Cara Mengatasi Android Selalu Masuk Recovery Mode

Mode Recovery pada HP android adalah sistem pemulihan atau sistem perbaikan yang disediakan secara default oleh sistem android untuk mengembalikan kondisi HP ketika terjadi error seperti gagal booting, reset pabrik, menghapus data, pembaruan sistem atau instalasi root pada HP android.

Hampir semua HP android seperti ASUS, Samsung, Xiaomi, Lenovo, Vivo, Oppo, Huawei, Oneplus, Meizu dan lainnya sudah dilengkapi fitur sistem pemulihan recovery mode kecuali beberapa tipe HP tertentu seperti HP android SONY yang walaupun tanpa sistem pemulihan tetap dapat diinstal manual melalui CWM atau TWRP.

Mode recovery ini fungsinya terpisah dari sistem Android sehingga ketika sistem android mengalami error, kita tetap bisa masuk ke menu sistem pemulihan. Beberapa menu yang ada di mode recovery diantaranya :

  1. Wipe Cache untuk menghapus cache atau file sampah di HP android
  2. Wipe Data atau Factory Data Reset untuk menghapus data dan mengembalikan ke settingan pabrik saat HP baru dibeli.
  3. Install atau Apply Update dari SD card berfungsi untuk menginstal dan memilih custom ROM atau update versi OS android di SD card untuk diinstal di HP android.
  4. Reboot System untuk reboot atau merestart HP

Cara Mengatasi Android Selalu Masuk Recovery Mode

 

Cara Masuk Recovery Mode Android

Untuk masuk ke mode pemulihan biasanya dengan menekan tombol power dan tombol volume atas secara bersamaan. Beberapa HP android ada yang menggunakan kombinasi tombol power dengan volume bawah atau ketiganya secara bersamaan selama 10 sampai 15 detik., intinya tetap sama yaitu masuk ke menu recovery. Berikut daftar cara masuk recovery mode dengan kombinasi tombol pada beberapa brand smartphone ternama.

  • Samsung Power + Home + Volume Up
    Samsung Power + Home Power + Volume Down
  • ASUS Power + Volume Up
    ASUS Power + Volume Down
  • Xiaomi Power + Volume Down
    Xiaomi Power + Volume Up
  • VIVO Power + Volume Down
    VIVO Power + Home+Volume Down
  • OPPO Power + Volume Down
  • Huawei Power + Volume Up
  • Realme Power + Volume Down
  • LG Power + Home + Volume Up
  • OnePlus Power + Volume Down
  • HTC Power + Volume Down
  • ADVAN Power + Volume Down
  • NOKIA Power + Volume Up
  • Smartfren Power + Volume Up
Baca juga
Cara Gampang Memotong Dan Edit Video Di Handphone Android

Cara kedua untuk masuk ke mode recovery bisa menggunakan aplikasi Quick Boot yang bisa didownload di playstore. Hanya syaratnya HP sudah dalam kondisi di Root.

Caranya dengan instal aplikasi Quickboot selanjutnya buka aplikasi dan pilih Recovery, selanjutnya HP akan restart dan akan masuk ke mode pemulihan. Cara ini bisa dilakukan jika misalnya ada kerusakan pada tombol power, volume up atau volume down yang menyebabkan kombinasi tombol untuk masuk recovery mode tidak bisa dilakukan.

Cara ketiga dengan menggunakan software ADB atau Fastboot. ADB adalah singkatan dari Android Debug Bridge, sebuah tools software resmi yang dibuat google untuk android. Fungsi ADB pada dasarnya membantu pengguna untuk membuat komunikasi antara HP android dan komputer. ADB memiliki command list perintah yang bisa digunakan untuk memasukkan perintah pada sistem android seperti instal, hapus, dan perintah lainnya.

Caranya dengan memasukkan perintah “adb reboot recovery” setelah HP android terhubung di sistem ADB Fastboot, maka HP akan restart dan masuk ke mode pemulihan.

Android Selalu Masuk Recovery Mode

Cara Mengatasi Android Selalu Masuk Recovery Mode

Sebenarnya, fungsi recovery mode sendiri merupakan tempat instal file berbentuk zip atau juga instalasi custom rom. Selain ada juga mode reboot, bootloader, factory reset yang memang berfungsi penting untuk ponsel android.

Namun yang jadi masalah adalah ketika ponsel terus-terusan masuk mode recovery. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Artikel berikut ini membahas tentang cara atasi ponsel android masuk recovery mode. Ini memang kasus yang bisa saja terjadi di ponsel android.

Semua ponsel maupun tablet android, dilengkapi fitur mode recovery yang biasa digunakan untuk masuk ke sistem android ketika terjadi kerusakan, misalnya tidak bisa boot, hape akan di flash atau ketika hape tidak bisa dibuka, biasanya digunakanlah fitur mode pemulihan.

Pengguna android biasanya memakai fitur recovery mode dengan menggunakan tombol power dan volume atas secara bersamaan. Ada juga beberapa ponsel android menggunakan tombol volume atas, tombol power dan tombol home untuk mengaktifkan sistem pemulihan. Salah satu fungsi penting recovery mode yakni digunakan untuk kembalikan ponsel ke pabrikan atau kembali ke kondisi awal hape.

