Dd Cafea C A C A B

Balita yang telah disapih dari ASI sebenarnya tidak perlu lagi diberi tambahan nutrisi dari susu formula. Sebab, segala kebutuhan nutrisi bisa didapat dari makanan padat yang dikonsumsi balita. Meski susu formula juga mengandung berbagai nutrisi yang dianggap dapat melengkapi kebutuhan gizi, namun pada kenyataannya susu formula minim manfaat.

5 Makanan Sehat Pengganti Susu Formula Untuk Bayi

Di samping itu juga tidak semua anak balita menyukai rasa susu formula atau malah memiliki alergi dan intoleransi terhadap laktosa. Karena itu, bunda perlu menyiapkan makanan sehat pengganti susu formula, yang kandungan nutrisinya setara bahkan lebih baik dari susu formula dan dapat melengkapi kebutuhan gizi balita Anda. Berikut adalah 5 makanan sehat yang bisa menjadi alternatif pelengkap gizi:

Makanan sehat pengganti sufor

  • Kacang almond

Kacang almond adalah makanan lezat pengganti susu yang pertama. Di dalam kacang almond terkandung banyak mineral penting seperti magnesium, kalsium, kalium, antioksidan, dan vitamin E, serta baik untuk usus karena membantu dalam proses pencernaan. Vitamin E-nya juga baik untuk melindungi kulit dari ancaman radikal bebas.

  • Kedelai

Kedelai termasuk salah satu jenis makanan sumber protein dan sangat ideal untuk dijadikan pengganti susu formula. Asam amino di dalam kacang kedelai sangat dibutuhkan oleh tubuh guna melawan sel kanker. Nilai gizi yang ada di dalam kedelai sangat tinggi, tetapi kalori di dalamnya tergolong kecil. Oleh karena itu, kedelai sangat cocok dijadikan makanan sehat pengganti susu formula.

  • Ikan laut

Sumber protein lain bisa didapat dari berbagai jenis ikan laut. Contohnya adalah ikan tuna, hering, makarel, dan salmon. Mengonsumsi ikan laut adalah cara termudah jika ingin kebutuhan protein balita Anda terpenuhi.

  • Sayur bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang tinggi kalsium. Apabila balita Anda mengonsumsi satu mangkuk sayur bayam setiap harinya, maka kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya sudah cukup terpenuhi. Bayam juga mengandung vitamin A, C, E, dan vitamin K. Selain itu, bayam adalah sumber asam folat yeng berguna untuk membantu membangun sel-sel dalam tubuh.

  • Biji wijen

Makanan sehat pengganti susu formula yang terbaik adalah biji wijen. Baik dikonsumsi dengan cara apapun, kandungan protein, antioksidan, vitamin serta mineral didalamnya tetap dapat dirasakan manfaatnya oleh tubuh. Terlebih lagi dalam biji wijen memiliki semua nutrisi yang terdapat di dalam segelas susu formula.

Baca juga >>
15 Tanda-Tanda Kehamilan yang Penting & Wajib Diketahui

Makanan-makanan sehat tersebut bisa dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi balita Anda menggantikan susu formula.