Apa Itu Google Ads Remarketing

 

Anda perlu tahu bahwa Google Ads Remarketingadalah salah satu gerakan pemasaran paling efektif di Era Digital. Ini sangat efektif, bahkan kita sendiri suka dikejutkan dengan efektivitasnya. Tampaknya luar biasa, apakah Anda ingin tahu alasannya? Apakah Anda siap untuk berdiskusi tentang apa yang dimaksud dengan Google Ads Remarketing? OK, mari kita bicara bersama. Pada artikel ini saya akan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti (bahasa perumpamaan), sehingga Anda tidak pusing dan bosan membacanya. Kita semua tahu bahwa di dunia ini ada perusahaan raksasa yang super hebat, yaitu Google. Kapan pun kita membutuhkan informasi, hal pertama yang selalu kita lakukan adalah: Googling. Jutaan orang di Indonesia, lebih tepatnya 200 juta orang lebih banyak orang Indonesia melakukannya setiap hari. Dapatkah Anda bayangkan: “Bagaimana jika bisnis Anda ada di Google ketika orang-orang googling?” Bagaimana jika 200 juta orang memesan produk Anda? Atau mungkin pertanyaan sebenarnya adalah: Bagaimana Anda melakukannya?

Jawaban paling tepat dari pertanyaan di atas adalah: membangun situs web yang andal dan mengiklankannya dengan Google Ads & Google Ads Remarketing. Sebelum melangkah lebih jauh, Anda juga dapat membaca Apa itu Iklan Google? Bagaimana cara kerjanya? untuk mengetahui lebih lanjut tentang Iklan Google. Jadi, dalam artikel ini saya tidak akan membahas terlalu banyak tentang makna atau penjelasan, tetapi hanya tentang prosesnya.

Apa Itu Google Ads Remarketing

Apa Itu Facebook Pixel

Penjelasan Singkat tentang Google Ads/ AdWords

Singkatnya, Google Ads adalah metode periklanan yang dapat membuat situs web Anda dapat diakses oleh jutaan orang di seluruh Indonesia. Caranya adalah dengan mengisi saldo iklan di Google. Biayanya gratis, isi saldo iklan apa pun yang Anda bisa dan baik-baik saja. Tetapi Anda harus menyerahkannya kepada vendor untuk membantu menentukan nilai ideal iklan yang ingin dijalankan. Saldo Anda akan berkurang ketika iklan Anda ditampilkan dan diklik oleh orang-orang. Ketika saldo habis, Anda harus mengisinya kembali.

Baca juga >>
Apa Itu Facebook Pixel

Isi ulang terus menerus? Wow, boros donk?

Tenang, jangan menyerah harapan dulu karena membaca teks di atas. Karena di sinilah fungsi utama RemarketingGoogle Adsdatang sebagai solusi. Anda memang akan menghabiskan uang untuk Google Ads(jika Anda ingin sukses itu harus keluar dari modal), tetapi Anda dapat berhenti kapan saja ketika Audiensi sudah cukup. Kemudian serahkan ke Google Ads Remarketing, yang jauh lebih ekonomis.

Oke, lalu bagaimana dengan konsep Google Ads Remarketing?

  1. Situs web yang Anda buat

Anda harus membangun situs web yang andal, jangan pernah membangun situs web pada siapa pun terutama melalui proyek penawaran situs web hanya untuk menemukan harga terendah.  Berkonsultasilah dengan vendor, buat situs web dengan teknologi paling tepat. Jangan datang ke vendor dengan mengatakan Anda ingin membangun situs web dengan teknologi kerangka kerja tertentu yang Anda tidak tahu apa itu. Konsultasikan dengan para ahli terlebih dahulu.

  1. Beriklan di Google Ads / AdWords

Mulai beriklan, jangan ragu untuk beriklan. Sekali lagi berkonsultasi tentang anggaran Anda. Cobalah untuk memulai dengan yang terendah terlebih dahulu. Misalnya 1 atau 1,5 juta / bulan pertama selama 3 bulan.

  1. Orang Menemukan Situs Web Anda di Google

Menurut penjelasan di atas, dengan Google Adsorang akan menemukan situs web Anda di Google.

  1. Data Orang (Hadirin) Akan Disimpan di Google Analytics

Anda perlu tahu: Iklan dalam 3 bulan pertama digunakan untuk mendapatkan Pemirsa. Semua data pengunjung dari hasil iklan akan disimpan di Google Analytics. Jadi iklan 3 bulan tidak sia-sia.

  1. Kejar Audiens (Orang yang datanya disimpan di Google Analytics) dengan iklan melalui Google Ads Remarketing

Dengan data pengunjung di Google Analytics, Anda dapat mengejar orang-orang yang telah mengklik iklan Anda. Berita baiknya, biayanya jauh lebih murah daripada Google AdWords. Dan itu bahkan lebih efektif karena terus menerus (berulang-ulang / mengingatkan orang untuk memesan layanan Anda).

  1. Audiens Akan Melihat Layanan Anda di Semua Media (Situs Web / Blog, Email dan Youtube)
Baca juga >>
Pengertian URL Permalink dan Cara Agar SEO Friendly

Inilah alasan mengapa ada hal seperti itu di dunia ini: YouTuber dan Blogger. Mereka memiliki platform Google Adsense. Di media mereka iklan Anda akan ditampilkan. Jadi orang akan mengklik iklan Anda lagi dan kemudian memesan layanan Anda.

Remarketingadalah metode pemasaran yang disukai oleh pemasar digital di seluruh dunia. Ini karena Remarketingmemungkinkan iklan muncul di pengguna atau calon pelanggan yang memiliki peluang lebih besar untuk mencapai konversi yang diinginkan. Misalnya, pengguna yang sebelumnya telah melakukan transaksi dalam e-commerce. Atau, misalnya lagi, pengguna yang telah masuk ke halaman untuk membeli barang, tetapi tidak memeriksa dan menyelesaikan transaksi. Remarketingbanyak digunakan oleh pemasar digital dalam kampanye berukuran besar. Secara umum, Remarketingbanyak digunakan untuk kampanye dengan tujuan mencapai konversi. Misalnya, di situs pemesanan e-commerce, hotel atau pesawat, dan lainnya.

Seperti yang kita ketahui, pelanggan digital memang memiliki perilaku yang sangat dinamis, termasuk saat berbelanja untuk produk. Itulah sebabnya banyak hal terjadi ketika seorang pelanggan memilih suatu barang dan menaruhnya di keranjang belanja, tetapi tiba-tiba dibatalkan karena berbagai alasan. Remarketingmembantu pemasar untuk sekali lagi mendekati pelanggan potensial ini untuk menyelesaikan transaksi atau menawarkan produk lain yang relevan dengan apa yang ia cari sebelumnya.

Apakah Anda sudah mengerti mengenai Google Ads Remarketing?

Intinya adalah, rantai makanan di atas akan terus diulang sehingga situs web masuk Anda akan sangat baik. Dengan begitu, Anda akan terus mendapatkan pelanggan setia. Pelanggan Anda akan disaring dari mereka yang tidak begitu tertarik, hingga mereka yang sangat tertarik. Dan semua data Anda akan disimpan dalam akun Google Analytics. Luar biasa bukan?

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !