SEON One Stop Solution Bisnis Online Indonesia

Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

12 Perusahaan Terbesar di Indonesia 2018 seonindo 09:43

12 Perusahaan Terbesar di Indonesia 2018

12 Perusahaan Terbesar di Indonesia 2018

12 Perusahaan Terbesar di Indonesia 2018

Indonesia sebagai tanah air tercinta memiliki sederet perusahaan yang memiliki kinerja terbaik dan berhasil mendapatkan pendapatan bersih yang sangat fantastis. Tentunya banyak oran yang penasaran dengan sederet perusahaan yang dianggap sebagai perusahaan terbesar di Indonesia ini. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai deretan perusahaan terbesar di Indonesia menurut versi kami.

Perusahaan terbesar di Indonesia yang akan kami jelaskan berikut ini tidak hanya berasaldari perusahaan milik negera saja, namun juga perusahaan swasta yang termasuk ke dalam perusahaan terbesar di Indonesia.

Perusahaan yang akan kami jelaskan berikut ini merupakan pemeringkatan perusahaan yang dilihat dan mencerminkan kinerja perusahaan yang baik dan berhasil mendapatkan pendapatan bersih hingga triliunan rupiah. Keberhasilan dari perusahaan terbesar di Indonesia ini tentunya disebabkan oleh loyaitas dari pelanggan dan perusahaan yang menjalin kerjasama kepada perusahaan tersebut. Dengan adanya konsumen yang loyal, maka perusahaan dapat berjalan dengan lebih baik dan lebih mudah untuk memperluas cakupan bisnis dari perusahaan.

Nah, penasaran kan apa siapa saja yang masuk ke dalam ketegori perusahaan terbesar di Indonesia menurut SEON. Yuk simak ulasannya berikut ini.

12 Perusahaan Terbesar di Indonesia Berdasarkan Labanya

1. PT Astra Internasional Tbk 

Hingga saat ini penjualan yang dilakukan oleh PT Astra Internasional Tbk mencapai hingga Rp. 206,1 Triliun. Perusahaan multinasional yang bergerak di bidang produksi otomotid ini bermarkas di Jakarta. Kegiatan utama yang dilakukan oleh PT Astra Internasional Tbk yakni meliputi perakitan dan penyaluran mobil, sepeda motor beserta suku cadangnya, pertambangan dan jasa terkait, pengembangan perkebunan, jasa keuangan, infrastruktur, penyewaan alat berat dan teknologi informasi.

Sejak tanggal 4 April 1990 perusahaan terbesar di Indonesia ini sudah tercatat dalam Bursa Efek Jakarta. Hingga saat ini mayoritar kepemilikan sahamnya dipegang oleh PT. Trans Corp yakni sebesar 50,1%.

2. PT Telekomunikasi Indonesia

Perusahaan terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah PT Telekomunikasi Indonesia atau dikenal dengan sebutan PT Telkom. Perusahaan ini menyediakan jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia yang bergerak di bidang informasi dan komunikasi.

Pihak Telkom mengkalin bahwa dirinya adalah perusahaan telekomunikasi terbesar yang ada di Indonesia. Hal ini karena hingga saat ini jumlah pelanggan telepon tetap dari Telkom adalah sebanyak 15 juta sedangkan untuk pelanggan telepon seluler adalah sebanyak 104 juta. PT Telekomunikasi Indonesia ini merupakan perusahaan BUMN yang setengah sahamnya dimiilki oleh pemerintah Indonesia sendiri yakni sebanyak 52,56% dan 47,44% dimiliki oleh public, investor dalam negeri dan Bank of New York. Hingga saat ini jumah penjualan yang dilakukan oleh PT Telekomunikasi Indonesai sebagai perusahaan terbesar di Indonesia dilihat dari segi penjualannya adalah sebesar Rp. 128,26 Triliun.

3. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

Hingga saat ini PT Indofood CBP sudah memperoleh penjualan hingga Rp. 70,19 Triliun. Perusahaan yang bergerak di bidang produsen segala macam makanan dan juga minuman ini menjadi salah satu favorit bagi para konsumennya. PT Indofood dinobatkan sebagai perusahaan terbesar di Indonesia berdasarkan pendapatannya.

PT Indofood ini didirikan pertama kali pada tanggal 14 agustus 1990 yang bertranformasi menjadi perusahaan totoal food solution pada saat ini. Kegiatan opersional yang dilakukan oleh perusahaan terbesar di Indonesia yang satu ini mencakup selutuh proses produksi. Mulai dari produk mi instan, makanan ringan, kecap, susu, hingga makanan bayi. Hingga saat ini PT Indofood sudah mengekspor bahan makanannya hingga ke Negara Asia, Eropa dan Australia.

Baca juga  16 Perusahaan Terbesar di Dunia 2018

4. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk 

Perusaan terbesar di Indonesia selanjutny adalah Bank Rakyat Indonesia atau BRI yang sudah melakukan penjualan hingga Rp. 69,4 Triliun sampai saat ini. BRI berdiri pada tahun 1895 yakni pada tangga 16 desember.

BRI memiliki target pasar masyarakat kecil dengan produk-produk dana pelayanan dan memberkan berbagai macam fasilitas kredit kepada pengusaha kecil. Para pemegang sahan dari BRI hingga saat ini adalah pemerintah Indonesia (56,75%) dan publik (43,25%).

5. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk 

Alfamart yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa swalayan merupakan perusahaan terbesar di Indonesia kelima dengan total pendapatan Rp. 61,46 Triliun hingga saat ini.

Pihak alfamart sudah memiliki banyak cabang swalayan diseluruh Indonesia. Selain itu, juga terdapat lebih dari 200 produk makanan dan barang serta kebutuhan hidup yang lainnya yang juga tersedia di Alfamart. Brand produk yang diangkat oleh pihak alfamart itu sendiri adalah produk alfamart dan alfamidi.

6. Waskita Karya Persero Tbk

Hingga saat ini total penjualan yang dilakukan ileh PT Waskita Karya Persero adalah sebesar Rp 45,21 triliun. Salah satu perusaahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini dinobatkan sebegai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta.

Perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi ini merupakan perusahaan yang membangun proyek Bandara Internasional Sastranegara di Bandung, Bandara Internasional Radin Intan II, Branti Raya di Lampung Selatan, Lampung, Bandara Internasional APT Pranoto, Sungai Siring di Samarinda dan lainnya.

7. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

PT Bank Mandiri merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang perbankan. Tidak hanya itu, bank mandiri merupakan salah satu bank yang menjadi favorit di kalangan konsumen atau masyrakat Indonesia. Hingga saat ini penjualan atas jasa yang diberikan adalah sebesar Rp. 44,8 triliun.

Pada tahun 2013 aset yang dimiliki oleh Bank Mandiri adalah sebesar Rp. 670 triliun. Adapun beberapa produk yang ditawarkan adalah produk tabungan, deposito, e-tool card dan produk lainnya.

8. PT Bank Central Asia Tbk 

Hingga saat ini, eksistensi dari Bank Central Asia atau BCA menjadikannya sebagai salah satu dari perusahaan terbesar di Indonesia. Tidak hanya itu, penjualan dari BCA hingga saat ini sudah mencapai Rp. 41,8 Triliun. BCA merupakan milik dari salah satu grup perusahaan rokok terbesar yang ada di dunia yaitu djarum.

9. PT Unilever Indonesia Tbk  

Perusahaan uniliver merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang konsumen. Perusahaan ini pertama kali berdiri pada tangga 5 november 1933 di rotterda, Belanda dengan nama pendirinya adalah Lever Zeepfabrieken.

Nama perusahaan berubah menjadi PT Uniliver Indonesia yang merupakan anak dari perusahaan uniliver. Walaupun penjualannya sudah mencapai Rp. 41,2 Triliun namun pendapatan labanya belum menempati peringkat perusahaan terbesar di Indonesia dalam hall aba bersih pada tahun ini.

10. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk 

PT Semen Indonesia merupakan produsen semen terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1957 di Gresik, Jawa Timur. Perusahaan Semen Gresik tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya pada tanggal 8 Juli 1991. Oleh karena itu, perusahaan semen ini merupakan perusahaan BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat.

Hingga saat ini, kapasitas dari semen Indoensia yang terpasang adalah sebesar 29 ton semen tiap tahunnya dan sudah menguasai sekitar 42% pangsa pasar semen domestic dengan penjualan mencapai Rp. 27,81 triliun

Baca juga  10 usaha sampingan modal kecil dan mudah terbaru 2018

11. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk 

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi yang didirikan pada tahun 1960. Perusahaan ini disebut juga dengan nama WIKA yang pada saat ini berevolusi menjadi perusahaan infrastrukur yang terintegrasi melalui pengembangan sejumlah anak perusahaan antara lain adalah WIKA Beton, WIKA Intrade, dan WIKA Realty.

Hingga saat ini penjualannya sudah mencapai hingga Rp. 26,18 triliun. Hingga pada saat ini, perusahaan ini sudah memiiki 6 strategi bisnis unit yang terdiri dari konstruksi (Kontruksi sipil dan konstruksi Bangunan Gedung), Mekanikal elektrikal, Industri Beton Pra cetak, Real Estate dan Industri Lainnya. Tidak hanya itu, rencananya untuk kedepannya PT Wijaya Kusuma akan semakin terintegrasi menjadi perusahaan Engineering Procurement Construction (EPC) dan Investasi.

12. PT AKR Coporindo Tbk  

PT AKR Corporindo merupakan salah satu perusahaan multinasonal yang bermarkas di Jakarta ini menghasilkan berbagai macam produk bahan bakar dan gas alam. Hingga kini, besarnya penjualan yang didapatkan sudah mencapai hingga Rp. 18,29 triliun.

12 Perusahaan Terbesar di Indonesia Menurut Labanya

Nah, setelah kita membahas mengenai 13 perusahaan terbesar di Indonesia menurut penjualannya berikutnya, yuk kita bahas perusahaan terbesar di Indonesia jika dilihat dari labanya. Adapun daftar perusahaan terbesar di Indonesia menurut labanya adalah sebagai berikut:

1. Pertamina

Pertamina merupakan perusahaan yang sudah berdiri sejak 1957. Perusahaan yang termasuk ke dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menjalankan kegiatan usaha eksplorasi, produksi, hingga transmisi minyak dan gas.

Tidak hanya itu,  Pertamina juga mendukung program pemerintah dalam menyediakan 10.000 Mega Watt (MW) listrik. Hal ini mereka lakukan dengan adanya kegiatan eksplorasi dan produksi panas bumi di Indonesia. Pertamina dinobatkan sebagai perusahaan terbesar di Indonesia yang pertama karena labanya mencapai hingga Rp. 36,4 triliun

2. Telkomsel 

Perusahaan terbesar di Indonesia berdasarkan labanya yang berikutnya adalah telkomsel yang merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi. Di akhir tahu 2017 lalu, perusahaan telkomsel sudah berhasil membukukan laba bersih hinga Rp. 22, 14 triliun yang naik 14,43% dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp. 19,3 triliun. Dengan laba yang sedemikian rupa, telkomsel dinobatkan sebagai perusahaan terbesar di Indonesia kedua yang memiliki laba fantastis.

3. Bank Rakyat Indonesia (BRI) 

BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu perusahaan perbankan yang juga memiliki laba yang cukup fantastis yang sudah mencapai hingga Rp. 29,04 triliun. Jika dilihat dari kegiatan hasil usahanya sepanjang tahun 2017, BRI sudah berhasil meraup laba yang sangat besar. Keberhasilan dari BRI ini sebagian besar mereka peroleh dari kinerja penyaluran kredit yang mereka berikan kepada masyarakat. Dimana, kredit yang diperoleh BRI tumbuh sebanyak 11,4% jika dibandingkan pada tahun 2016.

4. Bank Central Asia (BCA) 

Salah satu perusahaan perbankan yang berada di posisi ke-4 perusahaan terbesar di Indonesia berikutnya adalah Bank Central Asia yang pada akhir 2017 mendapatkan laba sebesar Rp. 23,3 Triliun. Angka ini menunjukkan pertumbuhan laba dibandingkan tahun 2016 hingga 13,1%. Menurut informasi yang kami dapatkan pasalnya kenaikan laba ini dikarenakan adanya kredit serta dana dari pihak ketiga.

5. Bank Mandiri 

Perusahaan yang bergerak di bidang perbankan yang berikutnya dinobatkan sebagai perusahaan terbesar di Indonesia adalah Bank Mandiri. Laba bersih yang diperoleh bank mandiri pada tahun 2017 kemarin mencapai hingga Rp. 20 Triliun mengalami kenaikan hingga 53,09% dibandingkna tahun 206. Hal ini dikarenakan Bank Mandiri bisa menekan biaya operasionalnya dan pendapatan dalam hal korporasi atau ritel.

Baca juga  peluang usaha modal kecil untung besar terbaru 2018

6. Astra Internasional

Jika dilihat dari laba yang diperoleh PT Astra Internasional menduduki posisi ke-6 menjadi perusahaan terbesar di Indonesia. Tercatat laba yang diperoleh di akhir tahun 2017 lalu adalah sebesar Rp. 18,88 Triliun yang mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2016 yang hanya memperoleh laba sebesar Rp. 15,15 triliun. Perolehan pendapatan yang diperoleh oleh PT Astra Internasional ini tidak terlepas dari adanya keuntungan yang didapatkan dari sektor perbankan (Bank Permata), bisnis alat berat, dan pertambangan.

7. Bank Negara Indonesia (BNI) 

Pada tahun 2017 kemarin merupakan salah satu momen yang gemilang yang diperoleh Bank Negara Indonesia (BNI) dengan perolehan laba mencapai Rp 13,62 triliun. Laba yang diperoleh lebih besar dari tahun 2016 hingga 20,1%.Meningkatnya laba yang diperoleh BNI pada hal ini disebabkan oleh adanya penyaluran kredit yang dari BNI yang mencapai hingga 12,2%, sedangkan untuk pendapatan non bunga pada BNI sudah mencapai Rp. 9,78 Triliun.

8. PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (Sampoerna)

Tidak seperti beberapa perusahaan sebelumnya yang mengalami peningkatan pendapatan, PT Sampoerna malah mengalami penurunan pendapatan di tahun 2017 lalu hingga 0,71%. Namun meskipun demikian perusahaan masih menjadi perusahaan terbesar di Indonesia jika dilihat dari segi laba yang diperolehnya.

Adapun laba yang diperoleh Perusahaan sampoerna ini mencapai Rp. 12,67 triliun karena kinerjanya yang bagus dan perusahaan ini juga terkenal denga dana sosial yang diberikannya dalam bentuk beasiswa sampoerna.

9. Unilever

Jika kita berbicara mengenai perusahaan terbesar di Indonesia serta perusahaan terbaik di Indonesia, rasanya kita tidak mungkin untuk menghilangkan nama uniliver ke dalamnya. Pada tahun 2017 kemarin laba yang diperoleh PT Unilever mencapai Rp. 7 triliun. Hal ini didukung oleh peningkatan penjualannya yang sudah mencapai hingga Rp. 41,2 Triliun. Sudah dapat dipastikan bahwa seluruh masyarakat yang ada di Indonesia sendiri sangat familiar produk-produk dari Unilever seperti produk mandi hingga produk makanan.

10. Gudang Garam 

PT Gudang Garam Tbk berhasil menaikan laba bersihnya di tahun 2017 sebanyak 16,07% menjadi Rp 7,75 triliun, oleh karena itu gudang garam dinobatkan sebagai perusahaan terbesar di Indonesia ke 10 dengan penjualan di pasar lokal mencapai hingga Rp 80,57 triliun dan ekspor mencapai Rp 2,73 triliun.

11. Indofood

Perusahaan terbesar di Indonesia dilihat dari laba berikutnya adalah PT Indofood yang sudah mencapai laba Rp. 4,17 Triliun. Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan yang bergerak di bidang makanan ini. ada banyak produk makanan yang dihasilkan oleh Indofood seperti produk mi instan hingga produk bumbu masakan.

12. Perusahaan Gas Negara

PGN atau perusahaan Gas Negara merupakan perusahaan terbesar di Indonesia dengan perolehan laba mencapai sebanyak Rp 1,3 triliun pada akhir tahun 2017 lalu Laba yang didapatkan ini diperoleh dari hasil hasil penjualan gas sekitar Rp 2,5 miliar selama tahun 2017. Untuk mendukung operasionalnya.

Itulah informasi mengenai daftar perusahaan terbesar di Indonesia yang dapat kami sampaikan baik berdasarkan penjualannya ataupun labanya.Jangan lupa like dan share jika anda merasa artikel ini layak untuk dibagi ke orang orang terdekat anda. Salam sukses dari kami SEON One Stop Solution.

Sumber : Bisnis Online Indonesia

5/5 (1 Review)

Previous

Next

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

/* */