Perusahaan besar menghabiskan jutaan rupiah untuk mengenalkan produk atau jasa kepada calon konsumen. Dengan begitu mereka bisa memasang iklan di televisi, atau dengan menjadi sponsor event-event besar, dan bahkan membayar blogger untuk mereview barang dagangannya.
Alasan orang-orang mau mengunjungi blog kita secara terus menerus dan meninggalkan blog-blog pesaing? Itulah brand kita. Maka dari tu, pada kesempatan kali ini akan mulai membahas faktor-faktor yang bisa membangun brand blog kita di mata pengguna internet sehingga mereka akan memilih untuk mengakses blog kita dibandingkan dengan sumber informasi lainnya. Berikut ialah faktor yang harus mulai Kamu perhatikan dan cara untuk membangun brand blog seperti yang kita inginkan yaitu
1. Bangun Blog Kamu dengan Konten-Konten Berkualitas Tinggi
Semua orang pernah membaca tips ngeblog terbaik berikut : “konten ialah raja”. Tapi untuk benar-benar mengaplikasikannya bukanlah perkara mudah. Apalagi bila informasi yang kita tulis merupakan hal-hal umum seperti strategi SEO atau tips-tips menulis, tantangannya menjadi lebih berat karena banyak blogger yang membahasnya.
Kesalahan yang banyak dilakukan blogger baru ialah menulis hal-hal umum tanpa perbedaan sedikit pun. Kamu bisa mengakses 10 website teratas dan tidak ada banyak perbedaan antara artikel satu dengan artikel lainnya. Nasihat saya, jangan membahas apapun bila Kamu tidak memiliki sudut pandang baru tentang tema yang Kamu tulis karena tulisan blogger lain sudah membahasnya dengan detail.
Brand ialah pembeda. Tak boleh sama. Dan itu membuat Kamu harus kreatif dan inovatif dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Sejelek apapun tulisan yang Kamu publikasikan, selama itu orisinil dan berbeda dari pesaing kamu, maka itu merupakan awal yang baik untuk meningkatkan brand yang Kamu usung.
Lagipula perilaku pengguna internet dewasa ini lebih cerdas. Mereka hanya mau membaca konten-konten yang ditulis dengan baik dan berkualitas tinggi. Kalau Kamu bisa konsisten menerbitkan konten dengan kualitas tinggi, orang-orang akan lebih mudah mengingat Kamu sesuai dengan topik yang Kamu angkat. Dalam waktu singkat Kamu akan dikenal sebagai ahli sesuai dengan industri yang Kamu geluti.
2. Luangkan Waktu Untuk Memperbaiki Tampilan Blog Kamu
Tampilan yang bagus ialah navigasi yang jelas dalam blog kamu. Sebuah kesalahan bila Kamu berfokus untuk mempercantik blog dengan berbagai desain namun tidak memperhatikan struktur naviagasinya.
Luangkan waktu beberapa hari untuk mengedit theme yang Kamu gunakan. Lakukan kustomisasi dan buat tampilan blog Kamu berbeda dengan blog lainnya. Bagaimana pun juga, tampilan merupakan salah satu hal yang berpengaruh besar terhadap pengalaman pengguna yang baik. Semakin bagus navigasinya, semakin puas pengunjung kamu. Hal tersebut juga membuat pengunjung blog Kamu mengingat blog Kamu dengan baik. Ketika mereka butuh informasi tentang topik yang sesuai dengan apa yang Kamu sajikan, mereka tidak akan ragu mengunjungi blog Kamu untuk kesekian kalinya. Selain itu setidaknya Kamu harus mempertimbangkan hal-hal berikut sebagai penguat brand blog kamu:
-
Logo
Pada umumnya perusahaan besar memakai simbol atau logo untuk menguatkan branding blog mereka. Logo merupakan representasi nilai-nilai yang diusung blog Anda. Jadi, usahakan unik dan enak dipandang mata. Paling tidak pengunjung harus ingat blog Kamu ketika mereka melihat logo tersebut di tempat lain.
-
Tagline
Brand Adidas punya tagline “just do it” yang populer. Perusahaan Apple memiliki slogan “be different” yang sudah dikenal penduduk bumi. Dan blog Kamu juga harus punya tagline yang sesuai dengan konten yang Kamu terbitkan.
-
Theme
Sehingga cukup banyak website yang menyuguhkan theme premium yang luar biasa bagus di internet. Kamu bisa membeli theme-theme tersebut dengan harga terjangkau. Menginvestasikan sedikit uang terkadang menjadi pembeda yang besar bagi kesuksesan blog Kamu di masa yang akan datang.
-
Header
Ada banyak desainer front end yang bisa membantu Kamu membuat header blog Kamu menjadi lebih cantik dan berbeda dengan blog lainnya. Header merupakan komponen blog dimana ada logo dan tagline blog kamu. Oleh sebab itu, pastikan desain header blog Kamu cukup baik untuk mendukung brand yang ingin Kamu bangun (header desain sesuai dengan topik yang Kamu bahas).
3. Menjadi Penulis Tamu di Blog Lain
Menjadi penulis tamu di blog lain sangat menguntungkan dilihat dari segi branding yang Kamu bangun karena tiga alasan. Pertama, ketika Kamu menulis untuk dipublikasikan di blog lainnya, biasanya Kamu diperbolehkan untuk menaruh link di bagian akhir artikel. Bila artikel Kamu menarik, ada kemungkinan orang akan mengklik link tersebut sehingga ia akan “terdampar” di blog kamu. Artinya jumlah pengunjung akan meningkat. Dan mereka akan lebih mudah mengingat nama blog kamu.
Kedua, menjadi penulis tamu merupakan tantangan awal bagi Kamu untuk membuktikan keahlian kamu. Kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan riset dan mempublikasikan konten yang luar biasa bagus sesuai dengan industri yang Kamu geluti di blog lain sehingga pengunjung di blog tempat Kamu menjadi penulis tamu mengakui keahlian kamu. Dengan demikian brand blog Kamu bisa meningkat. Mengesankan pembaca setia blog lain merupakan cara paling efektif untuk menjadikan mereka menjadi penggemar blog Kamu juga.
Ketiga, Kamu bisa menjalin hubungan baik dengan blogger lain. Dengan aktif menulis untuk blog lainnya, Kamu akan lebih mudah berinteraksi dengan blogger lain. Hal ini membuat teman-teman blogger Kamu memberi link untuk tulisan-tulisan Kamu di depan. Asal Kamu tahu, para blogger sukses memiliki skema seperti itu sehingga konten-konten mereka lebih mudah mendapatkan backlink yang membuat konten mereka berada di halaman pertama Google.
Masalah yang mungkin terjadi hanya satu hal, Kamu tidak menulis konten dengan baik. Di Indonesia masih ada anggapan bahwa bila menulis sesuatu yang berkualitas tinggi untuk blog lain, maka mereka merasa rugi. “Mengapa saya tidak menerbitkan konten tersebut untuk blog saya sendiri?”
Karena semua butuh pengorbanan. Di dunia ini tidak ada yang gratis. Bila Kamu hanya menulis sesuatu yang biasa saja di blog lain, maka brand Kamu tidak akan menjadi kuat. Orang-orang tidak akan tertarik dengan Kamu dan tidak pernah ingin tahu tentang kamu.
4. Jangan Lupa dengan Berkomentar
Berkomentar di blog lain merupakan cara yang hebat dalam memasarkan brand yang Kamu bangun. Kamu bisa berkomentar di blog-blog popular sesuai dengan topik blog Kamu sebanyak yang Kamu inginkan. Saran saya, gunakan Google reader supaya Kamu mendapatkan informasi-informasi terbaru tentang topik yang Kamu angkat.
Setelah Kamu selesai membaca artikel, pastikan Kamu meninggalkan komentar yang relevan dengan artikel yang ditulis. Komentar Kamu mencerminkan kepribadian Kamu sebagai ahli di topik tersebut. Jadi, jangan pernah menulis komentar dengan asal-asalan.
Juga pastikan Kamu menjadi bagian dari orang yang pertama berkomentar karena kebanyakan pembaca pasti juga membaca komentar-komentar yang ada. Selain brand Kamu semakin dikenal, Kamu juga bisa mendapatkan segundang manfaat berkomentar bila Kamu melakukannya dengan baik.