Apa Itu Teknologi Robotik Cara Kerja Manfaat Contoh

Saat ini, robot memainkan peran yang semakin penting dalam kehidupan kita sehari-hari.  Mereka dapat membantu menyedot debu di rumah, membantu ahli bedah melakukan operasi yang lebih akurat, membantu penegak hukum “mengendus” paket yang mencurigakan, dan bekerja dengan baik di lantai pabrik, mereka dapat membantu perusahaan otomotif, elektronik, dan industri melakukan berbagai tugas.

Robot adalah manipulator multi-fungsi yang dapat diprogram yang dirancang untuk memindahkan material, suku cadang, perkakas, atau perangkat menggunakan beberapa gerakan yang telah diprogram sebelumnya untuk melakukan berbagai tugas.

Robot industri terdiri dari beberapa tautan kaku yang dihubungkan oleh sambungan dari berbagai jenis, dikendalikan dan dipantau oleh komputer.

Apa Itu Teknologi Robotik

Robot adalah mesin yang dapat melakukan tindakan kompleks secara otomatis.  Mereka umumnya membutuhkan tiga elemen: sensor seperti kamera, lidar, atau mikrofon;  aktuator seperti motor, piston atau otot buatan, dan pengontrol.

Robot mungkin dikendalikan dari jarak jauh oleh manusia, tetapi seringkali sebagian atau seluruhnya dikendalikan oleh komputer, menjadikannya otonom.

Robot dalam fiksi sering kali menyerupai kita, terlihat sangat mirip manusia dengan dua tangan, dua kaki, dan kepala dengan kamera untuk matanya.  Namun pada kenyataannya, sebagian besar bentuk robot dirancang agar sesuai dengan fungsinya.

Mesin cuci dan mesin pencuci piring Anda keduanya robot, melakukan tindakan kompleks di bawah kendali komputer.  Banyak unit AC adalah robot, mengubah pengaturan kipas, deflektor udara, dan beralih dari pendinginan ke pemanas secara otomatis.

Semua mobil modern adalah robot, dengan komputer yang menyesuaikan pengaturan mesin, rem, kemudi, dan suspensi sebagai respons terhadap mengemudi Anda. Mobil otonom yang lebih maju bahkan mulai mengambil alih sebagian kendali dari Anda.

Namun baru-baru ini kata robot atau “bot” juga digunakan untuk merujuk pada perangkat lunak, misalnya bot perayapan web yang menjaring informasi yang dikumpulkan melalui situs web.

1. Bagaimana robot dibuat

Bidang robotika, dan lebih luas lagi mekatronika, mempelajari cara terbaik untuk merancang, membangun, dan mengendalikan robot.

Sangatlah sulit untuk membuat robot yang bekerja dengan baik.  Informasi dari sensor harus diproses dalam waktu nyata, jika robot tidak dapat memahami apa yang  dilihat dengan cukup cepat, maka harus bergerak sangat lambat, atau harus terus berhenti untuk berpikir.

Robot yang lebih fleksibel seperti lengan robot di pabrik memiliki banyak derajat kebebasan, bayangkan lengan dengan lima “siku” serta sambungan “bahu” dan “pergelangan tangan”.  Lengan semacam itu dapat dipindahkan ke dalam miliaran pose berkelok-kelok yang berbeda untuk memungkinkan mereka menjangkau tempat-tempat rumit dan mengelas komponen bersama-sama.

Mencari tahu cara terbaik untuk mengontrol lengan robot agar tidak mengenai apa pun (termasuk diri mereka sendiri) ternyata sangat sulit, terutama jika ada rintangan yang bergerak di sekelilingnya.  Itulah mengapa, terlepas dari semua hal menakjubkan yang dapat dilakukan kecerdasan buatan (AI) saat ini, kontrol robot masih dianggap sebagai salah satu masalah tersulit.

Itu juga mengapa membuat kendaraan yang sepenuhnya otonom jauh lebih sulit daripada yang disadari kebanyakan orang.

2. Apa yang bisa dilakukan robot masa depan

Robot telah berkontribusi besar pada industri kita, memungkinkan sebagian besar perangkat, peralatan, transportasi, dan makanan olahan dibuat secara efisien dan murah.  Saat ini para peneliti sedang bekerja menuju otomatisasi yang lebih besar, dengan robot mengambil alih lebih banyak dan lebih banyak lagi proses manufaktur.

Pencetakan 3D menggunakan manufaktur aditif dapat memungkinkan pembuatan komponen yang kompleks, dan merupakan ambisi banyak industri untuk bahkan mengotomatiskan proses perbaikan mesin, dengan kesalahan terdeteksi sebelum menyebabkan kegagalan, dan suku cadang baru dibuat dan ditukar secara otomatis.

Akhirnya, ini bahkan dapat mengarah pada mesin yang dapat membangun dan memperbaiki diri sendiri.

Di rumah kita, robot cenderung menjadi lebih umum.  Penyedot debu robot dan pembersih lantai mungkin menjadi hal yang biasa dan bukan menjadi barang mewah.  Lengan dapur robot untuk memasak mungkin menjadi hal yang biasa.

3. Robotika dan Otomasi

Dengan teknologi robotik yang maju ke tingkat otomasi, produksi massal komoditas konsumen menjadi efisien dan terjangkau.

