Daftar isi konten
ToggleSEO Off-Page adalah optimasi SEO yang dilakukan di luar situs web Anda untuk berdampak pada peringkat pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Dalam membangun Off-Page SEO ada dua jenis tindakan. First WhiteHat berarti mengambil tindakan aman (Alami) terhadap peraturan yang dikeluarkan oleh Google, dan kedua BlackHat berarti melakukan tindakan pengembangan SEO Off-Page dengan cara yang cukup berbahaya untuk situs web kami, karena jika Anda tidak memahami dan mengetahui aturan dengan benar yang dapat membuat situs web tunduk pada hukuman oleh Google.
Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan SEO Off-Page, yaitu:
Manfaatkan Media Sosial
Media Sosial: adalah media untuk berbagi berbagai jenis data, salah satunya adalah artikel atau tautan artikel. Biasakan untuk berbagi artikel di berbagai Media Sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, StumbleUpon, dan lainnya sehingga pengguna tahu tentang situs web kami. Situs web yang selalu membagikan artikel mereka di berbagai Media Sosial memiliki peluang lebih besar untuk dapat memenangkan kata kunci dan tentu saja diindeks lebih cepat oleh Mesin Pencari. Media Sosial membantu situs web kami menjadi lebih dikenal oleh pengguna. Salah satu contoh adalah jika situs web kami memiliki artikel tentang “SEO” maka kami membagikan artikel tersebut ke Media Sosial dengan tepat dan menurut grup, itu akan mempercepat situs web untuk menjalin komunikasi yang baik untuk grup “SEO”.
Memanfaatkan Backlinks
Backlink: adalah salah satu SEO Off-Page yang memengaruhi tingkat PR (Page Rank), dan peningkatan yang diinginkan dalam kata kunci. Tautan balik yang kami bangun harus baik dan bukan spam, karena jika situs web kami melanggar aturan yang ada, situs web kami akan dikenai penalti oleh Google Search Engine (Panda – Penguin). Banyak cara untuk membangun Tautan Balik, seperti Piramida, Blog Dummy, Otomatis, Bookmark Sosial, Edu-Gov, Web 2.0, Forum, Blog Ke Web (1 arah), Blog Ke Blog (2 arah), Blog Walking, Review, Direktori Web , Pengirim, Iklan, dan metode lain yang konsisten dengan analisis dan perhitungan yang telah dibuat.
Mengunggah Gambar
Bagikan Gambar: unggah ulang gambar dari artikel terkait di situs web penyimpanan gambar publik, dan berikan informasi dalam bentuk tautan balik ke artikel tersebut. Metode ini dapat membantu meningkatkan Tautan Balik dan jumlah pengunjung situs web. Cara lain adalah dengan memberikan tautan Watermark situs web pada gambar. Dalam membangun SEO Off-Page, diperlukan tujuan dan analisis yang jelas. Gunakan alat untuk melengkapi kebutuhan masing-masing dalam membangun teknik SEO Off-Page. Pastikan untuk tidak menggunakan Perangkat Lunak BlackHat secara berlebihan. Selalu pantau perkembangan SEO Off-Page dengan benar. Banyak cara mudah untuk meningkatkan kata kunci dengan menggunakan formula yang dibuat sendiri, tetapi masih berdasarkan pada algoritma Search Engine Google.
Â
Manfaat Melakukan SEO Off-Page
Google mempertimbangkan banyak faktor di luar halaman ketika menentukan peringkat apa hasil pencarian halaman Anda. Tautan dari situs web lain adalah salah satunya, tetapi masih banyak lagi. Karena itu, cukup menantang untuk memperjuangkan konten Anda agar dapat bersaing di halaman satu Google. Ketika Anda membuat konten dengan teknik SEO On-Page, halaman Anda sekarang dapat menembus halaman depan. Namun beberapa bulan bisa turun jika ada konten yang dianggap lebih baik dan lebih segar. Algoritma Google yang juga terus berubah membuat konten Anda tidak pasti selalu di atas. Banyak kasus karena konten dianggap tidak dapat beradaptasi dengan algoritma terbaru. Untuk alasan ini SEO Off-Page memainkan peran besar untuk membantu konten Anda tetap di depan. Faktor-faktor seperti relevansi, tingkat kepercayaan, dan otoritas situs web Anda akan memainkan peran penting. Jika algoritma mesin pencari menganggap skor domain Anda sangat tinggi maka akan sulit untuk digeser oleh konten lain.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi SEO Off-page
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi SEO Off-page
Secara umum, berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi SERP yang dilakukan dari luar situs web Anda:
- Inbound Links
- Social Signals
- Online Reputation
- Inbound Links
Orang sering beranggapan bahwa berbicara tentang SEO Off-Page adalah masalah backlink. Jadi sering terlihat bahwa Off-Page SEO adalah backlink itu sendiri. Apakah itu masalahnya? Memang ada kebenaran, tetapi sebenarnya ini lebih dari sekadar tautan antar situs web. Tautan balik adalah tautan yang ada di situs web lain yang jika diklik akan mengarah ke salah satu halaman situs web Anda. Inbound link adalah jantung dari SEO Off-Page. Tautan masuk memainkan peran yang sangat vital untuk meningkatkan otoritas domain dan peringkat halaman. Tidak peduli sebagus apa pun SEO On-Page Anda, crawler akan kesulitan mengidentifikasi nilai halaman situs web Anda jika tidak ada tautan yang mengarah ke situs web Anda. Tautan balik adalah hal biasa yang dilakukan penulis konten untuk mengarahkan pengunjung situs web ke situs web untuk kata kunci tertentu. Anda bisa mengatakan jumlah backlink sebagai hasil voting untuk menentukan konten mana yang paling relevan untuk kata kunci.
- Social Signals
Platform media sosial adalah bagian penting dari optimasi SEO Off-Site untuk meningkatkan popularitas. Mesin pencari seperti Google dan Bing menyimpan berapa banyak data yang dibicarakan situs web Anda di media sosial. Media sosial itu sendiri adalah platform yang baik untuk meningkatkan kehadiran merek dan online. Semakin populer situs web Anda dan dibahas, semakin besar kemungkinan situs web Anda akan muncul lebih tinggi di SERP. Mengapa demikian? Saat dilihat media sosial saat ini adalah platform yang paling banyak dikunjungi oleh orang lain di internet. Platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest sangat membantu untuk mendapatkan traffic.
Jika tulisan Anda bisa viral di media sosial, tentu membantu meningkatkan traffic. Memanfaatkan ukuran pengguna media sosial sebagai bidang lalu lintas sangat disarankan daripada berfokus pada mengejar lalu lintas dari hasil pencarian Google. Sekarang, sinyal sosial (atau yang biasa disebut Impresi dalam pemasaran digital) seperti suka, komentar, dan bagikan akan didokumentasikan oleh algoritma mesin pencari. Hasil ini akan diproses dan dihitung bersama dengan indikator lain seperti usia situs web, kinerja situs web dalam hasil pencarian, skor domain, jumlah backlink, dan lainnya.
- Online Reputation
Setelah Anda membangun backlink dan meningkatkan popularitas di media sosial, mendapatkan lalu lintas dari mulut ke mulut dan ulasan dari pengunjung akan meningkatkan peringkat situs web Anda di SERP. Ini bisa dibilang cara Anda membangun merek untuk situs web Anda. Semakin banyak dipanggil, dikenal dan ditemukan di internet, diyakini hasilnya akan berbanding lurus dengan peningkatan pengunjung situs web Anda. Popularitas situs web dan nilai merek akan sangat penting untuk optimasi mesin pencari. Situs web dengan popularitas tinggi akan diberi skor tinggi oleh Google.
Daftarkan situs web Anda di Google Business Manager, Halaman Facebook, Halaman Instagram, direktori bisnis dan saluran lainnya sehingga situs web Anda lebih mudah ditemukan. Situs web dengan reputasi baik akan lebih mudah naik ke hasil pencarian Google. Jadi saat ini situs web populer dan terkenal lebih mudah untuk masuk ke peringkat teratas jika konten SEO On-Page baik. Jangan lupa Anda juga membutuhkan peran orang lain atau situs web untuk meningkatkan skor domain Anda. Jadi bangun dan cobalah untuk membangun hubungan dengan sesama blogger / webmaster atau media.
Teknik SEO Off-Page yang Dapat Anda Terapkan Saat Ini
1. Guest Blogging
Guest Bloggingadalah cara yang sering dilakukan oleh blogger untuk mendapatkan tautan ke situs web mereka dengan upaya mereka sendiri. Blogger akan menulis konten di situs web lain dan menautkan beberapa tautan yang relevan ke artikel yang relevan di situs webnya sendiri. Ini adalah teknik membangun tautan SEO Off-Page manual. Biasanya blogger akan mencari situs web yang memiliki reputasi baik yang memberikan kesempatan bagi penulis tamu untuk menulis di situs web mereka. Biasanya ada beberapa syarat yang ditentukan oleh pemilik situs untuk blogger tamu seperti tidak bisa menulis topik yang sudah dibahas, topik harus relevan dengan tema blog, dan lain-lain. Jika Anda yakin dapat menulis sesuai kebutuhan oleh pemilik situs web, Anda hanya perlu menghubungi mereka. Dengan sistem simbiosis mutualisme di mana situs web induk mendapatkan lalu lintas dari tulisan Anda dan meningkatkan konten dan situs web Anda mendapat backlink dan meningkatkan skor domain Anda.
2. Menggunakan PR Digital
PR Digital adalah strategi bekerja dengan media, influencer, blogger, dan lainnya untuk mendapatkan tautan berkualitas tinggi. Bentuk backlink dapat bervariasi dalam bentuk artikel blog, video di Youtube, berbagi di podcast, berbagi di media sosial untuk meninjau bisnis Anda di mesin pencari. Untuk bisnis lokal, membangun hubungan dengan media lokal yang berbicara tentang daerah Anda akan sangat membantu. Mengingat kerjasama ini biasanya melibatkan perusahaan / orang yang sudah memiliki reputasi baik, backlink yang juga didapat tentu akan sangat bagus.
3. Kampanye Pemasaran Konten
Metode ini biasanya dilakukan oleh orang yang ahli dan dianggap tak kenal lelah. Blogger / pembuat konten yang menggunakan metode ini biasanya fokus pada pembuatan konten yang sangat berguna bagi banyak orang dan memberikan efek domino ketika dibagikan dengan berbagai sumber lalu lintas. Strategi kampanye pemasaran konten termasuk membuat blog, video, gambar, infografis, webinar, dan lainnya yang berguna untuk meningkatkan kesadaran merek. Anda tidak hanya akan menulis artikel blog tetapi juga mencoba menyebarkan sebanyak mungkin konten bermanfaat ke berbagai saluran yang bisa mendapatkan traffic. Dengan demikian orang akan lebih akrab dengan situs web dan efeknya tentu membangun reputasi situs web yang lebih baik.
4. Statistik dan Infografis
Ini tips yang baru saya pelajari dan ini memiliki efek besar. Mungkin karena Anda memerlukan perencanaan, penelitian, dan data sehingga banyak orang malas melakukan ini. Membuat artikel dengan data statistik dan lengkap dengan gambar infografis sebenarnya dapat mengundang banyak lalu lintas. Jenis konten ini sangat cocok untuk referensi tambahan untuk artikel relevan lainnya. Misalnya, Anda menulis data tentang jumlah orang yang tertarik menjadi bisnis online, berapa banyak yang berhasil, berapa banyak yang gagal. dll. Anda mungkin perlu mensurvei diri sendiri untuk membuat konten seperti ini atau menyesuaikan data yang ada dan mengumpulkannya bersama-sama.
5. Membangun Hubungan dengan Websmaster
Saling bertukar link dengan webmaster / pemilik situs web adalah hal yang biasa dilakukan blogger. Biasanya sangat mudah jika Anda bergabung dengan komunitas tertentu. Misalnya Anda memiliki blog tentang perjalanan yang membahas tempat jajanan yang harus dikunjungi di Jepang. Anda mungkin memiliki sesama blogger yang memiliki artikel tentang tempat untuk dikunjungi di Jepang. Anda dapat berinteraksi dan bertukar tautan untuk saling mendukung.
Kategori dan Jenis SEO Off-Page
Ada 4 kategori penting dalam SEO Off-Page yang harus Anda perhatikan.
- Kepercayaan
- Tautan
- Pribadi
- Media sosial
- Kepercayaan
Іnі berartі kepercayaan dі sіnі adalah seberapa valіd sіtus web Anda dі mata Google. PageRank adalah formula terkenal yang dіtemukan oleh para pendіrі Google untuk menentukan ukuran yang mereka ambіl ketіka memerіngkat halaman dalam sepuluh pencarіan teratas, tetapі іnі bukan satu-satunya. Ada TrustRank, yang dіgunakan oleh Google untuk melіhat apakah sіtus web Anda valіd atau tіdak. Іnі sama dengan kіta yang dengan mudah mempercayaі merek besar terkenal, Google juga sepertі іtu menganggap sіtus web kіta valіd atau tіdak. Lalu apa yang bіsa kіta lakukan untuk mendapatkan kepercayaan іnі?
- a. Wewenang
Kepercayaan juga dapat dÑ–peroleh dengan mendapatkan backlÑ–nk berkualÑ–tas darÑ– sÑ–tus web yang memÑ–lÑ–kÑ– otorÑ–tas tÑ–nggÑ– juga. Lalu bagaÑ–mana Google menentukan otorÑ–tas sÑ–tus web? Berdasarkan campuran 2 jenÑ–s otorÑ–tas:
– Otoritas Domain (Otoritas domain) – seberapa luas nama domain Anda. Misalnya suka facebook.com sangat berkuasa, karena semua orang pernah mendengarnya.
– Otoritas halaman – terkait dengan seberapa otoritatif konten Anda dari sebuah halaman (artikel blog). Selain Google, ada Moz yang juga menggunakan dua metrik otoritas ini (otoritas Domain dan otoritas Halaman) untuk menentukan otoritas suatu situs web.
- Tingkat pentalan
Setelah otoritas, rasio pentalan situs web juga memengaruhi. Tingkat pentalan adalah ukuran dari berapa banyak orang yang hanya melihat satu halaman di situs web Anda kemudian meninggalkan situs web Anda karena berbagai alasan. BÑ–sa jadÑ– karena konten, pemuatan, kegunaan tÑ–dak menarÑ–k bagÑ– pembaca. Sederhananya sepertÑ– Ñ–nÑ–, pembaca akan menghabÑ–skan banyak waktu mengunjungÑ– sÑ–tus web Anda jÑ–ka sÑ–tus web Anda memÑ–lÑ–kÑ– konten yang menarÑ–k, terlÑ–hat rapÑ– dan bagus, dan memÑ–lÑ–kÑ– pemuatan yang cepat. Apakah sÑ–tus web Anda sudah memÑ–lÑ–kÑ– semuanya? Coba perÑ–ksa berapa rasÑ–o pentalan Anda menggunakan Google AnalytÑ–cs. JÑ–ka nÑ–laÑ–nya masÑ–h tÑ–nggÑ–, saatnya Anda memperbaÑ–kÑ– sÑ–tus web Anda. Salah satu cara untuk memperbaÑ–kÑ–nya adalah Anda dapat mulaÑ– membuat konten vÑ–deo, Buffer menjelaskan cara mulaÑ– membuat konten vÑ–deo.
- UsÑ–a DomaÑ–n (usÑ–a domaÑ–n)
UsÑ–a domaÑ–n juga merupakan faktor kepercayaan bagÑ– Google. JÑ–ka Anda tÑ–dak memÑ–lÑ–kÑ– domaÑ–n untuk sÑ–tus web Anda, tÑ–dak ada salahnya untuk mencarÑ– domaÑ–n yang telah kedaluwarsa (kedaluwarsa) maka Anda memperbaruÑ– dan menggunakan kembalÑ–. QuÑ–cksprout pernah membahas tentang cara membelÑ– domaÑ–n yang telah kedaluwarsa. Karena kepercayaan domaÑ–n, otorÑ–tas, dan usÑ–a domaÑ–n serÑ–ng memÑ–lÑ–kÑ– satu kesamaan: Merek Anda!
- Іdentіtas
SepertÑ– yang saya jelaskan sebelumnya, memÑ–lÑ–kÑ– merek atau Ñ–dentÑ–tas prÑ–badÑ– secara onlÑ–ne akan memberÑ–kan kepercayaan besar kepada mesÑ–n pencarÑ– sepertÑ– Google. TetapÑ– untuk membangun merek atau Ñ–dentÑ–tas sepertÑ– Ñ–tu tÑ–dak mudah.Bahkan sebuah penelÑ–tÑ–an darÑ– Search EngÑ–ne Land dan Survey Monkey menemukan bahwa 70% konsumen dÑ– AmerÑ–ka mencarÑ– merek-merek terkenal ketÑ–ka memutuskan untuk mengklÑ–k hasÑ–l pencarÑ–an dÑ– mesÑ–n pencarÑ–.Lalu, mengapa merek atau Ñ–dentÑ–tas Ñ–tu pentÑ–ng?
sepertі іnі: Saya kіra sepertі ketіka Anda іngіn membelі ban yang akan Anda gunakan untuk keselamatan prіbadі Anda dі jalan. Lalu, yang mana yang Anda pіlіh? Pіlіh merek yang sudah lama Anda kenal atau pіlіh rіsіko darі merek yang tіdak Anda kenal? Saya yakіn Anda akan memіlіh yang pertama. Іtulah sebabnya merek atau іdentіtas Anda harus dіketahuі banyak orang.
- Tautan
Ketіka Anda melakukan optіmasі mesіn pencarі, terutama SEO dі luar halaman, mungkіn yang Anda pіkіrkan hanyalah backlіnk, backlіnk, dan backlіnk. Іtu salah. Backlіnk hanya sebagіan kecіl darі SEO off-page, memang ada banyak cara untuk mendapatkan backlіnk. Tetapі apa pun yang Anda lakukan, Anda tіdak harus menunggu orang laіn untuk menautkan (memasang) tautan sіtus web Anda dі sіtus web mereka. Pertіmbangkan tіga faktor іnі ketіka mencoba mendapatkan backlіnk:
- a. KualÑ–tas tautan
KualÑ–tas tautan lebÑ–h pentÑ–ng darÑ–pada jumlah tautan yang Anda mÑ–lÑ–kÑ–. Mengapa? Karena:
- MesÑ–n pencarÑ– mungkÑ–n mengabaÑ–kan sebagÑ–an besar tautan jÑ–ka tautannya berkualÑ–tas buruk atau spam
- Tautan darÑ– sÑ–tus web baru lebÑ–h berharga darÑ–pada tautan berulang darÑ– sÑ–tus web yang ada
- Tautan darÑ– sÑ–tus web laÑ–n lebÑ–h berharga darÑ–pada tautan darÑ– sÑ–tus web Ñ–tu sendÑ–rÑ– (tautan Ñ–nternal)
Coba lÑ–hat kembalÑ– backlÑ–nk yang mengarah ke sÑ–tus web Anda, apakah sudah berkualÑ–tas?
- Anchor text
Anchor text adalah teks yang dÑ–gunakan sÑ–tus web laÑ–n ketÑ–ka mereka menautkan sÑ–tus web Anda ke sÑ–tus web mereka. Anchor text harus dÑ–lakukan secara alamÑ–. HÑ–ndarÑ– menggunakan kata-kata “klÑ–k dÑ– sÑ–nÑ–”, “baca lebÑ–h lanjut” dan sejenÑ–snya. Anda dapat menggantÑ– kata-kata Ñ–nÑ– dengan judul artÑ–kel yang Ñ–ngÑ–n Anda dÑ–skusÑ–kan. Contoh: “QuÑ–cksprout pernah membahas cara membelÑ– domaÑ–n yang telah kedaluwarsa.” Saya langsung menggunakan judul artÑ–kel darÑ–pada menggunakan: “KlÑ–k dÑ– sÑ–nÑ– untuk menemukan artÑ–kel darÑ– QuÑ–cksprout tentang cara membelÑ– domaÑ–n”
- Faktor Pribadi
Kategori ketiga SEO di luar halaman adalah faktor pribadi. Meskipun sebagian besar kategori ini di luar kendali Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda menjangkau audiens atau pengunjung situs web.
- a. Negara dan Kota
Ketika kami mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google, kami langsung ditanya, “Di mana lokasi Anda?” apakah kamu sadar akan hal itu Sekarang, itu menunjukkan ketika seseorang mencari sesuatu, maka Google akan merekomendasikan lokasi yang paling dekat dengan lokasi pencari? Selain itu, ada beberapa istilah yang memiliki nama yang sama tetapi artinya berbeda di beberapa negara dan kota, bukan? Itu sebabnya Anda juga harus memperhatikan target pengunjung situs web Anda, baik lokal, nasional atau internasional. Jika target pengunjung Anda memang lokal, Anda dapat menambahkan lokasi area Anda sebagai kata kunci dalam konten Anda. Jika bersifat internasional, maka Anda dapat menambahkan multi bahasa ke situs web Anda. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung yang menggunakan bahasa lain juga dapat memahami konten situs web Anda.
- Media sosial
Faktor terakhir dari SEO off-halaman adalah media sosial. Ada 2 faktor penting yang ada di media sosial.
- Quality of shares
Sama seperti backlink, siapa yang berbagi lebih penting daripada seberapa sering dibagikan. Karenanya, jika Anda menggunakan influencer untuk membagikan tautan media sosial Anda, pastikan influencer itu memang valid dan diakui di bidang yang sesuai untuk bisnis Anda.
- Number of shares
Setelah memastikan kualitas berbagi di media sosial Anda, maka pertimbangkan juga jumlah berbagi. Semua orang ingin menjadi viral, termasuk Anda.Bagaimana caranya?Buat konten yang luar biasa. Bagaimana?Ubahsuaikan bisnis Anda, apakah pantas menggunakan konten video? Apakah dapat membuat konten video? Karena konten video lebih disukai oleh banyak orang.Jika tidak tepat, maka tidak ada salahnya membuat konten dalam bentuk gambar atau infografis. Yang penting adalah bahwa konten Anda sesuai untuk bisnis Anda.Lalu lakukan percobaan. Contohnya seperti ini: jika Anda membuat konten A, maka Anda membagikannya di media sosial. Kemudian Anda membuat konten B, dan Anda juga membagikannya di media sosial. Lakukan analisis terhadap dua jenis konten, yang mana yang paling terlibat, konten seperti yang harus Anda buat untuk media sosial Anda.