Apa Itu Youtube Ads

Sepertinya di era milenium ini, hampir semua orang mengenal Youtube. Apalagi dengan kemudahan membuat video yang bahkan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone, Youtube lebih sukses karena semakin banyak orang dapat mengunggah video mereka sendiri untuk ditonton orang lain.

Tidak sedikit orang atau kelompok yang menjadi terkenal sejak rajin mengunggah video mereka di Youtube, sebut saja Gita Savitri Devi, yang sering mengunggah blog video tentang kehidupannya di Jerman yang cukup menginspirasi, atau Sacha Stevenson, seorang Kaukasia dari Kanada yang tinggal di Indonesia berbagi pengalaman menarik dan kocak.

Jika seseorang membutuhkan video tertentu, biasanya situs pertama yang dicari adalah YouTube, mengapa? Ya, karena YouTube adalah situs berbagi video nomor 1 di dunia.

Tetapi apakah Anda tahu lebih banyak tentang YouTube, bersama berbagai fitur dan manfaatnya? Ulasan di bawah ini akan menjelaskan secara lengkap definisi youtube beserta fitur dan manfaat youtube.

Apa itu Youtube Ads

Pada dasarnya, YouTube adalah situs web yang memfasilitasi pengguna untuk berbagi video yang mereka miliki, atau menikmati berbagai klip video yang diunggah oleh berbagai pihak.

Ada berbagai video yang dapat diunggah ke situs ini, seperti klip video musik dari musisi tertentu, film pendek, film televisi, trailer film, video pendidikan, blog video vlogger, tutorial video untuk berbagai kegiatan, dan banyak lagi.

Youtube sendiri mulai berdiri sejak Februari 2005. Kantor pusat Youtube berada di San Bruno, California, Amerika Serikat yang diprakarsai oleh tiga pendiri YouTube, yaitu Chad Hurley, Steven Chen, dan Jawed Karim.

Situs web ini, yang sekarang berisi miliaran video, telah berkembang sangat pesat sejak awal. Pada November 2006, Google bahkan membeli Youtube seharga US $ 1,65 miliar.

Youtube mendapat pemasukan dari iklan yang muncul sebelum video youtube diputar. Iklan itu disebut Google AdSense, sebuah program yang menawarkan pembayaran berdasarkan tingkat frekuensi video yang sedang diputar.

Pada bulan Februari 2017, tercatat bahwa video dengan total durasi 400 jam diunggah di Youtube setiap menit dan total satu miliar jam konten YouTube ditonton setiap hari.

Limited SALE !


Mengikuti perkembangan zaman yang cepat, YouTube menawarkan fitur yang membuat pengguna lebih nyaman mengakses berbagai video. Fitur YouTube meliputi:

1. Nonaktifkan Anotasi Video

Video anotasi adalah video yang dapat diklik di bagian atas atau samping video yang sedang diputar. Video anotasi adalah video yang masih terkait dengan video yang sedang diputar.

Biasanya, fitur ini digunakan oleh pengunggah video sehingga lebih banyak orang menonton video yang diunggah. Meskipun dianggap bermanfaat bagi pengunggah video, terkadang fitur ini agak mengganggu bagi pengunjung YouTube.

Tetapi jangan khawatir, karena Anda dapat menonaktifkan anotasi video dengan mengklik pengaturan di kanan atas, lalu klik Putar dan hapus tanda centang di bagian Anotasi Video.

3. Atur Putar Otomatis

Fitur Autoplay adalah fitur yang baru-baru ini dirilis oleh YouTube sehingga ketika seseorang selesai menonton video, algoritma YouTube akan mengarahkan pengunjung ke video berikutnya yang terkait dengan video yang ditonton sebelumnya.

Beberapa orang mungkin merasa terbantu, terutama ketika mereka tidak ingin repot membuang waktu untuk memilih video apa yang akan ditonton.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini, perhatikan bagan di sebelah kanan layar, di atas opsi video yang dapat ditonton selanjutnya.

Di bagian itu, tertulis ‘Putar Otomatis’ dengan tanda centang di sebelahnya. Klik tanda centang untuk mengatur apakah Anda ingin mengaktifkan atau menonaktifkannya.

