Apa Itu Optimasi Speed Website

Kecepatan situs web adalah ukuran peringkat baik dan buruk suatu situs web. Kecepatan yang buruk menyebabkan banyak pengunjung tidak mengunjungi situs web Anda karena terlalu lama konten halaman dimuat.

Tingkat bouncing menjadi tinggi, menyebabkan peringkat mesin pencari buruk, maka situs web Anda tidak pernah mendapat posisi yang baik dalam hasil pencarian.

Ada 2 poin yang sangat penting terkait dengan efek kecepatan situs web yang buruk:

  1. Rendahnya jumlah pengunjung.
  2. Peringkat mesin pencari rendah (google).

Coba perhatikan, kampanye google yang sangat intens mengenai kecepatan situs web, mulai dari wawasan kecepatan google hingga proyek google AMP.

Ini sangat mudah dipahami, mengingat pengguna internet yang menggunakan perangkat seluler melebihi pengguna PC dan Laptop. Data setiap tahun pertumbuhan pengguna internet menggunakan perangkat seluler selalu meningkat pesat.

Pernahkah Anda mengunjungi situs web secara perlahan atau bahkan sulit diakses? Atau situs web yang Anda gunakan juga memiliki masalah serupa? Ketahui beberapa penyebab situs web yang memerlukan optimasi kecepatan yang akan dibahas di bawah ini.

Mengapa Situs Website Lambat dan Tidak dapat Diakses

Limited SALE !

1. Pengaturan DNS salah.

Alasan situs web memerlukan pengoptimalan kecepatan dapat dimotivasi oleh pengaturan DNS yang salah. DNS sendiri adalah singkatan dari Domain Name System atau sistem nama domain, di mana manusia dan komputer dapat berkomunikasi dengan lebih mudah.

Kesalahan dalam DNS adalah salah satu faktor mengapa situs web memerlukan optimasi kecepatan. Dengan kata lain, situs web bisa lambat ketika diakses atau bahkan memungkinkan situs web benar-benar tidak dapat diakses oleh pengguna internet.

2. Nama domain situs web telah kedaluwarsa.

Alasan sebuah situs web memerlukan optimasi kecepatan adalah karena domain tersebut telah dihapus dan ini biasanya sudah diketahui oleh blogger pemula sekalipun. Namun, domain yang telah kedaluwarsa adalah faktor mengapa situs web memerlukan optimasi kecepatan. Anda mungkin tidak menyadari bahwa domain Anda tidak lagi dapat digunakan sampai tidak dapat diakses orang.

4. File indeks kosong atau tidak ada.

Ketika dikunjungi, situs web akan secara otomatis membuka file indeks (index.html). File indeks terletak di direktori utama, dan harus ada di setiap direktori dan sub-direktori yang terdapat di web.

Jadi, jika file indeks (index.html) di situs web Anda tidak ada, yang akan muncul adalah folder atau file lain yang terkandung dalam folder data situs web. File indeks yang ditampilkan di setiap direktori dan sub-direktori membuat pengguna tidak dapat mengetahui konten situs web dan tidak memberikan celah untuk membuka keamanan.

4. Masalah konektivitas jaringan.

Konektivitas jaringan juga memengaruhi situs web sehingga lambat saat diakses. Bahkan, konektivitas dapat membuat pengguna tidak dapat mengakses situs web. Jadi pastikan koneksi jaringan Anda selalu stabil.

Cara Mengatasi Situs Website Lambat dan Tidak dapat Diakses

Mengatasi empat penyebab situs web lambat dan tidak dapat diakses di atas harus melalui beberapa tahap. Tahapan-tahapan ini tentu akan dibahas lebih lanjut selangkah demi selangkah di bawah ini.

Limited SALE !

Pertama, buat file sederhana untuk memeriksa hosting yang Anda pakai. Anda bebas mengisi kata-kata di index.html.

Kedua, untuk mengatasi penyebab situs web tidak dapat diakses, akses domain Anda sendiri atau index.html. Jika Anda membutuhkan durasi waktu sekitar 5 detik, kemungkinan memang ada hambatan antara koneksi dan server web yang Anda gunakan.

Ketiga, untuk mengetahui apakah hanya koneksi Anda yang mengalami ini atau ada alternatif lain juga mengalami hal yang sama? Jika Anda menggunakan Linux atau Windows, buka command prompt. Karena ada dua cara untuk menggunakan prompt perintah alternatif, jadi jika Anda menggunakan Linux, ketik ‘traceroute (space) example.com’.

Namun, jika Anda menggunakan Windows maka ketikkan frasa ‘tracert (spasi) example.com’. Jika setelah menekan tombol enter Anda mendapatkan hasil penelusuran yang sangat lama, artinya ada masalah.

Namun, untuk menunjukkan jejak yang berhasil atau tidak, tidak ditentukan oleh berapa lama atau pendek IP. Jejak dikatakan berhasil jika sukses mengarah ke domain yang dimaksud. Kemudian, bandingkan apakah langkah-langkah di atas memiliki durasi waktu yang sama dalam mengakses domain Anda atau tidak.

Jika masih sama, Anda dapat membandingkannya sekali lagi menggunakan webproxy. Hanya saja alternatif ini bekerja sedikit lebih lambat.

Keempat, lebih baik sebelum memeriksa server web, periksa kontennya terlebih dahulu. Pemeriksaan dapat dimulai dengan memastikan file yang ditampilkan memang muncul di halaman utama situs web. Kemudian juga pastikan file tidak memberatkan situs web Anda.

Dari pemeriksaan ini, Anda dapat mengunjungi tautan Google Pagespeed Insight untuk memeriksa apakah situs web Anda memerlukan pengoptimalan kecepatan atau tidak. Dengan demikian, Anda akan tahu file mana yang bermasalah  juga dapat memeriksanya dari database yang Anda gunakan.

Kelima, setelah melakukan serangkaian langkah di atas untuk mengatasi penyebab situs web tidak dapat diakses, Anda harus memeriksa sumber daya hosting yang Anda gunakan. Ini bertujuan untuk memeriksa apakah situs web Anda kelebihan beban atau tidak.

Terakhir, lakukan pemeriksaan hosting jaringan dengan masuk ke server Anda. Setelah berhasil, unduh salah satu file yang dapat digunakan sebagai pengujian. Bandingkan kecepatan unduhan dengan menggunakan hosting jaringan dan jaringan Anda. Kecepatannya apakah berbeda atau tidak.

Optimasi Speed Website di WordPress

WordPress saat ini merupakan platform terbaik untuk membangun situs web, blog, dan toko online. Banyak pengembang situs web menggunakan platform WordPress. Jadi tidak ada keraguan bahwa WordPress adalah platform terbaik karena saat ini ada begitu banyak pengguna dari seluruh dunia yang memilih platform di WordPress.

Berikut ini cara mempercepat memuat situs web, blog, dan wordpress. Jika Anda melakukan beberapa tips tentang cara meningkatkan kecepatan pemuatan situs web di bawah ini, situs web Anda akan diakses lebih cepat secara drastis.

Saat ini WordPress selalu dikembangkan untuk memuat cepat, tetapi dengan beberapa rahasia di bawahnya pasti akan meningkatkan kecepatan memuat situs web Anda berkali-kali.

1. Pilih Layanan Hosting Terbaik

Pertama, Anda perlu menggunakan hosting terbaik untuk membuat situs web, sehingga dapat dipastikan kecepatan situs web Anda akan lebih cepat diakses dari negara mana pun. Salah satu premium hosting terbaik yang dapat anda gunakan adalah Pure SSD Raid 10 dengan 2 CPU core dan 1 GB Phisical memory yang diciptakan khusus dengan resource besar dan kuar.

2. Gunakan Plugin Cache Terbaik

Di WordPress sendiri ada banyak plugin cache free untuk mempercepat pemuatan situs website. Anda dapat memilih untuk menggunakan plugin W3 Total Cache atau Wp Super Cache, atau Plugin Autoptimize dan Litespeed Cache untuk hosting litespeed server.

Tapi jika Anda ingin performa lebih anda bisa menggunakan plugin WP-Rocket premium yang berbayar untuk untuk meningkatkan kecepatan situs web atau blog WordPress Anda secara drastis.

3. Optimalkan Halaman Utama

Salah satu cara untuk mempercepat memuat situs web adalah dengan mengoptimalkan beranda, karena beranda adalah bagian paling vital dari situs Anda karena pertama kali pengunjung mengakses web pasti akan pergi ke halaman beranda. Rahasia untuk mempercepat load speed beranda yang dapat Anda lakukan:

  • Tampilkan artikel dalam bentuk kutipan, bukan keseluruhan artikel
  • Batasi jumlah posting di halaman beranda
  • Hapus beberapa widget yang tidak berguna
  • Hapus plugin yang tidak aktif dan widget yang tidak digunakan
  • Buat seminimal mungkin, karena pengunjung datang ke situs web karena konten situs web, bukan karena widget. Jika Anda telah menerapkan hal di atas, Anda dapat memastikan beranda dibuka lebih cepat.

3. Pilih Tema Ringan

Tanpa disadari, sebagian besar dari kita memilih tema situs web karena sisi visualnya yang menarik, meskipun tema tersebut juga sangat memengaruhi kecepatan memuat situs web Anda. Pastikan Anda menggunakan tema yang cepat dan responsif.

Banyak tema WordPress memiliki ukuran yang ringan. Ini tentu akan mempercepat waktu pemuatan situs web Anda. Jika Anda memilih tema yang rumit, biasanya beberapa fitur yang tersedia membuat situs web Anda bekerja lebih keras.

Jika Anda memahami pengkodean, Anda dapat memilih tema dengan opsi yang lebih ringkas tetapi tetap membuat situs web memuat lebih cepat. Kemudian, pastikan juga apakah tema Anda sudah memiliki fitur responsif.

Tema responsif adalah tema yang dapat memuat lebih sedikit sumber daya untuk ponsel cerdas dan peramban seluler, atau menjadikan gambar beresolusi tinggi lebih ringan saat dibuka pada ponsel cerdas.

Situs web responsif disukai oleh Google sehingga dapat meningkatkan SERP situs web Anda dalam pencarian google.

4. Optimalisasi Gambar di Situs

Gambar adalah salah satu elemen web yang perlu sedikit waktu untuk mengakses, biasanya 65% konten web adalah gambar. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan gambar yang akan Anda unggah ke situs web.

Cara pertama adalah mencari dimensi gambar maksimum untuk thumbnail dan gambar menengah dan besar, Anda dapat menemukan pengaturan ini di Media. Jika Anda mengunggah gambar 1024px dan area konten Anda hanya 604px, gambar yang Anda unggah akan secara otomatis diubah ukurannya oleh CSS.

Limited SALE !

Ukuran yang digunakan untuk mengubah ukuran gambar ini akan membutuhkan lebih sedikit waktu untuk mengunduh.

Cara kedua yang dapat Anda gunakan adalah mengurangi ukuran gambar dengan alat atau plugin. Mengurangi di sini berarti mengurangi ukuran gambar tanpa harus mengurangi kualitas gambar yang akan diunggah.

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan plugin seperti imagify, ewww image optimizer, shortpixel, smush atau Optimus.

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah melakukan pemuatan malas atau lazy load. Metode ini sangat berguna untuk situs web yang memiliki banyak gambar. Gambar di situs web hanya akan muncul jika tampil di browser pengunjung situs web, bukan saat halaman dimuat.

Ini dapat mempercepat pemuatan situs web tetapi masih akan ada keterlambatan dalam menyajikan gambar ketika halaman digulir ke bawah.

Optimasi Speed Website dengan AMP Page

Fungsi utama AMP adalah pemuatan situs web yang lebih cepat untuk pengguna perangkat seluler. Penelitian telah menjelaskan bahwa pengunjung web biasanya akan meninggalkan halaman web jika tidak terbuka dalam 5 detik pertama. oleh karena itu, menggunakan AMP untuk situs web Anda akan sangat membantu untuk menghindari pengunjung yang pergi.

AMP akan mendukung peningkatan peringkat situs web Anda di mesin pencari. Perubahan algoritma Google pada Agustus 2018 membuat situs web yang cepat diakses menjadi poin penting untuk mendukung peringkat dalam pencarian Google. Karena itu AMP akan sangat meningkatkan waktu pemrosesan situs web Anda, sehingga sangat mungkin bagi situs web Anda yang menggunakan AMP akan berperingkat lebih tinggi daripada situs web yang lambat saat dibuka.

Dalam hasil pencarian situs web google Anda akan dengan jelas menampilkan simbol AMP. Simbol ini dapat meningkatkan peringkat pencarian dan mengklik halaman web. Karena, pengunjung akan lebih suka situs web yang ditandai AMP karena tentu saja memuat situs web lebih cepat jika dibandingkan dengan situs web yang tidak memiliki AMP.

Dengan Anda menginstal AMP di situs web, Google akan mengumpulkan konten dari servernya sendiri dan menjaga pengguna di halaman pencarian Google. Situs web yang mengikuti spesifikasi AMP ini akan menerima ‘perlakuan’ khusus dari Google.

Tidak hanya itu, Halaman Hasil Mesin Pencari situs web Anda juga mulai menampilkan konten AMP dengan tampilan yang mencakup gambar besar. Fitur ini akan menarik perhatian pengguna dan setiap konten web akan mendapatkan peningkatan traffic pada pencarian terkait.

Tools untuk memeriksa kecepatan situs web

Ketika situs web telah diterbitkan, akan sangat menarik untuk menganalisis bagaimana kinerja situs web dari berbagai lokasi, perangkat, browser web, dan resolusi.

Menjadi tantangan untuk membuat situs web sangat cepat, tidak semua orang memiliki koneksi internet yang cepat, terutama bagi pengguna ponsel.

Limited SALE !

Google mengumumkan algoritma pencariannya dengan menekankan bahwa situs web harus ramah seluler. Dengan kata lain, situs web yang mendukung tampilan ramah seluler akan diprioritaskan untuk tampil di SERP google.

Google juga sangat menyarankan pengembang web untuk mengoptimalkan situs web mereka untuk perangkat seluler. Karena dengan dukungan smartphone, pengguna ponsel memiliki lebih banyak akses ke internet dibandingkan desktop.

Berikut adalah sederetan alat menarik untuk menganalisis dan meningkatkan kinerja situs web Anda:

1. WebPageTest

Mengapa alat ini sangat menarik? Dengan menggunakan alat ini, kita dapat mengakses situs kita dari berbagai tempat dan menggunakan berbagai browser web. Misalnya bisa mencoba mengakses situs dari San Francisco, CA, dan opsi browser web Chrome.

Hasil laporan akan menunjukkan bagaimana situs website dibuka di sana, mulai dari berapa lama server merespons, ketika halaman mulai render, urutan sumber daya dimuat, hingga total waktu ketika halaman selesai memuat.

Kita bahkan dapat melihat video tentang bagaimana halaman dimuat sampai akhir. Tentunya banyak saran dari alat yang harus kita lakukan untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. PageSpeed Insights

Alat yang sangat sederhana dari Google, cukup masukkan alamat situs web dan itu akan dianalisis. Laporan yang dihasilkan sangat sederhana, lengkap dengan skor untuk seluler dan desktop. Tentu saja, saran akan muncul untuk meningkatkan kecepatan situs web Anda.

3. GTmetrix

GTmetrix agak mirip dengan WebPageTest, ini tidak dapat dipisahkan dari penggunaan WebPageTest untuk menghasilkan skor pada alat ini.

Situs web Anda akan dianalisis secara keseluruhan, termasuk sumber daya dari pihak ketiga hingga gambar yang akan Anda gunakan. Cobalah untuk mendapatkan skor 100 untuk setiap rekomendasi, alat ini sangat sensitif bahkan untuk menganalisis skrip yang diminimalkan.

4. Lighthouse

Secara default, alat ini sudah ada di browser web Chrome. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup buka devtools dengan mengklik kanan elemen inspeksi atau ctrl + shift + i. Kemudian pilih tab audit, dan klik lakukan audit. 5 kategori audit akan muncul, Anda dapat memilih semua atau beberapa.

Alat ini sangat menekankan bahwa situs web Anda harus menggunakan https, ramah seluler, pekerja layanan dan dapat diakses dengan cepat dengan koneksi internet 3G.

Akan ada banyak saran untuk meningkatkan kinerja situs web Anda. Jangan lupa, semua saran dalam alat ini adalah saran dari Google. Meski terkadang sulit untuk mendapatkan skor tinggi di kategori Performance karena standar yang berbeda.

Demikian pembahasan mengenai apa itu optimasi speed website dan penjelasannya.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

5 dari 5 (15 Vote)
SEON One Stop Solution

SEON Indonesia merupakan one stop solutions di bidang website desain dan internet marketing untuk pelaku bisnis online di Indonesia.

Limited SALE !