Apa Itu Teknologi Robotik

Robot adalah mesin yang dapat melakukan tindakan kompleks secara otomatis.  Mereka umumnya membutuhkan tiga elemen: sensor seperti kamera, lidar, atau mikrofon;  aktuator seperti motor, piston atau otot buatan, dan pengontrol.

Robot mungkin dikendalikan dari jarak jauh oleh manusia, tetapi seringkali sebagian atau seluruhnya dikendalikan oleh komputer, menjadikannya otonom.

Robot dalam fiksi sering kali menyerupai kita, terlihat sangat mirip manusia dengan dua tangan, dua kaki, dan kepala dengan kamera untuk matanya.  Namun pada kenyataannya, sebagian besar bentuk robot dirancang agar sesuai dengan fungsinya.

Mesin cuci dan mesin pencuci piring Anda keduanya robot, melakukan tindakan kompleks di bawah kendali komputer.  Banyak unit AC adalah robot, mengubah pengaturan kipas, deflektor udara, dan beralih dari pendinginan ke pemanas secara otomatis.

Semua mobil modern adalah robot, dengan komputer yang menyesuaikan pengaturan mesin, rem, kemudi, dan suspensi sebagai respons terhadap mengemudi Anda. Mobil otonom yang lebih maju bahkan mulai mengambil alih sebagian kendali dari Anda.

Namun baru-baru ini kata robot atau “bot” juga digunakan untuk merujuk pada perangkat lunak, misalnya bot perayapan web yang menjaring informasi yang dikumpulkan melalui situs web.

Bagaimana robot dibuat?

Bidang robotika, dan lebih luas lagi mekatronika, mempelajari cara terbaik untuk merancang, membangun, dan mengendalikan robot.

Sangatlah sulit untuk membuat robot yang bekerja dengan baik.  Informasi dari sensor harus diproses dalam waktu nyata, jika robot tidak dapat memahami apa yang  dilihat dengan cukup cepat, maka harus bergerak sangat lambat, atau harus terus berhenti untuk berpikir.

Baca juga >>
Daftar Game Mobile yang Pernah Viral Tapi Sekarang Hilang Tanpa Kabar

Robot yang lebih fleksibel seperti lengan robot di pabrik memiliki banyak derajat kebebasan, bayangkan lengan dengan lima “siku” serta sambungan “bahu” dan “pergelangan tangan”.  Lengan semacam itu dapat dipindahkan ke dalam miliaran pose berkelok-kelok yang berbeda untuk memungkinkan mereka menjangkau tempat-tempat rumit dan mengelas komponen bersama-sama.

Mencari tahu cara terbaik untuk mengontrol lengan robot agar tidak mengenai apa pun (termasuk diri mereka sendiri) ternyata sangat sulit, terutama jika ada rintangan yang bergerak di sekelilingnya.  Itulah mengapa, terlepas dari semua hal menakjubkan yang dapat dilakukan kecerdasan buatan (AI) saat ini, kontrol robot masih dianggap sebagai salah satu masalah tersulit.

Itu juga mengapa membuat kendaraan yang sepenuhnya otonom jauh lebih sulit daripada yang disadari kebanyakan orang.

Apa yang bisa dilakukan robot masa depan?

Robot telah berkontribusi besar pada industri kita, memungkinkan sebagian besar perangkat, peralatan, transportasi, dan makanan olahan dibuat secara efisien dan murah.  Saat ini para peneliti sedang bekerja menuju otomatisasi yang lebih besar, dengan robot mengambil alih lebih banyak dan lebih banyak lagi proses manufaktur.

Pencetakan 3D menggunakan manufaktur aditif dapat memungkinkan pembuatan komponen yang kompleks, dan merupakan ambisi banyak industri untuk bahkan mengotomatiskan proses perbaikan mesin, dengan kesalahan terdeteksi sebelum menyebabkan kegagalan, dan suku cadang baru dibuat dan ditukar secara otomatis.

Akhirnya, ini bahkan dapat mengarah pada mesin yang dapat membangun dan memperbaiki diri sendiri.

Di rumah kita, robot cenderung menjadi lebih umum.  Penyedot debu robot dan pembersih lantai mungkin menjadi hal yang biasa dan bukan menjadi barang mewah.  Lengan dapur robot untuk memasak mungkin menjadi hal yang biasa.

Baca juga >>
5 Aplikasi Edit Video Youtuber Terbaik di HP Android

Robotika dan Otomasi

Dengan teknologi robotik yang maju ke tingkat otomasi, produksi massal komoditas konsumen menjadi efisien dan terjangkau.

Sekitar tiga dekade lalu, robot ada di benak orang hanya sebagai ide.  Mereka hanya ada sebagai fiksi ilmiah, dan pemikiran tentang mereka hidup berdampingan secara harmonis hanya ada di beberapa pikiran yang brilian.  Berkat para jenius ini, evolusi robotika telah mengambil perubahan yang menarik dan maju dalam kehidupan kita sehari-hari.  Dalam revolusi industri saat ini-Industri 4.0, teknologi robotika canggih memainkan peran yang sangat penting dalam industri elektronik, otomotif, keamanan, makanan dan minuman, barang konsumsi, ilmiah, dan logam.  Robot memungkinkan untuk mencapai lantai pabrik otomatis di banyak industri.  Ini bertujuan agar proses pembuatannya aman, lebih efisien, sangat produktif, dan sangat menguntungkan.

Jenis Robot Dan Perannya

Ada empat jenis robot utama yaitu :

-Robot logistik

– Robot industri

– Robot kolaboratif

– Robot industri

Semua robot harus memiliki kemampuan untuk mengubah tempat kerja mereka menjadi perangkat yang hemat biaya, aman, dan akurat.  Peran utama mereka, terlepas dari departemen mana yang mereka layani, adalah mewujudkan revolusi lengkap dalam industri manufaktur dan pabrik pemrosesan.  Robot muncul ketika transformasi digital dalam seluruh hubungan produsen-konsumen sedang berlangsung.  Preferensi konsumen berubah, dan karenanya produsen harus mengoptimalkan metode produksi dan rantai distribusi mereka agar dapat sepenuhnya efektif.  Agar hal ini terjadi, produsen tidak memiliki pilihan selain menyerahkan sebagian besar tugas produksi / pemrosesan / manufaktur atau distribusi mereka kepada robot canggih ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, insinyur robotik memiliki kemampuan robot yang sangat canggih untuk menjadi lebih pintar, halus, beragam, lebih cepat, dan terjangkau.  Mereka memberi penerangan pada realisasi pabrik pintar yang lengkap.

Baca juga >>
Kumpulan Game Lego Terbaik Saat Ini Offline dan Online

Apakah robot untuk menggantikan teknologi lain?

Faktanya, robot modern dirancang untuk memadukan teknologi satu dengan lainnya, sistem otonom, sistem multi-robot untuk menawarkan layanan yang lebih efisien, hemat biaya, dan berkualitas.

Untuk meningkatkan akurasi dan ketepatan, teknologi penginderaan suhu telah dipasang di semua robot.  Misalnya, di pabrik yang memiliki manusia dan robot, robot harus memiliki fitur sensor agar tidak bertabrakan dengan manusia atau memberikan ancaman bagi kehidupan manusia.  Keamanan adalah kuncinya, dan kolaborasi menjadi prioritas berikutnya.  Pekerja dilatih tentang bagaimana hidup berdampingan dengan robot.

Robot-robot dengan kecerdasan buatan ini terhubung ke Internet industri untuk memastikan bahwa robot-robot tersebut mengandalkan data / informasi yang sangat luas dan real-time saat membawa berbagai aktivitas industri.  Internet of things menciptakan tambang informasi yang kredibel yang diperlukan untuk peningkatan dan produktivitas yang efektif.

Hal yang baik tentang robot canggih ini adalah mereka membutuhkan pemantauan minimal hingga nol.  Mereka otomatis menjalankan tugas sehari-hari tanpa ada yang mengontrolnya.

Arti penting robot otomatis

Mereka digunakan dalam industri otomotif untuk alat berat.

Digunakan untuk tujuan medis seperti membantu ahli bedah membuat sayatan bedah yang tepat selama operasi untuk mengurangi kasus kerusakan organ

Digunakan dalam industri konstruksi serta industri bangunan.  Mereka mengurangi biaya pembangunan, risiko, dan meningkatkan kecepatan serta umur panjang bangunan.

Order via Whatsapp !