Apa itu Envato Element

 

Ada banyak peluang untuk menghasilkan uang dari internet. Tanpa tanggung-tanggung, jumlahnya menggoda. Bayangkan, Anda tidak perlu lagi repot pergi ke kantor; dengan jam kerja mulai dari jam 09:00 sampai jam 18:00, tetapi masih memiliki penghasilan besar. Menariknya, yang Anda dapatkan adalah penghasilan pasif, yang akan terus merayap meskipun Anda tidak lagi berjuang dengan laptop atau hanya tidur nyenyak. Tidak percaya? Teknologi internet itu sendiri seakan menghilangkan batasan ruang dan waktu. Anda dapat bekerja di mana saja, kapan saja, bahkan dengan siapa saja – begitu efektif sehingga pundi-pundi terisi. Tentu saja, ini adalah pilihan, di mana Anda juga bisa mendapatkan kemewahan ini ketika Anda bergabung dengan Envato.

Berkenalan dengan Envato

Secara sederhana, Envato adalah pasar dunia yang menjual berbagai produk digital. Banyak orang menyebutnya “pasar digital” – dengan perkembangan paling cepat, yang sekarang memiliki lebih dari enam juta anggota dan lebih dari sembilan juta produk digital yang diciptakan oleh komunitas desainer global, pengembang, fotografer, ilustrator dan produsen.

Envato – yang awalnya didirikan sebagai perusahaan IT pada tahun 2006 di Australia, diprakarsai oleh Collis Ta’eed, Cyan Ta’eed, dan Jun Rung. Dengan menjalankan misi pertama, yaitu “Membantu Orang Belajar dan Mendapatkan Secara Online”, Envato adalah tempat bagi semua orang untuk menjual produk digital, mulai dari aplikasi (templat web, kode sumber, perangkat lunak PC, game, dll.); desain (logo, selebaran, poster, spanduk, dll.); audio; video; dan masih banyak lagi. Sistemnya cukup sederhana; cukup satu klik untuk bergabung dengan Envato – kemudian mulai membuat produk untuk dipasarkan.

Baca juga >>
Tips Mengoptimalkan Domain Authority Di Web

Envato sendiri ada sebagai “solusi” untuk desainer digital kreatif, dalam memasarkan produk mereka. Dengan begitu, pembuat produk hanya mementingkan kualitas, sedangkan proses pemasaran akan diserahkan kepada Envato – terutama ketika suatu produk telah dimuat pada halaman Envato. Secara otomatis, Envato akan mengarahkan pembeli potensial untuk mengunjungi halaman produk; kemudian memutuskan untuk membelinya. Dengan demikian, seolah-olah si pembuat produk cukup diam menunggu pembeli yang akan datang kepadanya. Ini, tentu saja, berbeda dengan sistem platform online seperti blog, situs web, grup, hingga fanpage – yang seringkali harus melakukan promosi skala besar untuk mendapatkan pembeli. Ini adalah salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika Anda bergabung dan menjual produk di Envato.

Tidak hanya itu, perhatian besar Envato pada kasus lisensi produk atau hak cipta juga merupakan kemewahan bagi para desainer. Sementara banyak individu yang tidak bertanggung jawab sering mengabaikan lisensi untuk kepentingan diri sendiri, Envato dengan tegas menjamin bahwa keaslian dan semua hak cipta produk adalah milik pembuat produk yang bersangkutan. Ini tentu bermanfaat bagi pencipta produk. Terutama di Indonesia sendiri, masalah perizinan tidak begitu serius – ketika begitu banyak orang masih dapat dengan mudah mengambil gambar dari internet; memodifikasi; sunting; duplikat – bahkan menjual dan mengambil keuntungan tanpa sepengetahuan pemilik aslinya. Bahkan, di luar sana, masih banyak pihak yang sangat menghargai keaslian dan hak cipta sebuah karya, bahkan rela mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan karya tersebut. Namun, pada akhirnya, Envato sendiri menjadi sarana untuk menjembatani pembuat produk (selanjutnya disebut sebagai penulis) dengan pembeli; melindungi penulis dan produk-produknya, sambil memberikan pendidikan yang baik mengenai pentingnya hak cipta.

Baca juga >>
Apa Itu Google Ads Remarketing

Jenis-jenis Pasar di Envato

Apa Itu Credit Card (kartu Kredit) Dan Debit Card (kartu Debit)

Konsep “karier dengan Envato” memang terdengar sangat menarik. Namun, sebelum benar-benar memutuskan untuk bergabung dengan Envato, lebih baik untuk terlebih dahulu mengidentifikasi jenis pasar dalam Envato. Adapun setiap kategori, ia memiliki kekhususan yang dapat disesuaikan dengan bidang yang Anda kuasai. Berikut adalah nama-nama jenis pasar yang dilakukan oleh Envato dan kategorinya.

  1. ThemeForest

Adalah situs penjualan kode sumber untuk keperluan templat web. ThemeForest sendiri diperuntukkan bagi mereka – pakar atau pakar dalam membuat templat desain situs, tema, hingga file PSD sederhana. Nah, bagi Anda para desainer dan pekerja lepas yang memiliki keahlian di bidang desain grafis hingga ilmu komputer, saatnya bergabung dengan ThemeForest. Ada banyak hal yang bisa dijual di sini, seperti templat (tampilan situs web atau wajah) dalam bentuk HTML, WordPress, Joomla, Drupal, dan sebagainya.

  1. Codecanyon

Merupakan “wadah” penjualan jenis produk bahasa pemrograman atau juga bisa menjadi aplikasi untuk perangkat seluler. Biasanya, produk yang dijual adalah plugin untuk CMS (Content Management System).

  1. Videohive

Formulir template instan; cocok untuk Anda freelancer atau desainer yang terlibat dalam pengeditan video. Videohive sendiri dianggap cocok untuk orang yang suka mengedit video secara instan – tetapi dengan hasil yang baik dan memuaskan. Adapun contoh produk dalam kategori ini, proyek after effect.

  1. Audiojungle

Kategori ini dianggap cocok untuk mereka yang mampu membuat sampel suara animasi seperti suara binatang, robot, air, dan suara di sekitar lingkungan. Tidak hanya itu, Audiojungle juga memberikan peluang bagi orang yang suka membuat musik, berbagai jenis audio, dan sebagainya.

  1. Graphicriver

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam bidan desain grafis dan visual – Anda dapat mencoba kategori ini. Di sini, Anda dapat membuat logo, ikon, ilustrasi, dll. Sekreatif mungkin, sehingga produk dapat diterima oleh Envato dan pasar dunia.

  1. Photodune
Baca juga >>
Cara Cheat Clash of Kings Terbaru Unlimited Wood - Gold - Food

Menjual berbagai produk foto berkualitas tinggi, Photodune diklaim sebagai tempat paling cocok bagi Anda yang ahli dalam bidan fotografi. Hasil foto yang dikirim adalah foto asli yang diambil secara pribadi oleh anggota yang bersangkutan. Sebagai salah satu kiat agar foto dapat diterima dengan cepat oleh Envato, Anda dapat memasukkan nama, bersama dengan deskripsi yang menarik sehingga proses persetujuan menjadi lebih mudah.

  1. 3Docean

Ini adalah tempat untuk menjual desain grafis 3D dan objek tiga dimensi lainnya. Bagi Anda yang tertarik, disarankan untuk menguasai desain grafis penuh; Berikut ini memiliki pengalaman di bidangnya – terutama dalam penggunaan perangkat lunak desain pada komputer.

  1. Activeden

Di sini, Anda dapat menemukan atau akan mengunggah produk seperti Flash, ActionScript, Silverlight, dan banyak elemen lainnya. Adapun Anda juga dapat memasukkan produk dalam bentuk video flash, animasi, ke GIF. Ada berbagai jenis flash yang dijual di sini, yaitu Animasi, Penampil Gambar, Pemutar Video, dan sebagainya.

Itulah jenis pasar yang masuk ke dalam kategori Envato. Sedangkan untuk memilih di mana Anda akan membuat atau bahkan mengunggah produk, itu ide yang baik untuk memenuhi standar kualitas Envato dengan menghasilkan produk yang tidak kalah bersaing dengan pasar dunia.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !