Apa itu Website Personal

Perubahan yang terjadi akibat perkembangan teknologi membuat kita merujuk ke internet untuk kehidupan sehari-hari. Sebut saja ketika Anda ingin mencari informasi, Anda akan cenderung mengunjungi situs Google, daripada bertanya langsung. Saat mencari arah jalan, Anda akan menggunakan aplikasi Waze atau Google Maps alih-alih bertanya kepada pejalan kaki.

Ini juga berpengaruh pada karier Anda, kecanggihan teknologi sosial terkadang membuat kehidupan pribadi dan pekerjaan. Untuk alasan ini, penting bagi Anda untuk membentuk personal branding yang Anda inginkan untuk kesuksesan karier Anda. Salah satu caranya adalah dengan membuat situs web pribadi. Sebelum membahas lebih mendalam, lebih baik mengetahui lebih jelas definisi dan alasan keberadaan personal branding serta apa itu website pribadi.

Situs web adalah teknologi informasi terbaik saat ini sebagai sarana pertukaran informasi dengan konsumen atau klien Anda dengan mudah, cepat, dan tanpa jarak atau batas waktu. Artinya, konsumen dan calon konsumen akan dengan mudah mendapatkan informasi bisnis dan perusahaan secara penuh dan akurat hanya dengan mencari melalui komputer yang terhubung ke internet, atau bahkan hanya dengan gadget mereka kapan saja dan di mana saja.

Situs web itu sendiri identik dengan halaman di internet yang menampilkan informasi yang sangat dibutuhkan oleh pengunjung atau bisa juga disebut pembaca. Jadi, jika disamakan, situs website bisa menjadi forum yang menyajikan berbagai ilmu yang hanya perlu kita ambil dan akses kemudian mulai membaca.

Limited SALE !

Media komunikasi yang tersedia di situs web beragam, tidak hanya seperti komentar obrolan, balasan, tetapi, pengetahuan yang disampaikan, artikel yang disajikan oleh pemilik situs web kepada pembaca juga merupakan bentuk komunikasi, meskipun tidak secara langsung.

Memiliki situs web tentu harus memiliki artikel atau konten yang mengandung informasi yang benar-benar kita butuhkan. Bahkan, untuk mendapatkan informasi, kita tidak hanya membaca buku, dapat juga menambahkan informasi yang lebih luas yang bahkan belum diketahui sebelumnya.

Dalam hal ini, situs web memiliki peran yang sangat penting sebagai penyedia informasi daripada media sosial atau aplikasi obrolan lain yang hanya mungkin berguna untuk berinteraksi satu sama lain.

Apa itu Website Personal Branding

Personal branding adalah cara komunikasi untuk menjelaskan keunikan Anda. Anda dapat memanfaatkan banyak elemen personal branding untuk menjelaskan siapa diri Anda (kekuatan, keahlian), apa yang Anda lakukan (antusiasme dan gairah) dan bagaimana Anda melakukannya (menghargai).

Personal branding dapat dilakukan menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Linkedin. Tujuan melakukan personal branding adalah agar Anda sebagai pribadi dikenal oleh orang lain, termasuk para pencari kerja.

Coba bayangkan sekarang: Anda saat ini bekerja sebagai departemen perekrutan SDM. Kemudian Anda diminta mencari seorang salesman yang baik di bidang penjualan mobil. Jadi di mana Anda mencari calon pekerja? Pilih database perusahaan, hubungi rekrutmen dan konsultan internet. Mungkin Anda akan menggunakan LinkedIn.

Limited SALE !

Sekarang bayangkan, Anda memiliki situs website yang menjelaskan keahlian Anda dalam pemasaran mobil, Anda rajin meninjau produk dan memiliki pengetahuan produk, Anda juga menceritakan banyak tentang pengalaman Anda dalam pemasaran mobil dan penjelasan terkait. HRD kemungkinan besar akan menghubungi dan menghubungi Anda untuk wawancara.

Saat ini, tidak sedikit karyawan yang terlibat dalam HRD (Departemen Sumber Daya Manusia) mengandalkan media sosial dan internet sebagai referensi untuk informasi tentang data pribadi karyawan mereka. Mereka beralasan penggunaan media sosial adalah cara yang praktis dan hemat waktu. Karena itu, memiliki situs website personal atau pribadi penting untuk membangun branding untuk karier Anda. Manfaat yang akan Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Praktis, Anda dapat menaruh semua informasi tentang diri Anda di satu situs pribadi.
  • Situs pribadi yang efektif dapat digunakan sebagai sarana yang sangat efektif untuk membangun branding pribadi.
  • Membuka banyak peluang karier, misalnya jika Anda selalu menulis tentang pengalaman perjalanan Anda, jangan mengesampingkan kemungkinan tawaran dukungan dari perusahaan perjalanan, dan lainnya.
  • Limited SALE !
  • Dana yang dibutuhkan sangat rendah, untuk situs website dan domain harganya hanya sekitar Rp. 2 juta per tahun. Untuk biaya pembuatan website bisa mulai dari gratis hingga Rp5 juta. Anda dapat menggunakan layanan SEON One Stop Solution untuk membuat situs web pribadi.

Tips Membuat Situs Website Personal

Ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti sebelum membuat situs web pribadi, diantaranya sebagai berikut:

1. Situs Web Pribadi = Diri Anda sendiri

Gunakan situs web pribadi untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan siapa Anda. Di situs web pribadi, Anda dapat menulis tentang hobi, pengalaman, pengetahuan, dan CV (resume) Anda.

2. Buat domain yang menarik

Domain adalah salah satu hal penting, karena domain mencerminkan nama dan konten situs website. Anda dapat dengan mudah menggunakan domain yang cocok dengan nama Anda, misalnya www.AdityaRadea.com dan Anda juga bisa punya alamat email pribadi.

3. Banyak Situs Gratis untuk Website Personal

Salah satu contohnya adalah about.me , ini adalah carapaling mudah untuk memudahkan orang lain menemukan data pribadi Anda. Situs ini memungkinkan Anda untuk meletakkan foto dan biografi singkat serta tautan media sosial Anda. Ada juga situs lain seperti flavours.me yang memungkinkan Anda untuk mengunggah video atau audio untuk digunakan sebagai portofolio pribadi.

4. Pentingnya komunitas online LinkedIn
Limited SALE !

LinkedIn adalah situs sosial yang digunakan oleh para profesional untuk mempromosikan diri Anda sendiri dan berbagi informasi tentang pengalaman, keahlian, dan bidang pekerjaan Anda. Banyak perekrut menggunakan LinkedIn untuk membuat resume karyawan mereka.

LinkedIn juga merupakan situs yang dapat membantu perusahaan menemukan karyawan yang mereka inginkan. Untuk alasan karir, LinkedIn adalah situs wajib.

5. Hubungkan Domain ke Aset Digital Anda

Jika Anda telah terdaftar di LinkedIn atau media sosial lainnya, Anda dapat mengarahkan URL domain ke aset digital itu. Selain Anda tidak perlu membangun kembali personal branding dari awal, perekrut akan menemukan banyak informasi tentang diri Anda melalui berbagai situs.

6. Dimungkinkan untuk Meningkatkan Penghasilan

Tahukah Anda bahwa situs website personal juga dapat menghasilkan pendapatan. Anda dapat mempelajari cara mendapatkan penghasilan dari situs web pribadi berupa pendapatan dari iklan adsense dan lainnya.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi secara efektif, Anda akan dapat menarik perhatian lebih banyak perekrut dan dengan mudah membangun personal branding. Branding pribadi yang baik akan sangat membantu karir Anda. Selamat datang semua peluang yang akan datang dengan mulai membentuk situs pribadi Anda.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

5 dari 5 (14 Vote)
SEON One Stop Solution

SEON Indonesia merupakan one stop solutions di bidang website desain dan internet marketing untuk pelaku bisnis online di Indonesia.

Limited SALE !