Situs web atau yang biasa disingkat website adalah halaman informasi yang disediakan melalui internet sehingga dapat diakses di seluruh dunia selama terhubung ke jaringan internet. Situs website adalah salah satu alat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam distribusinya.
Apa pun bahasanya, kami tentu sepakat bahwa situs web adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi tentang data teks, data gambar diam atau gambar bergerak, data animasi, suara, video dan atau kombinasi dari semuanya, baik statis maupun dinamis yang membentuk serangkaian bangunan saling terkait yang terkait di mana masing-masing terhubung dengan jaringan halaman (hyperlink).
Apa itu Website Perusahaan
Dalam terminologi, situs web adalah kumpulan halaman situs, yang biasanya dirangkum dalam domain atau subdomain, yang terletak di world wide web (www) di Internet.
World wide web terdiri dari semua situs web yang tersedia untuk umum. Halaman-halaman situs web diakses dari URL yang menjadi “root”, disebut homepage. Halaman utama sering diterjemahkan sebagai Beranda atau Home.
URL ini mengatur halaman web menjadi sebuah hierarki, meskipun hyperlink pada halaman mengatur pembaca dan memberi tahu mereka urutan keseluruhan dan bagaimana informasi ini mengalir.
Halaman Web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu dapat diakses melalui HTTP, sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server situs web untuk ditampilkan kepada pengguna melalui browser web.
Semua publikasi dari situs web ini dapat membentuk jaringan informasi yang sangat besar. Halaman web seperti buku yang dapat menampung berbagai informasi tentang banyak hal baik komersial maupun non-komersial. Melalui media web inilah seseorang dapat memberikan informasi tertentu kepada orang lain yang berlokasi di seluruh dunia.
Situs web tersebut mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1998, di mana hanya perusahaan besar yang dapat memilikinya. Saat itu, situs web adalah teknologi yang cukup mahal untuk dimiliki. Sehingga banyak pengusaha dan produsen tidak menganjurkan mereka untuk memiliki media promosi ini.
Kelangkaan penyedia layanan pengembangan web yang menawarkan harga rendah membuat perusahaan-perusahaan ini berkeinginan untuk memiliki situs web murah hanya menjadi mimpi.
Itu Dulu, sekarang ada hampir miliaran halaman web yang meramaikan dunia maya. Sebagian besar situs web ini adalah situs web komersial dan bisnis. Tampaknya promosi media dalam bentuk situs web sangat penting dalam dunia bisnis. Buktinya akhir-akhir ini banyak pengusaha besar dan kecil telah menggunakan situs web sebagai salah satu media promosi dalam memasarkan produk atau jasa.
Fungsi situs web yang tidak hanya sebagai alat promosi tetapi juga sebagai upaya untuk meningkatkan pamor (prestise) suatu perusahaan telah membuat banyak pengusaha berani membayar biaya yang cukup tinggi untuk memiliki media online ini.
Jenis Situs Website Perusahaan :
- Situs Web Statis adalah situs web yang kontennya tidak berubah. Ini berarti bahwa jika kita ingin mengubah isinya, maka kita harus mengedit kode situs web dalam bentuk bahasa html css, dll.
- Situs Web Dinamis adalah situs web yang kontennya dapat berubah. artinya kita bisa mengubah konten situs web setiap saat karena konten tersebut disimpan dalam database yang dapat berubah secara dinamis seperti yang diinginkan oleh pemilik situs website. Di situs web dinamis, Anda perlu menyediakan kode PHP untuk berinteraksi dengan Database atau menggunakan CMS. misalnya: WordPress, Joomla, Magento, Blogger dan lainnya.
Manfaat Situs Website untuk Perusahaan
Era digital telah membuat banyak penjual dan toko online menjadi sukses di Indonesia, bahkan banyak penjual produk dapat mencapai ratusan juta rupiah hanya dengan menggunakan pemasaran media sosial.
Lalu apakah Anda masih perlu menggunakan situs website untuk perusahaan Anda? Tentu saja! Jika dilihat dari manfaat penggunaan situs web perusahaan di bawah ini, dapat disimpulkan bahwa situs website adalah salah satu kunci keberhasilan perusahaan. Yuk Simak !
1. Fasilitas Penjualan Produk
Manfaat situs web bagi perusahaan adalah untuk penjualan produk, jika Anda bergantung pada pemasaran produk hanya dengan media sosial, bagaimana jika ada periode media sosial yang Anda gunakan mengalami penurunan peringkat.
