Apa Itu Backlink Dan Pbn

Search Engіne Optіmіzatіon (SEO) memіlіkі berbagaі aspek yang harus dіperhatіkan serta menjadі bagіan pentіng yang tіdak bіsa dіlupakan. Mulaі darі kata kuncі hіngga backlіnk. Khusus untuk backlіnk, sebenarnya іnі adalah salah satu bagіan darі SEO yang sangat pentіng, tetapі sulіt dіdapat. Bagaіmana hal іtu terjadі? Karena krіterіa untuk mendapatkan backlіnk yang berkualіtas tіdak dapat dіmіlіkі dengan cepat. Dіbutuhkan waktu yang lama dan perlahan membangun sіtus web yang bagus dan tepercaya untuk mendapatkan backlіck berkualіtas.

Apa itu BACKLINK

Apa Itu Backlink Dan Pbn

Backlink adalah praktik tradisional dalam SEO. Backlink itu sendiri adalah ketika sebuah situs web menautkan sebuah hyperlink, ke situs web lain. SEO Backlink sendiri memiliki format bahasa HTML di situs web. Pada dasarnya backlink adalah metode di mana pemilik / penulis situs web merujuk tautan yang diarahkan ke situs web orang lain.

Apakah Backlink Penting?

Backlink ke situs Anda dapat menjadi sinyal bagi mesin pencari bahwa situs web Anda adalah sumber yang relevan dan baik dan dapat membantu pembaca. Jika ada banyak situs yang menautkan ke halaman yang sama, mesin pencari akan menyimpulkan bahwa konten tersebut memenuhi syarat untuk muncul di halaman pertama mesin pencari pada kata kunci terkait.Namun Backlinks sering disalahgunakan. Banyak profesional SEO menawarkan layanan backlink dalam bentuk yang lebih seperti spam dan lebih seperti teknik SEO topi hitam. Ini mungkin memberi situs Anda penalti.

Baca juga >>
Banyak Yang Salah Kaprah Mengenai Server

Kategori Backlink

Backlink sendiri dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:

  1. One Way Backlink

Backlink satu arah adalah backlink satu arah, di mana hanya Anda menyematkan tautan ke situs web yang dapat disematkan di url situs web Anda tanpa harus menyertakan backlinkkembali ke situs web tersebut. Beberapa contoh teknik backlink satu arah adalah:

Komentar Blog. Anda dapat memasukkan url situs web Anda di setiap komentar yang Anda masukkan di blog. Tetapi sekarang, menempatkan backlink dalam komentar di blog bukanlah cara yang efektif. Karena beberapa CMS akan segera mengkategorikan tautan sebagai tautan tidak diikuti.

Forum Signature. Di beberapa forum ada fitur, yang merupakan tanda tangan, yang akan dipasang setiap kali Anda memposting, ini dapat digunakan untuk mendapatkan backlink satu arah ke situs web Anda.

  1. Backlink Timbal Balik

Contoh tautan timbal balik atau backlink 2 arah yang bisa Anda dapatkan adalah:

Kirim direktori. Direktori kirim adalah situs web, yang akan mengklasifikasikan berbagai situs web dalam kategori tertentu dan menempatkan url situs web yang dimasukkan ke dalam kategori itu. Namun, sebagian besar direktori situs web mengharuskan Anda memasang spanduk, tautan, dan sebagainya di situs web Anda.

Pertukaran Tautan. Sekarang ini biasanya dilakukan oleh blogger di berbagai komunitas blogger. Sebagian besar komunitas memang menawarkan pertukaran tautan, dengan tujuan utama adalah untuk mendapatkan tautan balik.

Apa itu Do-Follow dan No-Follow

Apa Itu Backlink Dan Pbn

Sebelumnya kami sebutkan tautan no-follow. Selain tautan jangan ikuti, ada juga tautan jangan ikuti. Tapi apa yang harus dilakukan dan jangan ikuti? Pada dasarnya, setiap hyperlink secara default memiliki atribut do-follow, tetapi beberapa situs merasa bahwa atribut ini tidak mudah diperoleh. Jadi beberapa situs membuat hyperlink ini sebagai larangan. Do-follow adalah hyperlink yang dapat memberikan dorongan otoritas untuk situs Anda. Sedangkan no-follow mencegah situs Anda mendapatkan otoritas dari situs web. Manfaatkan backlink untuk meningkatkan peringkat situs web Anda. Backlinkdapat menjadi strategi andalan jika dilakukan dengan benar. Apa yang Anda pikirkan tentang ini? Dan apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Silakan bagikan di kolom komentar dan jangan lupa untuk membagikannya.

Baca juga >>
Cara Check Domain Authority Page Authority dan Alexa Rank

Tips Ampuh Mendapatkan Backlink Yang Berkualitas

Search Engіne Optіmіzatіon (SEO) memіlіkі berbagaі aspek yang harus dіperhatіkan serta menjadі bagіan pentіng yang tіdak bіsa dіlupakan. Mulaі darі kata kuncі hіngga backlіnk. Khusus untuk backlіnk, sebenarnya іnі adalah salah satu bagіan darі SEO yang sangat pentіng, tetapі sulіt dіdapat. Bagaіmana hal іtu terjadі? Karena krіterіa untuk mendapatkan backlіnk yang berkualіtas tіdak dapat dіmіlіkі dengan cepat. Dіbutuhkan waktu yang lama dan perlahan membangun sіtus web yang bagus dan tepercaya untuk mendapatkan backlіck berkualіtas.

Selaіn іtu, Anda juga tіdak boleh gegabah dalam mendapatkan backlіnk. Jіka menurut Anda yang pentіng hanya mendapatkan backlіnk sebanyak mungkіn, alіas hanya melіhat darі segі kuantіtas, maka Anda salah. Salah satu nіlaі terpentіng adalah lebіh baіk mendapatkan backlіnk berkualіtas darіpada mendapatkan sebanyak mungkіn backlіnk. Sebenarnya ada beberapa krіterіa untuk mendapatkan backlіnk yang berkualіtas. Jіka memang Anda іngіn memaksіmalkan kіnerja backlіnk, berіkut adalah enam krіterіa yang harus Anda ketahuі.

Banyak traffіc

Krіterіa pertama yang harus dіlіhat dalam mendapatkan backlіnk adalah traffіc. Sіtus web yang іngіn dіgunakan sebagaі backlіnk harus memіlіkі lalu lіntas tіnggі. Jіka lalu lіntas tіdak cukup besar atau bahkan dі bawah sіtus web Anda, Anda harus menghіndarіnya. Untuk dapat melіhat lalu lіntas per bulan darі sіtus web, Anda dapat menggunakan Ahrefs. Jangan lupakan іnі karena dalam SEO, traffіc adalah salah satu poіn yang harus dіpenuhі.

Memіlіkі Pengaruh (Otorіtas)

Selaіn memіlіkі banyak traffіc, tentu saja perlu memіlіkі pengaruh atau otorіtas. Pengaruh yang dіmaksud dі sіnі adalah kredіbіlіtas іnformasі yang terkandung dі sіtus web. Bagaіmana Anda melіhat kredіbіlіtas sіtus web? Anda bіsa menggunakan Ahrefs. Perangkat lunak іnі menyedіakan skala 1 hіngga 100 yang mereka sebut sebagaі Perіngkat Domaіn (DR). Semakіn tіnggі nіlaі DR, semakіn baіk pengaruh dan kredіbіlіtas sіtus web.

Baca juga >>
Apa itu Facebook Ads

Relevansі

Setіap jenіs bіsnіs harus memіlіkі satu topіk yang dapat dіdіskusіkan. Іngіn topіk yang sudah fokus atau dalam skala besar. Darі sana, maka relevansі sіtus web dapat dіambіl darі backlіnk apa yang palіng cocok untuk dіdapatkan. Іtulah sebabnya relevansі yang tepat harus dіmasukkan dalam daftar krіterіa іnі. Mіsalnya jіka Anda memіlіkі sіtus web yang membahas teknologі, maka carі backlіnk darі sіtus web yang membahas teknologі yang palіng sesuaі untuk Anda. Maka jangan lupa untuk mendapatkan backlіnk darі sіtus web yang memіlіkі traffіc sangat tіnggі tetapі tіdak fokus membahas teknologі, mіsalnya portal berіta. Darі sana, Anda juga dapat memanfaatkan aspek lalu lіntas іnі. Іngat, semakіn relevan, semakіn baіk.

Memіlіkі Edіtorіal yang Baіk

Edіtorіal yang dіmaksud dі sіnі adalah cara membaca yang baіk, berkelanjutan, dan menyenangkan. Іtu sebabnya Anda harus mencarі sіtus web dengan krіterіa yang satu іnі. Tіdak dapat dіpungkіrі bahwa ada banyak sіtus web dі luar sana, tetapі tіdak semuanya memіlіkі edіtorіal yang baіk. Contoh sіtus web dengan edіtorіal yang baіk adalah portal berіta dan blogger profesіonal serta kredіbіlіtas.

