5 Manfaat Daun Kelor Yang Wajib Diketahui

5 Manfaat Daun Kelor Yang Wajib Diketahui – Menjadi salah satu daun yang sering dikaitkan dengan mistis,daun kelor sebenarnya sangat bermanfaat untuk kesehatan.Daun kelor bernama latin moringa, dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah serta memiliki kandungan antioksidan tinggi. Bagi anda yang belum mengetahui tentang khasiat daun kelor,anda wajib membaca artikel menarik berikut. Yang bermanfaat dan menginspirasi anda yang belum tahu tentang daun kelor. Berikut informasi yang perlu anda baca.

Kandungan Gizi Daun Kelor antara lain sebagai berikut :
Daun kelor adalah sumber sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan.Satu cangkir daun kelor segar sebanyak (21 gram) mengandung:

1.Protein: 2 gram
2.Vitamin B6: 19% dari AKG
3.Vitamin C: 12% dari AKG
4.Zatbesi Besi: 11% dari AKG
5.Riboflavin (B2): 11% dari RDA
6.Vitamin A (dari beta-karoten): 9% dari AKG
7.Magnesium: 8% dari AKG

*AKG: Angka Kecukupan Gizi

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

1. Mengobati Kanker
Ekstrak daun kelor mengandung sifat yang mungkin membantu mencegah kanker berkembang.daun Kelor juga mengandung niazimicin, yang merupakan senyawa yang menekan perkembangan sel kanker.  Kelor juga memiliki beta-sitosterol yang sudah terbukti bermanfaat mengobatin pembesaran prostat dan membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan usus besar.Disamping itu juga beta-sitosterol juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang membantu menyeimbangkan gula darah
2. Menurunkan Kadar Gula
Sebuah penelitian yang dilakukan di Mumbai, India, ditemukan sebuah hasil yang mengatakan bahwa manfaat daun kelor olahan,baik berupa teh ataupun sayur bisa menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan. Hal tersebut terjadi akibat pemberian obat glibenclamide yang berfungsi untuk meningkatkan sekresi insulin oleh sel beta pankreas semakin bertambah. makannya gak heran banyak orang di India yang menggunakan daun kelor sebagai obat herbal dalam menurunkan kadar gula.
3. Kaya akan Antioksidan
Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung.
4. Menurunkan Kolestrol 
Manfaat daun kelor yang disebut dapat membantu menurunkan kolesterol, membuatnya menjadi incaran banyak orang. Pada daun kelor, efek penurun kolesterolnya disebut mirip dengan efek dalam almond dan oats.
5. Sumber gizi Buat Ibu Menyusui
Ibu menyusui membutuhkan gizi yang cukup agar kesehatan bayi tetap terjaga. mengonsumsi daun kelor sangat disarankan untuk ibu menyusui. Daun kelor secara ilmiah terbukti mendukung laktasi dan mulai populer untuk ibu menyusui. Selain juga,penelitian juga telah menunjukkan bahwa daun kelor dapat bertindak sebagai galaktagog, yaitu zat alami untuk mendukung kelancaran laktasi.