Apa Itu Gerhana Bulan Penumbra? Begini Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Gerhana Bulan Penumbra? – Dikutip dari wikipedia Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. Pada gerhana bulan purnama penumbra ini, seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

Dikabarkan gerhana bulan penumbra akan muncul pada 11 Januari 2020 dinihari pada pukul 00.57 WIB dan puncaknya akan muncul lebih pada 02.10 WIB dan akan berakhir pada 04.14 WIB proses bulan purnama penumbra ini selama 3 jam lebih 27 menit. Yang artinya kita bisa menikmati proses dan munculnya gerhana bulan penumbra.

Image From : Tribunnews.com
Gerhana ini disebut-sebut akan muncul di Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian Timur, sebagian kecil Australia bagian Barat, dan Samudera Hindia. Uniknya gerhana bulan penumbra bisa dilihat dengan mata telanjang,berbeda dengan fenomena gerhana bulan lainnya. Karena beberapa gerhana bulan akan merusak mata bila kita langsung melihatnya.
Dikutip dari brillio Gerhana bulan penumbra ini bisa kita nikmati bukan di bulan Januari saja ternyata bisa kita nikmati pada 6 Juni 2020 yang dapat diamati dari Indonesia, lalu 5 Juli 2020 tidak dapat diamati dari Indonesia, kemudian 20 November 2020 yang dapat diamati dari wilayah Indonesia bagian Barat menjelang gerhana berakhir. So,yang mau malam mingguan tak ada salahnya menunggu gerhana bulan penumbra yang keren ini ya! nikmati sensasi melihat gerhana bulan penumbra ini.