Apa Itu Instagram Ads

Instagram menjadi platform media sosial yang akrab bagi orang-orang di seluruh dunia. Sekarang telah mencapai 1 miliar pengguna lebih. Data ini untuk para pebisnis online menjadi peluang yang menguntungkan untuk memasarkan produk dan untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

Menyadari peluang komersial yang bisa diperoleh, IG kemudian meluncurkan fitur terbaru, Instagram Ads pada Oktober 2013. Tanpa membutuhkan waktu lama, fitur ini langsung dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis sebagai bagian dari strategi pemasaran media sosialnya.

4 tahun setelah Instagram ads dirilis ke pasaran, tepatnya pada bulan Maret 2017, IG sekarang memiliki 1 juta lebih pengiklan aktif.

Apa Kelebihan Instagram Ads

Ada banyak alasan mengapa Instagram ads sangat dicintai oleh pembisnis online. Kami hanya membahas 4 keunggulan.

  • Keuntungan pertama adalah bahwa iklan yang ditampilkan di Instagram ads tidak tampak agresif seperti yang ditampilkan oleh platform media sosial lainnya. Anda akan melihat iklan-iklan ini seperti memposting foto atau video yang biasanya Anda lihat di akun teman Anda.
  • Keuntungan kedua adalah dapat mengadopsi sistem penargetan yang serupa dengan yang diterapkan oleh media sosial Facebook, yang memungkinkan pengguna untuk dapat memperoleh informasi tentang pasar sasaran secara spesifik yang mencakup lokasi, usia, jenis kelamin, hobi, dan sebagainya. sebagainya
  • Keuntungan berikutnya adalah Instagram ads menyediakan beberapa jenis format iklan mulai dari foto, video, dan juga korsel.
  • Keuntungan terakhir dari Instagram ads yang memiliki pengaruh signifikan terhadap promosi adalah ketersediaan fitur untuk meningkatkan keterlibatan yang terdiri dari tombol seperti mengikuti, mengunjungi situs web, atau mengunduh aplikasi. Menarik bukan?
  • Limited SALE !

Anda pasti telah mendengar berita viral pada tahun 2012 di mana Facebook berhasil memperoleh IG. Akuisisi ini menghasilkan semua pengaturan iklan yang tersedia di IG menjadi terintegrasi dengan pengaturan iklan yang ada di media sosial Facebook.

Mulai dari saat itu, Anda harus menggunakan fitur Power Editor di Facebook yang berfungsi untuk mengatur penganggaran, penjadwalan, dan pengaturan lain yang terkait dengan beriklan di Instagram.

Pengertian Istilah di Instagram Ads

Bagi Anda yang mungkin baru mengenal Instagram ads, ada baiknya untuk terlebih dahulu memahami istilah-istilah seperti Pengelola Iklan, Editor Power, dan Manajer Bisnis sehingga Anda tidak kesulitan mempromosikan produk atau layanan Anda di IG:

1. Pengelola Iklan

Pengelola Iklan adalah aplikasi periklanan dari Facebook yang berfungsi untuk membuat dan mengelola Iklan Facebook dan Instagram secara bersamaan.

Aplikasi ini memiliki fitur yang dapat membuat iklan, menjalankan iklan, melakukan penargetan, menentukan anggaran atau modal iklan, menampilkan kinerja iklan dan menampilkan ringkasan riwayat, serta informasi tentang metode pembayaran iklan.

2. Power Editor

Power Editor adalah aplikasi periklanan dari Facebook yang dirancang sehingga pengiklan skala besar dapat secara langsung membuat, mengedit, dan menerbitkan beberapa iklan dengan satu klik.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengiklan untuk mengontrol kampanye yang mereka buat. Lalu ada juga fitur termasuk mengelola, membuat, menggandakan, dan mengedit banyak iklan sekaligus dari satu akun.

Limited SALE !

Power Editor juga dapat mengimpor iklan menggunakan Excel. Anda cukup mengunduh template yang disediakan dan kemudian mengisi informasi yang dibutuhkan untuk iklan yang Anda buat. Anda juga dapat dengan mudah menemukan kampanye dan iklan di sini dengan memanfaatkan fitur pencarian dan filter yang disediakan.

3. Business Manager

Business Manager adalah aplikasi Facebook yang biasa digunakan untuk iklan. Antara Business Manager dan akun Facebook berdiri sendiri, sehingga satu akun Facebook dapat memiliki beberapa Manajer Bisnis.

Fitur ini memiliki sifat yang bagus di mana satu Business Manager dapat memuat lebih dari 10 iklan. Fitur yang tersedia dari Business Manager adalah Anda dapat membuat dan mengelola lebih dari 1 Manajer Iklan.

Ini memungkinkan Anda untuk mendelegasikan wewenang ke Akun Iklan, Pixel Person, Page Person, dan lainnya, lebih unggul dalam hal waktu rilis fitur iklan , serta menggunakan opsi pembayaran yang berbeda dari Facebook dalam upaya untuk menghindari kesalahan.

Jenis Format Instagram ads

Selanjutnya kita akan memahami jenis format iklan yang disediakan oleh platform ini, sehingga Anda dapat menyesuaikan jenis Iklan IG nanti sesuai dengan kebutuhan promosi bisnis Anda.

Ada 4 jenis format yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran media sosial, yaitu Iklan Gambar, Iklan Video, Iklan Carousel, dan Iklan Cerita. Mari kita bahas semuanya di bawah ini:

Limited SALE !

1. Iklan Gambar

Iklan Gambar adalah jenis iklan Instagram ads yang berisi konten gambar. Jenis iklan ini adalah yang termudah dan paling banyak digunakan oleh bisnis online di seluruh dunia.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipatuhi ketika Anda memilih iklan dalam bentuk gambar yaitu format file harus jpg atau png. Ukuran gambar persegi dengan ukuran 1080 x 1080 piksel, resolusi minimum gambar yang diunggah adalah 600 x 600 piksel dengan rasio 1: 1.

Untuk ukuran iklan landscape IG 1200 x 628 piksel, resolusi minimum gambar yang diunggah adalah 600 x 600 piksel dengan rasio 1: 1. Dan jumlah teks gambar IG kurang dari 20% dari total ukuran gambar. Panjang teks yang disarankan adalah 125 karakter dari jumlah maksimum 2200 karakter.

2. Iklan Video

Iklan Video adalah jenis iklan IG yang berisi konten video. Sama seperti Iklan Gambar, iklan dalam bentuk konten video juga memiliki beberapa persyaratan yang harus dipatuhi, yaitu format video harus .mp4.

Rasio aspek video yang diperbolehkan untuk landscape 1.91: 1, persegi 1: 1, atau vertikal 4: 5. Resolusi video minimum adalah 600 x 315 piksel untuk lanskap, 600 x 600 piksel untuk persegi, dan 600 x 750 piksel untuk vertikal.

Durasi maksimum video adalah 60 detik dengan ukuran file video maksimum 4GB. Kecepatan bingkai maksimum video adalah 30 fps.

Limited SALE !

3. Iklan Carousel

Iklan Carousel adalah jenis iklan IG yang berisi 3-5 gambar yang dapat ditampilkan secara bersamaan dalam 1 iklan dengan bentuk tayangan slide. Pengguna IG dapat dengan mudah menggeser gambar iklan ketika mereka tertarik melihat lebih banyak.

Ada dua jenis iklan, Carousel Image dan Carousel Video. Untuk Gambar Korsel, syarat yang harus dipenuhi adalah ukuran gambar yang disarankan 1080 x 1080 piksel, rasio gambar 1: 1, panjang maksimum 40 karakter teks judul, dan panjang maksimum teks deskripsi 90 karakter, dan panjang maksimum tautan deskripsi 20 karakter.

Sedangkan untuk Video Korsel, syarat yang harus dipenuhi adalah resolusi video maksimum 1080 x 1080 piksel, resolusi video minimum 600 x 600 piksel, durasi video minimum 3 detik maksimum 60 detik, dan ukuran file video maksimum 4GB, dan frame rate maksimum 30 fps.

4. Iklan IG Story

Iklan IG Story adalah jenis Instagram ads yang memungkinkan perusahaan memilih beriklan dengan opsi format konten gambar (cerita gambar tunggal) dan konten video (cerita video tunggal).

Ketentuan untuk konten gambar yang harus dipenuhi adalah ukuran gambar yang disarankan 1080 x 1920 piksel dan rasio gambar yang direkomendasikan sebesar 9:16. Ketentuan untuk konten video yang harus dipenuhi adalah format file video .MOV, .MP4, .GIF, rasio ukuran video yang disarankan 9:16, durasi video maksimum 15 detik, dan rekomendasi resolusi video minimum 720p, dan maksimum ukuran video sebesar 2,3 Gigabytes.

Demikian pembahasan yang bisa kami sampaikan mengenai materi apa itu instagram ads dan penjelasannya.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

5 dari 5 (15 Vote)
SEON One Stop Solution

SEON Indonesia merupakan one stop solutions di bidang website desain dan internet marketing untuk pelaku bisnis online di Indonesia.

Limited SALE !