3 Destinasi Tempat Wisata di Prigen paling Layak Dikunjungi

Prigen adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan ini berjarak sekitar kilometer dari ibukota kabupaten Pasuruan ke arah barat. Pusat pemerintahannya berada di Kelurahan Prigen. Prigen dikenal sebagai daerah tujuan wisata di Jawa Timur.

Prigen Pasuruan Jawa Timur

Kecamatan Prigen ini sebenarnya tidak jauh dari Kota Surabaya ataupun Kota Malang. Hanya dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dari Surabaya atau Malang Anda sudah bisa menikmati destinasi wisata menarik di Prigen.

Bagi sebagian orang mungkin masih asing mendengar kata Prigen dan lebih familiar dengan kawasan wisata Tretes.  Tretes adalah kawasan wisata yang terletak di kecamatan Prigen. Tretes ini merupakan sebuah daerah wisata pegunungan di kaki dan lereng pegunungan Arjuno-Welirang dan berada pada ketinggian rata-rata 800 m di atas permukaan laut dengan suhu udaranya yang rata-rata mencapai 18-22 derajat Celcius. Tempat wisata ini sering diperuntukkan untuk camping.

Beberapa pariwisata yang terkenal di Tretes adalah Air terjun Kakek Bodo, air terjun Putuk Truno, air terjun Perhutani, Finna Golf dan yang paling terkenal adalah Taman Safari Indonesia 2. Terdapat juga sebuah situs peninggalan sejarah yang terletak di desa Candiwates, yaitu Candi Jawi. Di wilayah Prigen juga terdapat banyak hotel dan villa.

Berikut adalah 3 destinasi wisata paling layak dikunjungi di Prigen

1. Taman Safari Prigen

Berdasarkan wikipedia, Taman Safari Prigen atau dikenal juga dengan Indonesia Safari Park II Prigen, merupakan salah satu safari park terluas di Asia, yang terletak di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Baca juga >>
10 Makanan Tradisional Dubai yang wajib anda coba

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen Memiliki berbagai macam spesies hewan dan atraksi terbaik se-Indonesia, kolam renang dengan sistem filter air yang canggih, dan habitat yang tidak rusak dan suasana yang rimbun. Taman Safari Prigen menjadi tempat wisata yang berwawasan lingkungan dan berorientasi habitat satwa pada alam bebas.

Taman Safari Prigen merupakan salah satu dari tiga Taman Safari terbesar yang ada di Indonesia selain Bali Safari and Marine Park di Bali serta Taman Safari Bogor. Taman ini memiliki luas hingga 350 hektar, merupakan salah satu safari park terluas di Asia.

Terletak di kaki Gunung Arjuna, Taman Safari Prigen menawarkan sensasi berbeda dibanding tempat wisata lainnya. Pengunjung dapat menikmati petualangan unik yang mendebarkan bersama ribuan satwa yang ada di Taman Safari Terbesar dan terbaik di Asia ini.

Sebagai informasi terdapat sekitar 2000 spesies langka yang dapat disaksikan secara langsung. Ada banyak aktivitas dan wahana yang bisa dicoba serta dimainkan. Selain melihat-lihat dan berfoto bersama satwa-satwa yang ada, pengunjung juga dapat menikmati berbagai atraksi satwa.

2. Restoran D’Gunungan di Taman Dayu Prigen

Berada di wilayah pegunungan, Prigen punya alam yang indah. Salah satunya dapat dinikmati melalui restoran D’Gunungan yang terletak di puncak perbukitan Sagamore, Taman Dayu, Kecamatan Prigen, Pasuruan. D’Gunungan menawarkan pemandangan menakjubkan di ketinggian dan suasana sejuk khas pegunungan dengan panorama pegunungan eksotis seperti Gunung Arjuna, Gunung Welirang, dan Gunung Penanggungan.

Restoran D Gunungan

Berada di kawasan perbukitan dengan banyak pepohonan yang rindang menjadi sensasi tersendiri, udaranya sejuk dan panorama pegunungan eksotis Gunung Arjuna yang terlihat begitu jelas membuat pengunjung betah berlama-lama di kawasan ini.

Makin malam, panorama tempat nongkrong ini makin menakjubkan. Gemerlap lampu menjadi hal lain yang bakal memanjakan mata.

Baca juga >>
Mengenal Drum Band dan Jenis Alat Musik Drum Band

D Gunungan Malam

D’gunungan menawarkan beberapa ruangan dengan berbagai keunggulan. Seperti Amber Room, ruangan dengan kapasitas ber-AC. Ada juga area outdoor dengan pemandangan pegunungan. Rose Terrace yang berada di lantai bawah juga tak kalah keran. Konsep dapur terbuka dengan pemandangan kolam renang memberikan kesan tersendiri.

Ada juga area Hutan Pinus yang cocok untuk dijadikan tempat mengabadikan momen sakral. Di sudut lain, ada wedding venue yang dirancang sempurna. Lengkap, bukan?

Soal makanan, Anda bisa memilih makanan western maupun makanan tradisional. Dengan jumlah minimal order tertentu, di sini Anda bisa memilih makan di area indoor, outdoor, atau lesehan ala piknik.

3. Kedai Hutan Cempaka Prigen

Pasuruan sangat beruntung memiliki Kecamatan Prigen yang berpotensi besar sebagai tempat favorit menghabiskan masa liburan. Prigen merupakan kawasan dataran tinggi, banyak perbukitan, serta memiliki panorama alam pegunungan yang sangat indah.

Baru-baru ini telah hadir sebuah tempat nongkrong sekaligus tempat wisata kuliner di Prigen, Pasuruan. Tempat keren itu bernama Kedai Hutan Cempaka. Tempat ini sekarang sedang menjadi buruan bagi para pecinta ngopi dan wisata kuliner.

Kedai Hutan Cempaka Prigen 1

Kedai kopi ini mulai dibuka untuk umum pada tanggal 4 Juli 2020. Pengunjung di hari pertama mencapai lebih dari 350 orang. Wow banget kan?

Kedai Hutan Cempaka dibangun di area hutan yang pastinya terdapat banyak pohon besar dan rindang. Kedai ini memberikan nuansa baru yang nyaman untuk dinikmati saat liburan. Suasananya asri, sejuk dan nyaman.

Kedai Cempaka ini tempatnya luas, pas banget dijadikan untuk ngumpul bareng bersama keluarga, rekan kerja, maupun komunitas. Suasana alami benar-benar terasa, sesuai dengan istilah “Back to Nature“. Suhu udaranya terasa sangat sejuk, karena memang berada di ketinggian lereng Gunung Arjuno yang mencapai 850 Mdpl.

Baca juga >>
Panduan Memilih Jasa Poles Marmer Profesional

Kedai Hutan Cempaka Prigen 2

Tersedia fasilitas camping ground juga menjadikan liburan semakin seru. Ada opsi untuk camping  bersama keluarga maupun sahabat di tempat ini. Tentu semakin menambah pengalaman berkesan bisa merasakan camping di area hutan dengan suasana yang asri dan adem.

Kedai Kopi Cempaka ini tidak monoton, karena tersedia juga wahana permainan yang menarik. Para pengunjung dapat menikmati serunya permainan seperti panahan, ATV, dan lain-lain.

Kedai Hutan Cempaka Prigen 3

LOKASI DAN RUTE KEDAI HUTAN CEMPAKA PRIGEN

Lokasi Kedai Hutan Cempaka ini terletak di Yayasan Cempaka, Gamoh, Dayurejo, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Letak kedai kopi keren ini tak jauh dari kawasan wisata Taman Safari maupun Jendela Langit. Dari Kecamatan Prigen hanya berjarak 9 Km, atau sekitar 19 menit waktu perjalanan.

Rute perjalanan bila dari Malang maupun Surabaya, maka bisa melewati Jalan Taman Safari 2. Sedangkan bila dari Kecamatan Prigen, maka melewati Jalan Raya Tulang, kemudian melewati Pintu Langit. Perjalanan masih berlanjut hingga melewati SMPN 2 Prigen, kemudian lanjutkan perjalanan hingga ke lokasi.

Jam Buka Kedai Hutan Cempaka :

Senin – Jumat: 12.00 – 20.00

Sabtu & Minggu: 09.00 – 22.00

Untuk informasi lebih detail mengenai destinasi wisata di Prigen, Anda bisa mengunjungi website PIGUNIGU di alamat https://pigunigu.com

Demikian ulasan mengenai 3 Destinasi tempat wisata di Prigen yang paling layak dikunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Order via Whatsapp !