SEON One Stop Solution Bisnis Online Indonesia

Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

Apa Itu Ekonomi Bisnis Dalam Ilmu Ekonomi 2018 SEON One Stop Solution 17:50

Apa Itu Ekonomi Bisnis Dalam Ilmu Ekonomi 2018

Apa Itu Ekonomi Bisnis Dalam Ilmu Ekonomi 2018

Apa Itu Ekonomi Bisnis Dalam Ilmu Ekonomi 2018

Sobat SEON, kali ini kita akan membahas mengenai Apa Itu Ekonomi Bisnis dalam Ilmu Ekonomi 2018 yang menarik untuk kita simak.

Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang penting seklai untuk diketahui. Apalagi bagi anda yang ingin membuka dan memulai sebuah bisnis. Anda harus mengerti mengenai ilmu ekonomi. Menetahui secara lebih rinci ilmu ekonomi bisnis akan menambah potensi kesuksesan dari bisnis yang akan anda jalankan.

Dengan mempelajari ilmu ekonomi bisnis anda akan mengerti dan mengetahui bagaimana cara anda menghadapi sebuah pasar untuk memasarkan atau menawarkan produk anda agar laris manis dan dapat bersaing dengan sehat. Cara mengembangkan sebuah bisnis dan cara mempertahankan bisnis anda.

Bahkan bagi anda para pemula anda akan lebih peka terhap peluang bisnis yang ada di pasar. Ekonomi bisnis merupakan istilah dalam suatu ilmu ekonomi. Nah, untuk lebih lengkapnya mengenai apa itu ekonomi bisnis dalam suatu ilmu ekonomi. Pada artikel ini akan kami jelaskan secara lebih lengkap mengenai ekonomi bisnis.

Pengertian Bisnis

Ekonomi bisnis merupakan sebuah ilmu ekonomi yang pendalamannya lebih ke sebuah bisnis, bagaimana cara berbisnis dan sebagainya yang berhubungan dengan bisnis. Bisnis sendiri merupakan suatu usaha atau perusahaan yang mana pelakunya ingin mendapatkan keuntungan secara ekonomi atau secara material. Bisnis sendiri lebi ditekankan kepada pelaku jual beli baik secara tunai ataupun kredit dengan strategi bisnis yang bisa dilakukan.

Nah, jadi disini dijelaskan bahwa strategi bisnis dapat dilakukan dengan melakukan risuet pasar, meramal sebuah perusahaan atau lembaga lain yang bisa dianggap sebagai pesaing apakah akan mengalami kerugian atau keuntungan yang sesuai dengan siklus ekonomi pasar yang terjadi.

Hubungan Bisnis dan Ilmu Ekonomi 

Bisnis dan ilmu ekonomi atau disebut dengan ekonomi bisnis merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan. Bisnis pasti selalu dihubungkan dengan sebuah perusahaan karena bisnis memiliki kaian yang sangat erat dengan suatu perusahaan. Untuk memahami sebuah bisnis kita juga harus memahami dan mengetahui ilmu ekonomi perusahaan beserta konsep pokok yang bisa bermanfaaat untuk sebuah bisnis agar lebih tepat sasaran.

Baca juga  5 Cara Sukses Berdagang Modal Kecil Menguntungkan

Ilmu ekonomi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari aktivitas dari manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Nah, untuk memenuhi kebutuhannya biasanya para manusia ini akan membangun sebuah bisnis yang diharapkan dapat sukses sehingga segala kebutuhan menjadi termenuhi.

Hal-Hal yang Dipelajari dalam Ilmu Ekonomi Bisnis 

Beberapa hal yang dipelajari dalam sebuah ilmu ekonomi bisnis adalah mengenai bagaimana kita membangun sebuah bisnis dengan memperhatikan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di masa depan dan bagaimana kita menyikapinya agar bisnis yang dijalankan dapat sukses dan terhindar dari sebuah kegagalan.

Berikut beberapa hal yang dipelajari dalam sebuah ilmu ekonomi bisnis

1. Tujuan atau Sasaran dalam Bisnis 

Hal pertama yang dipelajari dalam sebuah ilmu ekonomi bisnis adalah mengenai tujuan dan sasaran dalam berbisnis. Untuk membangun sebuah bisnis anda harus mengetahui secara jelas mengenai tujuan dan sasaran atas sebuah bisnis yang anda lakukan.

Sasaran disini bisa berarti luas, misalnya tujuan kesuksesan bisnis, tujuan dalam membangun sebuah bisnis, tujuan perolehan keuntungan, dan tujuan atau sasaran pasar atau dikenal dengan target pasar.

2. Target Pasar  

Target pasar merupakan suatu hal yang penting dalam membangun sebuah bisnis. Dengan mempelajari ilmu ekonomi bisnis anda akan lebih paham mengenai apa saja yang harus anda lakukan untuk menetapkan target pasar anda.

