12 Software Translate untuk PC Gratis Online dan Offline 2020

Apa itu Aplikasi Translator?

CSG Teknologi  – Aplikasi translator atau software translator adalah sebuah aplikasi/program/software yang dikembangkan khusus untuk menerjemahkan kata atau kalimat dengan mudah dan efisien. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menyimpan dan mengedit hasil terjemahan sesuai dengan keinginan.

Terlebih, keuntungan menggunakan software ini untuk kamu yang masih kurang dalam hal menerjemahkan dokumen, artikel dan berbagai sumber bahasa asing menjadi bahasa yang ingin kamu gunakan. Ada beberapa software dibawah ini yang menawarkan fitur banyak bahasa untuk diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Mulai dari Bahasa Inggris, Spanyol, Itali dan banyak bahasa lain yang bisa kamu terjemahkan ke bahasa lokal. Jika kamu sedang mencari software translate yang cocok untuk kamu gunakan offline dan online, teruskan membaca artikel rekomendasi aplikasi translate untuk PC terbaik dibawah ini.

Jenis Aplikasi Translator untuk PC

Ada beberapa jenis translator PC yang harus kamu ketahui supaya bisa memilih aplikasi translate yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Berikut adalah beberapa aplikasi translate yang sudah berkembang saat ini:

  1. Cloud-based translator.
    Cloud-based translator atau biasa disebut sebagai web-based translator adalah jenis translator yang mengharuskan akses menggunakan web browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Untuk saat ini, jenis translator ini memiliki peminat dan pengguna yang sangat banyak dan terus berkembang.
  2. Desktop-based translator.
    Sedangkan desktop-based translator adalah jenis software tradisional atau model lama yang mengharuskan pengunduhan dan penginstalan software sebelum digunakan. Tentu saja kamu bisa menggunakan translator PC jenis ini di sistem operasi manapun jika tersedia, termasuk Windows, Mac OS, Linux dan OS lainnya.
Baca juga >>
Aplikasi Kasir Yang cocok untuk Barbershop

Rekomendasi Aplikasi Translate Offline & Online (Gratis & Berbayar)

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi translate offline maupun online yang bisa kamu gunakan secara gratis dan juga berbayar versi CSG Teknologi:

Aplikasi Translate Cloud-based versi Gratis

1. Smartcat

Smartcat - Software Translate PC Terbaik
Smartcat

Smartcat merupakan salah satu aplikasi translate cloud based yang sangat cepat berkembang dan banyak digunakan saat ini. Selain gratis, aplikasi translate ini juga mempunyai tata letak yang sederhana dan mudah digunakan walaupun pada penggunaan pertama kali.

Walaupun gratis aplikasi ini juga mempunyai fitur jasa freelancer dan mempunyai marketplace sendiri. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan para pengguna lain untuk kebutuhan projek tertentu. Jika tidak puas dengan versi gratis, kamu juga bisa berlangganan versi Pro.

2. Wordfast Anywhere

Wordfast Anywhere
Wordfast Anywhere

Wordfast Anywhere mempunyai dua versi yaitu versi berbasis desktop dan web. Juga terbagi menjadi Wordfast Classic dan Wordfast Pro dengan kelebihan masing-masing. Aplikasi translate ini bisa kamu nikmati gratis.

Selain gratis, jika kamu menggunakan versi cloud based, maka kamu juga bisa berkolaborasi dengan pengguna lain dan berbagi projek terjemah. Desain aplikasi ini juga user-friendly namun kekurangan utamanya adalah lambat dan banyak bug didalam aplikasi translate gratis ini.

Coba Wordfast Anywhere

3. MateCat

Matecat - Software Translate PC Terbaik
MateCat

MateCat dikenal sebagai salah satu aplikasi translate berbasis web yang banyak digunakan oleh freelancer ataupun perusahaan jasa. Translator ini tersedia dalam dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar.

MateCat translator versi gratis tidak kalah bagus nya dengan translator versi berbayar ataupun versi gratis yang serupa. Sama halnya dengan Smartcat, aplikasi ini bisa digunakan tanpa adanya limit yang membatasi jumlah user dan jumlah projek.

Baca juga >>
Beragam Cara Menghilangkan Iklan Di HP Android Yang Wajib Diketahui

Untuk kamu yang ingin berlangganan versi berbayar harus merogoh kocek sebesar 1,685 USD untuk satu bulan. Tentu saja harga yang ditawarkan sangat berbanding lurus dengan fitur dan kegunaannya. Namun, tentu saja versi gratis akan dibatasi fungsional dan fiturnya.

Lagi pengen ngedit video untuk kebutuhan konten Instagram? Ini dia beberapa software edit video untuk PC yang bisa kamu gunakan untuk editor video professional dan ada juga video editor gratis nya lho!

Untuk pengguna Android, silahkan cek artikel rekomendasi Aplikasi Edit Video Android yang bisa kamu unduh dan install langsung di smartphone Android kamu ya.

Aplikasi Translate Desktop-based versi Gratis

4. OmegaT

OmegaT - Software Translate PC Terbaik
OmegaT

Aplikasi translate versi gratis yang bisa kamu unduh dan install di desktop adalah OmegaT. Bisa digunakan pada sistem operasi Windows, Mac dan Linux. Software ini mempunyai desain dan tata letak yang sangat berbeda dari kebanyakan aplikasi translate gratis lainnya, namun termasuk mudah digunakan.

Namun kekurangan OmegaT adalah tidak adanya support atau update khusus dari pakar bahasa seperti pada aplikasi berbayar. OmegaT hanya mendapatkan support dari komunitas saja dan sangat tidak cocok untuk digunakan untuk perusahaan atau jasa terjemahan.

5. CafeTran Espresso

CafeTran Espresso - Translator PC Terbaik
CafeTran Espresso

Untuk kamu pengguna Windows, aplikasi satu ini tidak bisa kamu gunakan karena hanya support untuk sistem operasi Mac dan Linux saja. CafeTran Espresso mempunyai versi gratis dan berbayar. Kekurangan versi berbayar adalah fitur yang bisa kamu gunakan lumanyan terbatas.

Untuk pengguna iPhone yang belum mengerti bagaimana cara transfer media ke iPhone seperti foto dan video, silahkan baca artikel tentang cara memindahkan foto dari PC ke iPhone secara mudah dan tersedia lebih dari satu cara.

Baca juga >>
Tampilan Google Playstore Berubah Sejak 23 Juli 2018

Aplikasi Translate Cloud-based versi Berbayar

6. Memsource Web App

Memsource - Translator PC Terbaik
Memsource

Memsource merupakan salah satu aplikasi translate terbaik saat ini. Namun, sayangnya bagi kamu yang sedang mencari software translate gratis, kamu harus membayar untuk menggunakan tranlator ini seharga mulai dari 27 USD per bulan hingga 350 USD per bulan.

Memsource sendiri mempunyai dua versi terjemahan yang bisa kamu gunakan, yaitu editor dekstop-based dan editor cloud-based. Kekurangannya adalah aplikasi translate ini tidak cocok untuk digunakan untuk projek besar, namun sangat ringan jika mengerjakan projek dengan standar biasa.

Unduh Memsource

7. XTM Cloud

XTM Cloud - Translator PC Terbaik
XTM Cloud

XTM Cloud sangat terkenal sebagai translator berbasis web yang sangat ramah untuk pengguna pemula dengan dukungan teknis yang sangat lengkap dan cepat. Sama halnya dengan Memsource, XTM Cloud merupakan aplikasi translate bahasa berbayar.

Kamu bisa berlangganan secara tahunan dengan perkiraan pembayaran sebesar 61 USD per bulannya dengan batasan 20.000 kata dalam satu bulan. Namun, jika kamu memilih paket translator tanpa batas kata, tentu saja kamu harus merogoh kocek yang lumayan besar yaitu mulai dari harga 359 USD per bulan.

Coba XTM Cloud

8. Wordbee

Wordbee - Aplikasi Translate PC Terbaik
Wordbee

Wordbee merupakan salah satu aplikasi terjemahan berbasih komputer yang lumayan dikenal dan banyak digunakan saat ini. Kelebihan aplikasi translator ini adalah memiliki manajemen projek yang sangat baik.

