Meskipun pada umumnya sudah mempunyai segudang aktivitas di kantor ataupun di mana saja, tetap saja sebagian orang masih ingin menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk menambah pemasukan setiap bulannya. Istilah semacam ini lebih kita kenal dengan peluang usaha sampingan.

Bila anda bekerja sebagai karyawan atau pegawai kantor sebenarnya anda juga memiliki hak untuk melakukan bisnis sampingan. Apalagi ini juga membantu kondisi finansial anda menjadi lebih baik. Namun, anda juga harus memperhitungkan modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis seperti ini.

Memang tak banyak orang yang kuat menjalankan aktifitas sampingan seperti ini, namun terkadang memang perlu di coba, ya siapa tahu beruntung! Tidak kuatnya orang menjalankan aktifitas ini karena sudah berpedoman di pekerjaan utamanya.

Khusus bagi Anda yang mungkin tertarik untuk menjalankan  peluang usaha sampingan yang menguntungkan, namun tetap bisa santai, ini dia type bisnisnya. Perlu untuk dicoba karena kita tidak pernah tahu keberuntungan, asal semua masih di sertai dengan niat yang kuat, jujur dan penuh keberhati-hatian dan ketelitian.

Peluang Usaha Sampingan yang Menguntungkan

Anda bisa memanfaatkan waktu luang yang cukup banyak untuk membuka bisnis sampingan. Apalagi modal yang dibutuhkan untuk bisnis seperti ini biasanya cukup kecil. Tentu saja perhitungan bisnis ini juga disesuaikan dengan kemampuan anda untuk mengelola dalam waktu yang cukup panjang. Masing-masing dari pilihan bisnis ini biasanya dilakukan dari rumah.

Selain itu, anda juga harus memiliki manajemen waktu yang cukup maksimal untuk menggunakan peluang bisnis itu. Sebaiknya pilih bisnis sampingan yang disesuaikan dengan keahlian anda. Ini dilakukan agar perjalanan bisnis anda bisa didukung dengan minat dan passion yang cukup besar.

Memiliki pekerjaan dengan gaji bulanan memang sangat menyenangkan, apalagi jika gajinya besar. Namun, anda juga harus ingat bahwa ada resiko yang bisa datang sewaktu-waktu seperti perusahaan bangkrut, kebakaran di tempat kerja, hingga kesehatan anda yang bisa menurun kapan saja. Semua resiko tersebut tentunya membuat anda tidak bisa bekerja lagi.

Selain itu, kebutuhan hidup yang terus meningkat ditambah harga bahan pokok yang semakin melonjak tentunya jika hanya mengandalkan gaji bulanan belum tentu cukup, bersyukur jika anda memiliki gaji yang besar, sedangkan untuk yang gajinya kecil atau pas-pasan bagiamana? Solusinya adalah dengan mulai merintis suatu usaha, berikut ini ada jenis peluang usaha sampingan yang bisa anda pilih salah satunya :

1. Jualan Pulsa Elektrik

Ini adalah salah satu jenis peluang usaha sampingan yang tidak akan pernah mati, selama manusia masih menggunakan alat telekomunikasi. Modal yang di butuhkan untuk menjalankan bisnis ini juga sangat terjangkau, di perkirakan hanya dengan uang Rp. 50.000,00 kita dapat memulai bisnis ini.

Namun tetap diperlukan juga sebuah catatan kecil, untuk menghitung pengeluaran dan pemasukan, dan tetap harus dimanage dengan penuh ketelitian pastinya, siapa tahu nanti jika sukses kita bisa mendirikan konter pulsa plus ponsel, atau alat elektronik. tentunya ini bisa jadi prospek yang bagus kedepannya.

Bisnis seperti ini cukup mudah untuk dilakukan. Namun, anda juga membutuhkan modal dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Modal itu biasanya digunakan untuk deposit berbagai item dari pulsa.

Semakin besar modal yang anda miliki tentu saja akan membuat deposit menjadi lebih besar. Perhitungan lain yang bisa anda pertimbangkan adalah metode penjualan. Anda bisa merekrut pegawai tambahan untuk berjualan di konter konvensional atau anda bisa memilih untuk menjual secara online.

2. Membuka Bisnis Les Privat

Untuk jenis bisnis ini juga tak akan berhenti, karena pendidikan akan selalu berjalan. Modal yang dibutuhkan juga sangat kecil, serta sistemnya pun sangat mudah. Bagaimana jika tidak laku? Apabila tidak laku berarti kita tak akan mengeluarkan tenaga, pikiran, serta waktu, sebab kita tak memiliki pekerjaan les tersebut. Mungkin harus ada pengaturan di awal langkah, mulai dari strategi lokasinya, pemasaran ke berbagai media dan tempat sekolah, semuanya harus di susun secara matang terlebih dahulu.

3. Bisnis Reseller Tanpa Modal

Kami kira jenis modal ini sudah banyak dilakukan. Untuk jenis bisnis ini adalah bisnis titipan, kita bisa mengambil barang, menjualnya, kemudian membayar uang pada produsen dengan sejumlah barang yang sudah laku dijual.

Dapat disimpulkan, bahwasannya peluang usaha sampingan yang minim resiko merupakan jenis bisnis yang menjual barang-barang yang tak bisa membusuk, serta setiap harinya kita juga membutuhkan barang tersebut untuk keperluan kita sendiri.

4. Jualan Roti Bakar

Makanan yang satu ini memiliki banyak penggemar karena rasanya yang enak dan harganya terjangkau. Roti bakar sangat mudah dibuat, resepnya pun sudah bertebaran di internet. Anda bisa membuat konsep usaha roti bakar dengan tempat nongkrong. Tidak harus menggunakan fasilitas yang mahal, yang penting tempatnya nyaman dan asik untuk kongkow.

Untuk menunya, anda bisa membuat roti bakar dengan banyak varian rasa dan sediakan aneka minuman panas dan dingin. Jika anda punya modal lebih, anda juga bisa menyediakan sisha aneka rasa dan fasilitas hotspot atau Wifi.

5. Usaha Laundry

Peluang usaha sampingan karyawan lainnya adalah usaha laundry. Walaupun setiap rumah sudah ada mesin cuci tapi tidak semua orang mau mencuci baju setiap hari, apalagi untuk penghuni kost dan kontrakan. Peluang usaha laundry masih sangat terbuka lebar untuk anda jalankan. Peralatan yang dibutuhkan adalah mesin cuci, sabun cuci khusus laundry, setrika, dan juga nota pembayaran.

Mulailah dengan mencari lokasi atau tempat yang strategis. Biasanya lokasi itu berada di tempat yang cukup ramai. Untuk memulai bisnis ini biasanya akan membutuhkan beberapa perlengkapan utama seperti mesin cuci, mesin pengering pakaian, setrika, timbangan dan lainnya.

Anda bisa menggunakan modal untuk membeli seluruh perlengkapan itu dengan kondisi bekas pakai. Selain itu, anda akan membutuhkan deterjen hingga pewangi pakaian. Berikan kualitas dan hasil laundry yang baik kepada para pelanggan anda. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menawarkan harga yang lebih terjangkau sebagai rangkaian dari promo.

Promosikan usaha laundry milik anda dengan menyebar brosur ke perumahan, perkantoran, kampus, dan lingkungan sekitar. Berikan harga promo menarik untuk memancing minat banyak orang, misalkan promo cuci 10 kali gratis 1 kali nyuci. Untuk tempatnya, anda bisa menggunakan halaman depan rumah, sehingga anda tidak perlu menyewa tempat.

6. Usaha Catering

Peluang usaha sampingan karyawan ketiga adalah usaha catering. Untuk anda yang hobi masak maka usaha catering menjadi pilihan yang tepat. Usaha catering ini sangat menggiurkan karena keuntungan yang didapat lumayan besar.  Strategi pemasarannya, anda bisa promosikan ke teman-teman sekantor, kerjasama dengan wedding organizer, dan juga membuat website untuk menjangkau pasar online.

Sedangkan modal awalnya, anda bisa meminta pembayaran uang muka terlebih dahulu , uang muka ini nantinya bisa anda gunakan untuk membeli bahan-bahan makanan yang akan anda buat. Anda bisa meminta pelunasan ketika masakan catering sudah selesai dibuat dan dikirim ke tempat acara.

Bisnis ini bisa memiliki peluang yang sangat besar bila anda tinggal di pemukiman para pekerja yang tidak memiliki waktu cukup banyak untuk memasak. Cobalah tawarkan sampel menu makanan kepada para tetangga. Anda harus menggunakan bahan baku berkualitas agar rasa pada seluruh makanan juga sangat enak. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dari perlengkapan yang anda gunakan untuk makanan itu.

7. Usaha Online Shop

Peluang usaha sampingan karyawan berikutnya adalah online shop. Sekarang ini jamannya internet, apapun bisa anda lakukan dengan memanfaatkan internet termasuk jualan produk. Anda bisa menjual apapun lewat toko online,seperti baju, sepatu, tas, dan lainnya. Biaya pembuatan toko online juga tidak terlalu mahal antara Rp 300.000-Rp5.000.000 tergantung dari fitur dan desain toko online yang ingin anda buat.

Untuk produknya, anda bisa membeli secara grosiran atau menyetok langsung dari supplier. Pastikan barang yang anda jual selalu ready stok, sehingga pembeli tidak akan kabur karena barang yang mereka inginkan selalu tersedia di toko online anda.

Beberapa produk yang bisa anda jual melalui online shop seperti aksesoris fashion, produk kecantikan, aksesoris smartphone dan lainnya. Seluruh produk seperti ini bisa anda dapatkan secara grosir karena harga yang lebih murah. Namun, untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik mungkin anda bisa menawarkan brand sendiri.

8. Menjadi Freelancer

Anda bisa menjadi freelancer sebagai salah satu dari usaha sampingan karyawan. Peluang usaha seperti ini memang membutuhkan keahlian tertentu. Misalnya saja anda memiliki pengetahuan tentang SEO yang membuat blog atau web tertentu berada di posisi terbaik untuk Google. Anda bisa membuka jasa konsultasi SEO dan menawarkan kepada para blogger atau publisher.

Untuk memulai bisnis seperti ini sebaiknya anda aktif di beberapa forum freelancer. Bahkan, di forum itu juga tersedia berbagai tawaran pekerjaan yang mungkin membuat anda tertarik untuk mengambilnya. Pilih project freelancer yang bisa disesuaikan dengan waktu libur anda sebagai karyawan.

9. Menjadi Content Writer

Kebutuhan konten tulisan bagi para blogger atau publisher saat ini semakin meningkat. Ini bisa menjadi peluang yang cukup baik bagi anda untuk memulai bisnis ini. Apalagi anda juga bisa menggunakan keahlian anda untuk menulis berbagai kategori yang paling diminati banyak orang.

Anda bisa melakukan riset terhadap kategori tertentu melalui forum freelancer. Selain itu, kualitas dari tulisan juga dianggap akan memberikan pengaruh terhadap pesanan dari klien. Sebaiknya anda memposting tulisan yang sudah anda buat melalui blog pribadi. Ini akan menjadi peluang yang sangat baik untuk anda mendapatkan jumlah klien yang lebih banyak.

10. Jual Beli Barang Bekas

Anda bisa menggunakan kesempatan lain untuk usaha sampingan karyawan. Bahkan, bisnis yang dijalankan cukup mudah. Misalnya saja anda memiliki kesempatan untuk melakukan bisnis jual beli barang bekas. Bisnis seperti ini dianggap sangat menarik dan menguntungkan. Bila anda memiliki barang bekas yang tidak terpakai di rumah mungkin bisa dijual melalui beberapa situs online.

Setelah barang itu terjual selanjutnya hasil penjualan akan dijadikan sebagai modal untuk melakukan pembelian barang bekas lainnya. Cari barang bekas yang memiliki nilai jual cukup baik. Namun, anda juga harus memperhitungkan kondisi dan kualitas dari barang bekas itu juga.

11. Jualan Sarapan Pagi di Kantor

Peluang bisnis lain yang bisa anda pertimbangkan adalah dengan berjualan saparan pagi di kantor. Anda bisa membuat berbagai menu sarapan pagi dengan kemasan praktis untuk dijual lagi kepada rekan kantor anda. Misalnya saja beberapa menu yang bisa anda tawarkan seperti bubur ayam, nasi uduk, nasi campur dan lainnya.

Berikan porsi yang tidak terlalu sedikit dengan harga yang cukup terjangkau. Jangan lupa perhatikan kemasan dari menu sarapan pagi itu. Selain itu, perhitungkan juga modal awal yang anda gunakan untuk membuat menu sarapan pagi. Biasanya itu akan menjadi perhitungan terhadap harga jual pada masing-masing item.

12. Membuka Jasa Desain Grafis

Bisnis seperti ini memang bisa menjadi pilihan yang sangat ideal. Namun, anda juga harus memiliki kemampuan desain grafis yang baik. Saat ini ada banyak pilihan software yang bisa digunakan untuk melakukan desain grafis.

Bila kualitas dari desain grafis yang anda miliki memiliki karakter unik sebaiknya posting di sosial media atau blog pribadi. Ini akan menjadi contoh portfolio yang bisa ditawarkan kepada para calon klien. Selain itu, anda juga harus aktif di berbagai forum desain grafis. Mulailah dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau untuk seluruh detail penawaran jasa itu.

13. Membuka Kursus Bahasa Asing

Kebutuhan bahasa asing seperti bahasa Inggris saat ini semakin meningkat. Ini dibuktikan dengan ada banyak interview pada beberapa perusahaan yang menanyakan tentang kemampuan bahasa Inggris. Mungkin anda bisa mencoba peluang ini untuk membuka bisnis kursus bahasa Inggris. Tawarkan jasa kursus ini bagi para pelajar. Berikan materi yang mudah dicerna dengan metode pembelajaran sederhana.

Anda memiliki kesempatan untuk membuka kursus bahasa asing di rumah anda bagi para pelajar. Berikan materi yang sederhana dan tawarkan jumlah kelas yang cukup kecil. Peserta dari kursus bahasa asing ini sebaiknya terbatas. Anda juga bisa menawarkan bantuan untuk penyelesaian tugas-tugas mata pelajaran bahasa asing yang berasal dari sekolah.

Bisnis di bidang pendidikan juga memberikan peluang untuk mendapatkan keuntungan cukup baik. Misalnya saja dengan membuka kursus bahasa asing. Peluang ini juga semakin besar karena sudah banyak perusahaan atau sekolah yang mewajibkan bahasa asing. Anda bisa menawarkan kursus bahasa Inggris untuk para pelajar atau pekerja baru. Berikan harga yang terjangkau dengan materi yang mudah dipahami.

14. Bisnis Blogging Menjadi Blogger

Anda juga memiliki kesempatan untuk menjalankan bisnis dengan pendapatan pasif. Salah satunya mungkin dengan menjadi blogger. Tawarkan konten yang paling dicari oleh banyak orang dengan tata bahasa yang bisa dicerna dengan baik. Biasanya konten SEO untuk blog menjadi pilihan utama. Namun, anda juga bisa menjadi travel atau fashion blogger yang menawarkan konten kegiatan anda saat sedang berlibur atau review produk fashion.

Bisnis blogging juga dianggap sebagai pilihan yang sangat baik. Mungkin anda juga bisa memperhitungkan modal yang digunakan untuk memulai bisnis ini. Konten menjadi elemen penting dalam bisnis blogging. Hal ini juga yang membuat anda akan menggunakan modal untuk membeli hosting, domain dan konten.

Penghasilan dari blogging ini berasal dari penempatan iklan yang berasal dari Adsense. Namun, untuk mendapatkan penghasilan seperti ini sebaiknya tingkatkan jumlah pengunjung melalui konten yang cukup banyak. Semakin banyak konten yang anda posting di blog biasanya akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap penghasilan yang anda inginkan.

15. Menjual Kue Kering

Anda bisa memulai usaha sampingan modal kecil dengan menawarkan kue kering. Bisnis kuliner seperti ini banyak diminati karena cukup menguntungkan. Apalagi anda bisa memulai bisnis ini dengan memanfaatkan momentum hari raya besar keagamaan seperti lebaran dan natal. Untuk memulai bisnis ini memang anda harus menggunakan berbagai resep kue yang paling banyak dicari.

Selain itu, anda juga bisa memperhitungkan berbagai pilihan sumber untuk mendapatkan resep yang sangat baik. Seluruh pilihan kue kering yang anda buat akan ditawarkan melalui kemasan yang menarik. Ini dilakukan agar nilai jual dari kue kering itu semakin meningkat.

16. Menjual Jajanan Pasar

Bisnis ini memang masih berkaitan dengan usaha kuliner. Anda bisa menjual jajanan pasar di depan rumah dengan berbagai jenis dan pilihan harga. Jajanan pasar ini juga diminati banyak orang. Sebaiknya gunakan kemasan higienis untuk menarik perhatian para pembeli.