Seperti Twitter yang dulunya sangat trendi dan kini mengalami penurunan traffic. Fungsionalitas situs website adalah kendaraan penjualan mutlak perusahaan Anda. Semua pemasaran media sosial dapat diarahkan ke situs web Anda, dari sana jika media sosial yang Anda gunakan sebagai alat promosi telah menurun, pelanggan masih tahu cara memesan produk Anda.
2. Mengulas Setiap Produk
Manfaat situs web untuk perusahaan dalam ulasan produk. Jika perusahaan Anda memiliki banyak produk dan jenis varian, Anda dapat membuat konten ulasan dengan kemasan yang lebih fleksibel saat menggunakan situs web pribadi. Tentu berbeda ketika Anda menggunakan media sosial untuk ulasan produk dengan menggunakan situs web,
Anda dapat menghabiskan banyak posting saat menggunakan media sosial untuk setiap produk dan jumlah varian! Ulasan situs web dapat selengkap yang Anda inginkan dan pembaca tidak terganggu oleh info lain di media sosial!
3. Sarana Edukasi untuk Konsumen
Setiap produk harus memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan dan masalah pelanggan, oleh karena itu Anda dapat mengedukasi keluhan dan alasan mereka untuk menggunakan produk Anda.
Contoh: Nivea mendidik bahwa setiap wanita memiliki jenis kulit yang berbeda dan Nivea mengulas jenis kulit wanita. Dari sana Nivea dapat mengarahkan produk mana dari Nivea yang cocok untuk pelanggan pribadi.
4. Profil Perusahaan
Untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan, tentu saja identitas perusahaan adalah pertimbangan yang sangat penting! Jika Anda ingin menemukan nama perusahaan, tentu saja Anda segera mencari situs web resminya, lalu bagaimana jika perusahaan yang Anda miliki, tidak memiliki situs web? Tentunya itu akan menimbulkan keraguan bagi pelanggan potensial dan bahkan perusahaan yang ingin melakukan bisnis dengan Anda.
Ulasan cerita tentang sejarah pembentukan perusahaan juga menjadi daya tarik bagi perusahaan lain yang ingin bekerja sama atau pelanggan yang masih ragu dengan kredibilitas perusahaan Anda.
5. Menyimpan Database Pelanggan
Memiliki fitur login pengguna di situs web perusahaan tentu dapat berguna untuk menyimpan basis data pelanggan Anda. Fungsi basis data bagi perusahaan diantaranya :
- Targetkan konsumen dari promo produk Anda
- Sebagai penerima informasi produk Anda
- Untuk penguji produk baru atau uji pasar untuk produk baru
- Untuk memantau area pemasaran produk Anda
6. Meningkatkan Prestise atau Gengsi
Jika perusahaan Anda memiliki pesaing di bidang yang sama, dan mereka hanya menjual produk mereka dari media sosial, tentu saja, situs website menjadi prestise Beoners. Jika pesaing Anda juga memiliki situs web, maka tampilan situs web dan kontennya merupakan referensi seberapa andal perusahaan Anda dari pesaing.
7. Membangun hubungan baru
Di situs web Anda, tentu saja Anda dapat memberikan fitur ‘hubungi kami’, ‘bisnis’ dan bahkan ‘kontributor’ yang bekerja untuk membangun hubungan baru untuk menumbuhkan bisnis Anda. Anda dapat menghubungkan kontak ke Anda atau pemasaran perusahaan Anda, sehingga dapat memengaruhi keberpihakan pihak lain untuk pengembangan perusahaan Anda. Jika tanpa situs web, atau hanya mengandalkan pemasaran media sosial, akses seperti ini tentu sangat sulit untuk Anda dapatkan.
8. Untuk Promosi dan Campaign Produk
Jika produk Anda mempunyai agenda campaign produk atau acara, Anda dapat menggunakan situs web Anda sebagai sumber kampanye. Contoh: Pepsodent membuat kampanye menyikat gigi pagi dan malam, Pepsodent membuat konten khusus untuk kampanye. Tentu saja melalui media sosial, kita dapat berkampanye, tetapi ulasan terperinci dan sumber kampanye di media sosial akan lebih elegan ketika bersumber dari situs website perusahaan.