Kekurangannya adalah dari segi kecepatan dan berbayar. Tentu saja jika kamu memiliki kantong tebal, silahkan berlangganan aplikasi ini dengan harga mulai dari 330 USD per tahun. Sebelum membeli, gunakan fitur free trial selama 15 hari untuk mencoba fitur apa saja yang akan kamu dapatkan jika berlangganan aplikasi ini.

Laman Resmi Wordbee

Baca juga >>
Cara menghapus virus malware di android dengan mudah dan cepat

CCleaner adalah sebuah software yang bisa membersihkan cache dan file sampah lainnya di laptop atau di PC. Baca panduan bagaimana cara menggunakan CCleaner untuk membersihkan file sampah di PC.

Untuk pengguna Windows 10, silahkan akses dan baca artikel tentang cara hapus cache Windows Update untuk lebih mempercepat kecepatan laptop kamu.

Aplikasi Translate Desktop-based versi Berbayar

9. SDL Trandos Studio

SDL Trados Studio - Translator PC Terbaik
SDL Trandos Studio

SDL Trados menjadi salah satu software desktop yang banyak digunakan untuk kebutuhan terjemah. Kebanyakan yang menggunakan produk ini adalah perusahaan, jasa terjemah dan media besar lain. Memiliki fitur yang banyak dan mudah digunakan.

Namun, Trados merupakan software translate berbayar. Biaya yang harus kamu keluarkan adalah 780 USD dengan fitur 30-free trial sebelum membeli. Pengguna menyukai aplikasi translator ini karena fitur yang sangat banyak dibandingkan dengan software translator lain.

Kekurangan yang akan kamu temui adalah tentu saja harga yang lumayan mahal dan aplikasi translate ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows saja. Terbatas untuk kamu yang menggunakan sistem operasi selain Windows seperti Mac OS atau Linux.

Coba Gratis SDL Trados Studio – 30 Hari

10. Wordfast Translate PC

Wordfast Pro - Aplikasi Translate PC Terbaik
Wordfast Pro

Wordfast termasuk ke dalam salah satu aplikasi translate yang mudah untuk digunakan. Jika kamu sering menggunakan Microsoft Word, maka kamu akan sangat familiar dengan Wordfast, terlebih yang versi Wordfast Classic yang bisa menerjemahkan file dengan format Word.

Kelebihan yang bisa kamu temukan adalah Wordfast bisa menerjemahkan banyak jenis format file selain Word. Namun, kamu harus berlangganan versi Pro. Aplikasi translate ini juga bisa kamu gunakan pada Windows, Mac dan Linux.

Kekurangan yang sangat mencolok adalah harganya yang lumanyan mahal yaitu 450 USD untuk salah satu versi Classic atau Pro dan 550 USD jika kamu berlangganan kedua versi tersebut. Wordfast Classic hanya mendukung format Ms. Word saja, sedangkan versi Pro bisa menerjemahkan banyak jenis file namun juga memiliki fitur terbatas dibandingkan dengan aplikasi translate dengan harga serupa.

Baca juga >>
Cara Menghidupkan Mode Hemat Baterai di Miui 10

11. memoQ – Software Translate PC

memoQ - Software Translate untuk PC
memoQ

Salah satu pesaing utama Trados adalah memoQ. Banyak fitur dan fungsionalitas yang serupa diantara kedua aplikasi translate ini. Harga yang ditawarkan untuk versi berbayar juga lumanyan sama yaitu mulai dari 770 USD dengan masa percobaan selama 30 hari sebelum membeli.

Coba Gratis Aplikasi Translator memoQ

12. Memsource Desktop

Memsource Desktop - Aplikasi Translate PC Terbaik
Memsource Desktop Version

Meskipun lebih dikenal sebagai aplikasi translate berbasis web, namun Memsource juga mempunyai software berbasis desktop yang tidak kalah kerennya. Aplikasi translate ini bisa kamu gunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac dan Linux.

Kekurangan yang sangat disayangkan adalah pada fitur manajemen terminologi. Aplikasi Memsource versi desktop sangat tidak bagus untuk pengelolaan kata dibandingkan dengan aplikasi translate lain seperti memoQ dan Smartcat versi web.

Baca juga apa saja aplikasi edit video yang bisa kamu gunakan untuk smartphone Android kamu di dalam artikel rekomendasi Aplikasi Edit Video untuk Android.

Order via Whatsapp !