5 Keunggulan Android 11 Yang Tidak Dimiliki Android 10

 Android 11 merupakan penerus dari Android 10 yang menjanjikan performa lebih baik secara keseluruhan. Ada banyak Keunggulan Android 11 yang bisa anda temukan setelah melakukan upgrade OS pada smartphone anda.

Android 11 menjanjikan daya tahan baterai yang lebih lama, perlindungan privasi dan kemananan data yang lebih ditingkatkan lagi.

Tanpa basa-basi lagi berikut ini beberapa fitur baru yang keren yang hanya ditemukan pada Android 11.

5 Keunggulan Android 11 yang tidak dimiliki Android 10

1. Fitur perekam layar (Screen Record)

Jika anda mengikuti perkembangan Android pasti pernah melihat fitur ini di Android 10 versi beta, namun google menghapusnya saat meluncurkan Android 10 versi final dikarenakan tidak bekerja dengan baik.

Jadi fitur perekam layar tidak akan anda temukan di android 10 versi final. Namun tampaknya google masih belum menyerah untuk menyempurnakan fitur perekam layar ini.

Fitur Screen Record kembali di munculkan pada Android 11 dan tentunya dengan peningkatan kompatibilitas yang lebih baik lagi.

Namun sayangnya masih ada beberapa bug dari fitur screen record ini, misalnya saja tidak ada audio internal.

Untuk mengaktifkan fitur ini caranya cukup mudah, anda dapat menemukan ikon Screen Record yang terdapat di pilihan Pengaturan Cepat di atas layar. Ketuk ikon ini dan pilih start, maka semua info di layar akan segera terekam.

2. Motion Sense untuk musik di pixel 

Smartphone buatan Google yang bernama Pixel 4 ini menawarkan banyak fitur baru yang diantaranya adalah Motion Sense.

Fitur ini merupakan inovasi google yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol ponsel Pixel tanpa perlu menyentuhnya.

Baca juga >>
10 Teknologi terbaru di bidang industri

Anda bisa mematikan alarm dan skip lagu hanya dengan motion Sense. Di Android 11, anda dapat menemukan penambahan fitur motion sense yang lebih dibandingkan android versi sebelumnya.

Tidak hanya bisa skip lagu, tetapi sekarang juga bisa pause lagu dan mengarahkan lagu untuk mulai memutarnya lagi. Dan fitur baru ini bisa anda dapatkan hanya pada Android 11.

3. Sensitivitas sentuhan yang ditingkatkan

Pada Android 11, Fitur ini berguna sekali untuk layar yang menggunakan tambahan pelindung. Opsi “Increase touch sensitivity” atau “tambah sensitivitas sentuhan” dapat meningkatkan sensitivitas layar sentuh smartphone anda.

Anda bisa dengan mudah disable atau enable menyesuaikan kondisi layar dengan tambahan pelindung atau tidak menggunakan tambahan pelindung melalui pengaturan display.

Kepekaan perangkat yang dikombinasikan dengan sistem operasi sangat mempengaruhi kinerja respon layar sehingga dengan fitur ini, jari anda cukup mengetuk lebih lembut pada permukaan layar ponsel.

4. Auto revoke permissions

Penambahan Fitur Auto revoke permissions pada Android 11 sangat bermanfaat sekali dalam hal keamanan yang memberikan perlindungan ekstra dari aplikasi-aplikasi yang mencurigakan.

Anda mungkin memiliki banyak sekali aplikasi yang terpasang di sistem dan tidak sedikit aplikasi yang hanya digunakan sekali saja. Setelah itu mungkin tidak anda gunakan lagi dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa aplikasi mencurigakan akan meminta izin akses yang tidak umum, dan pengguna yang tidak teliti akan meloloskannya begitu saja.

Dengan adanya fitur Auto revoke permission pada Android 11, Google sanggup mencabut izin secara otomatis pada aplikasi tertentu seperti akses ke kamera, file, kontak, lokasi, dll.

5. Dukungan waterfall displays yang lebih baik

Saat ini telah banyak smartphone dengan layar yang tanpa ujung. Beberapa smartphone seperti Xiaomi bahkan layarnya dapat melengkung hingga ke bagian belakang bodi ponsel.

Baca juga >>
Sering Diacuhkan di Grup WhatsApp, Gunakan Trik Ini Dijamin Banyak Yang Mention

Berbagai produsen seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, dll berlomba-lomba memproduksi ponsel dengan konsep waterfall display yang tentunya mendukung layar sentuh.

Android 11 menawarkan performa yang lebih baik lagi untuk ponsel dengan layar yang seperti ini. Khususnya pada aplikasi yang memang dirancang untuk dijalankan pada ponsel waterfall display.

Pengguna dapat menyentuh layar bagian samping atau bahkan belakang layar bodi untuk interaksi yang lebih lancar pada android 11.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat