Kali ini kita akan membahas mengenai usaha modal kecil untung besar untuk ibu rumah tangga yang bisa dijalankan oleh mompreneur di rumah. Menjadi ibu rumah tangga mungkin cukup rumit. Para wanita yang menghadapi kondisi ini akan mengalami berbagai hal yang cukup menyita waktu.

Selain itu, ibu rumah tangga juga harus bisa mengendalikan berbagai permasalahan yang terjadi di rumah. Biasanya hal ini akan berkaitan dengan perilaku anak yang masih kecil hingga ikut menghitung kondisi keuangan.

Usaha Modal Kecil Untung Besar untuk Ibu Rumah Tangga

Biasanya untuk memulai usaha anda akan memperhitungkan modal besar yang akan digunakan. Semakin besar modal yang dimiliki tentu saja akan semakin mudah untuk menjalankan berbagai pilihan bisnis. Namun, pola pikir seperti ini justru akan memberikan beban yang berat bagi anda untuk menjalankan pilihan bisnis.

Hal ini bisa diminimalisir dengan menggunakan modal yang lebih kecil untuk memilih bisnis yang cukup ideal. Tentu saja pilihan bisnis yang membutuhkan modal kecil juga harus disesuaikan dengan kemampuan. Apalagi saat ini ada banyak pilihan model bisnis yang membutuhkan modal lebih kecil.

Anda harus tahu bahwa sebenarnya menjadi ibu rumah tangga juga memiliki peluang yang sama untuk menjalankan bisnis yang cukup ideal. Apalagi ada banyak pilihan bisnis untuk ibu rumah tangga yang tidak membutuhkan modal sangat besar. Berikut beberapa diantaranya.

1. Menjadi Freelancer Content Writer

Salah satu ide usaha yang bisa dilakukan adalah menawarkan bakat menulis. Peluang ini menjadi cukup menarik karena saat ini ada banyak pihak yang membutuhkan konten. Mungkin para ibu rumah tangga bisa mencoba untuk menulis berbagai resep masakan dan ditawarkan kepada pemilik blog yang mengelola kategori yang sama.

Selain itu, bisnis content writer ini juga tidak terikat dengan waktu yang terlalu lama. Biasanya anda juga bisa menulis di waktu senggang. Namun, untuk mendapatkan pesanan yang cukup banyak sebaiknya sering aktif di beberapa forum yang menjadi tempat berkumpulnya para content writer.

Apalagi saat ini ada banyak institusi yang membutuhkan berbagai konten yang berkaitan dengan perusahaannya atau sekedar bermain SEO. Bahkan, beberapa publisher yang menekuni bisnis SEO juga membutuhkan konten dengan jumlah yang sangat baik.

2. Mencoba Bisnis Tanaman Hias

Tentu saja usaha modal kecil untung besar untuk ibu rumah tangga ini memiliki peluang yang cukup besar. Apalagi bagi anda yang hobi menanam tanaman hias. Kadang-kadang ada perlombaan tanaman hias yang memiliki hadiah cukup besar.

Ini menjadi ide bisnis yang sangat baik. Biasanya peluang bisnis ini diterapkan dengan menggunakan metode yang cukup sederhana. Anda hanya akan mmbutuhkan bibit tanaman hias dengan wadah yang menarik. Waktu senggang yang anda meiliki sebaiknya digunakan untuk merawat tanaman itu hingga pada cukup besar.

Anda bisa menawarkan tanaman yang sudah besar itu kepada komunitas pecinta tanaman hias atau ikut lomba tanaman hias. Hal ini akan menambah nilai jual dari tanaman itu.

3. Membuka Bisnis Jasa Catering

Hobi memasak juga bisa menjadi bagian penting dari usaha modal kecil untung besar untuk ibu rumah tangga. Bahkan, hobi ini akan menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Salah satunya adalah dengan menawarkan jasa catering ke berbagai relasi.

Biasanya di kota-kota besar atau kecil ada beberapa keluarga yang tidak memiliki waktu banyak untuk memasak. Tentu saja ini akan menjadi peluang bisnis untuk menawarkan jasa catering kepada mereka. Buat menu yang menarik dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, pilihan menu yang ditawarkan juga bisa disesuaikan dengan nutrisi yang mereka butuhkan. Sebaiknya lakukan trial kepada beberapa calon pelanggan terlebih dahulu.

4. Berbisnis Kerajinan Tangan

Bisnis aksesoris juga bisa menjadi salah satu ide yang bisa dilakukan ibu rumah tangga. Biasanya para ibu rumah tangga memiliki kemampuan untuk membuat aksesoris yang menarik.

Untuk meningkatkan nilai jual dari aksesoris ini sebaiknya gunakan kemasan dan terapkan branding yang sangat ideal. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang sangat baik. Mungkin anda juga bisa melakukan pemasaran melalui sosial media.

Beberapa aksesoris yang bisa ditawarkan biasanya disesuaikan dengan bahan baku yang digunakan. Semakin banyak pilihan aksesoris yang anda buat tentu saja anda juga akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

5. Mencoba Bisnis Online Shop

Online shop bisa menjadi salah satu bagian bisnis yang diterapkan dengan sangat baik. Namun, diperlukan beberapa hal penting untuk memulai usaha ini. Salah satunya dengan menentukan pola bisnis yang akan dilakukan.

Produk utama yang dijual melalui online shop ini akan memberikan pengaruh yang cukup besar. Apalagi saat ini ada banyak pilihan produk yang bisa anda jual secara online. Salah satunya mungkin dengan menjual produk fashion.

Perkembangan fashion yang sangat pesat menjadi bagian penting untuk memulai usaha ini. Anda bisa menjual produk dari pihak lain atau menjual produk fashion yang memiliki brand sendiri.

Platform yang anda gunakan juga bisa terdiri dari banyak pilihan. Namun, anda juga harus ingat bahwa untuk menjalankan bisnis seperti ini sebaiknya didukung dengan metode promosi yang ideal.

6. Membuka Tempat Kursus

Anda memiliki kesempatan untuk membuka kursus yang bisa ditawarkan kepada orang lain. Beberapa pilihan kursus yang bisa ditawarkan seperti menjahit, memasak dan lainnya. Hal ini menjadi pertimbangan utama untuk menerapkan metode bisnis yang cukup berbeda.

Namun, anda juga harus memperhitungkan modal awal yang dibutuhkan untuk bisnis seperti ini. Modal utama yang anda harus sediakan biasanya perlengkapan kursus dan tempat yang ideal. Tawarkan jasa kursus ini kepada para ibu rumah tangga lainnya yang ingin belajar bersama.

Anda bisa membuka kelas sederhana di rumah dengan jumlah peserta yang tidak terlalu banyak. Selain itu, tawarkan juga penyelesaian soal bahasa Inggris yang diberikan dari sekolah. Ini akan membuat para peserta semakin mudah untuk memahami bahasa Inggris melalui metode yang anda ajarkan.

7. Menjual Kue Kering

Bisnis kue kering memang tidak akan pernah ada habisnya. Biasanya bisnis ini akan sangat populer menjelang hari besar keagamaan. Anda memiliki banyak kesempatan untuk memulai bisnis seperti ini.

Hal ini dilakukan dengan metode yang cukup biasa. Bila anda memiliki kemampuan memasak kue yang baik mungkin bisa menjadi modal utama. Selain itu, anda juga harus menggunakan beberapa bahan baku yang sering digunakan untuk membuat kue.

Untuk memulai bisnis ini sebaiknya tawarkan trial beberapa jenis kue kepada beberapa orang. Hal ini akan membuat mereka mengetahui rasa dan harga yang anda tawarkan.

8. Menjadi Dropshipper

Pilihan lain dari usaha modal kecil untung besar untuk ibu rumah tangga adalah dengan menjadi dropshipper. Metode bisnis yang dibutuhkan seperti ini cukup mudah. Bahkan, ada beberapa pilihan produk yang bisa dijual dengan metode seperti ini.

Anda hanya akan membutuhkan distributor yang tepercaya untuk mengirimkan pesanan dari para pelanggan. Harga yang ditawarkan kepada para pelanggan juga biasanya lebih murah.

Selisih antara harga awal dengan harga jual yang anda terapkan akan menjadi salah satu bagian keuntungan. Namun, anda juga harus ingat bahwa bisnis ini membutuhkan jangkauan relasi yang sangat luas.

9. Menjual Makanan Ringan

Tentu saja bisnis seperti ini sering dilakukan para ibu rumah tangga. Apalagi saat ini ada banyak pilihan jenis makanan ringan yang bisa ditawarkan dan menjadi bagian dari usaha.

Anda bisa membuat makanan ringan dengan pilihan baku yang mudah didapat. Untuk menaikkan nilai jual itu gunakan branding yang baik dimulai dengan membuat kemasan yang menarik.

Semakin baik kemasan yang ditawarkan biasanya hal itu akan menaikkan nilai jual dari makanan ringan. Kebersihan dan rasa dari makanan ringan itu juga memberikan pengaruh sangat besar.

10. Berjualan Pulsa atau Paket Data Internet

Mungkin anda bisa mencoba untuk menjual pulsa dan data internet. Biasanya bisnis ini dilakukan secara pasif. Artinya, anda tidak harus memiliki toko konvensional untuk menawarkan pulsa kepada orang lain.

Kebutuhan pulsa dan paket data internet yang semakin pesan dianggap menjadi bagian dari peluang bisnis yang bisa anda jalankan. Namun, perhitungkan juga modal deposit awal yang akan anda gunakan.

Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar dan disesuaikan dengan item bisnis yang diinginkan. Misalnya saja modal yang dimiliki akan digunakan sebagai deposit untuk mendapatkan item pulsa dan token listrik dalam jumlah tertentu.

Gunakan konsep konter yang cukup sederhana di depan rumah. Anda bisa memulai bisnis ini dengan menawarkan harga terjangkau.

11. Membuka usaha laundry kiloan

Laundry kiloan bisa menjadi salah satu pilihan dari peluang usaha dengan modal kecil. Apalagi bisnis ini akan memberikan keuntungan yang cukup baik bila terletak di lokasi yang sangat strategis.

Misalnya saja anda bisa membuka usaha laundry kiloan di pemukiman yang cukup ramai, dekat kampus atau universitas dan tempat lainnya. Untuk memulai bisnis ini tentu saja anda akan membutuhkan mesin cuci yang berkualitas tinggi.
Sebaiknya anda pertimbangkan pilihan mesin cuci bekas pakai yang masih dalam kondisi baik. Selain itu, gunakan juga tempat di sekitar rumah yang akan dijadikan sebagai lokasi dari bisnis ini.

12. Mencoba bisnis fotocopy

Pilihan peluang usaha dengan modal kecil  lainnya yang bisa anda pertimbangkan yaitu dengan membuka bisnis fotocopy. Bisnis ini bisa memberikan profit yang cukup baik bila dijalankan dengan benar. Misalnya saja anda membuka bisnis ini di sekitar kawasan kantor, pertokoan atau dekat dengan banyak kampus.

Tentu saja modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis seperti ini juga disesuaikan dengan seluruh perlengkapan utama. Misalnya saja mesin fotocopy yang anda gunakan sebaiknya berasal dari mesin bekas pakai. Ini dilakukan untuk mengalokasikan modal lainnya untuk perlengkapan lain. Apalagi mesin fotocopy yang baru juga memiliki harga cukup mahal.

13. Berjualan berbagai produk digital  

Ada banyak produk digital yang bisa anda jual secara online. Bahkan, produk seperti ini juga dibutuhkan oleh orang banyak. Beberapa diantaranya seperti ebook, berbagai tools yang digunakan untuk internet marketing dan lainnya.
Bila anda memiliki kemampuan yang baik dalam menyusun konsep bisnis digital tentu saja itu bisa menjadi peluang yang besar. Anda bisa menawarkan ebook untuk memulai berbagai pilihan usaha.

Misalnya bisnis online yang saat ini sedang populer seperti dropshipper, online shop, kurensi digital dan lainnya. Anda bisa menawarkan informasi melalui ebook dengan penyampaian yang lebih mudah. Tawarkan juga produk digital ini melalui sosial media.

14. Mencoba bisnis souvenir 

Kebutuhan souvenir saat ini semakin meningkat. Biasanya souvenir ini tidak hanya digunakan pada acara formal saja. Namun, pada pesta modern seperti pernikahan juga akan membutuhkan souvenir dengan berbagai desain yang unik.

Tentu saja ini bisa menjadi peluang yang sangat besar bila anda ingin memulai bisnis. Selain itu, anda juga harus ingat bahwa bentuk dan desain dari souvenir yang menarik juga akan menarik perhatian banyak orang.

Salah satunya anda bisa menawarkan berbagai bentuk gantungan kunci dengan ukuran yang berbeda. Tawarkan seluruh pilihan souvenir ini melalui sosial media untuk menjangkau relasi yang cukup luas.

15. Memanfaatkan lahan kosong untuk budidaya

Bisnis lain yang bisa anda coba adalah dengan budidaya. Ada banyak pilihan budidaya yang bisa anda lakukan. Salah satunya mungkin dengan budidaya lele atau ikan mas. Budidaya seperti ini memang membutuhkan lahan yang cukup luas.

Namun, anda juga bisa memulainya dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar pekarangan anda. Cari informasi untuk memulai bisnis budidaya seperti ini. Selain itu, anda juga harus menggunakan bibit lele yang berkualitas agar saat panen mendapatkan hasil yang lebih baik.

16. Membuka toko sembako 

Kebutuhan bahan pokok sehari-hari juga bisa dianggap sebagai peluang yang sangat besar untuk mendapatkan rekomendasi bisnis dengan modal kecil. Apalagi anda bisa menggunakan halaman depan rumah untuk membuka toko ini.

Tawarkan berbagai pilihan produk sembako seperti minyak goreng, beras, gula pasir dan lainnya. Anda harus ingat bahwa lokasi dari toko ini memang akan mempengaruhi omset dan keuntungan yang diinginkan. Jangan lupa untuk menerapkan kualitas yang baik bagi seluruh produk sembako yang anda jual.

17. Membuka usaha kuliner bakso

Anda bisa memulai usaha yang menguntungkan dengan modal kecil melalui bisnis kuliner bakso. Peluang seperti ini dilakukan dengan mempertimbangkan banyak peminat bakso semakin banyak. Namun, sebaiknya tawarkan berbagai pilihan rasa dari bakso itu.

Misalnya saja dengan menawarkan bakso dengan ukuran jumbo atau bakso telur yang cukup besar. Usaha seperti ini juga membutuhkan lokasi sangat strategis. Anda harus menentukan lokasi strategis ramai untuk bisnis kuliner seperti ini.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan bisnis higienis melalui berbagai perlengkapan yang digunakan.

18. Menjual produk fashion

Kesempatan lain dari usaha yang menguntungkan juga bisa dilakukan dengan menjual produk fashion. Saat ini sudah banyak pilihan produk bisa anda tawarkan kepada banyak pembeli. Namun, perhitungkan juga modal yang anda gunakan untuk bisnis seperti ini.

Ada beberapa pilihan produk fashion bisa anda jual seperti tas, sepatu, aksesoris fashion dan lainnya. Masing-masing dari produk itu harus memiliki kualitas sangat baik.

Semakin baik kualitas dari produk fashion itu biasanya peminatnya juga semakin banyak. Lakukan juga metode penjualan melalui online. Biasanya cara seperti ini dilakukan dengan memanfaatkan sosial media.

19. Membuka butik

Usaha yang menguntungkan dengan modal kecil lainnya mungkin dengan membuka butik. Bisnis ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan salah satu bagian rumah untuk menjadi butik minimalis.

Gunakan dekorasi maksimal untuk memberikan kenyamanan pada para pengunjung. Jangan lupa untuk memilih produk berkualitas yang banyak diminati. Misalnya saja anda membuka butik khusus untuk produk hijab atau dress. Tawarkan berbagai desain dari produk fashion itu.

Selain itu, berikan juga harga cukup terjangkau untuk seluruh produk atau item yang dijual melalui butik ini. Tawarkan produk langka atau berasal dari luar negeri untuk menarik perhatian banyak orang.

20. Menjual jus di tempat strategis

Bisnis minuman kesehatan juga bisa dipertimbangkan sebagai pilihan sangat ideal. Misalnya saja anda menjual berbagai menu minuman dari buah atau jus.

Pilih lokasi sangat strategis untuk mendapatkan keuntungan atau omset lebih besar. Modal yang anda butuhkan untuk bisnis seperti ini biasanya gerobak untuk menyimpan berbagai buah atau perlengkapan.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan dari buah yang akan digunakan. Semakin baik kondisi dari kemasan hingga gerobak anda biasanya itu akan menjadi penilaian bagi para pembeli.

Demikian pembahasan mengenai usaha modal kecil untung besar untuk ibu rumah tangga yang bisa dijalankan di sela waktu luang sepulang kantor atau di weekend sabtu dan minggu. Semoga tulisan ini bermanfaat. Jangan lupa like dan share jika anda merasa artikel ini layak untuk dibagi ke orang orang terdekat anda.