Apa Itu Social Bookmarking, Pengertian Jenis Manfaat Social Bookmarking

Search Button SEON PORTAL BISNIS One Stop Solution Bisnis Online Indonesia Transparent

Apa Itu Social Bookmarking !

Social bookmarking merupakan salah satu metode Search Engine Optimization (SEO) yang mendongkrak trafik atau jumlah kunjungan ke sebuah situs. Pada awalnya lebih banyak digunakan pengguna internet sebagai wadah saling berbagi informasi dari berbagai sumber dunia maya, tetapi belakangan ini justru dimanfaatkan para pemilik situs untuk keperluan SEO. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang apa itu social bookmarking, mulai dari pengertian, jenis dan manfaat.

Walaupun sudah mengetahui kegunaan utama dari segi SEO, justru masih banyak pemilik situs yang belum tahu pengertian dasar social bookmarking. Seperti dilansir dari laman wikipedia, social bookmarking merupakan layanan online bersifat terpusat yang memungkinkan pengguna untuk menambah, memberi catatan, mengubah dan berbagi bookmark atau tautan (link) dari dokumen web.

Menurut sejarah terangkum pada laman wikipedia, layanan bookmark online mulai meluncur di dunia maya pada April 1996 yang diiringi perilisan itList. Adapun fitur yang disajikan berupa bookmark umum dan tertutup. Tak lama kemudian muncul WebTagger -dikembangkan oleh tim divisi ilmu komputer NASA– yang dirilis pada Sixth International WWW Conference di Santa Clara, April 1997. WebTagger menyertakan sejumlah fitur social bookmarking termutakhir seperti kemampuan kolaborasi berbagi dan mengatur bookmark menggunakan antarmuka berbasis web, menyediakan komentar dan mengatur menurut kategori.

Sejak tahun 1996 silam, begitu banyak layanan manajemen bookmark online yang dirilis ke dunia maya. Salah satu yang paling terkenal adalah Delicious, resmi meluncur pada 2003 lalu mempopulerkan dua istilah beken “social bookmarking” dan “tagging “. Tagging merupakan sebuah fitur penting dari sistem social bookmarking yang memungkinkan pengguna lebih fleksibel mengatur bookmark.

Dalam sistem social bookmarking, pengguna sengaja menyimpan tautan yang ingin diingat dan sekedar berbagi ke pengguna lain. Simpanan bookmark biasanya bersifat umum, tetapi boleh tertutup kemudian diatur khusus untuk pribadi, orang tertentu, grup, jaringan atau kombinasi antara umum dan tertutup. Orang lain bisa melihat koleksi bookmark jika pengguna berbagi untuk umum, malahan dapat terakses via mesin pencari (search engine).

Hampir sebagian besar layanan social bookmark memudahkan pengguna untuk mengatur bookmark dengan tag informal. Selain itu pengguna dapat melihat bookmark terkait tag tertentu, kemudian menyertakan informasi penting tentang jumlah pengguna yang telah mem-bookmark. Tentu konsep https://id.wikipedia.org/wiki/Labelnya jauh berbeda dari layanan bookmark berbasis web browser.

Banyak layanan social bookmarking menyediakan web feed untuk daftar bookmark, termasuk daftar menurut tag. Ini memungkinkan pengguna menyadari adanya bookmark baru usai menyimpan, berbagi atau ditandai oleh pengguna lain. Selain itu bertujuan mempromosikan situs via membangun jaringan dengan pengguna social bookmarking lainnya.

Ketika layanan bookmarking semakin matang dan terus tumbuh populer, sejumlah fitur ekstra ditambahkan seperti rating dan komentar pada bookmark. Selain itu masih ada fitur keren lainnya seperti impor dan ekspor bookmark dari browser, mengirim email, beragam fitur jaringan sosial dan grup.

 

Jenis Social Bookmarking !

Setelah mengetahui apa itu social bookmarking, selanjutnya jenis social bookmarking secara garis besar terbagi menjadi tiga jenis yaitu umum, edukasi dan berita. Ketiganya dapat dimanfaatkan pemilik situs untuk dongkrak posisi hasil penelusuran pada mesin pencari.

1. Social Bookmarking Umum.

Pengguna dapat mem-bookmark dokumen web ke kategori tertentu lalu berbagi ke pengguna lain. Mereka juga dapat melihat bookmark pengguna lain dalam kategori sejenis. Banyak manfaat hebat bisa diperoleh pengguna, termasuk hemat waktu pencarian di mesin pencari dan jumpai beragam situs unik nan atraktif.

2. Social Bookmarking Edukasi.

Social bookmarking fokus pada beragam kegiatan akademik dan penelitian. Kehadiran layanan ini justru mempermudah murid dan guru yang ingin menambah pengetahuan akademik. Para guru bisa menemukan situs edukatif di Internet, kemudian dibagikan kepada murid. Mereka juga dapat mengecek situs hasil bookmark pengguna lain pada subjek yang sama.

3. Social Bookmarking Berita.

Social bookmarking dipenuhi beragam berita terbaru yang sengaja disimpan oleh pengguna lain. Blog dan artikel yang memuat berita paling baru dapat ditemui pada situs ini. Pengguna tak sekedar membaca berita dan memperoleh informasi, namun turut diperbolehkan berpartisipasi dalam voting agar menjadi headline alias trending topic. Kehadiran social bookmarking khusus berita mempermudah pengguna internet menemukan berita atau topik terkini yang sedang ramai dibicarakan masyarakat.

Manfaat Social Bookmarking !

Setelah membahas mengenai apa itu social bookmarking dan jenisnya, selanjutnya adalah manfaat social bookmarking. Kehadiran social bookmarking di dunia maya tak sekedar beri keuntungan bagi pengguna internet, tetapi pemilik situs yang ingin memperkaya formula SEO. Setidaknya ada lima manfaat social bookmarking sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

  1. Social bookmarking merupakan tempat sempurna mempromosikan situs dan artikel tulisan sendiri. Dengan demikian situs lebih mudah “terlihat” di mata pengguna internet.
  2. Memungkinkan pengguna berinteraksi dengan pengguna social bookmarking lainnya untuk berbagi bookmark, berkirim pesan dan komentar pada konten. Social bookmarking bisa jadi ajang membangun reputasi dan komunitas antar pengguna dengan minat yang sama. Ini salah satu trik membuat situs sebagai sumber terpercaya bagi pengguna lain.
  3. Para pemilik situs harus memanfaatkan social bookmarking sebaikmungkin, apalagi memberi backlink yang “dihargai” oleh mesin pencari dan turut bantu membangun Google Page Rank. Sayangnya beberapa situs social bookmarking saat ini telah menginstruksi Google untuk tidak menghitung backlink yang berasal dari mereka. Semua tautan menuju situs lain dianggap nofollow. Adanya instruksi tersebut telah membuat sejumlah pemilik situs ragu mencari backlink karena merasa tak diberi keuntungan apapun. Padahal social bookmarking tak sekedar cari backlink semata melainkan trafik kunjungan.
  4. Memang benar hingga saat ini social bookmarking masih dianggap ladang istimewa membangun backlink dan PageRank. Sebagian besar situs layanan social bookmarking telah menginstruksi Google tidak memberi nilai apapun alias nofollow terhadap link yang berasal dari mereka, meskipun demikian mesin pencari tetap memberi hitungan walaupun kurang begitu istimewa. Banyak pakar percaya bahwa Google tetap beri nilai pada link nofollow dari social bookmarking, tetapi cara penilaian sedikit berbeda. Mereka beralasan bahwa meski Google tidak memberi nilai pada link tersebut, tetapi alamat situs yang jadi bagian dari teks tautan juga memberi keuntungan.
  5. Banyak pakar menyarankan untuk membangun popularitas di komunitas social bookmarking yang secara tidak langsung turut membangun backlink dan PageRank. Pernyataan ini terdengar sederhana, tetapi punya pengaruh begitu kuat. Dengan rajin menulis artikel relevan berkualitas lalu dibagikan ke pengguna social bookmark lainnya, maka turut membangun viral kuat yang membuat link dicantumkan secara cuma-cuma oleh pemilik situs/blog lain. Social bookmarking masih menjadi kunci spesial untuk mendongkrak posisi hasil penelusuran mesin pencari. Oleh karena itu jangan pernah diabaikan dalam penyusunan formula SEO.

Harus diakui jika social bookmarking punya pengaruh kuat mendongkrak peringkat situs pada hasil penelusuran mesin pencari. Meskipun demikian pemilik situs tak boleh memanfaatkan layanan gratis tersebut secara brutal, alias cenderung spam. Tindakan tersebut kurang begitu disukai admin social bookmarking karena mempengaruhi kualitas bacaan, sehingga mengambil tindakan nofollow pada semua link yang tersimpan. Oleh karena itu, manfaatkan sewajarnya tanpa membuat onar.

😡
☹️
😐
☺️
😍

Your Details

Let us know how to get back to you.


How can we help?

Feel free to ask a question or simply leave a comment.


Shares