SEON One Stop Solution

Sumedang, ID

}

Mon - Sat 9.00 - 18.00

Sunday CLOSED

Customer Enquiry

0822-1914-1914

SEON One Stop Solution

Sumedang, ID.

}

Mon - Sat 8.00 - 18.00

Sunday CLOSED

Customer Enquiry

0822-1914-1914

Apa Itu Website Direktori Jenis Manfaat Dan Contoh Website Direktori

Search Button SEON PORTAL BISNIS One Stop Solution Bisnis Online Indonesia Transparent

Apa itu Website Direktori !

Mempelajari seluk-beluk dunia Search Engine Optimization (SEO) justru memperkenalkan banyak istilah baru, salah satunya adalah apa itu website direktori. Mungkin sebagian pengguna Internet alias netizen pernah tak sengaja mengunjunginya, begitu pula dengan anda sewaktu belum mengembangkan situs dan blog. Walaupun sekilas tampilan sebuah website direktori kurang menarik, ternyata memegang peranan penting yang mempengaruhi SERP. Apa itu website direktori? Yuk pelajari lebih lanjut mulai dari penjelasan, jenis, manfaat dan contoh.

Website Direktori atau web directory, beberapa pakar menyebutnya link directory, merupakan sebuah buku alamat dalam dunia maya World Wide Web. Kumpulan data yang tersusun ke dalam beragam kategori. Adapun tujuan utamanya yaitu memuat nama situs yang disusun rapi ke kategori tertentu sesuai deskripsi, kemudian diberi tautan balik (backlink).

Jangan mengira website direktori mirip situs mesin pencari (search engine). Keduanya sangat berbeda, apalagi tidak menampilkan hasil penelusuran berdasarkan kata kunci atau keyword. Website direktori justru hanya menampilkan susunan nama situs dalam berbagai kategori dan sub-kategori. Hampir sebagian besar website direktori tidak bisa ditemukan oleh web crawler, melainkan netizen sendiri.

Penyusunan kategori pada website direktori lebih condong pada isi keseluruhan konten sebuah situs, bukan penilaian satu laman atau kata kunci utama. Sebuah situs biasanya hanya ditempatkan pada satu kategori tertentu, tidak bisa dua atau lebih. Pemilik situs bebas mendaftar kapan saja, tetapi perlu persetujuan dari editor atau admin direktori website yang melakukan review terlebih dahulu.

Jika pendaftaran disetujui, maka nama situs beserta tautan akan tertampang pada direktori website yang ditempatkan pada kategori tertentu. Jangan tertipu keberadaan direktori RSS yang sekilas mirip direktori website, tetapi hanya memuat koleksi RSS feed ketimbang tautan balik menuju halaman utama situs.

Website direktori tak sekedar mencantumkan situs menurut kategori saja, namun turut mempertimbangkan kawasan dan bahasa. Bahkan sejumlah direktori sengaja menyusun peraturan bersifat “membatasi”, yakni hanya situs tertentu boleh mendaftar berdasarkan lingkup kawasan, bahasa atau sektor khusus. Salah satu tipe direktori terbatas yaitu memuat daftar situs belanja atau dikenal dengan nama “shopping directory”.

Ada banyak contoh website direktori beken seperti Yahoo! Directory (resmi tutup akhir tahun 2014) dan DMOZ. Nama paling terakhir dikenal oleh pakar SEO sebagai direktori terlengkap yang memuat beragam situs beserta tautan balik. Hebatnya lagi pemilik situs bebas, sesama direktori atau mesin pencari, boleh daftar kapan saja tanpa ditarik biaya sepeserpun. Demikian pembahasan mengenai apa itu direktori website.

Jenis Website Direktori !

Berbicara mengenai jenis website direktori, maka lebih condong pada fitur pendaftaran dan penyusunan situs. Setidaknya ada sembilan hal yang perlu diketahui, yaitu :

  1. Free submission. Direktori mengijinkan pemilik situs untuk mendaftar tanpa syarat pembayaran alias gratis. Meskipun tak perlu membayar, pendaftaran tergolong ketat dan di-review secara manual oleh admin atau editor.
  2. Reciprocal link. Situs baru boleh terpampang pada direktori sesudah sang pemilik situs memberi tautan balik menuju halaman utama dari direktori website. Konsep ini bisa dikatakan sebagai tukaran backlink.
  3. No Reciprocal link. Situs segera tertampang pada direktori tanpa perlu sang pemilik situs memberi tautan balik. Tentu saja lebih mirip free submission tanpa syarat pembayaran sepeserpun
  4. Paid submission. Pemilik situs harus membayar agar terpampang pada direktori website. Sifat pembayaran biasanya hanya sekali, namun ada juga berkali-kali secara tahunan.
  5. No follow. Link situs yang terpampang pada direktori website dibubuhi kode “nofollow” sehingga mesin pencari menganggapnya sebagai backlink tidak istimewa. Ini berdampak netral pada SEO dan SERP.
  6. Featured listing. Situs dan tautan yang terpampang pada direktori diberi posisi spesial dalam satu atau lebih kategori, bahkan bagian penting seperti halaman utama (homepage). Adapun nama lainnya adalah sponsored listing, jadi konsep ini lebih mirip iklan.
  7. Bid for position. Pemilik situs diperbolehkan tawar-menawar dengan admin atau editor direktori website untuk memperoleh posisi teratas pada suatu kategori. Tawaran tertinggi berhak memperoleh posisi puncak.
  8. Affiliate links. Pemilik direktori website berhak memperoleh komisi karena telah menyarankan netizen mengunjungi situs yang tertampang di kategori.

 

Manfaat Website Direktori !

Setelah memahami penjelasan dan jenis website direktori, langkah selanjutnya yaitu mengetahui manfaat utamanya jika situs terpampang pada salah satu kategori. Setidaknya ada empat hal perlu dipelajari dengan seksama oleh pemilik situs.

  1. Banyak website direktori menyediakan informasi lokal yang lebih relevan. Contoh, seseorang yang tinggal di Surabaya tengah mencari situs katering yang sesuai domisili tempat tinggal. Mengunjungi direktori jauh lebih akurat ketimbang memakai layanan mesin pencari bersifat global. Direktori lokal jauh lebih menguntungkan dalam mencari calon konsumen sesuai domisili.
  2. Mesin pencari pada umumnya menerima semua situs dan laman artikel tanpa memandang segi kualitas, hal ini berdampak pada sajian informasi yang terkadang kurang akurat. Sedangkan website direktori tidak sembarangan menerima situs, apalagi semua di-review manual. Jangan harap situs berkualitas rendah dan miskin konten bisa diterima baik, tindakan ini sengaja dilakukan demi menjaga kenyamanan dan membangun loyalitas pengunjung direktori. Jadi tak perlu ragu menyertakan direktori website bagian dari promosi situs.
  3. Direktori website lebih cocok dijadikan ajang untuk memperoleh backlink berkualitas. Tak semua situs bebas diterima tanpa review manual, bahkan beberapa direktori menerima penilaian tinggi dari Google. Semakin banyak mendaftar dan diterima direktori berkualitas, maka berdampak besar pada SEO dan peningkatan SERP. Harus diakui bahwa sumber trafik dari mesin pencari kadang kala kurang berkualitas dibandingkan direktori, namun volume pencarian jauh lebih tinggi. Oleh karena itu, coba seimbangkan peran keduanya.
  4. Trafik berasal dari direktori jauh lebih berkualitas ketimbang mesin pencari, hal ini jelas memberi keuntungan tak terduga. Rasio penjualan cenderung lebih baik daripada mesin pencari. Mengapa demikian? Pengunjung memilih datang ke situs sesuai kategori dan deskripsi yang terpampang pada direktori website, tak seperti pengunjung yang datang dari mesin pencari untuk mengecek apa yang sedang ditawarkan.

 

Contoh Website Direktori !

Setelah membahas mengenai apa itu website direktori, jenis dan manfaatnya, selanjutnya adalah contoh website direktori. Berbicara soal website direktori, maka beberapa nama besar sudah non aktif dan sebagian masih terus berjalan hingga saat ini. Sebagaimana dikutip dari laman wikipedia, setidaknya ada tujuh direktori populer yang masih bertahan yaitu: DMOZ, JoeAnt, World Wide Web Virtual Library (VLIB), Hotfrog, Business.com dan Starting Point Directory.

Sementara itu ada beberapa nama besar yang terpaksa non aktif karena alasan tertentu seperti AboutUs.org, Biographicon, LookSmart, Internet Public Library, Yahoo! Directory dan Google Directory. Nama terakhir, Google Directory, seringkali dianggap salinan dari DMOZ namun turut menampilkan PageRank pada semua situs yang terpampang di kategori.

Walaupun beberapa nama besar legendaris memilih non aktif untuk jangka waktu tak menentu (mungkin selamanya) bukan berarti direktori website sudah kehilangan tajinya dalam mendongkrak SERP dan trafik kunjungan. Sebaiknya pertimbangkan untuk menanam backlink pada semua direktori tanpa melupakan segi kualitasnya.

😡
☹️
😐
☺️
😍