress jelas gratis, untuk keperluan pribadi atau komersial.
  2. Kami bebas untuk menyesuaikannya dengan situs web apa pun yang kami inginkan, dari portal situs web, toko online, dan bahkan media sosial!
  3. Dengan wordpress kita dapat membuat situs web dalam 5 MENIT! Jika Anda sudah maju 1 menit Anda bisa, karena cukup klik instalasi.
  4. Ada banyak tema dan plugin yang tersedia baik gratis maupun berbayar.
  5. Pembaruan rutin dari ribuan dan bahkan jutaan programmer di seluruh dunia, sehingga fitur dan sistem keamanan selalu terjaga.
  6. Karena pengguna wordpress adalah jutaan orang, sangat mudah untuk menemukan referensi pembelajaran. Dan dukungan dari komunitas wordpress yang sangat memudahkan kita ketika mengalami kesulitan di sekitar wordpress.
Baca juga >>
Mesin Pencari Selain Google! Bing, Yahoo, Yandex Dan Ask.com

Tentu saja ada lebih banyak alasan untuk membuat Anda lebih baik memilih wordpress daripada CMS lainnya, tetapi saya tidak menuliskan semuanya. Kurang lebih seperti 6 kelebihan wordpress di atas. Keuntungan ini membuat wordpress bertahan selama 13 tahun dari tahun 2003 hingga sekarang. Dengan klien yang sangat beragam, dari level bawah hingga level perusahaan besar.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !