alexa certify
apa itu social bookmarking

Apa Itu Social Bookmarking, Pengertian Jenis Manfaat

Menurut sejarah terangkum pada laman wikipedia, layanan bookmark online mulai meluncur di dunia maya pada April 1996 yang diiringi perilisan itList. Adapun fitur yang disajikan berupa bookmark umum dan tertutup. Tak lama kemudian muncul WebTagger -dikembangkan oleh tim divisi ilmu komputer NASA– yang dirilis pada Sixth International WWW Conference di Santa Clara, April 1997.

WebTagger menyertakan sejumlah fitur social bookmarking termutakhir seperti kemampuan kolaborasi berbagi dan mengatur bookmark menggunakan antarmuka berbasis web, menyediakan komentar dan mengatur menurut kategori.

Sejak tahun 1996 silam, begitu banyak layanan manajemen bookmark online yang dirilis ke dunia maya. Salah satu yang paling terkenal adalah Delicious, resmi meluncur pada 2003 lalu mempopulerkan dua istilah beken “social bookmarking” dan “tagging “. Tagging merupakan sebuah fitur penting dari sistem social bookmarking yang memungkinkan pengguna lebih fleksibel mengatur bookmark.

Apa itu Social Bookmarking

Social bookmarking merupakan salah satu metode Search Engine Optimization (SEO) yang mendongkrak trafik atau jumlah kunjungan ke sebuah situs. Pada awalnya lebih banyak digunakan pengguna internet sebagai wadah saling berbagi informasi dari berbagai sumber dunia maya, tetapi belakangan ini justru dimanfaatkan para pemilik situs untuk keperluan SEO. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang apa itu social bookmarking, mulai dari pengertian, jenis dan manfaat.

Menurut webopedia, social bookmarking lazim disebut sebagai tagging. Umumnya digunakan di blog, penulis situs melampirkan deskripsi kata kunci (disebut tag) untuk mengidentifikasi gambar atau teks dalam situs mereka sebagai kategori atau topik.

Halaman web dan blog dengan tag identik kemudian dapat ditautkan bersama sehingga memungkinkan pengguna untuk mencari konten yang serupa atau terkait. Jika tag dibuat untuk umum, halaman online yang bertindak sebagai layanan bookmark berbasis web dapat mengindeksnya. tag dapat dibuat menggunakan kata, akronim atau angka. Tag juga disebut penandaan, penandaan blog, atau bookmark sosial.

Menurut wikipedia, Social bookmarking adalah sebuah metode bagi pengguna internet untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari penanda sumber daya yang tersedia secara online. Berbeda dengan konsep berbagi file (file sharing), sumber daya online tersebut tidak dibagi-bagi, melainkan hanya menjadi penanda bahwa sumber daya tersebut merupakan referensi mereka.

Beberapa penjelasan tambahan dapat ditambahkan ke dalam penanda tersebut dalam bentuk metadata, sehingga pengguna dapat memahami isi dari sumber daya tersebut tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Penjelasan tersebut dapat berisi teks, suara, atau tag yang berkolaborasi menjadi sebuah folksonomi. Folksonomi juga disebut tagn sosial, yaitu merupakan proses dimana banyak pengguna menambahkan metadata dalam bentuk kata kunci untuk berbagi konten.

Dalam sistem penanda sosial, pengguna menyimpan link ke halaman web yang mereka ingin ingat dan/atau bagikan. Penanda ini biasanya bersifat domain publik, dan dapat disimpan secara pribadi atau hanya berbagi dengan orang-orang tertentu atau kelompok atau hanya di dalam jaringan tertentu, atau kombinasi lain dari domain publik dan swasta. Orang-orang diperbolehkan biasanya dapat melihat kronologis penanda menurut kategori atau tag, atau melalui mesin pencari.

Kebanyakan layanan penanda sosial mendorong pengguna untuk mengatur penanda mereka dengan tag informal, bukan dengan sistem folder berbasis peramban tradisional, walaupun beberapa layanan memiliki fitur kategori/folder atau kombinasi dari folder dan tag. Mereka juga memungkinkan pengguna untuk melihat penanda lain yang berkaitan dengan tag yang dipilih, termasuk informasi tentang jumlah pengguna yang telah menandai sumber daya tersebut. Beberapa layanan penanda sosial juga menarik kesimpulan dari hubungan tag untuk membuat cluster tag atau bookmark.

Banyak layanan penanda sosial menyediakan web feed untuk daftar bookmark mereka, termasuk daftar yang diselenggarakan oleh tag. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk menyadari bahwa bookmark baru mereka disimpan atau ditandai oleh pengguna lain.

Seiring dengan perkembangan layanan ini yang kini telah semakin matang dan tumbuh lebih populer, maka telah ditambahkan fitur baru seperti peringkat dan komentar di bookmark, kemampuan untuk impor dan ekspor bookmark dari peramban, surat elektronik penanda, anotasi web, dan kelompok-kelompok atau fitur jaringan sosial.

pengertian social bookmarking

Walaupun sudah mengetahui kegunaan utama dari segi SEO, justru masih banyak pemilik situs yang belum tahu pengertian dasar social bookmarking. Seperti dilansir dari laman wikipedia, social bookmarking merupakan layanan online bersifat terpusat yang memungkinkan pengguna untuk menambah, memberi catatan, mengubah dan berbagi bookmark atau tautan (link) dari dokumen web.

Baca juga >>  Pengertian Search Engine Manfaat dan Jenis Search Engine

Dalam sistem social bookmarking, pengguna sengaja menyimpan tautan yang ingin diingat dan sekedar berbagi ke pengguna lain. Simpanan bookmark biasanya bersifat umum, tetapi boleh tertutup kemudian diatur khusus untuk pribadi, orang tertentu, grup, jaringan atau kombinasi antara umum dan tertutup. Orang lain bisa melihat koleksi bookmark jika pengguna berbagi untuk umum, malahan dapat terakses via mesin pencari (search engine).

Hampir sebagian besar layanan social bookmark memudahkan pengguna untuk mengatur bookmark dengan tag informal. Selain itu pengguna dapat melihat bookmark terkait tag tertentu, kemudian menyertakan informasi penting tentang jumlah pengguna yang telah mem-bookmark. Tentu konsep https://id.wikipedia.org/wiki/Labelnya jauh berbeda dari layanan bookmark berbasis web browser.

Banyak layanan social bookmarking menyediakan web feed untuk daftar bookmark, termasuk daftar menurut tag. Ini memungkinkan pengguna menyadari adanya bookmark baru usai menyimpan, berbagi atau ditandai oleh pengguna lain. Selain itu bertujuan mempromosikan situs via membangun jaringan dengan pengguna social bookmarking lainnya.

Ketika layanan bookmarking semakin matang dan terus tumbuh populer, sejumlah fitur ekstra ditambahkan seperti rating dan komentar pada bookmark. Selain itu masih ada fitur keren lainnya seperti impor dan ekspor bookmark dari browser, mengirim email, beragam fitur jaringan sosial dan grup.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan pengertian social bookmarking adalah situs yang menyimpan alamat link atau artikel yang disimpan atau bookmark oleh para anggotanya. Sebenarnya, fitur ini sudah ada pada browser web yang Anda gunakan sehari-hari seperti Chrome, Firefox, Opera, Internet Explorer, dan sebagainya.

Bookmark pada browser web memang lebih sederhana. Tetapi, ada kemungkinan situs atau link yang kita bookmark tesebut bisa memiliki resiko hilang apabila komputer mengalami kerusakan. Dengan Social Bookmarking ini, Anda bisa mem-bookmark link secara online dan pastinya lebih memudahkan dalam memanajemen situs-situs penting Anda.

Jika dilebih sederhanakan lagi, maka dapat diartikan bahwa tempat di mana para pemilik situs atau blogger meletakan link atau url artikel-artikelnya, dan artikel tersebut nantinya dapat dilihat oleh member maupun pengunjung website tersebut dinamakan dengan Situs Social Bookmarking.

Jenis Social Bookmarking

Setelah mengetahui apa itu social bookmarking, selanjutnya jenis social bookmarking secara garis besar terbagi menjadi tiga jenis yaitu umum, edukasi dan berita. Ketiganya dapat dimanfaatkan pemilik situs untuk dongkrak posisi hasil penelusuran pada mesin pencari.

1. Social Bookmarking Umum.

Pengguna dapat mem-bookmark dokumen web ke kategori tertentu lalu berbagi ke pengguna lain. Mereka juga dapat melihat bookmark pengguna lain dalam kategori sejenis. Banyak manfaat hebat bisa diperoleh pengguna, termasuk hemat waktu pencarian di mesin pencari dan jumpai beragam situs unik nan atraktif.

