A12 Bionic vs Snapdragon 845

Apple baru saja meluncurkan smartphone terbarunya yaitu Iphone XS Max yang menggunakan prosesor terbaru dari Apple yaitu A12 Bionic. A12 Bionic diklaim Apple memiliki beberapa keunggulan, mulai dari proses pabrikasi 7 nm yang diharapkan akan lebih efisien dan hemat energi serta keberadaan neural engine yang diklaim dapat melakukan komputasi lebih cepat.

Sebenarnya A12 Bionic bukanlah prosesor mobile pertama yang menggunakan proses pabrikasi 7 nm. Sebelumnya sudah ada Kirin 980 buatan Huawei yang terlebih dahulu dibuat menggunakan proses pabrikasi 7 nm. Kirin 980 sendiri diluncurkan oleh Huawei pada bulan Juni 2018.

Kemudian hal yang menarik untuk dibandingkan adalah kemampuan A12 Bionic vs Snapdragon 845, kira-kira siapa ya yang lebih powerfull ? Kalau dilihat dari proses pabrikasi sepertinya A12 Bionic lebih unggul karena Snapdragon 845 masih menggunakan proses pabrikasi 10 nm.

Kalau dari jumlah core sendiri Snapdragon 845 unggul karena memiliki 8 core, sedangkan A12 Bionic hanya memiliki 6 core saja. Kalau untuk clock speednya sendiri pihak Apple merahasiakan berapa clock speed untuk A12 Bionic ini.

Untuk lebih jelasnya kita harus melakukan uji benchmark untuk kedua prosesor diatas. Dengan uji benchmark kita juga akan mengetahui berapa clock speed dari prosesor A16 Bionic buatan Apple. Dan yang tak kalah penting yaitu kita bisa membandingkan performa GPU dari masing-masing prosesor di atas.

Order via Whatsapp !