Apa Itu Joomla Dan Penjelasannya

Apa itu Joomla? Joomla berbeda dari Mambo. Joomla adalah salah satu sistem manajemen aplikasi Open OS Content Management System (OS CMS) yang paling kuat dan canggih di kelas CMS saat ini. Ini konsisten dengan penggunaan uji pengguna CMS. Yang memberikan penilaian sesuai dengan kelengkapan fitur-fiturnya. Tidak heran CMS Jomla membuat berita tak berujung dari mulut untuk didiskusikan. Banyak pengguna CMS bermigrasi atau memindahkan pilihan mereka untuk beralih ke Joomla CMS. CMS ajaib ini sangat dihormati di kalangan pengguna CMS dari tingkat amatir hingga tingkat profesional. Fitur lengkap dan canggih dari Joomla CMS sebenarnya yang diinginkan pengguna CMS. Daftar permintaan (Wishlist) yang diinginkan Joomla sejauh ini telah terwujud. Impian memiliki CMS gratis, open source, dan canggih benar-benar menjadi kenyataan di Joomla CMS. Dengan kata lain, Joomla adalah Contant Management System (CMS). Open Source Gratis ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL untuk internet dan intranet. Joomla mencakup banyak fitur untuk meningkatkan kinerja termasuk caching halaman, pengindeksan web, RSS dibebaskan, halaman untuk dicetak, pencarian sisi web, dan dukungan internasionalisasi.

Selain itu, untuk membuat Informasi Elektronik yang mulai berkembang saat ini diperlukan CMS (Content Management System) yang digunakan untuk desain grafis / desain, dan juga memiliki penulis kreatif untuk mengisi halaman web dengan Mambo atau Joomla, bukan masalah karena semua alat memiliki fungsi yang sama. Meskipun program ini menggunakan bahasa php, itu tidak berarti Anda harus memahami segalanya tentang kode php. Bagi mereka yang tidak mengerti kode HTML, Javascript, ASP, CGI, atau PHP, tidak perlu takut untuk mempelajarinya karena walaupun mereka tidak tahu tentang kode-kode ini, orang dapat membuat web dengan cepat dengan beberapa fitur yang sangat kompleks yang terhubung dalam jaringan. lokal atau luas (internet).

Baca juga >>
Apa Itu Social Bookmarking, Pengertian Jenis Manfaat

CMS adalah perangkat lunak komputer yang memfasilitasi pembuatan dokumentasi atau konten kolaboratif dan kolaboratif. CMS sering diartikan sebagai Aplikasi Web untuk mengelola situs web dan konten web. Sementara itu, untuk mengedit dan membuat artikel termasuk perangkat lunak khusus klien, ini juga dapat digunakan untuk menyimpan dokumen perusahaan, terutama seperti manual operator, manual teknis, panduan penjualan, dan sebagainya. Solusi CMS tersedia secara luas dalam bentuk open source bebas dari pemerasan dengan teknik yang lebih luas.

Mengapa Joomla? Kok tidak Jumilah atau Juminten? Joomla berasal dari kata Jumla yang berarti bersama atau untuk semua. Jika penulis mendefinisikannya sebagai sesuatu yang dapat digunakan bersama, semua orang, semua lapisan, semua negara, semua negara dapat menggunakan CMS Joomla bersama-sama. Joomla sekarang memasuki area komunitas. Joomla menjadi merek dagang atau citra merek, bahwa dunia open source dapat berkembang dengan baik dan sempurna. Joomla adalah milik semua orang yang dapat digunakan untuk dikembangkan berdasarkan kemampuan dan keterampilan mereka untuk berkontribusi pada pengembangan proyek situs. Setiap orang memiliki hak untuk mengetahui dan menggunakan Joomla ini. Setiap orang juga memiliki hak untuk mengutak-atik Joomla. Bahkan, setiap orang memiliki peluang yang sama dalam mengembangkan proyek Joomla ini. Sehingga Joomla milik orang, komunitas dan komunitas.

Secara historis, Joomla adalah sebagian kecil dari tim inti Mambo. Tim dukungan Open Source inti ini bergabung dengan grup yang disebut Open Source Matters (OSM). Melalui OSM, Joomla beralih meninggalkan Mambo. Dari Joomla ada juga banyak peningkatan atau perubahan yang diluncurkan Mambo di Joomla. Joomla juga melengkapi keamanan lengkapnya. Beberapa kelemahan yang telah disempurnakan adalah:

  1. Penyempurnaan cacat di kelas phpMailer.
  2. Menambal cacat pada fitur aktivasi yang berisi ruang terbuka untuk diserang dengan injeksi SQL. 
  3. Penyempurnaan cacat dalam komponen polling (komponen polling).
  4. Meningkatkan surat massal yang terbuka untuk spam.
Baca juga >>
Cara Memilih Jasa SEO Murah Berkualitas dan Profesional

Apa Itu Joomla

Ada 3 hal dasar yang harus ada di sana untuk membangun Joomla :

  1. PHP

PHP (Personal Homepage) atau lebih dikenal dengan Hypertext Preprocessor adalah pemrograman sisi server atau bahasa scripting. Hasil pengkodean atau pembuatan sintaks PHP atau kode program akan dieksekusi oleh server web dan kemudian akan dikirim dalam HTML ke klien browser. Kode PHP tidak dapat dilihat oleh pengunjung, tetapi kode HTML yang merupakan hasil dari eksekusi kode PHP yang dapat dilihat oleh pengunjung. Untuk mengubah kode PHP menjadi kode HTML juga membutuhkan aplikasi yang merupakan Mesin PHP. Mesin PHP akan digunakan bersama dengan aplikasi server web.

  1. DataBase

Selain menggunakan pemrograman PHP atau bahasa scripting, Joomla! juga dibuat menggunakan database MySQL. Basis data ini akan digunakan untuk menampung Joomla! Data. properti Anda, seperti pengguna, kata sandi, dan data lainnya. Jika Anda ingin mengunduh aplikasi MySQL, Anda dapat membuka http://mysql.com atau klik di sini.

  1. Server web

PHP dan basis data adalah dua hal dasar yang harus ada dalam membangun Joomla !, tetapi bagian terpenting yang harus ada dalam sebuah situs web adalah server web, karena berfungsi sebagai pusat kontrol pemrosesan data situs web. Jadi input yang dibuat oleh pengguna internet akan diproses dan kemudian dikembalikan ke pengguna. Satu server web yang saat ini banyak digunakan adalah Apache, karena telah mendukung banyak format server file tanpa memerlukan komponen aplikasi tambahan. Terlebih lagi Joomla! akan berfungsi dengan baik saat menggunakan server web Apache. Jika Anda ingin mengunduh aplikasi server web, Anda dapat membuka http://apache.org

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat