Apa Itu Pure SSD Hosting Raid 10

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi media penyimpanan terkini SSD (Solid State Drive) memiliki kelebihan lebih dibandingkan dengan Hard Drive Tradisional. Terlebih lagi ketika media penyimpanan SSD digunakan pada server hosting.

Pernah mendengar kata SSD sebelumnya? Ya, banyak yang menggunakan teknologi Solid State Drive ini sebagai media penyimpanan di Server Virtual.

Apa itu SSD? Apa bedanya dengan hard drive di komputer? Setiap hari dengan perkembangan teknologi hal-hal baru akan selalu muncul yang mempercepat pekerjaan kita, salah satunya adalah teknologi SSD sedangkan teknologi Hard Drive Tradisional yang telah lama menjadi standar dalam layanan hosting semakin ditinggalkan oleh penyedia hosting.

Apa itu SSD?

SSD (Solid State Drive) adalah media penyimpanan data yang menggunakan memori nonvolatile sebagai media penyimpanan data.

SSD tidak menggunakan disk magnetik seperti media penyimpanan konvensional lainnya. Data yang disimpan di SSD tidak akan hilang bahkan jika tidak ada listrik.

Awal tahun 1970-an SSD dibuat khusus untuk komputer super IBM, yaitu Amdahl dan Cray. Pada tahun 1995, SSD berbasis memori flash dikembangkan untuk digunakan oleh militer dan industri luar angkasa AS sebagai pengganti fungsi hard disk konvensional.

Selanjutnya teknologi SSD diadaptasi untuk keperluan komputasi awan dan cloud hosting. Server terbaru kami menggunakan teknologi pure SSD Raid 10 dengan performa terbaik di kelasnya sehingga website akan jauh  lebih cepat diakses dibanding server hosting biasa.

Limited SALE !

Apa Beda SSD dengan HDD

Meskipun sama sama sebagai media penyimpanan data, SSD dan HDD memiliki perbedaan diantaranya :

  1. Dari segi ukuran SSD memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan sangat tipis dibandingkan dengan hard drive.
  2. Dalam hal kecepatan akses, SSD mendapatkan peringkat teratas dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya. Dengan SSD Anda dapat membuat proses boot, proses transfer file, mencari banyak file, membuka aplikasi 10x lebih cepat dibanding HDD
  3. Dalam hal kapasitas data, SSD masih berada di bawah hard drive. Hard drive masih memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar jika dibandingkan dengan SSD.

Teknologi media penyimpanan SSD menawarkan kinerja yang lebih cepat dibandingkan dengan arsitektur hard disk tradisional. Perbedaan utama adalah bahwa hard disk tradisional menggunakan disk berputar, sedangkan SSD benar-benar elektronik tanpa ada bagian yang bergerak di dalamnya.

Kecepatan membaca dan menulis data pada hard disk tradisional dipengaruhi oleh kecepatan rotasi disk. Saat ini hard disk paling populer yang digunakan di pusat data memiliki kecepatan rotasi 7.2K, 10K, atau 15K. K mewakili jumlah ribuan putaran per menit, misalnya 7.2K berarti kecepatan rotasi disk mencapai 7200 putaran per menit. Kecepatan membaca dan menulis data pada HDD tergantung pada kecepatan rotasi tersebut.

Limited SALE !

Sementara SSD tidak bergantung pada komponen yang bergerak untuk membaca dan menulis data. Data ditulis secara elektronik ke media penyimpanan begitu juga saat data dibaca.

SSD menawarkan kinerja yang jauh lebih cepat dibanding hard disk. Selain itu karena hard disk tradisional mengandalkan disk yang berputar, sehingga kemungkinan kerusakan lebih besar sementara SSD menawarkan solusi yang lebih tahan lama.

Apa Kelebihan SSD dibanding dengan HDD

Setelah mengetahui apa itu SSD dan perbedaannya dengan HDD, selanjutnya kita akan membahas apa saja kelebihan SSD dibanding HDD. Beberapa keunggulannya diantaranya adalah.

1. Performa lebih cepat

Seperti yang telah disebutkan di atas, SSD menawarkan kinerja yang jauh lebih cepat di banding HDD yang akan membuat kecepatan pemuatan situs website seperti kilat atau blazing speed.

2. Menghadirkan Pengalaman Pengguna yang lebih baik

Jika situs website semakin cepat, tentu saja pengunjung akan semakin menyukai situs website kita karena pengunjung tidak suka menunggu lama saat membuka situs web.

3. Bagus untuk SEO

Situs website cepat disukai oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo atau Bing. Situs website yang cepat diakses akan memiliki kemungkinan berada di halaman pertama hasil pencarian Google yang lebih tinggi.

Limited SALE !

4. Kinerja Pemrosesan Data Yang Jauh Lebih Baik

Jika saat ini Anda sudah mengenal layanan hosting website yang menggunakan hard drive tradisional, tentu saja Anda mungkin sudah puas, lalu bagaimana dengan layanan hosting website yang menggunakan penyimpanan SSD ?

Layanan Web Hosting yang menggunakan penyimpanan SSD apalagi yang Pure SSD Raid 10 tentu saja akan jauh lebih baik daripada hard drive tradisional, karena dalam hal pemrosesan data, server pure SSD tentu lebih baik dan lebih cepat dalam kinerja dan pemeliharaan data. Tentu  ini akan mempengaruhi pemuatan situs website Anda nanti.

5. Ramah terhadap lingkungan

Jika menurut Anda media penyimpanan tidak bisa memberi pengaruh besar terhadap keramahan lingkungan Anda salah, pasalnya justru media penyimpanan itu mengonsumsi banyak daya.

Tapi ini bisa sedikit diatasi dengan menggunakan SSD (Solid State Drive), Konsumsi daya SSD tentu sangat rendah. Dari informasi yang kami dapatkan, SSD dapat menghemat daya hingga 60 persen lebih rendah dari hard drive tradisional.

SSD hanya menggunakan daya 2-3 watt sedangkan HDD menggunakan 6-7 watt untuk beroperasi selama 30 menit

6. Kinerja jauh lebih maksimal dari HDD

Tentu saja hal paling tidak terhindarkan dari kemunculan teknologi atau inovasi baru adalah peningkatan kinerja yang dihasilkan, begitu juga dengan lompatan teknologi ke Solid State Drive.

Limited SALE !

Kinerja SSD tentu saja jauh lebih cepat dibanding HDD biasa, beberapa referensi bahkan mengklaim penggunaan SSD dapat mempercepat hingga 100 kali dalam data yang terbaca.

Satu satunya kekurangan SSD dibanding HDD adalah pada harga jual yang jauh lebih tinggi dan kapasitas yang lebih kecil dengan rentang harga yang sama. Tetapi itu semua terkompensasi dengan peningkatan kinerja dan kecepatan proses yang Anda dapatkan.

Untuk tingginya harga SSD mungkin tidak lagi menjadi hal tabu karena media penyimpanan ini masih dikenal sangat eksklusif apa lagi di Indonesia, tentu saja dengan harga yang bisa dibilang cukup mahal, media penyimpanan yang Anda miliki akan tidak terlalu besar kapasitasnya dibandingkan dengan hard drive biasa tapi unggul dalam kecepatan dan performa.

Sampai pada titik kesimpulan, di mana semakin berkembang teknologi semakin banyak inovasi yang ada. Salah satunya adalah layanan hosting website dengan media penyimpanan SSD, tentu hosting dengan penyimpanan SSD apalagi server Pure SSD raid 10 akan jauh lebih baik digunakan dalam pemrosesan data dan sangat membantu meningkatkan kecepatan akses situs website menjadi berkali-kali lebih cepat.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

5 dari 5 (15 Vote)
SEON One Stop Solution

SEON Indonesia merupakan one stop solutions di bidang website desain dan internet marketing untuk pelaku bisnis online di Indonesia.

Limited SALE !