Apa Itu Blogspot

Blog adalah singkatan dari “web log” yang merupakan bentuk aplikasi web dalam bentuk berbagai jenis tulisan (yang diterbitkan sebagai posting atau artikel blog) pada halaman web publik (template blog). Tulisan-tulisan ini sering terkandung dalam urutan terbalik (konten atau posting terbaru ditempatkan pertama atau dalam urutan pertama dan kemudian diikuti oleh konten atau posting yang lebih panjang dibuat), meskipun tidak harus seperti itu. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik yang diperlukan dan tujuan pengguna blog, yang biasanya dengan menulis kata tertentu (kata kunci) di Google, Yahoo, Bing atau halaman mesin pencari lainnya.

Sejarah kemunculan Blog

Media blog ini pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google sekitar akhir tahun 2002. Sejak itu, ada banyak aplikasi open source yang ditujukan untuk pengembangan penulis blog. (blogger).

Manfaat dan Penggunaan

Blog ini memiliki fungsi atau manfaat yang sangat beragam, mulai dari sekadar buku harian, publikasi media dalam bentuk kampanye politik, hingga program media lainnya dan perusahaan kelas atas. Sebagian besar blog dikelola oleh satu penulis (blogger), sementara yang lain dikelola oleh beberapa penulis dalam konsorsium. Banyak blog juga memiliki fasilitas untuk berinteraksi dengan pengunjung, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan komentar atau tanggapan terhadap isi artikel (artikel blog) yang diterbitkan, namun ada juga blog yang sebaliknya (non-interaktif), artinya hanya digunakan untuk kalangan terbatas seperti yang dimiliki oleh sekolah atau institusi perguruan tinggi. Situs web yang saling terkait antara beberapa blog, atau secara total adalah kumpulan blog yang sering disebut sebagai blogosphere. Ketika gelombang besar kegiatan, informasi dan opini berulang kali muncul pada beberapa subjek atau sangat kontroversial di blogosphere, sering disebut sebagai badai blog atau blog.

Baca juga >>
Pentingnya Mengontrol Database Memakai PHPMyAdmin

Penerapan Blogspot

Blog juga sama dengan situs atau situs web yang sering Anda temui di internet. Materi dan konten sepenuhnya bebas dari pencipta blog. tentu saja sangat dianjurkan untuk berbagi pengetahuan yang bermanfaat. Dengan memiliki blog, kita dapat mempraktikkan kemampuan untuk menyampaikan informasi atau hal-hal yang ingin kita sampaikan kepada orang lain tanpa bermaksud untuk menggurui atau mengetahui tentang apa yang kita ketahui kepada pembaca. Dengan memiliki Blog, kita bisa mendapatkan banyak ide yang diperoleh dari berbagai sumber yang memberikan komentar pada posting yang kita terbitkan di Blog yang kita buat dan akan memacu antusiasme kita dalam mengeksplorasi pola pikir kreatif dan positif tentang apa yang bisa kita lakukan dan bermanfaat untuk diri sendiri atau untuk yang lain. Sudah banyak orang yang mencapai kesuksesan hanya dengan memiliki Blog, karena Blog terbuka untuk siapa saja sehingga dapat juga digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis online mereka di sela-sela tulisan yang mereka terbitkan dan disukai oleh banyak orang yang mencari dan membacanya. Dengan Blog, kita dapat memiliki banyak teman dari berbagai daerah dan negara yang memiliki hubungan serupa dengan konten Blog yang kita buat.

68 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Beserta Skema | Desain Rumah Minimalis Terbaru

Akhir-akhir ini, fungsi Blog tidak hanya sebagai sarana berbagi informasi dan kutipan yang bersifat umum, tetapi lebih cenderung sebagai sarana promosi penjualan suatu produk atau juga Program Bisnis. Sah, sangat disayangkan juga munculnya berbagai blog yang mempromosikan konten kurang mendidik, atau konten dewasa yang berpotensi memperburuk pola pikir daripada aspek pendidikan. Kecanggihan teknologi saat ini harus dapat menjembatani keterbatasan pengetahuan yang bermanfaat di antara yang lain, jadi gunakan dengan bijak apa yang dapat Anda lakukan melalui media Blog.

Baca juga >>
Cara Menggunakan Aplikasi Grab Driver yang Benar

Keuntungan Blogspot

  • Keuntungan Blogpsot dibandingkan wordpress adalah Blogspot adalah salah satu produk Google. Sehingga bisa diintegrasikan dengan layanan lain dari Google.
  • Selain itu Blogspot sangat bersahabat dengan SEO (optimasi mesin pencari). Jadi pemilik blog dapat dengan mudah mengoptimalkan blog mereka sendiri.
  • Blogspot juga cukup mudah digunakan dan sangat praktis.
  • Jika kita membuat blog di Blogspot, kita dapat dengan mudah menyesuaikan blog kita sendiri.
  • Kelebihan dari Blogspot dibandingkan dengan WordPress gratis lainnya adalah, blog yang dibuat menggunakan Blogspot dapat didaftarkan dengan Google Adsense.

                Selain sifatnya di internet, beberapa keuntungan dari blog lain adalah berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam bahasa yang mereka gunakan. Blog memungkinkan interaksi antara penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan segera ditanggapi, ditambahkan, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. Oleh karena itu, topik mungkin menjadi lebih menarik dengan berdiskusi antara blogger dan pengunjung weblog-nya. Weblog adalah media yang digunakan secara pribadi, baik secara individu maupun institusi. Tidak ada persyaratan pribadi yang diberikan dari pihak mana pun untuk dapat memiliki dan mengelola weblog mereka sendiri. Formatnya mudah diaplikasikan dan pengelolaannya tidak rumit sehingga media ini bisa dioperasikan oleh siapa saja. Tidak ada keterampilan teknis atau keterampilan jurnalistik dasar yang diperlukan untuk mempublikasikan informasi dalam weblog.

Kekurangan Blogspot

  • Kelemahan atau kelemahan dari Blogspot pertama adalah, tampilan dasbor admin sederhana.
  • Dalam menulis artikel di Blogspot bisa dibilang kurang fleksibel, karena alat yang disediakan tidak selengkap WordPress.
  • Untuk blogger pemula yang tidak mengerti bahasa HTML dan CSS, akan sulit untuk menyesuaikan tampilan blog.
  • Blogspot adalah salah satu produk Google, sehingga pengguna harus mematuhi dan mematuhi peraturan Google.
Baca juga >>
Fasilitas Rahasia Agar Toko Online Anda Disukai Pembeli

Beberapa kelemahan blog adalah bahwa mereka rentan terhadap virus, peretas, atau spyware. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusia, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan-tulisan yang ada di blog kurang akuntabel. Karena alasan ini, ada beberapa upaya untuk meminimalkan kekurangan ini. Diantaranya adalah dengan menggunakan bahasa pemrograman yang aman, menggunakan desain yang menarik, dan memiliki kontrol penulisan artikel yang benar.

  •  

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !