Aneka Kerajinan Teraso Membuat Rumah Antik Cantik

Akhir-akhir ini, bahan dasar teraso semakin banyak dicari dan digunakan oleh para pecinta barang berseni di Indonesia. Tidak hanya meningkatkan kualitas dan kekuatan dari sebuah objek, teraso juga ternyata memberikan nuansa yang jauh lebih indah.

Buat kamu yang belum tahu, teraso sendiri merupakan material komposit yang digunakan untuk perawatan lantai dan dinding. Bahan dasarnya sendiri terdiri dari serpihan marmer, kuarsa, granit, kaca, dan masih banyak yang lainnya.

Karena memiliki keindahan artistik, tak jarang teraso diaplikasikan ke dalam berbagai macam benda dalam rumah, seperti misalnya pot, wastafel, hingga bak mandi. Jika tertarik untuk memiliki furnitur rumah berbahan teraso pastikan untuk tidak melewatkan artikel ini, karena akan dibahas secara terperinci aneka kerajinan teraso.

Pot Teraso Mempercantik Interior Rumah

Salah satu barang artistik yang bisa kamu incar adalah pot teraso, yang mana terbuat dari serpihan marmer, kuarsa, granit, atau bahan sejenis lainnya yang dimasukan ke dalam matriks beton atau resin epokis. Tekhnik campuran ini tentunya akan membuat tampilannya begitu sangat cantik dan khas.

Menariknya, serpihannya sendiri tersedia dalam berbagai macam ukuran, serta matriks dan agregatnya bisa kamu pilih dengan varian warna berbeda, sehingga memungkinkan kamu mendapatkan pot teraso dengan desain yang berbeda.

Sebagian besar pot teraso ditujukan untuk penggunaan tanaman indoor, yang mana ukurannya bisa kamu sesuaikan sendiri dengan jenis tanaman yang ingin kamu simpan di sana.

Berbeda dengan pot yang terbuat dari plastik bag, pot teraso tentunya bisa kamu gunakan berkali-kali, dengan membersihkannya terlebih dahulu. Cara membersihkannya pun cenderung sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bisa menggunakan sikat untuk menghilangkan semua tanah kering dan kotoran dari dalam dan luar pot. Bila perlu, gunakan air hangat yang dicampur dengan sedikit cuka.

Pot Teraso Mempercantik Interior Rumah

Cuci pot teraso kamu layaknya kamu mencuci piring dengan sikat gosok agar semua kotoran dan noda hilang secara menyeluruh. Setelah itu, pot teraso pun bisa kamu gunakan kembali untuk tanaman lainnya. Tetapi perlu diperhatikan bahwa pot teraso merupakan jenis yang khusus digunakan untuk interior dalam rumah. Pasalnya, pot ini sangatlah rentan terhadap cuaca, terutama suhu dingin jika kamu tinggal di daerah puncak.

Hanya dengan perubahan cuaca saja, mereka cenderung bisa retak akibat kelembapan yang terjadi di dalam struktur pot tersebut. Intinya kerajinan teraso haruslah kamu simpan di dalam suhu ruangan yang konstan.

Baca juga
10 Tempat Wisata Di Semarang Terbaru dan Menarik

Jika kamu ingin membuatnya sendiri, maka kamu bisa membuat pot teraso asli dengan menggunakan semen putih dan potongan ubin. Tempatkan ubin-ubin tersebut ke dalam sebuah cetakan dan kemudian tuangkan semen di atasnya. kemudian tunggu beberapa hari hingga semen mengering sebelum dilakukan proses unmolding dan pengamplasan.

Tapi jika kamu tidak ingin repot-repot membuatnya, cukup pesan saja pada penjual dan ahlinya, dijamin hasilnya tidak akan mengecewakan.

Kerajinan Teraso Bak Mandi Bikin Nyaman Jauh dari Penyakit

Selain kamu bisa menempatkan tanaman indah di dalam pot teraso untuk mempercantik ruangan, kamu pun tentunya bisa membuat bak mandi teraso agar bernuansa artistik.

Bahkan disebutkan pula bahwa sistem lantai dan bak mandi yang menggunakan teraso cenderung tidak akan keropos dan jauh lebih tahan air jika dibandingkan dengan beton atau plastik, sehingga menjadikannya pilihan yang sangat bagus untuk desain kamar mandi di rumah kamu.

Memang pada zaman sekarang kebanyakan bak mandi terbuat dari fiberglass karena lebih ringan, murah, dan mudah dibersihkan. Akan tetapi cenderung lebih cepat rusak karena tak bisa menahan suhu air panas dalam jangka panjang.

Berbeda dengan jenis-jenis tertentu seperti porselen dan teraso, maka bak mandi pun bisa menahan panas dengan sangat baik, jauh lebih bertahan dibandingkan dengan keramik dan material sejenis lainnya.

Kerajinan Teraso Bak Mandi

Hal yang paling penting dari penggunaan bak mandi berbahan dasar teraso adalah kemampuannya dalam menyerap air dan bakteri. Untuk alasan ini pulalah bahan ini seringkali digunakan di fasilitas umum yang banyak dikunjungi orang, termasuk bandara, gedung perkantoran, dan rumah sakit.

Bayangkan jika kamu memiliki bak mandi teraso di kamar mandi rumah, maka tak hanya akan membuat kamu semakin nyaman saat berendam, juga akan terhindar dari infeksi bakteri dan jamur.

Fakta menyebutkan bahwa ada sekitar 200 ribu bakteri per meter perseginya di bak madi, menurut Global Hygiene Council. Beberapa diantaranya bahkan sangatlah berbahaya, termasuk E. coli dan streptococcus.

Untungnya, dengan menggunakan bak mandi teraso, maka kemungkinan kamu terserang patogen berbahaya tersebut pun akan menurun drastis. Jadi tak heran jika orang yang menggunakan bak mandi teraso jarang jatuh sakit akibat paparan bakteri saat mandi.

Sayangnya, salah satu kelemahan dari kerajinan teraso adalah harganya yang cenderung lebih mahal. Akan tetapi jika penggunaannya dalam jangka panjang, maka bisa lebih bermanfaat dan berkelas.

Baca juga
Cara mendaftar menjadi penulis di wattpad.

Daripada membeli yang murah dan mudah rusak, maka akan lebih baik jika membeli jenis yang artistik dan awet dalam jangka panjang. Jadi, jatuhnya akan jauh lebih murah.

Dikarenakan bahan terasonya sendiri menggunakan komposit yang cantik dengan menggabungkan semen serta potongan granis, marmer, kaca, dan bahan tambahan lainnya, maka bisa terlihat begitu indah serta tahan lama, membuatnya begitu cocok di tempatkan di rumah dan kamar mandi kamu.

Bahkan untuk beberapa jenis tertentu, teraso bisa dibuat menjadi anti-licin. Sehingga memungkinkan kamu tetap aman saat masuk dan keluar dari bak mandi, kapanpun kamu inginkan.

Wastafel Teraso Tahan Air dan Mudah Dirawat

Masih kurang? Maka cobalah wastafel yang berbahan dasar teraso agar nampak lebih cantik dan kuat saat digunakan. Dikarenakan memberikan kamu pilihan warna yang tak ada batasnya, maka wastafel teraso bisa memberikan pemandangan yang begitu indah dan jauh dari stres tiap kali kamu pulang ke rumah dan mencuci muka.

Transisi dan desain warna menarik bisa memberikan nuansa yang begitu santai di dalam rumah dan menggelitik inspirasi untuk muncul. Bahkan kebanyakan seniman di luar negeri sana selalu menggunakan wastafel teraso sebagai bagian dari cara mereka mencari ide dan berkarya.

Sama halnya seperti bak mandi, wastafel teraso juga bisa menjauhkan kamu dari mikroba berbahaya. Kelebihan lainnya adalah tidak berpori dan mudah dibersihkan hanya dengan menggunakan lap bersih.

Wastafel Teraso Tahan Air

Jika ada tamu yang berkunjung, kesan pertama mereka juga seringkali dihadapkan dengan keindahan dan warna-warna menarik dari desain serta interior dalam ruangan. Dengan begitu, wastafel teraso bisa menjadi tambahan menarik untuk menarik minat dan kesan teman-teman kamu yang berkunjung ke rumah.

Belum lagi daya tahan dan durasinya yang sangat panjang saat digunakan, sehingga kamu akan menghemat banyak pengeluaran. Tak apalah keluar uang lebih di awal-awal, asalkan wastafel bisa kamu gunakan selama puluhan tahun lamanya.

Faktanya, di gedung-gedung tua yang sudah lama ditinggalkan oleh pemiliknya, biasanya wastafel terasolah yang paling tahan lama dan dapat digunakan kembali. Cukup dengan dibersihkan dengan campuran air dan cuka, serta dilap beberapa kali secara berkala, maka kilaunya bisa kembali seperti sedia kala.
Dan yang paling terpenting adalah wastafel yang terbuat dari bahan teraso jarang sekali mengalami kebocoran.

Wastafel pastinya akan diguyur air secara masif dari waktu ke waktu, sehingga penting sekali buat kita memilih jenis yang tahan terhadap air, memiliki daya tahan yang tinggi, serta mudah saat merawatnya. Dan semua itu bisa kamu dapatkan dengan menggunakan wastafel teraso.

Baca juga
Pertanyaan Berulang? Gunakan Auto Reply Whatsapp aja 24 Jam Nonstop

Jadi baik teraso ataupun semen, keduanya merupakan solusi yang begitu ideal untuk memelihara agar rumah kamu tetap cantik dan kuat tahan lama. Tidak seperti nat ubin atau karpet, teraso tidak akan membuat mikroba dan jamur berkembang biak di sekitar wastafel kamu.

Wastafel teraso juga bisa kamu bersihkan dan rawat hanya dengan menggunakan pembersih pH netral yang ramah lingkungan, yang mana jarang sekali mengiritasi mata, paru-paru, atau hidung yang sensitif.

Secara garis besarnya, penggunaan teraso untuk pot, bak mandi, dan wastafel akan membuat kamu terhindar dari berbagai macam penyakit yang datang dari patogen maupun paparan bahan-bahan kimia produk rumah tangga. Jadi, ayo buat rumahmu menjadi sangat cantik dan menyehatkan di saat yang bersamaan.

Air Mancur Klasik Menurut Ilmu Feng Shui Bikin Untung

Ingin menghias rumah kamu lebih lanjut? Maka coba pasang kerajinan teraso air mancur klasik yang bisa ditempatkan secara indoor maupun outdoor. Bahkan untuk ditempatkan dalam rumah, maka bisa menggunakan bahan dasar teraso agar memberikan kesan klasik yang menawan.

Air mancur sendiri secara otomatis akan memberikan lingkungan yang jauh dari kata stres. Seringkali dijadikan tempat untuk meditasi, yoga, atau sekedar menikmati teh dan berbincang hangat dengan orang terdekat sambil relaksasi.

Untuk outdoor, air mancur klasik taman bisa mendinginkan daerah di sekitarnya, terutama saat musim kemarau tiba. Aliran air mini ini akan memberikan suasana alam yang begitu harmoni dan meningkatkan cita rasa tenang tiada bandingan.

Untuk nuansa dan hasil yang terbaik, air mancur klasik bisa kamu nyalakan selama 24 jam penuh. Ada beberapa alat yang cenderung ramah lingkungan dan hemat, asalkan kamu cerdik dalam memilihnya.

Bagi orang China, air mancur juga memberikan simbol positif terhadap rumah (feng shui) dan kehidupan. Air telah lama dilihat sebagai amrosia keabadian, baik dalam mitologi maupun psikologi sebagai simbol dari alam bawah sadar kita.

Air Mancur Klasik Menurut Ilmu Feng Shui

Uniknya, simbolnya tersebut berbanding lurus dengan jumlah energi yang digunakan untuk menjalankan air mancur tersebut. Sebagian besar air mancur klasik hanya menggunakan jumlah energi yang sama besarnya dengan lampu kecil di kamar rumah kamu.

Dengan begitu, tidak akan membuat tagihan listrik kamu menjadi membengkak secara tak wajar. Bahkan beberapa diantaranya sudah dilengkapi dengan tenaga surya sehingga bisa dijalankan tanpa aliran listrik sama sekali.

Benar-benar baik untuk lingkungan dan isi dompet kamu tentunya. Jadi tak perlu lagi khawatir jika air mancur klasik di jalankan selama 24 jam penuh. Idealnya, kamu bisa menempatkan air mancur klasik tersebut dekat dengan pintu rumah, agar bisa menenangkan pikiran baik saat masuk ataupun keluar rumah.

Baca juga
Cara Copy Trading Dengan Robot Forex Terbaru

Dalam ilmu feng shui, pintu rumah bahkan disebut sebagai “mulut qi”, karena disitulah energi dan berbagai macam peluang menghampiri kita. Jika kamu ingin menempatkan air mancur klasik di dalam rumah, maka bisa ditempatkan di bagian utara dari rumah kamu. Arah timur dan timur laut juga sangat cocok dengan interior berelemen air yang satu ini.

Sebaliknya, jangan memilih area selatan, tenggara, dan barat. Konon katanya, elemen air cenderung sulit untuk menyesuaikan diri dan bisa membawa kemalangan bagi si pemilik rumah.

Hal penting lainnya yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin menempatkan air mancur klasik dalam rumah adalah dengan memastikan bahwa interior tersebut terbuat dari bahan teraso, agar lebih mudah dibersihkah, lebih mudah dirawat, dan jauh dari bakteri berbahaya.

Patung Fiber Resin Memperlengkap Simbol di Rumah

Ada satu lagi interior rumah yang cocok untuk kamu pertimbangkan, yaitu patung fiber resin. Secara sederhananya, patung ini terbuat dari campuran bahan yang berbeda, yaitu fiberglass dan resin.

Fiberglass sendiri merupakan benda padat, sementara resin membantunya menjadi semakin keras dan kaku. Dengan begitu, patung pun akan semakin tahan lama dan tidak mudah patah.

Jadi jika kamu mendengar istilah patung fiber atau patung resin, sebenarnya itu adalah jenis patung yang memang menggunakan campuran antara fiberglass dan resin.

Tapi apapun jenisnya, tujuan penting menempatkan patung di dalam rumah adalah untuk mempercantik isi dan halaman rumah dengan nuansa artistik yang diberikannya. Di beberapa tempat tertentu, bahkan patung fiber resin memiliki kegunaan yang tak bisa digantikan dengan jenis benda lainnya.

Seperti misalnya untuk dekorasi yang mempercantik sebuah bangunan, patung rohani yang ditempatkan di gereja dan kuil-kuil agama tertentu, patung komersial yang ditujukan untuk mengiklankan brand dari sebuah produk atau perusahaan, patung monumen untuk mengingat jasa para pahlawan, dan lain sebagainya.

Dari sini saja sudah terlihat jelas bahwa peranan patung sangatlah penting dalam dunia seni, rohani, dan sejarah. Bahkan beberapa patung bisa menjadi bukti dari sebuah peninggalan peradaban kuno di masa lalu.

Sekalipun tidak akan memberikan fungsi yang sama seperti di zaman-zaman dahulu, tapi kehadiran sebuah patung fiber resin di rumah kita akan menambah estetika dan nilai seni yang begitu indah, yang seringkali sulit untuk digambarkan dengan kata-kata.

Baca juga
Cara Cepat dan Efektif Membersihkan dan Memoles Lantai Marmer

Fiber Resin Sculpture

Sebagian besar orang menempatkan patung di rumahnya sebagai dekorasi dan penunjang keindahan dari bangunan yang sudah ada. Kamu tentunya bisa memilih jenis patung yang ingin digunakan, apakah bertema modern atau klasik. Tentunya masing-masing jenis akan memberikan nuansa yang berbeda pula. Jadi tentukan dengan secara teliti jenis patung fiber resin apa yang ingin kamu gunakan.

Sebagai gambaran, maka bisa melihat dari desain dan interior rumah yang sudah kamu miliki dan tinggali saat ini. Jika bergaya klasik, maka pilih patung yang menggambarkan karakter terkenal di masa lalu. Jika rumah kamu berseni oriental, maka bisa pilih patung yang bernuansa Asia.

Bahkan ada diantaranya yang memberikan simbol berupa kekayaan dan dipercaya bisa mendatangkan peluang serta cuan. Beberapa contohnya adalah Kubera Yantra, Lakshmi, The Fehu Rune, Oshun, Maneki Neko, Chan Chu, dan lain sebagainya.

Tapi apapun jenis patung yang kamu pilih, patikan memilihnya yang berbahan dasar fiber resin. Karena selain nampak indah untuk dilihat, juga memiliki daya tahan yang lebih kuat. Apalagi jika di rumah kamu terdapat anak kecil, maka memilih jenis patung yang tahan patah adalah wajib untuk dilakukan.

5/5 (1 Review)