2. Social Bookmarking Edukasi.

Social bookmarking fokus pada beragam kegiatan akademik dan penelitian. Kehadiran layanan ini justru mempermudah murid dan guru yang ingin menambah pengetahuan akademik. Para guru bisa menemukan situs edukatif di Internet, kemudian dibagikan kepada murid. Mereka juga dapat mengecek situs hasil bookmark pengguna lain pada subjek yang sama.

3. Social Bookmarking Berita.

Social bookmarking dipenuhi beragam berita terbaru yang sengaja disimpan oleh pengguna lain. Blog dan artikel yang memuat berita paling baru dapat ditemui pada situs ini. Pengguna tak sekedar membaca berita dan memperoleh informasi, namun turut diperbolehkan berpartisipasi dalam voting agar menjadi headline alias trending topic. Kehadiran social bookmarking khusus berita mempermudah pengguna internet menemukan berita atau topik terkini yang sedang ramai dibicarakan masyarakat.

jenis social bookmarking

Manfaat Social Bookmarking

Setelah membahas mengenai apa itu social bookmarking dan jenisnya, selanjutnya adalah manfaat social bookmarking. Kehadiran social bookmarking di dunia maya tak sekedar beri keuntungan bagi pengguna internet, tetapi pemilik situs yang ingin memperkaya formula SEO. Setidaknya ada delapan manfaat social bookmarking sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

1. Menaikkan traffic website

Social bookmarking merupakan tempat sempurna mempromosikan situs dan artikel tulisan sendiri. Dengan demikian situs lebih mudah “terlihat” di mata pengguna internet dan memberikan potensi tambahan traffic atau jumlah pengunjung website yang datang dari situs bookmark tempat pemilik website menautkan link artikelnya.

2. Tempat interaksi pengguna

Memungkinkan pengguna berinteraksi dengan pengguna social bookmarking lainnya untuk berbagi bookmark, berkirim pesan dan komentar pada konten.

3. Membangun reputasi dan komunitas

Social bookmarking bisa jadi ajang membangun reputasi dan komunitas antar pengguna dengan minat yang sama. Ini salah satu trik membuat situs sebagai sumber terpercaya bagi pengguna lain.

Baca juga >>  Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Google+ Youtube

4. Mempercepat index website

Dibutuhkan waktu berhari-hari agar artikel baru yang Anda posting terindeks oleh mesin pencari Google. Namun dengan adanya website social bookmarking, hanya dibutuhkan waktu beberapa jam saja agar artikel Anda terindeks di mesin pencari Google.

5. Mendapatkan backlink kualitas tinggi

Para pemilik situs harus memanfaatkan social bookmarking sebaik mungkin, apalagi memberi backlink yang “dihargai” oleh mesin pencari dan turut bantu membangun Google Page Rank. Sayangnya beberapa situs social bookmarking saat ini telah menginstruksi Google untuk tidak menghitung backlink yang berasal dari mereka. Semua tautan menuju situs lain dianggap nofollow.

Adanya instruksi tersebut telah membuat sejumlah pemilik situs ragu mencari backlink karena merasa tak diberi keuntungan apapun. Padahal social bookmarking tak sekedar cari backlink semata melainkan trafik kunjungan.

Memang benar hingga saat ini social bookmarking masih dianggap ladang istimewa membangun backlink dan PageRank. Sebagian besar situs layanan social bookmarking telah menginstruksi Google tidak memberi nilai apapun alias nofollow terhadap link yang berasal dari mereka, meskipun demikian mesin pencari tetap memberi hitungan walaupun kurang begitu istimewa.

Banyak pakar percaya bahwa Google tetap beri nilai pada link nofollow dari social bookmarking, tetapi cara penilaian sedikit berbeda. Mereka beralasan bahwa meski Google tidak memberi nilai pada link tersebut, tetapi alamat situs yang jadi bagian dari teks tautan juga memberi keuntungan.

Jadi tetaplah rajin mensubmit artikel terbaru ketika selesai posting di situs anda. 

6. Meningkatkan SERP 

Dengan mensubmit artikel di situs social bookmarking, pemilik website akan mendapat benefit high quality backlink dan potensi tambahan pengunjung yang akan berimbas pada peningkatan SERP atau search engine rangking position di serp engine. Ini adalah tujuan yang paling utama dari kegiatan social bookmarking.

7. Benefit Promosi Gratis

Manfaat lain yang bisa didapat pelaku bisnis online dari situs social bookmarking adalah bisa mempromosikan produk di Social Bookmark secara gratis. Memang banyak media promosi yang dapat dimanfaatkan, tetapi Social Bookmark memiliki keunggulan tersendiri. Yaitu: gratis dan jangkauan luas.

8. Lifetime Bookmark

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan situs bookmaring ini akan mengurangi resiko hilangnya situs yang di bookmark pada web browser.

manfaat social bookmarking

Contoh Social Bookmarking

Setelah membahas mengenai apa itu social bookmarking, jenis dan manfaatnya, selanjutnya adalah contoh situs social bookmarking. Setidaknya ada 500 situs social bookmarking yang bisa Anda manfaatkan. 10 situs social bookmarking paling populer bisa dilihat di bawah ini.

1. Reddit

Reddit adalah situs web hiburan dan juga berita di mana pengunjung yang telah terdaftar dapat berkontribusi dalam bentuk memberikan posting pranala atau text. Pengunjung lain dapat memberikan suara “atas” atau “bawah”, yang kemudian akan dihitung untuk memberikan peringkat posting tersebut, yang menentukan posisinya dalam halaman situs web. Isi situs dibagi berdasarkan tema, yang dinamakan “subreddit”.

Reddit didirikan oleh Steve Huffman dan Alexis Ohanian. Reddit diakuisisi oleh Condé Nast Publications pada Oktober 2006.

2. Twitter

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter akan tetapi pada tanggal 07 November 2017 bertambah hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).

Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan “pesan singkat dari Internet.”

3. Pinterest

Pinterest adalah virtual pinboard di mana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya. Semisal kategori ‘food and drink’ di mana berisi foto dan gambar makanan dan minuman.

Anda juga bisa mengikuti akun lain dan re-pin pin milik akun lain (seperti retweet pada Twitter) tanpa harus mengikuti pemilik pinboard.

4. Stumbleupon

StumbleUpon merupakan situs sosial bookmark yang memungkinkan para penggunanya untuk menemukan dan merekomendasikan konten web yang ada. Fitur-fitur yang ada memungkinkan para pengguna untuk menemukan dan menilai halaman web, foto dan video yang dipersonalisasikan sesuai selera dan kepentingan mereka dengan menggunakan peer-sourcing dan prinsip-prinsip situs jejaring sosial.

Saat ini tersedia beberapa versi toolbar untuk Mozilla Firefox, Google Chrome dan Internet Explorer. StumbleUpon juga tersedia untuk beberapa penjelajah web independen yang berbasis Mozilla Firefox. Toolbar untuk pihak ketiga juga telah diciptakan untuk Safari dan Opera.

5. Del.icio.us

delicious (dulunya bernama del.icio.us, merupakan kata dalam bahasa Inggris yang bermakna “sedap”) adalah suatu layanan web untuk penyimpan, pembagian, dan penemuan marka buku. Situs web ini didirikan oleh Joshua Schatcher pada akhir 2003 dan diakuisisi oleh Yahoo! pada tahun 2005. Dampak dari akuisisi ini, pengguna Yahoo! dapat melakukan login ke delicious menggunakan akun Yahoo! mereka.

Baca juga >>  Apa Itu Website Direktori Jenis Manfaat dan Contoh

Di 27 April 2011, delicious diakuisisi oleh AVOS, perusahaan yang didirikan oleh Chad Hurley dan Steve Chen. Keduanya adalah pendiri situs video sharing YouTube. Hurley dan Chen membawa delicious kembali ke akarnya dengan menempatkan kantor delicious di San Mateo, California, yang jauhnya hanya beberapa blok dari tempat dimana mereka memulai YouTube, dan di sana mereka menyewa tim kelas dunia untuk membangun layanan pencarian informasi terbaik di web.

6. Digg

Digg adalah sebuah website berita-berita sosial. Dahulu, fungsi dasar situs ini adalah membiarkan orang memilih cerita dari atas atau ke bawah, yang biasa disebut digging dan burying. Tetapi pada Digg v4, fungsi “bury” telah dihapus. Popularitas Digg telah mendorong terciptanya situs jejaring sosial lain dengan penyampaian cerita dan voting.

7. Slashdot

Slashdot (yang sering kali disingkat sebagai /.) adalah sebuah teknologi yang berhubungan dengan situs berita yang dimiliki oleh Dice Holdings, Inc. Situs ini, memberi slogan bagi dirinya sendiri yaitu “News for Nerds. Stuff that Matters”.

Situs ini mempunyai ciri khusus yang sangat berbeda dengan situs lainnya, karena situs ini memperbolehkan para penggunanya untuk mengirimkan dan mengevaluasi berita-berita baru tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang tetap berhubungan dengan topik. Setiap berita baru mempunyai bagian yang dilampirkan khusus untuk memberi komentar.

Slashdot didirikan pada tahun 1997 sebagai sebuah Blog, Chips & Dips, dengan pelajar seorang Rob Malda lulusan ilmu komputer dari Hope College, yang juga dikenal dengan nama “Commander Taco”.

8. tumblr.com

Tumblr, ditulis tumblr. sesuai logonya, adalah platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek.

Pengguna dapat mengikuti blog pengguna lain atau mengatur privasi blog sendiri.Kebanyakan fitur webnya diakses dari antarmuka “dasbor”; di sana terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat pos dari blog yang diikuti.

9. plurk.com

Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter.

Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaruan yang diterima dengan urutan kronologis, dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk.

Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com, pengirim pesan instan, atau pesan singkat..

10. myspace.com

Myspace (dahulu MySpace) merupakan sebuah situs jejaring sosial. Kantor pusatnya bertempat di Beverly Hills, California, dan berada dalam satu gedung perkantoran dengan pemilik langsung perusahaan tersebut, News Digital Media, kepunyaan News Corporation.

MySpace menjadi situs jaringan sosial paling populer di Amerika Serikat pada bulan Juni 2006. Berdasarkan comScore, MySpace telah disusul oleh kompetitor internasional utamanya yaitu Facebook pada bulan April 2008.

MySpace mempekerjakan 1000 karyawan pada bulan Juni 2009. Perusahaan tidak mengungkapkan pendapatan atau keuntungan secara terpisah dari News Corporation.

contoh social bookmarking

Kesimpulan

Banyak pakar menyarankan untuk membangun popularitas di komunitas social bookmarking yang secara tidak langsung turut membangun backlink dan PageRank. Pernyataan ini terdengar sederhana, tetapi punya pengaruh begitu kuat. Dengan rajin menulis artikel relevan berkualitas lalu dibagikan ke pengguna social bookmark lainnya, maka turut membangun viral kuat yang membuat link dicantumkan secara cuma-cuma oleh pemilik situs/blog lain. Social bookmarking masih menjadi kunci spesial untuk mendongkrak posisi hasil penelusuran mesin pencari. Oleh karena itu jangan pernah diabaikan dalam penyusunan formula SEO.

Harus diakui jika social bookmarking punya pengaruh kuat mendongkrak peringkat situs pada hasil penelusuran mesin pencari. Meskipun demikian pemilik situs tak boleh memanfaatkan layanan gratis tersebut secara brutal, alias cenderung spam. Tindakan tersebut kurang begitu disukai admin social bookmarking karena mempengaruhi kualitas bacaan, sehingga mengambil tindakan nofollow pada semua link yang tersimpan. Oleh karena itu, manfaatkan sewajarnya tanpa membuat onar.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

10 komentar untuk “Apa Itu Social Bookmarking, Pengertian Jenis Manfaat”

  1. Ping-kembali: Pengertian dan Cara Optimasi SEO Off Page Terbaru

  2. Ping-kembali: Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Google+ Youtube

  3. Ping-kembali: 8 Sumber Trafik Blog Berkualitas Dan Tidak Berkualitas

  4. Ping-kembali: Apa Itu Backlink Website Fungsi dan Jenis Backlink Website

  5. Ping-kembali: Tips Cara Ampuh dan Cepat Mengatasi Google Sandbox 2017

  6. Ping-kembali: Peluang Usaha Ternak Dengan Modal Kecil Tapi Menguntungkan | SEON One Stop Solution Portal Bisnis Online Indonesia

  7. Ping-kembali: Perubahan Update Algoritma Google Terbaru 2016

  8. Ping-kembali: Pengertian Media Sosial Facebook Twitter Google Youtube Instagram

  9. Ping-kembali: trial blog layout | SEON One Stop Solution Portal Bisnis Online Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top

opening coupon

15% off

exclusive & limited offer
berlaku hingga:

-31 oktober 2019-

Coupon code:
Chat via whatsapp
Customer Service SEON
Terimakasih sudah menghubungi CS SEON

ada yang bisa kami bantu?
Powered by