Ragam Cara Mengembalikan Video Yang Terhapus Di Android Dengan Mudah

Menyimpan sebuah file di dalam perangkat smartphone memang membutuhkan penanganan ekstra. Pasalnya selain harus benar-benar diperhatikan tata letaknya, untuk urusan back-upnya pun harus diutamakan. Langkah ini harus diambil untuk menghindari kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi, entah karena HP rusak atau hilang. Hal yang lazim ditemui ketika berurusan dengan penyimpanan file pada smartphone adalah hilangnya file baik karena dihapus maupun terhapus. Jika suatu waktu Anda mengalami hal tersebut, maka ada baiknya Anda melakukan penanganan dengan beberapa cara mengembalikan video yang terhapus di android berikut ini.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di HP Android Tanpa Harus Root

Terdapat berbagai macam jenis cara mengembalikan video yang terhapus. Beragam jenis aplikasi untuk menanganinya sudah banyak beredar baik melalui playstore maupun app store. Dari sekian banyaknya jenis tersebut terdapat jenis aplikasi yang berbayar maupun tidak, tentu lengkap pula dengan aneka jenis pilihan baik itu free, premium atau standard. Untuk mengetahui ragam jenisnya tersebut, silakan Anda simak penjelasannya berikut ini.

1.     Gunakan Google Photos

Langkah awal yang bisa Anda coba ketika mengahadapi permasalahan berupa hilang atau terhapusnya file video di perangkat smartphone adalah mengoptimalkan penggunaan google photos. Mempunyai cara kerja layaknya could storage, google photos akan langsung menyimpan salinan file yang Anda simpan sebelumnya baik di memori internal maupun eksternal. Cara mengembalikan video yang terhapus

yang bisa Anda lakukan ketika akan menggunakannya adalah cukup membuka aplikasinya terlebih dahulu. Klik ikon tiga baris yang ada di sudut kiri atas. Pilih ikon sampah, silakan klik lama video yang akan dipulihkan. Akhiri dengan mengeklik pulihkan agar video tersebut dapat dipulihkan kembali ke tempat penyimpanan awalnya. Sayangnya untuk aplikasi ini hanya bisa menampung sampah yang berada pada kisaran 60 hari saja. Selebihnya Anda tidak bisa mengembalikan file tersebut karena secara otomatis file akan terhapus secara permanen ketika melebihi batas yang ditentukan.

2.     DigDeep Image Recovery

Mengembalikan video yang terhapus di android selanjutnya adalah mengoptimalkan penggunaan digdeep image recovery. Aplikasi ini tergolong efektif untuk mengembalikan file video yang terhapus secara disengaja maupun tidak. Hal ini juag turut didukung karena mudahnya pengoperasiannya, yakni Anda hanya perlu membuka aplikasi, menunggu proses scanning selesai dan memilih video mana yang akan di recovery.

3.     GT Recovery

Tak jauh berbeda dengan jenis aplikasi sebelumnya, GT Recovery juga mudah cara penggunaannya. Anda pun tidak diharuskan melakukan root, cukup download dan install saja aplikasi tersebut di android pribadi. Selanjutnya, Anda diminta untuk memilih letak lokasi penyimpanan file, aplikasi akan melakukan scanning untuk memilah jenis file yang dimaksud. Klik file tersebut sedikit lebih lama untuk selanjutnya dapat Anda akhiri dengan memilih opsi restore. Sangat mudah bukan cara mengembalikan video yang terhapus di hp android

Limited SALE !
menggunakan GT Recovery?

4.     Recycle Master

Layaknya recycle bin yang ada di komputer, Anda pun bisa menikmatinya di android yang Anda miliki dengan menggunakan aplikasi Recycle Master. Secara sederhana semua jenis file Anda akan dibackup oleh aplikasi ini. Sehingga ketika Anda kehilangan sebuah file maka Anda masih bisa memulihkannya, cukup dengan membuka aplikasi tersebut dan merestorenya. Kelebihan dari aplikasi ini selain mudah pengoperasiannya yakni menyediakan fitur password pengaman pada setiap jenis file, jadi dapat dipastikan jika file Anda akan tersimpan dengan aman.

5.     Easus Mobisaver

Permasalahan hilangnya sebuah file memang kerap terjadi. Faktor disengaja maupun tidak turut mewarnai komplesitas permasalahan tersebut. Namun, berkat kecanggihan teknologi kini semua masalah ini dapat teratasi dengan baik. Anda hanya perlu mendownload dan menginstall aplikasi easus mobisaver di play store sebagai cara mengembalikan video yang terhapus. Dijamin semua jenis file foto dan video dengan aneka format dapat kembali dengan sempurna. Hal ini pun juga berlaku bagi jenis file yang sudah terformat atau terkena virus.

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android Menggunakan PC

Menjaga file yang tersimpan di perangkat smartphone menggunakan memori eksternal nyatanya tidak menjamin file tersebut akan aman. Masalah hilang atau terhapusnya sebuah file memang sudah biasa terdengar. Namun apa jadinya jika file tersebut tengah benar-benar dibutuhkan, sementara file yang dimaksud ternyata sudah hilang? Tenang, ternyata selain beberapa cara diatas, terdapat langkah khusus cara mengembalikan video yang terhapus di android

Limited SALE !
lainnya. Bedanya kali ini Anda diharuskan untuk terhubung pula dengan perangkat lain berupa komputer atau laptop. Untuk detail informasinya dapat Anda simak bersama dalam penjelasan berikut ini.

1.     Recuva

Sebelum memulai langkah pemulihan data, lewat cara mengembalikan video yang terhapus Anda akan diminta untuk mendownload dan menginstall aplikasi Recuva terlebih dahulu di perangkat komputer yang Anda miliki. Selanjutnya silakan persiapkan pula USB yang kompatibel. Jika sudah, maka Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut dan menghubungkan smartphone yang Anda miliki dengan komputer. Pastikan setting di smartphone Anda USB debugging. Tunggu hingga proses scanning selesai, pilih video yang akan di restore dan akhiri dengan memilih letak lokasi penyimpanan file tersebut.

2.     Wondershare Mobile Trans

Hampir sama dan tidak jauh berbeda dengan jenis aplikasi sebelumnya, Anda akan diminta untuk mempersiapkan beberapa fitur pendukung. Adapun hal yang dimaksudkan tersebut meliputi kabel USB yang kompatibel serta komputer atau laptop yang sudah terinstall aplikasi Wondershare Mobile Trans. Jika sudah, maka Anda hanya perlu menerapkan cara mengembalikan video yang terhapus di android dengan menghubungkan smartphone yang dimiliki ke komputer. Buka aplikasi wondershare mobile trans, tunggu hingga proses scanning yang berlangsung selesai secara sempurna. Nantinya beragam file yang terhapus akan terlihat di layar laptomu. Silakan pilih file video mana saja yang akan Anda pulihkan. Klik recovery untuk mengakhiri perintah pengembalian file ke perangkat android. Bagaimana, mudah dan simpel bukan?

Limited SALE !

3.     Dr. Fone

Terakhir, cara mengembalikan video yang terhapus di android selanjutnya akan merekomendasikan Anda untuk bisa menggunakan aplikasi Dr. Fone. Jenis ini mengharuskan Anda untuk terhubung tidak hanya smartphone akan tetapi juag komputer. Jadi, Anda harus mendownload dan menginstallnya terlebih dahulu di perangkat komputer yang dimiliki. Selanjutnya, Anda harus mensetting smartphone Anda ke dalam mode USB debugging. Hubungkan smartphone Anda dengan komputer menggunakan USB. Buka aplikasi tersebut dan tunggu hingga proses scanning selesai. Pada layar komputer Anda akan terlihat beragam file yang terhapus dari perangkat. Pilih file mana saja yang akan Anda pulihkan dengan cara menekannya sedikit lebih lama. Akhiri dengan mengeklik opsi recovery untuk bisa memulihkannya ke tempat penyimpanan semula.

Nah itu dia penjelasan rincinya mengenai beragam cara mengembalikan video yang terhapus di HP android. Terdapat beragam jenis aplikasi lainnya yang dapat membantu mengembalikan video yang terhapus tersebut. Namun demikian, penjelasan yang sudah tertera di atas adalah rekomendasi terbaik yang dapat disajikan untuk Anda. Semoga penjelasan cara mengembalikan video yang terhapus tersebut dapat membantu Anda dan dapat memberikan manfaat.

5 dari 5 (24 Vote)
Aditya Radea

Limited SALE !