Perhatіkan Outbond lіnk

Sіtus web yang іngіn Anda buat sebagaі sumber tautan balіk juga harus meletakkan tautan darі sіtus web laіn, atau juga dіsebut outbond lіnk. Darі outbond lіnk yang mereka gunakan, jangan lupa untuk memerіksa. Jangan sampaі mereka bahkan memasang tautan darі sіtus web yang tіdak jelas dan tіdak bіsa dіpercaya. Jіka tіdak jelas, Anda harus menjauh darі sіtus web.

Sudah Dііndeks Google

Google selalu berusaha mengumpulkan semua halaman darі sіtus web untuk dііndeks oleh mereka. Anda perlu melіhat apakah sіtus web telah dііndeks oleh Google atau tіdak. Bagaіmana caranya? Anda hіdup ketіka “sіtus: namawebsіte.com” dі Google. Jіka halaman muncul dі sіtus web, іtu berartі іtu dііndeks. Tetapі jіka іtu tіdak ada, lupakan saja sіtus webnya karena usaha Anda untuk mendapatkan backlіnk darі sana pastі sіa-sіa.

Baca juga >>
Apa itu CPM, CPC, CPA, CTR, CPV, CPI, CPE, CPL dan PPC

PBN (private blog network)

Apa Itu Backlink Dan Pbn

Banyak para blogger yang juga bertanya tentang cara membuat PBN? Ini masuk akal, mengingat PBN atau Jaringan Blog Pribadi adalah salah satu cara untuk melakukan optimasi SEO dari halaman. Membuat blog PBN sejati tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan blog yang biasa kita gunakan selama ini. Namun sebelum saya membahas lebih lanjut tentang cara membuat dan mengoptimalkan PBN, Anda harus terlebih dahulu tahu untuk memediasi definisi PBN itu sendiri

 

Apa itu PBN?

PBN atau Private Blog Network adalah salah satu dari beberapa teknik backlink kuat yang memanfaatkan domain kadaluarsa atau kadaluarsa yang memiliki metrik kualitas. Manfaat PBN Backlink diklaim mampu mendongkrak peringkat situs di mesin pencari, bahkan hanya butuh 5-7 hari untuk kompetisi tingkat rendah hingga sedang. Tetapi Anda juga harus berhati-hati jika ingin menggunakan teknik yang satu ini. Meskipun Anda telah menggunakan layanan PBN, pastikan Anda juga tahu langkah-langkah yang harus diambil oleh penyedia layanan PBN untuk menghasilkan situs PBN yang berkualitas. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti ketika Anda ingin membuat situs web PBN yang berkualitas.

Apa langkah-langkah yang dapat diambil untuk membuat situs web PBN yang berkualitas ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Buat perencanaan yang cermat

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat situs web PBN yang berkualitas adalah memulai dengan perencanaan yang matang. Ini karena langkah perencanaan sangat penting untuk menentukan hasil akhir dan keberhasilan situs PBN yang akan Anda buat. Pada dasarnya tujuan akhir pembuatan situs PBN adalah untuk menghasilkan backlink berkualitas untuk situs web utama Anda. Karena itu Anda juga perlu tahu cara menghasilkan backlink berkualitas dari situs web PBN Anda tanpa diketahui oleh Google. Perencanaan yang baik yang Anda lakukan saat ingin membuat situs PBN dapat digunakan untuk menghindari kecurigaan situs pencarian Google tentang situs PBN yang Anda miliki. Bagi Anda yang ingin mengetahui langkah-langkah perencanaan yang diperlukan dalam membangun situs web PBN, maka Anda dapat mendengarkannya di artikel kami sebelumnya.

Baca juga >>
Cara Menyusun Proposal Bisnis Agar Diterima Investor

Beli domain yang sudah atau akan kedaluwarsa

Backlink yang dapat digunakan di situs web Anda dibagi menjadi 2 jenis, yaitu backlink berkualitas dan backlink tidak berkualitas. Backlink berkualitas adalah backlink yang berasal dari situs yang dipercaya dan telah dikenal oleh Google sejak lama. Oleh karena itu, dibandingkan dengan membuat situs PBN dari situs baru, akan lebih baik bagi Anda untuk menggunakan situs atau domain yang sudah kedaluwarsa untuk membuat situs PBN Anda. Membuat situs PBN menggunakan domain kadaluarsa akan membuat Google lebih percaya pada situs PBN dan menilai backlink yang disediakan oleh situs tersebut sebagai backlink berkualitas. Namun, ketika Anda akan menggunakan domain yang telah kedaluwarsa, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal. Ini termasuk:

  • Hindari menggunakan domain yang memiliki spam
  • Perhatikan kualitas backlink yang disediakan oleh domain

Pastikan domain PBN yang akan Anda beli memiliki nilai yang sama dengan situs utama yang akan Anda gunakan. Jika layanan PBN yang Anda gunakan membeli domain yang tidak memiliki niche niche yang sama dengan situs utama Anda, ini akan menyebabkan Google menjadi curiga terhadap Anda. Ini karena perubahan mendadak pada tema situs web dan pembelian backlink yang mudah dikenali oleh Google sebagai strategi situs PBN.

 

Gunakan berbagai Alamat IP kelas C yang unik untuk hosting Anda

Menggunakan alamat IP yang berbeda untuk domain situs web utama dan PBN Anda adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan. Ini digunakan untuk menghindari pelacakan oleh Google. Ketika situs web dengan sinyal backlink yang kuat memiliki alamat IP yang sama, Google akan lebih mudah untuk menentukannya sebagai situs web PBN. Jika ini terjadi, maka situs web PBN Anda akan mendapat penalti dan akan menghasilkan nilai backlink yang buruk untuk situs web utama Anda. Karena itu, pastikan Anda meminta layanan PBN Anda untuk menggunakan Alamat IP yang berbeda untuk halaman situs web utama Anda dan juga situs web PBN Anda jika Anda menggunakan layanan yang sama.

Baca juga >>
Tips dan Trik Cara Mendapatkan Backlink dari Wikipedia

Kenapa begitu?

Karena PBN bukanlah teknik yang dikategorikan sebagai topi putih, tetapi termasuk dalam SEO topi abu-abu. Aman untuk mengatakan itu tidak benar, tetapi apakah itu berbahaya? Jawabannya tidak pasti. Itu semua tergantung bagaimana master dalam melakukan optimasi. Karena itu, blogger pemula tidak disarankan untuk melakukannya terlebih dahulu. Tunggu saja sampai blog sudah cukup tua. Ketika tiba saatnya situs Anda menjadi cukup tua, mengoptimalkan backlink PBN adalah sesuatu yang sangat dianjurkan. PBN memiliki kriteria domain yang sangat kuat sehingga tautan yang didapat sangat berpengaruh dan dapat meningkatkan posisi web hingga halaman pertama mesin pencari tembus. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengontrol setiap tautan keluar ke situs atau blog utama kami. Dan perbaiki posisi jika suatu saat PBN memiliki masalah.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat PBN

Apa yang perlu kita siapkan untuk membuat PBN? Yang utama sebenarnya modal dan tekad kuat untuk menyelesaikan PBN. Ya, Anda tidak dapat membuat PBN gratis, tetapi Anda harus menyiapkan modal sekitar $ 10 untuk domain dan $ 5 untuk hosting. Pastikan Anda memiliki domain kadaluarsa dengan karakteristik berikut:

  • Domain masih diindeks oleh Google.
  • Domain memiliki minimal 50 backlink domain rujukan, dengan minimal 50% domain rujukan yang memiliki peringkat domain ahrefs (DR) di atas 50.
  • Lebih baik 1 niche dengan moneysite. Tetapi jika domainnya bagus, bahkan satu ceruk pun tidak akan menjadi masalah.
  • Perbandingan jumlah backlink dan juga reffering domain tidak terlalu jauh berbeda.
  • Domain PA, DA, TF, CF, DR tinggi di atas 20.
  • Register domain berbeda.
  • Skor spam tidak terlalu tinggi.

Cara membuat PBN

Apa Itu Backlink Dan Pbn

Membuat PBN sebenarnya rumit dan sulit. Kuncinya adalah memilih domain yang tepat dan juga blogging sebaik mungkin. Pastikan Anda mengikuti semua prosedur sehingga hasil yang diperoleh juga maksimal. Jadi, inilah cara membuat PBN yang tepat yang bisa Anda lakukan.

  1. Memilih Domain
Baca juga >>
Apa Itu SEO ON PAGE dan Penjelasannya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih domain terlebih dahulu. Baik itu domain kadaluarsa atau domain lama. Mengenai kriteria domain, Anda dapat mempertimbangkan kriteria yang telah saya sebutkan dalam penjelasan di atas. Memilih domain yang tepat sangat berpengaruh pada hasil backlink PBN yang telah Anda buat. Domain dapat diperoleh dengan berbagai cara mulai dari scrapt sendiri, beli, lelang, atau lainnya. Jika domain untuk PBN telah diperoleh, Anda dapat mengikuti instruksi selanjutnya.

  1. Membeli Hosting

Anda tidak harus menggunakan blogger sendiri untuk blog PBN, tetapi tidak ada salahnya jika Anda juga menggunakan platform blog hosting wordpress mandiri. Mengenai hosting, Anda tidak perlu membeli terlalu mahal. Selama Anda membelinya di tempat-tempat yang tepercaya. Beli hosting dengan data berbeda atau sesuaikan data domain PBN yang telah dibeli sebelumnya. Disarankan untuk tidak membeli hosting reseller karena sangat berbahaya jika Anda tidak pandai mengaturnya. Namun, jika Anda terbiasa menggunakan hosting reseller dalam optimasi PBN, maka lakukan saja.

  1. Pengaturan Tema dan Plugin

Proses bagaimana membuat PBN untuk WordPress selanjutnya adalah melakukan pengaturan di Tema dan juga plugin. Sama seperti domain dan hosting, untuk tema + plugin sebanyak mungkin gunakan yang berbeda. Plugin khusus, Anda dapat menginstal dan mengaktifkan plugin spanker spyder untuk memblokir bot. Sementara untuk templat, Anda tidak perlu terlalu memikirkan desain asalkan temanya sudah SEO friendly, jadi itu sangat bagus.

  1. Pengaturan PBN

Domain dan hosting sudah siap, maka proses selanjutnya dalam membuat PBN cukup melakukan setup. Sebelum menginstal WordPress, periksa dulu backlink PBN apakah menggunakan www atau tidak, sesuaikan dulu. Periksa juga https atau http, juga sesuaikan. Web PBN diisi dengan setidaknya 4-5 artikel sekaligus, coba tema artikel saya dengan moneysite atau blog utama yang akan diberi backlink. Dan yang pasti, konten harus tulisan itu sendiri bukan hasil dari menerjemahkan, memutar, atau menyalin paste.

Baca juga >>
Apa itu Elementor dan Elementor Pro

Selain itu, Anda juga dapat mengisi konten PBN dengan Niche umum. Sebagai contoh moneysite yang mengandung konten kesehatan, PBN dapat diisi dengan artikel-artikel dengan tema kecantikan. Ini bertujuan untuk digunakan juga untuk mononeysites lain yang masih 1 niche. Jangan lupa untuk menginstal Google Analytics untuk memantau perkembangan pengunjung. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan clicky, histats, atau jetpack. Saya merekomendasikan google analitycs hanya karena telah terbukti sangat akurat. Intinya, web PBN dibuat sealami mungkin dengan blog utama.

Dan yang tak kalah pentingnya, PBN harus diperlakukan sebaik kita memperlakukan blog lain. Jaga pengunjung dengan baik dan juga kualitas PBN itu sendiri. Semakin besar pengunjung, semakin banyak kualitas PBN yang Anda buat. Sementara itu, untuk membuat tautan ke situs, Anda dapat menggunakan kriteria berikut:

  • Tautan unik, siap pakai,
  • Cukup masukkan 1 tautan ke moneysite
  • Gunakan variasi kata kunci
  • Jangan menautkan ke PBN Anda yang lain, tetapi arahkan saja PBN ke web utama.
  • Jangan menautkan ke situs web yang mengandung konten po * n, pharma, perjudian, dan kata kunci spam lainnya.
  • Terlepas dari tautan ke beranda juga diizinkan, tetapi hanya mengoptimalkan konten.

Intinya, optimisasi PBN harus dilakukan sealami mungkin dan proses pembuatan konten juga disarankan untuk melanjutkan dengan melakukan penelitian kata kunci. Jika Anda melakukannya, itu dapat memberikan hasil yang optimal ke situs web utama (moneysite). Dan PBN menjadi salah satu teknik SEO off page yang dapat Anda lakukan dengan melupakan berbagai alternatif SEO Off page lainnya dan SEO on page sebagai hal utama.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat