5 Cara Memulai Bisnis Online yang Benar-Benar Menghasilkan

Zaman sekarang ini banyak orang memanfaatkan internet untuk membangun kerajaan bisnis yang mereka impikan. Kamu  pun dapat melakukannya setelah membaca postingan ini karena saya akan menjabarkan dengan detail cara memulai bisnis online yang benar-benar menghasilkan. Memulai bisnis online dan mengembangkannya terdengar mudah, tetapi tetap membutuhkan fokus dan kerja keras. Dan sebaiknya Kamu  tidak melakukannya bila  berpikir bisnis online mudah dijalankan dan mampu menghasilkan uang dengan cepat karena Kamu  akan berakhir dengan kekecewaan.

Di tahun 2020 saja pengguna internet di Indonesia mencapai 250 juta. Itu angka yang fantastis sebagai potensi penawaran barang dan jasa Kamu  di internet. Maka tidak ada salahnya mencoba peruntungan mengingat modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Kalau pun gagal, setidaknya Kamu  akan mendapatkan pengalaman berharga untuk membangun bisnis lainnya. Jangan takut gagal. Karena kegagalan terbesar ialah saat menyerah dan tidak mau mencoba lagi.

Berikut ialah apa yang Kamu  pelajari di artikel ini :

  • Menentukan Barang atau Jasa yang Akan Ditawarkan
  • Membangun Website Profesional dan Menambahkan Blog
  • Menulis Copy yang Menjual
  • Mendapatkan Pengunjung dari Mesin Pencari
  • Membangun Reputasi Sebagai Ahli
  • Dapatkan Pengikut dan Subcriber
  • Tingkatkan Pendapatan Kamu dengan Back End dan UpSelling

Siapapun Kamu , apapun latar belakang Kamu , Kamu  dapat menjalankan bisnis online setelah mempelajari cara mudah memulai bisnis online ini.

1. Menentukan Barang dan Jasa yang Akan Ditawarkan

Pertama-tama tentu Kamu  harus mencari produk untuk ditawarkan kepada pengguna. Kesalahan yang biasa dilakukan pebisnis online pemula ialah mencari produk terlebih dahulu, kemudian baru mencari pasarnya. Itu sesuatu yang patut Kamu  hindari sejak awal. Sebaliknya, pilih produk yang sudah ada pasarnya supaya  kesempatan sukses menjadi lebih besar.

Baca juga >>
3 Tips Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

Sama seperti model bisnis offline, hal pertama yang harus dilakukan ialah mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh pengguna internet. Kemudian baru kita tampil sebagai pemecah persoalan melalui produk yang kita tawarkan.

Untunglah hal tersebut sangat mudah dilakukan dengan internet : kunjungi forum-forum dan lihat apa yang biasa ditanyakan oleh pengguna internet lainnya dan masalah seperti apa yang ingin mereka pecahkan. Setelah Kamu  menyusun daftarnya, lakukan riset kata kunci untuk mencari tahu potensi masing-masing kata kunci yang berhubungan dengan daftar Kamu . Langkah selanjutnya tentu melihat pesaing dalam bisnis yang ingin Kamu  jalankan. Kunjungi situs-situs mereka dan lihat apa yang mereka tawarkan dan bagaimana mereka menyabila n penawaran. Dengan mempelajari hal tersebut, sekarang Kamu  punya gambaran mengenai produk yang ingin Kamu  jual dan seberapa keras tingkat persaingan yang ada.

2. Membangun Website Profesional

Setelah menemukan produk yang cocok di hati, langkah selanjutnya ialah membuat suatu website yang profesional. Website professional sendiri  bermanfaat untuk toko di dunia online, tempat Kamu  memajang produk-produk yang Kamu  tawarkan sehingga pembeli bisa memilah dan memilih penawaran yang paling sesuai dengan selera mereka. Usahakan menggunakan jasa desain profesional supaya  website Kamu  terlihat keren di mata pengunjung. Bagaimana pun juga, statistik menunjukkan sebagai berikut :

Kesan pertama orang 94% ditentukan oleh desain website. Berarti desain ialah alasan utama untuk tidak mempercayai atau menolak sebuah situs. Selain itu, 75% dari user bisa membuat penilaian pada kredibelitas perusahaan berdasarkan desain websitenya. Tak hanya itu,  88% dari user tidak akan berkunjung kembali pada saat mereka telah memiliki user experience yang buruk.

Bila pembuatan website telah selesai dibuat, jangan lupa untuk mengintregasikannya dengan blog. Blog ini berfungsi sangat vital untuk mendatangkan pengunjung. Bukankah percuma saja memiliki toko di internet tapi tidak dikunjungi oleh orang? Kamu  bisa membaca “Cara Membuat Blog Bisnis dengan 6 Langkah Mudah” untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Baca juga >>
PERUSAHAAN MENGALOKASIKAN DANA UNTUK BELANJA IT MENINGKAT 30%

3. Menulis Copywriting yang Menjual

Dengan menulis copywriting yang menjual maka dapat meningkatkan suatu omset penjualan yang terbukti sanggup mengkonversi pengunjung dengan baik sejak mereka tiba di website hingga benar-benar melakukan pembelian :

  • Membangkitkan minat dengan judul yang menarik .
  • Jelaskan masalah yang mampu diselesaikan produk Kamu .
  • Bangun kredibelitas Kamu sebagai pemecah persoalan (via konten-konten di blog).
  • Tambahkan testimonial dari orang-orang yang telah menggunakan produk Kamu .
  • Bicara sekilas mengenai produk dan apa saja manfaat yang bisa diperoleh oleh penggunanya (semakin banyak manfaat semakin baik.).
  • Lakukan penawaran.
  • Jangan lupa sertakan garansi juga.
  • Buatlah seperti urgensi.
  • Minta pengunjung untuk membeli produk Kamu .

Sepanjang copy Kamu , Kamu  perlu fokus pada bagaimana produk atau jasa Kamu  unik dibanding dengan yang sudah ada tentang bagaimana menyelesaikan suatu masalah dan membuat kehidupan pelanggan menjadi lebih baik. Berpikirlah seperti pembeli dan tanyakan “Apa untungnya bagi saya bila  membeli produk ini?”

Kalau Kamu  punya dana lebih, saya merekomendasikan Kamu  memakai jasa copywriter profesional saja. Bagaimana pun juga, masa depan bisnis Kamu  sangat ditentukan oleh copy yang Kamu  buat. Tidak menarik dan ucapkan selamat tinggal pada keuntungan.

4. Mendapatkan Pengunjung dari Mesin Pencari

Terdapat 2 sumber trafik (pengunjung) dari mesin pencari  seperti google yaitu trafik dari iklan (PPC) dan SEO. Iklan PPC merupakan cara termudah mendapatkan pengunjung bila  website kita masih baru. Kamu  hanya membayar bila  ada orang yang melakukan klik pada iklan yang Kamu  pasang (berada di urutan teratas mesin pencari Google). Kalau tidak ada yang mengklik, maka saldo Kamu  akan tetap utuh seperti semula.

Kedua, PPC memudahkan Kamu  melakukan tes untuk berbagai kata kunci yang berhubungan dengan produk Kamu . Kamu  bisa mencoba menganti judul, harga, atau pendekatan pada iklan Kamu  sehingga Kamu  mendapatkan kata kunci yang tingkat konversinya tinggi.

Baca juga >>
Apa Itu Ekonomi Bisnis Dalam Ilmu Ekonomi 2018

Setelah Kamu  menemukan beberapa kata kunci dengan konversi tinggi berdasarkan tes yang Kamu  lakukan, maka sudah saatnya bersaing dengan blog-blog lain untuk memperebutkan halaman pertama mesin pencari Google.Setelah itu, kamu dapat membuat suatu konten-konten yang menarik dan bermutu sesuai daftar kata kunci yang berhubungan dengan produk atau jasa, kemudian publikasikan di dalam blog yang terintegrasi dengan website. Proses ini biasa disebut dengan SEO (Search Engine Optimisation).

Bedanya dengan PPC, Kamu  tidak membayar sepeser pun. Kalau konten Kamu  bagus dan memenangkan persaingan dengan blog lain, secara otomatis semakin banyak yang akan datang melihat website Kamu . Dan tentu saja, penjualan akan semakin meningkat. Kamu  bisa membaca “Cara Termudah Belajar SEO” untuk mempelajari SEO lebih dalam.

5. Membangun Reputasi Sebagai Ahli

​Personal brand Kamu  akan sangat mempengaruhi penjualan. Orang-Orang harus percaya bahwa Kamu  ialah ahli di bidangnya sesuai dengan produk atau jasa Kamu. Contohnya saya yang notabenenya menjalankan bisnis jasa penulis artikel, maka untuk meningkatkan brand personal saya, di blog ini saya menulis berbagai macam konten sebagai portofolio sehingga calon pelanggan mengetahui kemampuan saya dalam menyusun aksara.

Atau bila  Kamu  menjual sepatu, maka Kamu  bisa menulis semua pengetahuan Kamu  tentang sepatu sehingga pengunjung mengetahui bahwa Kamu  orang yang tahu tentang produknya dan orang yang tepat untuk bertanya mengenai sepatu-sepatu terbaik.

Strategi lain yang tidak kalah penting ialah menjadi penulis tamu di situs-situs yang masih berhubungan dengan produk Kamu . Dengan begitu Kamu  akan semakin popular  sebagai ahli sesuai dengan produk yang Kamu  tawarkan. Semakin besar brand personal yang Kamu  miliki, semakin mudah orang-orang menjadi lebih tertarik berbisnis dengan Kamu . Karena brand yang bagus menumbuhkan rasa kepercayaan. Dan bisnis selalu tentang kepercayaan.

Order via Whatsapp !