Sistem pemulihan ini digunakan ketika ponsel tidak bisa dibuka karena terkunci PIN yang tak bisa dibuka. Dengan metode recovery, juga dapat memulihkan PIN atau pola lupa dan bisa untuk atasi kerusakan menu pada setting android.

Baca juga
Daftar Aplikasi Penghasil Uang Terbukti Membayar Android Phone

Dengan mode pemulihan, pengguna ponsel android bisa melakukan update sistem dari SD card apply dari External storage atau dari komputer. Recovery mode juga bisa dipakai untuk reinstall sistem android, proses roor, instal aplikasi google dan lain lain. Sebelum melakukan mode pemulihan, pastikan lakukan backup data atau file file penting.

Cara Atasi Android Selalu Masuk Recovery Mode

Cara Atasi android selalu masuk recovery mode

Meski banyak fungsi dari mode pemulihan, namun berpotensi merusak ponsel, ini misalnya jika tanpa kita lakukan recovery, ponsel android tiba tiba masuk mode pemulihan. Padahal kita tidak menekan tombol apapun. Jika ponsel android terus terusan masuk mode pemulihan tanpa bisa dikendalikan, membuat ponsel tidak bisa digunakan.

Penyebab utama ponsel android selalu masuk mode pemulihan, bisa saja disebabkan tombol volume  rusak. Hal ini karena ketika akan masuk menu recovery mode, tombol power dan volume ditekan secara bersama. Kalau tombol rusak, saat menyalakan android maka dampaknya otomatis masuk mode pemulihan.

Bila salah satu tombol volume rusak atau bermasalah, setiap ponsel dihidupkan seolah tombol tersebut ditekan bersamaan tombol power sehingga sistem Android akan membaca kita ingin masuk ke recovery mode. Salah satu tanda tombol rusak adalah keras kalau ditekan, solusinya bisa dicoba diperbaiki sendiri dengan membersihkan tombol tersebut dengan kayuputih atau alkohol jika tidak bisa segera bawa ke tempat servis terdekat atau ke servis center resmi.

Penyebab Android selalu masuk Recovery Mode lainnya adalah karena ada masalah di firmware atau OS Android terutama di bootloadernya. Kerusakan bootloader bisa terjadi akibat modifikasi yang salah sehingga tidak bisa melakukan booting secara normal dan akhirnya hanya bisa masuk ke menu mode pemulihan. Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah flash ulang Android menggunakan stock resmi dari vendor ponsel tersebut.

Cara atasi ponsel android selalu masuk mode recovery lainya bisa dilakukan flashing atau instal ulang dengan software baru karena bisa jadi software rusak, kena virus dan lain sebagainya. Opsi terakhir sangat dianjurkan yakni melakukan install ulang atau flashing Android menggunakan PC karena bisa melakukan full flash.

Demikian tutorial mengenai Cara Mengatasi Android Selalu Masuk Recovery Mode yang bisa kami sampaikan, semoga tulisan ini bermanfaat.

Aplikasi Root Terbaik Android

Rooting merupakan cara yang digunakan pengguna android demi membuat ponsel menjadi lebih istimewa dari ponsel pada umumnya. Keistimewaan itu salah satunya adalah pengguna android dapat mengakses atau menggunakan aplikasi yang tidak bisa dijalankan pada ponsel yang belum di rooting.

Baca juga
Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi K30 Pro

Kegiatan yang booming sejak diluncurkannya sistem operasi berbasis mobile ini dimunculkan oleh google pada tahun 2007 lalu ini menjadi kegiatan yang biasa dilakukan oleh pengguna android saat ini.

Beberapa waktu dulu, kegiatan rooting pernah dianggap legal oleh beberapa orang. Meski demikian ada risiko yang harus ditanggung oleh Anda yang melakukan rooting pada ponselnya, yakni pihak vendor smartphone akan menghapus garansi ponsel yang di rooting.

Namun tidak sedikit pula vendor yang tetap memberikan garansi pada perangkat yang sudah di rooting. Jika Anda termasuk orang yang suka melakukan rooting ponsel android. artikel kali ini akan membahas tentang aplikasi root terbaik untuk android.

Anda mungkin akan tertarik melakukan rooting setelah mengetahui beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan setelah melakukan kegiatan yang bisa disebut jailbreaking pada perangkat iOS ini. Banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan rooting. berikut kami rekomendasikan 7 aplikasi root terbaik android yang ampuh dan stabil.

1. Kingoroot

Aplikasi dengan nama popular kingoapp ini tergolong aplikasi yang masih baru. Meski demikian, namun kecanggihan aplikasi ini tidak kalah bagus dengan para pendahulunya sehingga mampu bersaing dengan deretan aplikasi serupa. Aplikasi ini cocok untuk berbagai tipe HP sehingga menjadi keunggulan tersendiri.

Ponsel yang sudah Anda rooting secara otomatis akan terinstall Super User. Jika Anda menggunakan aplikasi ini sebagai media rooting ponsel, Anda akan memiliki adu aplikasi istimewa yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan fungsi ponsel Anda.

Aplikasi tersebut adalah Kingo SuperUser dan Kingo SuperBattery. Kedua aplikasi tersebut berfungsi untuk mengatur baterai yang Anda gunakan. Kedua aplikasi tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang membuat orang banyak menggunakan aplikasi Kingoroot sebagai pilihan media rooting ponsel karena dianggap baik dan stabil.

2. Kingroot

Aplikasi buatan developer asal China ini satu paket dengan aplikasi kingoroot yang juga diproduksi oleh developer asal China. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menghapus aplikasi bawaan ponsel. Selain itu, Framaroot juga mampu meningkatkan kinerja ponsel Anda menjadi lebih cepat.

Aplikasi ini sudah sangat terpercaya sebab sang developer sudah mencoba dahulu aplikasi tersebut pada lebih dari 10.000 model ponsel sekaligus dan kemungkinan gagalnya hanya 5% saja. Tentu aplikasi ini layak Anda pertimbangkan untuk melakukan rooting di ponsel Anda. Bagaimana? Semua terserah Anda.

Baca juga
Rata Rata Umur Baterai Smartphone Dan Cara Perawatannya

3. Framaroot

Aplikasi Framaroot menjadi aplikasi berikutnya yang kami rekomendasikan. Aplikasi berformat apk ini secara khusus didesain untuk memudahkan user android dalam melakukan rooting ponsel. Anda yang menggunakan aplikasi ini sebagai media rooting hanya perlu melakukan langkah sekali klik maka proses rooting akan berjalan kurang dari lima menit. Benar-benar cara yang mudah bagi Anda yang belum terlalu paham konsep rooting ponsel.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah jika Anda gagal melakukan rooting, maka ponsel Anda akan tetap aman karena minim resiko merusak sistem. Jadi Anda tidak perlu khawatir. Aplikasi ini tergolong aplikasi yang sudah terkenal dan penggunaanya juga mudah. oleh karena itu banyak orang yang sudah menggunakan aplikasi ini untuk proses rooting ponsel.

4. Nexus Root Toolkit

Sesuai namanya, aplikasi ini hanya ditujukan untuk pengguna ponsel nexus. Untuk menggunakannya Anda terlebih dahulu harus menginstal aplikasi ini di PC Anda. Penggunaan aplikasi ini terbilang mudah dan sangat bermanfaat. Nexus Root Toolkit mampu menyatukan semua file yang Anda butuhkan untuk membuka dan me-root perangkat ponsel Anda hanya dalam beberapa klik.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan pencadangan file atau mengembalikan semua data penting Anda dan banyak lagi.

5. One Click Root

Rekomendasi aplikasi root berikutnya adalah One Click Root. Penggunaanya cukup mudah. Anda hanya perlu menghubungkan perangkat android dan klik root now pada aplikasi. Setelah menunggu proses beberapa menit maka android Anda akan langsung berstatus rooted. Adapun syaratnya adalah ponsel Anda harus terinstal driver-nya terlebih dahulu.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan aplikasi ini diantaranya adalah :

  • Proses rooting cepat
  • Memungkinkan Anda menginstal aplikasi yang tidak compatible.
  • Menginstal custom ROM
  • Performa ponsel jadi lebih baik
  • Bisa hack ponsel
  • Baterai Anda jadi lebih awet

6. Flashify

Flashify tergolong aplikasi yang sederhana yang hanya memungkinkan Anda melakukan hal-hal sederhana yang Anda inginkan. Anda juga bisa melakukan berbagai macam flashing di berbagai macam ROM serta membuat backup secara penuh untuk perangkat android Anda. Selain itu aplikasi ini mampu membackup internal memori termasuk seluruh partisi dan menyimpannya ke SD Card.

Keunggulan lainya, aplikasi ini mendukung command queue untuk TWRP recovery. Dengan menggunakan recovery ini Anda bisa langsung melakukan flashing pada aplikasinya. Instruksi lainnya yang bisa Anda lakukan melalui aplikasi ini adalah wipe data, backup dan restore, instal zip dan lain sebagainya.

Baca juga
Tips Mengatasi iPhone Dicas Malah Berkurang

7. SuperSU

Aplikasi produksi Chainfire ini merupakan aplikasi yang benar-benar super. Dilengkapi fitur yang menawarkan Anda untuk rooting secara normal atau secara menyeluruh menjadikan Anda benar-benar bebas memilih otoritas sendiri atas rooting ponsel Anda.

Seperti aplikasi rooting lainnya, SuperSU juga memberikan keleluasaan pada Anda untuk meningkatkan kinerja ponsel. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya aplikasi ini begitu memerdekaan Anda dalam hal rooting, salah satunya adalah Anda bisa melakukan unroot.

SuperSU akan membuat seolah Anda lah pengelola hak penuh atas ponsel Anda. Akses penuh tersebut bisa dibilang sangat friendly sehingga Anda benar-benar bisa merasakan sensasi tersendiri menggunakan aplikasi ini. Selamat mencoba.

5/5 (3 Reviews)