Sekitar tiga dekade lalu, robot ada di benak orang hanya sebagai ide.  Mereka hanya ada sebagai fiksi ilmiah, dan pemikiran tentang mereka hidup berdampingan secara harmonis hanya ada di beberapa pikiran yang brilian.  Berkat para jenius ini, evolusi robotika telah mengambil perubahan yang menarik dan maju dalam kehidupan kita sehari-hari.  Dalam revolusi industri saat ini-Industri 4.0, teknologi robotika canggih memainkan peran yang sangat penting dalam industri elektronik, otomotif, keamanan, makanan dan minuman, barang konsumsi, ilmiah, dan logam.  Robot memungkinkan untuk mencapai lantai pabrik otomatis di banyak industri.  Ini bertujuan agar proses pembuatannya aman, lebih efisien, sangat produktif, dan sangat menguntungkan.

3. Jenis Robot Dan Perannya

Ada empat jenis robot utama yaitu :

-Robot logistik

– Robot industri

– Robot kolaboratif

– Robot industri

Semua robot harus memiliki kemampuan untuk mengubah tempat kerja mereka menjadi perangkat yang hemat biaya, aman, dan akurat.  Peran utama mereka, terlepas dari departemen mana yang mereka layani, adalah mewujudkan revolusi lengkap dalam industri manufaktur dan pabrik pemrosesan.

Robot muncul ketika transformasi digital dalam seluruh hubungan produsen-konsumen sedang berlangsung.  Preferensi konsumen berubah, dan karenanya produsen harus mengoptimalkan metode produksi dan rantai distribusi mereka agar dapat sepenuhnya efektif.

Baca juga
Ini Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren Yang Sudah Mati

Agar hal ini terjadi, produsen tidak memiliki pilihan selain menyerahkan sebagian besar tugas produksi / pemrosesan / manufaktur atau distribusi mereka kepada robot canggih ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, insinyur robotik memiliki kemampuan robot yang sangat canggih untuk menjadi lebih pintar, halus, beragam, lebih cepat, dan terjangkau.  Mereka memberi penerangan pada realisasi pabrik pintar yang lengkap.

Apakah robot untuk menggantikan teknologi lain?

Faktanya, robot modern dirancang untuk memadukan teknologi satu dengan lainnya, sistem otonom, sistem multi-robot untuk menawarkan layanan yang lebih efisien, hemat biaya, dan berkualitas.

Untuk meningkatkan akurasi dan ketepatan, teknologi penginderaan suhu telah dipasang di semua robot.  Misalnya, di pabrik yang memiliki manusia dan robot, robot harus memiliki fitur sensor agar tidak bertabrakan dengan manusia atau memberikan ancaman bagi kehidupan manusia.  Keamanan adalah kuncinya, dan kolaborasi menjadi prioritas berikutnya.  Pekerja dilatih tentang bagaimana hidup berdampingan dengan robot.

Robot-robot dengan kecerdasan buatan ini terhubung ke Internet industri untuk memastikan bahwa robot-robot tersebut mengandalkan data / informasi yang sangat luas dan real-time saat membawa berbagai aktivitas industri.  Internet of things menciptakan tambang informasi yang kredibel yang diperlukan untuk peningkatan dan produktivitas yang efektif.

Hal yang baik tentang robot canggih ini adalah mereka membutuhkan pemantauan minimal hingga nol.  Mereka otomatis menjalankan tugas sehari-hari tanpa ada yang mengontrolnya.

Arti penting robot otomatis

Mereka digunakan dalam industri otomotif untuk alat berat.

Digunakan untuk tujuan medis seperti membantu ahli bedah membuat sayatan bedah yang tepat selama operasi untuk mengurangi kasus kerusakan organ

Digunakan dalam industri konstruksi serta industri bangunan.  Mereka mengurangi biaya pembangunan, risiko, dan meningkatkan kecepatan serta umur panjang bangunan.

Cara Kerja Teknologi Robotik

Cara Kerja Teknologi Robotik

Setelah membahas apa itu teknologi robotik selanjutnya cara kerjanya. Robot menggunakan beberapa sumber daya untuk melakukan tindakan. Robot dapat memperoleh tenaga terutama dari penggerak hidrolik, yang dirancang untuk menggerakkan sambungan linier atau rotasi. Mereka memberi robot kecepatan dan kekuatan tinggi, sedangkan penggerak listrik memberi robot dengan kecepatan dan kekuatan yang lebih sedikit, membuatnya ideal untuk robot yang lebih kecil.

Namun, robot yang didukung oleh sistem penggerak listrik lebih akurat, menunjukkan pengulangan yang lebih baik, dan lebih bersih untuk digunakan. Penggerak pneumatik, di sisi lain, berguna untuk robot yang lebih kecil dengan derajat kebebasan yang lebih sedikit tetapi dapat melakukan operasi penanganan material pick-and-place sederhana. Ini merupakan salah satu cara kerja teknologi robotik yang terbaru.

Robot membutuhkan penginderaan untuk menjadi peserta aktif di lingkungan. Sensor merupakan jendela robot ke lingkungan. Setiap sensor bekerja berdasarkan prinsip transduksi, yaitu konversi energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Sensor mengukur kuantitas fisik; mereka tidak memberikan negara.

Sensor adalah perangkat untuk merasakan dan mengukur sifat geometris dan fisik robot dan lingkungan sekitarnya, seperti posisi, orientasi, kecepatan, percepatan, jarak, ukuran, gaya, momen, suhu, pencahayaan, berat, dll.

Sensor robot dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok: Sensor internal dan sensor eksternal. Sensor internal memperoleh informasi tentang robot itu sendiri, seperti posisi, kecepatan, percepatan, dll., Sedangkan sensor eksternal mengumpulkan informasi di lingkungan sekitarnya. Ini merupakan salah satu cara kerja teknologi robotik yang terbaru.

Sensor posisi memantau posisi sambungan robot, dan data posisi diumpankan kembali ke sistem kontrol untuk menentukan keakuratan gerakan. Sensor jarak menilai jarak dari titik referensi ke titik lainnya. Penginderaan jarak dicapai melalui kamera televisi atau pemancar dan penerima sonar.

Sensor kecepatan memperkirakan kecepatan manipulator digerakkan. Variasi akselerasi selama gerakan memunculkan sifat dinamis dari manipulator. Sensor ini memantau dan mengontrol gaya inersia yang terjadi karena perubahan akselerasi, gaya redaman yang terjadi karena perubahan kecepatan, dan gaya pegas yang terjadi karena perpanjangan, yang disebabkan oleh gravitasi dan beban yang dibawa, hingga halus. -menyetel kinerja dinamis manipulator. Ini merupakan salah satu cara kerja teknologi robotik yang terbaik.

Sensor jarak merasakan dan menunjukkan keberadaan suatu objek dalam jarak atau ruang tertentu tanpa kontak fisik. Giroskop adalah sensor arah yang menjaga orientasi ke bingkai tetap. Akselerometer mengukur percepatan pada kerangka inersia.

1. Teknologi Tangan Robot

Tangan robot adalah end-effector, dipasang di pergelangan tangan untuk memungkinkan robot melakukan tugas tertentu. Ada berbagai jenis end-effectors, dirancang untuk robot yang sama agar lebih fleksibel dan serbaguna. Ini merupakan salah satu cara kerja teknologi robotik yang terbaru.

Misalnya, gripper menggenggam dan menahan suatu objek dan meletakkannya di lokasi yang diinginkan. Gripper diklasifikasikan sebagai gripper mekanis, gripper magnetik, cangkir vakum atau hisap, gripper berperekat, kait, scoop, dll.

Robot memanipulasi alat untuk beroperasi pada suatu bagian kerja. Di sini alat tersebut bertindak sebagai efektor akhir. Contoh umum dari alat yang digunakan sebagai end-effectors adalah alat pengelasan titik, alat las busur, nozel pengecatan semprot, dan spindel berputar untuk pengeboran dan penggilingan. Ini merupakan salah satu cara kerja teknologi robotik yang terbaru.

2. Gerakan Dan Presisi Robot

Kecepatan respons dan stabilitas adalah dua karakteristik penting dari gerakan robot. Kecepatan menentukan seberapa cepat lengan robot bergerak dari satu titik ke titik lainnya, sedangkan stabilitas mengacu pada gerakan robot dengan jumlah osilasi paling sedikit.

Ketepatan gerakan robot ditentukan oleh fitur-fitur penting seperti resolusi spasial, yang merupakan peningkatan gerakan terkecil di mana robot dapat membagi volume kerjanya. Resolusi spasial bergantung pada kontrol sistem, resolusi, dan ketidakakuratan mekanis robot.

Sambungan robot adalah mekanisme yang memungkinkan pergerakan relatif antar bagian lengan robot. Beberapa gerakan dasar yang diperlukan untuk sebagian besar robot industri adalah gerakan rotasi yang memungkinkan robot untuk menempatkan lengannya ke segala arah pada bidang horizontal; gerakan radial yang memungkinkan robot untuk menggerakkan end-effectornya secara radikal untuk mencapai titik yang jauh dan gerakan vertikal yang memungkinkan robot untuk membawa end-effectornya ke ketinggian yang berbeda.

Dapat dikatakan bahwa dalam beberapa dekade terakhir, penelitian dan penerapan robotika telah sangat mendorong industrialisasi dan modernisasi manusia, dan secara bertahap membentuk rantai industri robot, membuat cakupan penerapan robot semakin luas. Sensor dan perangkat yang dapat dikenakan menambahkan arti baru pada pemantauan pasien jarak jauh. Pada abad ke-21, perkembangan kecerdasan buatan berubah dengan cepat, dan robot layanan mulai memasuki kehidupan manusia.

Baca juga
Rekomendasi HP Android dengan Chipset Snapdragon 665

Semua orang tahu bahwa robotika pertama kali digunakan dalam bidang industri, namun dengan perkembangan robotika dan peningkatan permintaan dari berbagai industri, didorong oleh perkembangan teknologi baru seperti teknologi komputer, teknologi jaringan, dan teknologi MEMS, teknologi robotika mengalami perubahan. dari teknologi tradisional. Bidang manufaktur industri telah berkembang pesat ke bidang layanan medis, pendidikan dan hiburan, eksplorasi dan survei, teknik biologi, bantuan bencana, dan bidang lainnya.

Sistem robot yang disesuaikan dengan kebutuhan berbagai bidang telah diteliti dan dikembangkan secara menyeluruh. Sementara robot muncul dalam produksi industri, penelitian dalam teknologi terkait robot juga terus diperdalam. Dalam perkembangannya, teknologi sensor tidak dapat dipisahkan.

Sensor, yang merupakan salah satu fondasi teknologi informasi, kini telah diintegrasikan ke dalam produksi dan kehidupan kita. Anda dapat melihatnya dari robot hingga tanpa pengemudi, dari ponsel cerdas hingga rumah pintar, atau kota pintar yang sedang dibangun. Diantaranya, penerapan sensor dalam industri robot telah menarik perhatian sebagian besar negara, terutama di Amerika Serikat dan Jepang. Di bawah peran utama negara-negara maju ini, dunia telah memicu gelombang pengembangan “sensor pintar”.

Kombinasi robot dan sensor bisa dikatakan memiliki reaksi kimia yang sangat luar biasa. Sensor untuk robot sama seperti berbagai organ penginderaan bagi manusia. Sensor memberi robot lima kemampuan penginderaan: penglihatan, ketajaman, sentuhan, penciuman, dan rasa, memberi mereka postur yang fleksibel, kecerdasan sensitif, dan operasi otomatisasi penuh. Ini merupakan salah satu cara kerja teknologi robotik yang terbaik.

ada saat yang sama, sensor juga dapat mendeteksi kondisi kerja robot dari dalam untuk memastikan kestabilan dan kepekaan operasi robot, serta mendeteksi lingkungan kerja dan status objek robot dari luar untuk menjamin keselamatan manusia. hubungan -machine. Untuk penggunaan sensor robot, sensor ultrasonik robot MaxBotix adalah sensor ultrasonik resolusi tinggi (1mm), presisi tinggi dan daya rendah.

Ini dirancang untuk tidak hanya menangani gangguan kebisingan, tetapi juga menahan gangguan kebisingan. Selain itu, ia juga memiliki kompensasi suhu internal standar dan kompensasi suhu eksternal opsional, membuat data jarak yang diukur lebih akurat. Output langsung dari pembacaan jarak yang akurat menghemat sumber daya MCU dan lebih cocok untuk aplikasi robotika. Ini merupakan salah satu cara kerja teknologi robotik yang terbaru.

Robot memberikan pemandangan pendaratan yang baik dan persyaratan yang lebih tinggi untuk pengembangan sensor. Dengan perkembangan dan pertumbuhan industri robot, di satu sisi, permintaan akan aplikasi sensor telah mengantarkan pada pertumbuhan yang cepat, dan pengembangan serta produksi sensor semakin dipercepat; di sisi lain, robot telah membawa persyaratan baru dalam hal fungsi, jenis, dan teknologi untuk peningkatan sensor, dan mempromosikan Transformasi dan peningkatan industri sensor.

Manfaat Teknologi Robotik

Manfaat Teknologi Robotik

Setelah membahas apa itu teknologi robotik selanjutnya manfaat teknologi robot. Industri robotika telah berkembang selama bertahun-tahun, dan tren ini kemungkinan akan berlanjut hingga tahun 2020. Federasi Robotika Internasional memperkirakan bahwa lebih dari 3 juta robot akan digunakan di pabrik-pabrik di seluruh dunia pada akhir tahun ini. Peningkatan signifikan dalam industri robotika ini bukan satu-satunya pertumbuhan yang diharapkan. Tetapi manfaat teknologi robotik sangat dirasakan.

Konsep otomatisasi tempat kerja bukanlah hal baru, tetapi masa depan tenaga kerja robot cerah. Bisnis telah menerapkan robotika selama beberapa dekade, jika sebagian besar di bidang manufaktur.

Tidak hanya jumlah robot yang diperkirakan akan meningkat, tetapi jumlah industri yang memanfaatkan robot juga kemungkinan akan meningkat. Robotika akan mulai muncul dalam peran yang sebelumnya tidak terlihat, dan peran ini akan menjadi lebih terlihat oleh publik.

Banyak sekali manfaat teknologi robotik yang dapat dirasakan manusia, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Otomatisasi Kognitif

Di titik pertemuan antara komputasi kognitif dan kecerdasan buatan (AI) terletak otomatisasi kognitif. Dengan bantuan teknologi AI yang lebih maju, komputer dapat memproses informasi dalam jumlah besar yang akan membuktikan tugas yang mustahil bagi manusia.

Otomatisasi kognitif menggunakan alat-alat seperti pemrosesan bahasa, penggalian data, dan teknologi semantik untuk memahami kumpulan data yang besar dan tidak terorganisir. Kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk menghasilkan prediksi dan analisis yang berguna.

Banyaknya volume data yang dapat diambil oleh sistem komputasi ini dapat memberi bisnis informasi yang tidak akan pernah mereka miliki sebelumnya. Perusahaan dapat menggunakan analisis yang disediakan oleh otomatisasi kognitif untuk menilai kembali dan mengoptimalkan praktik bisnis mereka. Perusahaan-perusahaan ini akan dapat melakukan perbaikan yang tidak mereka ketahui dibutuhkan. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

2. Keselamatan Dan Keamanan

Otomatisasi proses robotik (RPA), praktik mengotomatiskan operasi bisnis yang berulang, menawarkan potensi signifikan dalam meningkatkan keselamatan. Banyak masalah keamanan bermuara pada risiko kesalahan manusia. Mengotomatiskan proses tertentu menghilangkan kekhawatiran ini.

Manusia bisa terganggu dan lelah, menyebabkan kesalahan yang dapat menyebabkan cedera fisik atau kerugian finansial bagi perusahaan. Mendelegasikan tugas yang lebih mudah dan biasa ke aset robotik dapat memastikan keselamatan dan membebaskan orang untuk menangani pekerjaan yang lebih mendesak dan kompleks.

Robotika juga dapat meningkatkan keamanan informasi. Komputer secara unik disesuaikan untuk menangani pekerjaan yang banyak data, sehingga perusahaan dapat menggunakan bot RPA untuk melacak aliran informasi sensitif. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

3. Logistik Gudang

Bot RPA juga terbukti berguna di bidang logistik gudang. Manajemen inventaris adalah bagian penting dari banyak bisnis, tetapi kesalahan sederhana seperti pelatihan yang tidak memadai dan entri data yang salah dapat menghalangi keseluruhan proses.

Menerapkan robotika ke dalam logistik gudang dapat membantu mengurangi kesalahan inventaris ini dan mencegah konsekuensi parah yang mengikutinya. Perubahan prosedural yang mungkin menyebabkan pekerja manusia membuat kesalahan tidak akan memengaruhi mesin berbasis data.

Jika seorang karyawan mungkin salah menghitung atau lupa menulis sesuatu, sistem otomatis akan melacak semuanya secara akurat dan otomatis. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

Baca juga
Cara membuat logo online gratis tanpa watermark

4. Pekerjaan Berbahaya

Robotika tidak hanya membantu di area di mana manusia mungkin membuat kesalahan, tetapi juga saat berada dalam bahaya. 77 persen pekerja yang mengesankan di Inggris mengatakan mereka lebih suka robot melakukan tugas berbahaya daripada manusia. Perusahaan dapat menggunakan mesin yang kokoh dalam situasi yang dapat melukai seseorang.

Produsen robotika sering merancang robot industri yang dioptimalkan untuk satu tugas. Kemajuan teknologi telah menghasilkan alat berat yang lebih tangguh, memungkinkan perusahaan untuk menerapkannya di lingkungan yang berbahaya.

Mempekerjakan robot di area berbahaya tidak hanya mengurangi risiko bagi manusia, tetapi juga akan memungkinkan bisnis melakukan tugas baru yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan karena bahaya yang terlibat. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

5. Mobil Self-Driving

2020 mungkin bukan tahun di mana mobil self-driving mengambil alih jalan, tetapi model otonom kemungkinan akan muncul dalam lebih banyak jumlah dan peran daripada yang terlihat sebelumnya.

Kendaraan otomatis yang berjalan di jalur tetap, seperti monorel bandara, telah digunakan selama beberapa waktu. Sekarang transport ini telah membuktikan fungsionalitas dan keandalannya, mereka siap untuk digunakan di lingkungan lain.

Layanan antar-jemput mengemudi sendiri dapat mengangkut siswa melintasi kampus atau penghuni panti jompo di seluruh komunitas mereka. Olimpiade Tokyo 2020 dapat mendemonstrasikan penggunaan mobil otonom seperti itu, menggunakannya untuk membantu atlet dan penonton menavigasi kompleks. Kendaraan self-driving bahkan dapat digunakan di kota-kota besar untuk pengiriman makanan. Terlepas dari spesifiknya, prevalensi mobil otomatis kemungkinan akan meningkat pada tahun 2020. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

6. Melengkapi Retail

Tujuan robotika dalam bisnis bukanlah untuk menggantikan tenaga kerja manusia, tetapi untuk melengkapinya. Industri ritel dapat menjadi tempat pembuktian bagaimana robot dan manusia dapat bekerja sama. Seperti halnya manufaktur, mesin dapat menangani tugas yang lebih berulang atau berpusat pada data sementara karyawan menangani pekerjaan yang membutuhkan lebih banyak nuansa.

Menggunakan robotika untuk membantu di berbagai bidang seperti pembersihan, manajemen inventaris, atau entri data akan membebaskan karyawan untuk memberikan perhatian lebih kepada pelanggan. Interaksi tatap muka adalah landasan ritel. Memberi lebih banyak waktu kepada staf untuk menangani interaksi ini dapat menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan membantu pengecer fisik bertahan di era belanja online.

Keuntungan utama yang dimiliki toko fisik dibandingkan rekan internet mereka adalah konektivitas manusia. Meskipun tampaknya berlawanan dengan intuisi, robotika dapat membantu pengecer ini memanfaatkan keuntungan ini sebaik mungkin.

Mesin sering kali lebih unggul dalam pekerjaan berbasis data dan monoton, sementara orang lebih baik dalam bidang yang membutuhkan percakapan dan keramahan. Memanfaatkan keduanya di bidang yang paling sesuai bagi mereka dapat meningkatkan bisnis secara eksponensial. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

7. Perawatan Kesehatan

Industri medis membutuhkan analisis yang cepat dan tepat, dan robotika menawarkan hal itu. Meskipun sentuhan manusia masih penting untuk pekerjaan dokter, robot dapat membantu mereka menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan lebih akurat.

Tes menunjukkan bahwa dokter dapat melakukan operasi robotik lebih dari 1.000 mil jauhnya dari pasien mereka. Operasi jarak jauh dengan robotika akan memungkinkan ahli bedah terkemuka di negara itu untuk mengoperasi pasien yang jauh tanpa harus bepergian. Bahkan jika robot bedah tidak lepas landas pada tahun 2020, perawatan kesehatan kemungkinan masih akan menjadi lebih otomatis.

Seperti halnya robot dapat mengangkut dan mengirimkan barang di manufaktur dan ritel, mereka dapat memindahkan obat dan peralatan melalui rumah sakit sementara dokter dan perawat fokus pada tugas lain.

Sistem otomatis dapat melacak status pasien saat anggota staf melakukan pemeriksaan. Sebuah industri yang sibuk dan sepenting perawatan kesehatan memiliki banyak keuntungan dari penerapan robotika. Ini merupakan salah satu manfaat teknologi robotik yang sangat penting.

