SEON One Stop Solution Bisnis Online Indonesia

Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

7 Tips Cara Berbisnis Agar Tetap Jalan Walau Tanpa Diawasi SEON One Stop Solution 08:09

7 Tips Cara Berbisnis Agar Tetap Jalan Walau Tanpa Diawasi

tips cara berbisnis

TIPS CARA BERBISNIS

Sobat seon, kita jumpa lagi dalam artikel hari ini, kali ini kita akan membahas mengenai tips cara berbisnis agar bisnis tetap jalan walau tanpa diawasi. Memiliki sebuah bisnis dengan omset yang besar tentunya memberikan kepuasan tersendiri. Sayangnya, malah banyak pebisnis yang tidak bisa menikmati hasil dari bisnisnya tersebut. Kenapa? Karena bisnis mereka tidak bisa berjalan tanpa kehadiran mereka sebagai pemilik bisnis, artinya bisnis tersebut harus diawasi setiap saat.

Kalau sudah begitu maka si pemilik pun harus datang mengawasi bisnisnya setiap hari, jadi tidak ada bedanya antara karyawan dengan si pemilik bisnis, bahkan ketika hari libur si pemilik tetap harus datang untuk mengontrol kondisi bisnisnya tersebut. Maka dari itu, harus dibuat sebuah sistem bisnis yang bagus, sehingga para karyawan dapat bekerja secara mandiri. Berikut ini ada beberapa tips cara berbisnis agar bisnis tetap jalan walaupun tanpa diawasi :

1. Menciptakan Sistem Pemasaran yang Ampuh

Tips cara berbisnis yang utama adalah pemasaran. Pemasaran merupakan jantungnya perusahaan, hal tersebut memang benar adanya karena sistem pemasaran yang bagus dapat meningkatkan penjualan produk dan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan anda. Beberapa sistem pemasaran yang harus anda bangun adalah promosi produk, manajemen pemasaran, penempatan iklan produk, dan juga menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen.

2. Membangun Sistem Operasi Standard

3. Membuat Manajemen Keuangan yang Baik

Bisnis yang besar memiliki manajemen keuangan yang baik pula. Jangan sampai keuangan bisnis anda digabung dengan keuangan pribadi anda. Buatlah sistem manajemen bisnis yang baik seperti pendapatan kotor, arus kas, laba atau profit, pekembangan profit setiap waktunya, dan lainnya.

4. Manajemen Sumber Daya Manusia

Tips cara berbisnis yang tidak kalah pentingnya adalah membangun sumber daya manusia. Bisnis yang berjalan tanpa diawasi pemiliknya karena memiliki sumber daya manusia terpilih yang konsisten menjalankan pekerjaannya. Anda bisa merekrut karyawan yang sekiranya memiliki potensi yang bagus untuk perkembangan bisnis anda. Kemudian buatlah struktur organisasi yang jelas mulai dari direktur, manajer, staff, hingga office boy. Berikan pelatihan untuk setiap bagian untuk meningkatkan kemampuan karyawan anda, sehingga dapat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan bisnis anda.

5. Membuat Jam Kerja yang Rasional

Banyak perusahaan menerapkan jam kerja yang cukup tinggi bahkan bisa dibilang terlalu berlebihan, secara tidak langsung jam kerja yang tinggi dapat menurunkan kualitas karyawan. Satu hal yang harus anda ingat, karyawan memang memiliki tanggung jawab untuk bekerja tapi mereka juga manusia yang harus istirahat dan berkumpul dengan keluarga. Dengan menerapkan jam kerja yang tidak terlalu tinggi dapat meningkatkan produktivitas karyawan anda.

6. Membuat Job Desk atau Tugas Kerja

7. Membuat Nyaman Tempat Kerja

Kenyamanan dalam bekerja memiliki pengaruh terhadap produktivitas karyawan anda. Buatlah desain kantor yang menarik, anda bisa melihat bagaimana facebook dan google mendesain kantornya senyaman dan seindah mungkin sehingga karyawannya menjadi betah saat bekerja.

Itulah beberapa tips cara berbisnis agar tetap tetap jalan walaupun tanpa diawasi oleh anda. Semua tips diatas sudah dibuktikan oleh banyak bisnis besar seperti Mcdonald, Starbuck, Batik Keris, Kebab Turki, dan lainnya.

Previous

Next

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

/* */