Apa Itu Domain ID dan Jenisnya

Apakah Anda memiliki blogger favorit? Atau adakah situs website yang sering Anda kunjungi? Nah, biasanya di balik halaman situs web atau blog, Anda akan menemukan kata .com, .net, .id, dan sebagainya.

Apa itu domain sebenarnya? Jika Anda menggunakan bahasa teknis, ini disebut Top Level Domain. Tapi, kebanyakan orang mengenalnya sebagai ekstensi domain. Sederhananya, Anda dapat mempertimbangkan ekstensi domain sebagai identitas situs web Anda nanti.

Misalnya, Anda ingin membuat situs website tentang penjualan, maka ekstensi domain yang sesuai adalah .com. Jika Anda ingin membuat situs web yang isinya tentang Indonesia, Anda dapat menggunakan ekstensi domain .id.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat situs web, ada baiknya menggunakan Domain ID. Mengapa Anda harus menggunakan Domain ID? Sebelum menjawab pertanyaan itu, Kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang Domain ID.

Jadi, setiap negara harus memiliki administrator domain nasional. Di Indonesia, administrator domain nasional adalah Pandi (Pengelola Nama Domain Indonesia).  Ini berarti, Domain ID dikelola oleh Pandi. Tapi, itu tidak berarti Anda harus menghubungi Pandi jika Anda ingin menggunakan Domain ID.

Lalu, apakah itu berarti orang asing tidak dapat menggunakan Domain ID? Tentu saja bisa. Syaratnya dia harus tinggal di Indonesia. Jika ada orang asing yang ingin mendirikan bisnis atau organisasi di Indonesia dan ingin membuat situs website, maka Pandi akan merekomendasikan menggunakan Domain ID.

Limited SALE !

Keuntungan menggunakan Domain ID

Anda pasti penasaran dengan manfaat menggunakan Domain ID. Ketika berbicara domain, sebenarnya semua memiliki kelebihan masing-masing. Hanya saja, Domain ID memiliki kelebihan lebih dari yang lain. Mari kita lihat apa manfaatnya.

1. Cinta Produk Indonesia

Sebagaimana dijelaskan di atas, jika domain ID adalah domain identitas Indonesia. Jadi, misalkan Anda menemukan website dengan ekstensi Domain ID, itu harus berasal dari Indonesia. Ya, tentu saja sebagai warga negara Indonesia, kita bangga memiliki domain Indonesia yang unik.

Dengan menggunakan Domain ID, ini bisa menjadi bukti nasionalisme kita di dunia maya. Itulah alasan mengapa Anda harus menggunakan Domain ID.

2. Lebih Akrab dengan Google

Saat ini, cara kerja pencarian Google adalah memprioritaskan situs website lokal terlebih dahulu, kemudian yang internasional. Misalnya, Anda mencari di  perumahan Indonesia, maka dalam pencarian Google akan muncul lebih banyak situs web dengan ekstensi domain.id.

Ini berarti, jika Anda menggunakan Domain ID, Google akan memprioritaskan situs web Anda muncul di halaman depan pencarian Google dibandingkan dengan situs web domain lain. Istilah kerennya, SEO friendly. Jadi, Anda hanya perlu membuat konten yang lebih menarik sehingga situs web Anda lebih ramah SEO.

3. Selamat Tinggal Situs Web Lambat

Anda pasti sudah berpengalaman ingin membuka situs web, tetapi situs ini sangat lama untuk muncul. Padahal sinyal internet sudah bagus.

Sering mengalaminya kan? Nah, Anda tidak akan mengalaminya lagi jika menggunakan Domain ID. Hal terbaik tentang menggunakan Domain ID adalah bahwa situs web Anda tidak akan terlalu berat untuk dibuka.

Jadi, jika Anda menggunakan Domain ID, maka data situs web Anda akan disimpan di server Indonesia. Artinya, jika ada orang Indonesia yang membuka situs web Anda, itu akan segera muncul dengan jelas karena servernya ada di Indonesia. Tidak perlu memakan bandwidth besar lagi.

Seperti yang Anda ketahui, nama domain .com, .net, dan juga .org sangat populer. Banyak orang menggunakan ekstensi ini untuk berbagai keperluan.

Ini meningkatkan potensi persaingan dalam nama domain. Tapi tahukah Anda bahwa nama domain .ID masih belum banyak. Selain itu, jumlah karakter juga sedikit. Anda dapat menggunakannya sebagai keuntungan .Domain ID.

Anda yang adalah pemilik nama domain ini akan melihat potensi persaingan yang lebih adil daripada .com atau .net yang sudah merajalela di dunia. Anda pasti akan kesulitan menemukan nama untuk situs web Anda jika Anda menggunakan ekstensi .com, .info, dan sebagainya.

Mengapa? Karena sudah banyak yang menggunakan ekstensi tersebut. Tetapi jika Anda menggunakan domain .ID, maka Anda akan dapat membuat lebih banyak nama domain sesuka hati.

Limited SALE !

Di sinilah Anda akan dapat menemukan solusi terbaik yang bisa Anda dapatkan di dalamnya. karena .ID server ada di Indonesia, dapat dipastikan ini akan membawa manfaat bagi Anda, yaitu Anda akan bisa mendapatkan akses yang lebih cepat.

Jika pengunjung ke situs Anda berasal dari Indonesia, ini akan memiliki dampak yang sangat positif pada SEO yang dimiliki situs web Anda. Jadi tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan pilihan ekstensi domain .id untuk pilihan website Anda.

Kiat untuk Memilih Domain ID yang Tepat untuk Anda

Tentunya Anda telah menemukan banyak situs website dengan ekstensi .id di belakang bukan hanya .id tapi juga domain .sch.id, .co.id, .or.id, atau ponpes.id. Apa itu sebenarnya? Bagaimana itu bisa menempel pada domain ID?

Ini adalah jenis Domain ID. Jadi, demi memudahkan orang menggunakan Domain ID, Pandi menyediakan ekstensi tambahan dalam Domain ID. Tujuannya, agar situs dibuat selaras dengan alasan situs itu dibuat.

Misalnya, Anda ingin membuat situs tentang jual beli, maka Anda lebih cocok menggunakan .co.id. Jika ada sekolah yang ingin membuat situs web, maka lebih cocok untuk menggunakan .sch.id.

Itulah alasan Anda harus menggunakan Domain ID. Biarkan bisnis Anda selaras dengan situs Anda. Masih bingung ? Ini penjelasan yang lebih lengkap.

1. Domain .co.id

Domain .co.id dikhususkan untuk digunakan oleh perusahaan. Jika ada perusahaan di Indonesia yang ingin membuat situs website, maka paling cocok menggunakan domain .co.id. Hanya saja diperlukan syarat legalitas seperti SIUP dan TDP saat pengajuan domainnya.

2. Domain sch.id

Dari namanya, Anda tentu bisa menebak untuk apa domain .sch.id ini. Ya itu benar, untuk pendidikan. Sch merupakan kependekan dari school atau sekolah sering digunakan oleh penyedia layanan pendidikan. Universitas, sekolah, bahkan taman kanak-kanak bisa menggunakan domain .sch.id.

3. Domain .Or.id

Ingin organisasi atau komunitas Anda lebih dikenal di dunia maya? Cukup gunakan domain .or.id. Domain .or.id khusus untuk organisasi. Jadi, semua organisasi di Indonesia jika ingin membuat situs web, gunakan domain.or.id

4. Domain .ponpes.id

Jika ada sekolah asrama atau pesantren, apa bisa membuat situs website? Tentu saja bisa! Pandi telah menyediakan domain .ponpes.id untuk pesantren yang ingin membuat situs web. Selain sebagai portal informasi, pembuatan situs web untuk pondok pesantren akan membuat pondok lebih kredibel.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

5 dari 5 (14 Vote)
SEON One Stop Solution

SEON Indonesia merupakan one stop solutions di bidang website desain dan internet marketing untuk pelaku bisnis online di Indonesia.

Limited SALE !