Keuntungan Dan Kerugian Teknologi Robotik

Keuntungan Dan Kerugian Teknologi Robotik

Dalam arti luas, robot mencakup segala sesuatu yang meniru perilaku atau pemikiran manusia, serta mesin yang meniru makhluk hidup lain, seperti anjing robot dan kucing robot. Robot cerdas saat ini telah menjadi salah satu hotspot penelitian di berbagai negara di dunia, dan menjadi indikator penting untuk mengukur tingkat industrialisasi suatu negara.

Sistem Robot yang digunakan untuk pembuatan disebut Robot Industri. Mereka dapat diprogram, otomatis, dan dapat bergerak di lebih dari tiga sumbu. Saat memilih untuk memasukkan robot Industri ke dalam lini produksi Anda, perhatian harus diberikan pada manfaat serta batasan Robot industri yang melanjutkan ke resolusi yang sedang dicapai.

Dengan menghubungkan bagian yang digerakkan dari manipulator jarak jauh yang dilengkapi dengan sensor sentuh dengan komputer. Robot yang terbentuk dapat menentukan keadaan suatu objek dengan sentuhan. Selanjutnya dilakukan penelitian tentang pengolahan citra komputer dan pengenalan objek menggunakan kamera TV. Para peneliti mempelajari subjek baru yang mengembangkan sistem komputer dengan tangan, mata, dan telinga.

Setelah mengenal apa itu teknologi robotik selanjutnya keuntungan dan kekurangannya. Semakin populernya otomatisasi proses robotik RPA di berbagai sektor akan terus berlanjut selama beberapa tahun mendatang karena bisnis mendapatkan banyak manfaat melaluinya. Banyak sekali manfaat atau kelebihan yang diberikan oleh RPA, meskipun memiliki beberapa kekurangan juga.

1. Keuntungan Teknologi Robotik

Jaminan Kualitas Lebih Baik

Beberapa pekerja sering senang mengerjakan tugas yang berulang tetapi setelah beberapa saat, mereka juga bosan bekerja dan kurang konsentrasi. Kesenjangan dalam fokus ini dapat dikenal sebagai pengurangan kewaspadaan dan dapat menyebabkan kesalahan yang merugikan sering kali untuk bisnis dan terkadang menimbulkan cedera serius pada anggota staf.

Untuk implementasi otomatisasi proses robotik, bisnis harus mengurangi risiko melalui produksi dan pengecekan secara tepat bahwa item memenuhi persyaratan tanpa gagal. Lebih banyak produk sedang dalam proses untuk diproduksi dengan standar yang lebih tinggi yang menghasilkan kemungkinan bisnis baru untuk memperluas asosiasi. Ini merupakan salah satu keuntungan dan kerugian teknologi robotik yang perlu diperhatikan.

Baca juga
Kenapa Game MPL Gak Ada di Google Playstore

Efektivitas Biaya

Tidak ada hari libur, tidak ada istirahat makan siang, tidak ada cuti sakit, dan tidak ada waktu shift yang tersedia untuk RPA. Jika dipelihara dengan baik, maka dapat bekerja pada siklus berulang, dan itu akan terus melakukan hal yang sama sampai diprogram dengan cara lain karena mengurangi risiko terjadinya RSI.

Peningkatan produksi dengan biaya lebih rendah menghasilkan manfaat khusus untuk semua jenis produsen. Biaya investasi dapat diperoleh kembali dalam waktu yang sangat singkat. Ini merupakan salah satu keuntungan dan kerugian teknologi robotik yang perlu diperhatikan.

Bekerja di Lingkungan Berbahaya

Terlepas dari kemungkinan cedera di tempat kerja ini, anggota staf industri tertentu dapat diminta untuk bekerja dalam situasi yang tidak sesuai atau berbahaya. Beberapa area produksi yang membutuhkan suhu sangat tinggi atau rendah biasanya memiliki pergantian layanan otomatisasi proses robotik yang tinggi karena sifat pekerjaannya.

Robot otomatis dapat mengurangi limbah material dan menghilangkan kebutuhan manusia untuk menghadapi risiko yang tidak perlu. Ini merupakan salah satu keuntungan dan kerugian teknologi robotik yang perlu diperhatikan.

Meningkatkan Produktivitas

Penggunaan otomatisasi robotik untuk menangani pengulangan tugas sangat masuk akal. Seperti yang kita ketahui bahwa robot dirancang untuk melakukan gerakan yang berulang-ulang.

Pengenalan otomasi ke dalam prosedur manufaktur Anda memiliki berbagai manfaat yang terkait dengan produktivitas. Ini memberi anggota staf kesempatan untuk mengembangkan pekerjaan dan keterampilan mereka di bidang-bidang tertentu yang akan menghasilkan lingkungan yang lebih baik di mana bisnis dapat memperoleh keuntungan darinya. Ini merupakan salah satu keuntungan dan kerugian teknologi robotik yang perlu diperhatikan.

2. Kerugian Teknologi Robotik

Berikut adalah beberapa kerugian teknologi robotik yang juga harus diwaspadai :

Kemungkinan Kehilangan Pekerjaan

Salah satu perhatian terbesar dari otomasi proses robotik RPA adalah dampaknya pada pekerjaan para pekerja. Misalnya- jika robot dapat melakukan tugas dengan kecepatan yang lebih konsisten dan lebih cepat, maka siapa yang membutuhkan manusia.

Namun, teori-teori ini dapat dimengerti namun tidak akurat karena tingkat lapangan kerja telah meningkat lebih cepat pada saat menggunakan sekitar 1.000 robot menjadi lebih dari 45.000 robot. Ini merupakan salah satu keuntungan dan kerugian teknologi robotik yang perlu diperhatikan.

Harus Mempekerjakan Staf Terampil

Sejak beberapa tahun terakhir, perusahaan otomatisasi proses robotik telah menemukan bahwa sulit untuk mencari anggota staf ahli untuk mengisi peran keahlian dalam bisnis. Pengenalan otomasi menambahkan lapisan lain ke misteri karena robot membutuhkan pemrograman dan pemahaman tentang cara beroperasi.

Selain itu, ini membuka peluang lebih lanjut bagi karyawan yang tersisa untuk berkembang dan menjadi lebih tren. Bisnis otomasi dapat membantu memulai pemasangan dan prosedur penyiapan dengan keahlian yang tepat sehingga staf dapat beradaptasi dan belajar mengelola robot untuk jangka panjang. Ini merupakan salah satu keuntungan dan kerugian teknologi robotik yang perlu diperhatikan.

Biaya Investasi Awal Yang Mahal

Ini adalah salah satu kendala tersulit untuk memutuskan apakah akan berinvestasi dalam otomatisasi robot atau tidak atau menunggu hingga tahap selanjutnya. Kasus bisnis yang komprehensif harus dihasilkan saat penerapan teknologi.

Pengembaliannya bisa sangat besar dan cukup sering terjadi dalam waktu singkat. Meskipun demikian, arus kas harus mendukung sementara itu dan stabilitas perusahaan sama sekali tidak sebanding dengan risikonya jika pengembaliannya hanya marjinal. Ini merupakan salah satu keuntungan dan kerugian teknologi robotik yang perlu diperhatikan.

Butuh Keahlian Khusus

Penyiapan pertama robot industri menuntut banyak keahlian dan pelatihan seperti yang terjadi pada jenis teknologi lainnya. Ini karena mereka sangat mahir dalam melakukan banyak tugas. Perusahaan dengan otomatisasi yang baik menawarkan paket dukungan pengetahuan dan keahlian mereka yang merupakan faktor penting.

Namun, untuk mengurangi ketergantungan pada perusahaan otomasi, pelatihan harus diberikan kepada para insinyur agar mereka dapat memprogram robot industri. Tetapi pengaturan awal akan selalu membutuhkan dukungan dari perusahaan yang berpengalaman. Ini merupakan salah satu keuntungan dan kerugian teknologi robotik yang perlu diperhatikan.

Memiliki Keterbatasan

Jumlah robot industri telah menyaksikan kemajuan yang menggembirakan selama bertahun-tahun, tetapi masih ada batasan tertentu pada jenis pekerjaan yang dapat mereka lakukan. Inilah sebabnya mengapa sangat disarankan perusahaan industri bekerja sama dengan perusahaan otomat sebelum menerapkan apa pun. Terkadang, sistem otomatis khusus dapat memberikan hasil yang lebih baik dan lebih cepat daripada robot industri.

Robot tidak dilengkapi dengan segala sesuatu yang ada di dalamnya, jadi biasanya, kegagalan atau keberhasilan pada sistem robotik bergantung pada seberapa efisien proses di sekitarnya diterapkan, seperti sistem penglihatan, gripper, dll. Ini merupakan salah satu keuntungan dan kerugian teknologi robotik yang perlu diperhatikan.

Contoh Aplikasi Teknologi Robotik

Contoh Aplikasi Teknologi Robotik

Robotika adalah jantung dari revolusi industri keempat, dan bisnis harus berusaha untuk mengeksplorasi potensi teknologi ini dan yang terkait dengannya. Pada tahun 2025, otomasi industri saja dapat meningkatkan tingkat pekerjaan dan mengurangi cedera di tempat kerja karena otomatisasi tugas.

Robot telah ada untuk melayani satu alasan tertentu, untuk bertindak sebagai uluran tangan manusia. Mereka tidak pernah dimaksudkan untuk menggantikan, melainkan dibuat untuk melakukan tugas-tugas kerja manual sehingga manusia dapat terlibat dalam peran yang lebih kompleks.

Robot melakukan hal-hal seperti mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, dan membawa lebih banyak data untuk penelitian. Tidak peduli apa yang digambarkan budaya pop, industri robotika pasti mengubah proses bisnis. Tidak ada pemberontakan robot yang terlihat, hanya pertumbuhan signifikan dalam industri yang didorong oleh perusahaan robotik yang semuanya cerdas, inovatif, dan futuristik.

Industri 4.0, atau revolusi industri keempat, mengacu pada peran robot di berbagai industri dengan tujuan untuk menjaga dunia fisik dan digital tetap terhubung dalam sistem yang mulus dan otomatis. Ini juga merupakan istilah umum untuk otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi seperti pabrik pintar, IoT, data besar, sensor pintar, komputasi awan, dan sistem fisik siber.

Di sinilah teknologi berada sekarang. Meskipun masih dalam tahap awal, bisnis dapat memanfaatkan banyak perkembangan teknologi yang dilakukan selama bertahun-tahun. Beberapa industri sudah mulai memimpin transformasi. Berikut beberapa contoh aplikasi robotik di berbagai bidang.

Baca juga
Charger HP Berbunyi Berdesis dan Panas

1. Konstruksi: Pemasangan Batu Bata, Pengecatan, dan Survei

Di masa lalu, industri robotika merasa sulit untuk mengotomatiskan tugas konstruksi karena ini memerlukan adaptasi dan respons waktu nyata. Terobosan baru-baru ini dalam robotika dan kecerdasan buatan telah memungkinkan robot memasuki dunia konstruksi secara perlahan.

HadrianX adalah robot pembuat batu bata yang teknologinya “bereaksi terhadap angin, getaran, dan faktor lingkungan lainnya secara instan”. Ini memungkinkan respons waktu nyata untuk meletakkan batu bata dengan cara yang tepat, sehingga meningkatkan keamanan di tempat kerja. Drone lukisan juga telah memasuki tempat kejadian, menggunakan mekanisme pan-and-tilt (bukan nozzle) untuk mengecat detail terkecil yang tidak dapat dilakukan sendiri oleh drone.

Terakhir, drone udara digunakan untuk mensurvei tempat kerja untuk mengumpulkan berbagai jenis data. Skycatch baru-baru ini bermitra dengan DJI untuk membuat peta situs 3D yang sangat akurat dan model situs proyek. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi robotik terbaik. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi robotik terbaik.

2. Manufaktur: Pabrik pintar dan Robot Mengemudi Sendiri 

Robot bukanlah hal baru dalam bidang manufaktur dan telah berkembang pesat dari penanganan cor Unimate dan pengelasan titik. Menurut laporan PwC baru-baru ini, lebih dari setengah (59%) pabrikan sudah menggunakan beberapa bentuk teknologi robotika.

Saat ini, robot di bidang manufaktur adalah tentang otomatisasi penuh. Pabrik pintar, sistem mesin dan peralatan yang digital dan terintegrasi, muncul dari kiri dan kanan. Pada saat yang sama, peningkatan dalam IoT dan teknologi jaringan nirkabel juga membuka jalan bagi otomatisasi pabrik.

Motor OTTO menciptakan robot self-driving untuk mengirimkan bahan di sekitar fasilitas manufaktur. Ini dimaksudkan untuk menavigasi seperti yang dilakukan seseorang; dengan memelihara peta pabrik dalam memorinya dan menggunakan titik referensi visual untuk mengetahui posisinya (seperti cara kerja robot vakum). Itu dapat memindahkan palet, tempat sampah, dan kandang.

Mitra manufaktur Apple Foxconn di China berencana untuk mencapai otomatisasi 30% dengan puluhan ribu ‘Foxbots’ pada tahun 2020. Artinya, iPhone tidak akan dibuat oleh manusia lagi, melainkan robot. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi robotik terbaik.

3. Perawatan Kesehatan: Robot Bedah dan Jarak Jauh

Konsep memiliki robot dalam perawatan kesehatan bukanlah hal baru dan telah ada selama 30 tahun. Dari asisten robot lab lengan hingga robot bedah yang sangat kompleks, mereka telah berkembang pesat di bidang medis.

Robot yang bergabung dengan tenaga medis AS cenderung terbagi dalam dua kategori: 1) robot yang menggantikan pekerjaan yang sebelumnya ditangani oleh manusia, dan 2) robot berbasis telemedicine yang menghubungkan dokter dan pasien dengan cara yang inovatif.

Robot ortopedi pengganti lutut bedah Mako mampu melakukan CT-scan pada lutut pasien, mencetak 3D model sendi yang akurat, dan membantu perencanaan pra-operasi yang disesuaikan untuk setiap pasien. Di Australia Selatan, robot digunakan sebagai pembantu perawat. Mereka mengirimkan troli dengan persediaan medis, makanan, dan seprai kepada pasien dan staf.

Microbots sekarang juga dapat membantu dalam deteksi dan pengobatan penyakit – ini akan memungkinkan pasien untuk menelan kamera kecil sehingga dokter dapat mengambil gambar saluran pencernaan untuk mendeteksi tumor. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi robotik terbaik.

4. Pertanian: Robot Pertanian

Robot pertanian membantu petani dengan tugas yang lambat dan berulang sehingga petani dapat fokus pada pemecahan masalah produksi yang lebih kompleks. Sekarang ada berbagai tugas yang bisa dilakukan robot pertanian: memanen, memetik buah, fenotipe, pemangkasan, pembibitan, penyemprotan, dan lain-lain.

DJI, pemimpin industri dalam bisnis drone, bermitra dengan PrecisionHawk dalam menyediakan solusi pertanian cerdas. Bersama-sama, mereka memberikan informasi waktu nyata kepada petani tentang tanaman, ladang, dan panen mereka melalui data udara yang dikonversi dan dianalisis.

Robot pemetik jeruk dari Energid dapat memetik buah setiap 2 hingga 3 detik. Ia bekerja melalui mekanisme grid yang memungkinkan sistem enam kamera built-in untuk menemukan buah yang akan dipetik. Teknologi ini telah membawa tingkat pengambilan menjadi sekitar 50% dan ketelitian 80%. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi robotik terbaik.

5. Makanan: Dapur Robot

Dalam berita yang lebih menarik, robot mulai mengganggu industri makanan. Moley telah memperkenalkan dapur robot dan terintegrasi pertama di dunia. Ini mencakup robot yang berfungsi penuh yang memasak seperti master chef sungguhan – sistem meniru keterampilan memasak, gerakan, dan nuansa master chef Tim Anderson. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi robotik terbaik.

Demikian pembahasan mengenai apa itu teknologi robotik, manfaat, cara kerja, dan contoh aplikasinya.

5/5 (1 Review)