Dalam menentukan target pasar merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Dengan adanya sebuah target, kelangsungan bisnis anda akan lebih berpotensi untuk going concern dan sukses di masa depan karena anda sudah memiliki fokus dalam membidik sebuah pasar yang terdiri dari masyarakat yang luas.

3. Strategi Bisnis

Ilmu ekonomi bisnis juga mempelajari mengenai strategi dalam berbisnis. Anda akan lebih paham mengenai apa yang harus anda lakukan untuk menjalanka sebuah bisnis hingga sukses. Misalnya saja pada saat banyak pesaing yang menawarkan produk yang sejenis dengan apa yang anda tawarkan kepada konsumen atau target pasar anda.

Baca juga  Tips Membuka Usaha Rental PS2 yang Menguntungkan

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak kalah saing. Tentunya anda harus  memiliki sebuah strategi bisnis dalam menjalankan bisnis anda agar lebih bisa bertahan. Strategi bisnis yang harus anda lakukan dalam hal ini adalah dengan memberikan nilai tambah pada suatu bisnis yang anda jalankan.

Pastikan bisnis anda memiliki keunikan dibandingkan dengan bisnis orang lain atau bisnis sejenis yang juga dijalankan oleh pesaing anda.

4. Biaya Produksi

Dalam ekonomi bisnis anda juga akan diajak untuk mempelajari biaya produksi yang merupakan suatu biaya yang menentukan kelangsungan dari bisnis anda. Tujuan mempelajari lebih dalam mengenai biaya produksi adalah karena biaya produksi merupakan suatu hal yang menentukan sekali bisnis anda akan untung atau tidak.

Dalam sebuah bisnis hal yang diharapkan adalah mengeluarkan biaya seminimal mungkin namun memperoleh keuntungan yang semaksimal mungkin. Ini sudah merupakan sebuah prinsip dan konsep utama dalam membangun sebuah bisnis.

5. Karakteristik Pasar

Dalam suatu ilmu ekonomi bisnis kita juga akan diajak untuk mengetahui dan mempelajari secara lebih mendalam mengenai karakteristik sebuah pasar yang akan kita hadapi jika kita memutuskan untuk membangun sebuah bisnis.

Pasar memiliki sifat yang dinamis, kebutuhan, penawaran, dan permintaan dalam sebuah bisnis bersifat dinamis seiring dengan berjalannya waktu. Nah, oleh sebab itu tantangan yang harus dihadapi oleh para pembisnis adalah bagaimana cara menyikapi masalah atau tantangan yang akan dihadapi jika menghadapi karakteristik dari pasar yang demikian.

Anda harus menyesuaikan dengan pasar baik mengenai produk, inovasi, ide bisnis, dan kreatifitas yang sangat menentukan  keberhasilan bisnis yang akan anda jalankan.

6. Jenis Ekonomi Bisnis

Ada 2 jenis ekonomi bisnis yang akan anda pelajari dalam suatu ilmu ekonomi bisnis nasional dan ekonomi bisnis internasional. Ekonomi bisnis nasional merupakan suatu ilmu ekonomi yang mempelajari sebuah bisnis secara lokal atau hanya dalam lingkungan dalam negeri saja. Disini anda akan mempelajari bagaimana cara menaklukkan pasar nasional dan cara menyikapi pesaing yang juga menjual atau menawarkan produk yang sama dengan yang anda tawarkan dalam berbisnis.

Baca juga  6 bisnis online terpercaya aman dan menguntungkan 2018

Selain mempelajari mengenai ekonomi bisnis nasional, anda juga akan mempelari bisnis secara internasional. Yang mana manfaat yang akan anda dapatkan pada saat anda mempelajari sebuah bisnis secara internsional adalah sebagai berikut.

  • Mengetahui perkembangan suatu bisnis secara global yang ada di Negara lain.
  • Mengetahui cara memperluas jaringan, dengan mempelajari ilmu bisnis internasional sebagai seorang pembisnis anda akan memperluas jaringan dengan cara mencoba untuk berinteraksi antara perusahaan yang anda miliki dengan perusahaan asing.
  • Mengenal Kebijakan Perdagangan, mengenai sebuah kebijakan perdagangan yang terjadi dan ada dalam sebuah negera yang satu dengan yang lainnya berbeda. Dengan mempelajari mengenai hal tersebut, anda akan lebih mengerti mengenai perbedaan dari kebijakan perdagangan yang ada disetiap Negara.
  • Mengembangkan perusahaan, dengan mengenal ilmu bisnis internasional dapat anda jadikan bekal jika anda ingin mengembangkan bisnis atau perusahaan anda secara internasional.

Itulah informasi mengenai ekonomis bisnis dalam suatu ilmu ekonomi . Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua para pemula yang memiliki keinginan untuk membangun sebuah bisnis online. Jangan lupa like dan share jika anda merasa artikel ini layak untuk dibagi ke orang orang terdekat anda. Salam sukses dari kami SEON One Stop Solution. Sumber : Bisnis Online Indonesia

Previous

Next

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

/* */