3. Sesuaikan Kecepatan Video

Fitur ini sangat berguna bagi para pecinta video tutorial yang menemukan video terlalu cepat sehingga sulit untuk mengikuti tutorial. Video di YouTube dapat diatur untuk diputar lebih cepat atau lebih lambat sesuai dengan preferensi pemirsa.

Caranya mudah, perhatikan tombol pengaturan di kanan bawah video, lalu klik tombol, klik bagian ‘Kecepatan’. Untuk mempercepat video, pilih kecepatan yang lebih tinggi dari biasanya, antara 1,5-2. Jika Anda ingin memperlambat video, pilih angka yang lebih kecil dari biasanya, yaitu 0,25-0,75.

Limited SALE !

Cara Menempatkan Iklan di Youtube

Pemilik bisnis kini semakin dimudahkan oleh kebijakan baru Google untuk meningkatkan potensi promosi melalui YouTube. Pada 2017, Google AdWords memungkinkan pengiklan YouTube untuk menargetkan pelanggan potensial berdasarkan catatan pencarian mereka di Google.

Pelajari cara beriklan di YouTube untuk meningkatkan kesadaran merek, lalu lintas, dan potensi penjualan. Akan lebih mudah jika Anda sudah memiliki akun Iklan Google.

Anda dapat membuat iklan dan menampilkannya di YouTube melalui Google Ads. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buat iklan video. Pastikan iklan video Anda siap dan telah diunggah ke YouTube. Gunakan judul, deskripsi, tautan, dan tagar yang dapat memikat target Anda.
  2. Pilih kampanye video di Iklan Google. Masuk ke akun Iklan Google Anda, dan klik tombol Kampanye. Pilih iklan video.
  3. Buat detail kampanye iklan. Buat judul kampanye dan pilih tujuan iklan Anda, misalnya membuat konversi, beriklan di perangkat seluler, atau mengundang untuk berbelanja.
  4. Pilih format video. Iklan YouTube terdiri dari tiga jenis, yaitu TrueView, Pre-roll / Mid-roll, dan Bumper. Anda hanya dapat memilih satu untuk setiap kampanye.
  5. Tentukan anggaran dan frekuensi tampilan. Tentukan anggaran iklan untuk hari itu sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentukan juga frekuensi penayangan yang terkait dengan anggaran iklan. Anda dapat memilih antara frekuensi standar (mengudara setiap hari) atau dipercepat (mengudara sesering mungkin, biasanya jika Anda mengikuti tren tertentu).
  6. Tentukan tempat pengiriman (Jaringan). Di mana penayangan iklan YouTube dibagi menjadi dua, yaitu Pencarian YouTube dan Video YouTube. Opsi kedua menyediakan alternatif yang lebih luas, karena video Anda juga dapat muncul di situs dan aplikasi yang dimiliki oleh kolega Google.
  7. Tentukan lokasi target penayangan iklan. Anda dapat menentukan lokasi tertentu untuk menayangkan iklan. Meskipun ada opsi untuk menampilkan iklan di seluruh dunia, Anda harus mengisi lokasi yang lebih spesifik, sesuai dengan target pengiriman. Lokasi yang terlalu umum akan membuat iklan tidak efektif.
  8. Tentukan pengiriman iklan di perangkat tertentu. Apakah Anda ingin menargetkan pengguna perangkat tertentu? Mungkin khusus untuk pengguna Android atau iPhone? Gunakan opsi perangkat (Perangkat). Anda dapat memilih semua jenis perangkat, atau hanya perangkat seluler. Anda juga dapat meningkatkan jumlah penawaran untuk perangkat tertentu, misalnya tawaran sedikit lebih tinggi untuk promosi seluler.
  9. Limited SALE !
  10. Buat cuplikan konten dan jumlah penawaran. Tarik perhatian dengan membuat judul dan deskripsi kampanye yang meyakinkan. Batas panjang judul adalah 25 karakter, sedangkan deskripsi adalah 35 karakter. Gunakan fungsi pratinjau untuk meninjau opsi penayangan iklan. Setelah itu, Anda harus memilih jumlah penawaran yang harus Anda bayar untuk setiap tampilan.


Demikian pembahasan yang bisa kami sampaikan mengenai apa itu youtube ads dan penjelasannya.

Jenis Format Instagram ads

Selanjutnya kita akan memahami jenis format iklan yang disediakan oleh platform ini, sehingga Anda dapat menyesuaikan jenis Iklan IG nanti sesuai dengan kebutuhan promosi bisnis Anda.

Ada 4 jenis format yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran media sosial, yaitu Iklan Gambar, Iklan Video, Iklan Carousel, dan Iklan Cerita. Mari kita bahas semuanya di bawah ini:

1. Iklan Gambar

Iklan Gambar adalah jenis iklan Instagram ads yang berisi konten gambar. Jenis iklan ini adalah yang termudah dan paling banyak digunakan oleh bisnis online di seluruh dunia.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipatuhi ketika Anda memilih iklan dalam bentuk gambar yaitu format file harus jpg atau png. Ukuran gambar persegi dengan ukuran 1080 x 1080 piksel, resolusi minimum gambar yang diunggah adalah 600 x 600 piksel dengan rasio 1: 1.

Untuk ukuran iklan landscape IG 1200 x 628 piksel, resolusi minimum gambar yang diunggah adalah 600 x 600 piksel dengan rasio 1: 1. Dan jumlah teks gambar IG kurang dari 20% dari total ukuran gambar. Panjang teks yang disarankan adalah 125 karakter dari jumlah maksimum 2200 karakter.

2. Iklan Video

Iklan Video adalah jenis iklan IG yang berisi konten video. Sama seperti Iklan Gambar, iklan dalam bentuk konten video juga memiliki beberapa persyaratan yang harus dipatuhi, yaitu format video harus .mp4.

Limited SALE !

Rasio aspek video yang diperbolehkan untuk landscape 1.91: 1, persegi 1: 1, atau vertikal 4: 5. Resolusi video minimum adalah 600 x 315 piksel untuk lanskap, 600 x 600 piksel untuk persegi, dan 600 x 750 piksel untuk vertikal.

Durasi maksimum video adalah 60 detik dengan ukuran file video maksimum 4GB. Kecepatan bingkai maksimum video adalah 30 fps.

3. Iklan Carousel

Iklan Carousel adalah jenis iklan IG yang berisi 3-5 gambar yang dapat ditampilkan secara bersamaan dalam 1 iklan dengan bentuk tayangan slide. Pengguna IG dapat dengan mudah menggeser gambar iklan ketika mereka tertarik melihat lebih banyak.

Ada dua jenis iklan, Carousel Image dan Carousel Video. Untuk Gambar Korsel, syarat yang harus dipenuhi adalah ukuran gambar yang disarankan 1080 x 1080 piksel, rasio gambar 1: 1, panjang maksimum 40 karakter teks judul, dan panjang maksimum teks deskripsi 90 karakter, dan panjang maksimum tautan deskripsi 20 karakter.

Sedangkan untuk Video Korsel, syarat yang harus dipenuhi adalah resolusi video maksimum 1080 x 1080 piksel, resolusi video minimum 600 x 600 piksel, durasi video minimum 3 detik maksimum 60 detik, dan ukuran file video maksimum 4GB, dan frame rate maksimum 30 fps.

4. Iklan IG Story

Iklan IG Story adalah jenis Instagram ads yang memungkinkan perusahaan memilih beriklan dengan opsi format konten gambar (cerita gambar tunggal) dan konten video (cerita video tunggal).

Ketentuan untuk konten gambar yang harus dipenuhi adalah ukuran gambar yang disarankan 1080 x 1920 piksel dan rasio gambar yang direkomendasikan sebesar 9:16. Ketentuan untuk konten video yang harus dipenuhi adalah format file video .MOV, .MP4, .GIF, rasio ukuran video yang disarankan 9:16, durasi video maksimum 15 detik, dan rekomendasi resolusi video minimum 720p, dan maksimum ukuran video sebesar 2,3 Gigabytes.

Demikian pembahasan yang bisa kami sampaikan mengenai materi apa itu instagram ads dan penjelasannya.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

5 dari 5 (15 Vote)
SEON One Stop Solution

SEON Indonesia merupakan one stop solutions di bidang website desain dan internet marketing untuk pelaku bisnis online di Indonesia.

Limited SALE !