Biasanya jajanan pasar ini bisa anda dapatkan dari pasar tradisional atau dengan membuat sendiri. Perhitungkan juga modal awal yang digunakan untuk menjalankan bisnis ini. Pilih lokasi yang sangat strategis agar omset dan keuntungan juga semakin meningkat. Ini dilakukan dengan mempertimbangkan kualitas dari jajanan pasar yang anda tawarkan.

17. Membuka Butik

Bisnis fashion juga semakin meningkat seiring dengan pengetahuan orang lain terhadap brand dan kualitas dari produk itu. Anda bisa menawarkan berbagai pilihan produk fashion yang sangat menarik dengan desain dan warna berbeda. Mungkin bisnis ini bisa dimulai dengan membuat butik di salah satu bagian ruangan di rumah anda.

Berikan pilihan desain dan jenis dari produk fashion yang sangat menarik. Selain itu, anda juga memiliki kesempatan untuk menggunakan brand sendiri agar nilai dari produk fashion yang anda tawarkan dari butik ini semakin meningkat. Beberapa pilihan produk yang bisa anda tawarkan seperti atasan, bawahan, sepatu, tas dan lainnya.

18. Menjadi Agen Asuransi

Anda harus tahu bahwa bisnis asuransi juga memiliki banyak peminat. Anda bisa memulai bisnis dengan menjadi agen asuransi. Biasanya anda akan mendapatkan komisi melalui produk asuransi yang ditawarkan kepada para nasabah. Semakin banyak produk asuransi yang anda jual tentu saja komisi yang diterima juga semakin besar.

Namun, anda juga harus menguasai produk asuransi yang anda tawarkan kepada para nasabah. Ini dilakukan agar jumlah produk asuransi yang terjual juga mencapai target. Anda harus menjadi agen asuransi yang bertanggungjawab dengan memberikan informasi yang benar dan rinci kepada para nasabah.

19. Menjadi Dropshipper

Model bisnis sampingan lain yang bisa anda coba adalah dengan menjadi dropshipper. Pola bisnis ini memang cukup unik dibandingkan lainnya. Anda hanya mengandalkan relasi atau jangkauan pertemanan yang lebih luas. Semakin luas jaringan relasi anda tentu saja anda semakin mudah untuk menawarkan berbagai pilihan produk dari distributor.

Keuntungan yang anda dapatkan biasanya akan berasal dari selisih harga yang ditawarkan kepada pembeli akhir. Cobalah untuk mencari produk grosir dari distributor yang terpercaya dan memiliki kualitas sangat baik. Ini akan memberikan pengaruh terhadap review dan testimony dari para pembeli.

Anda bisa menghubungi distributor untuk mengirimkan barang kepada para pembeli dengan harga jual yang telah disepakati. Selisih harga dengan penawaran terhadap pembeli akan menjadi keuntungan bagi anda. Tentu saja semakin banyak penawaran yang dilakukan maka anda juga akan berkesempatan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

20. Menjadi Fotografer Freelance

Bila anda memiliki keahlian dalam bidang fotografi mungkin itu bisa menawarkan peluang bisnis yang cukup besar. Bahkan, peluang ini akan menghasilkan profit yang sangat besar. Tawarkan jasa untuk pemotretan acara prewedding dan wedding. Biasanya pemotretan ini tidak membutuhkan studio indoor yang cukup mahal.

Namun, perlu diingat bahwa kualitas hasil foto yang anda tawarkan juga menjadi pertimbangan bagi para klien. Sebaiknya tampilkan seluruh karya foto anda yang berkualitas di sosial media. Buatlah website khusus dari jasa yang anda tawarkan untuk memberikan konsep bisnis yang lebih profesional.

21. Jasa Servis Komputer atau HP

Bisnis ini bisa dilakukan bila anda memang memiliki keahlian untuk memperbaiki perangkat seperti komputer atau smartphone. Apalagi saat ini sudah banyak orang yang memiliki smartphone sebagai alat komunikasi utama. Anda bisa menawarkan jasa perbaikan software hingga hardware.

Cobalah terus untuk belajar dari banyak literature agar kemampuan anda semakin meningkat. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini biasanya dengan membeli perlengkapan untuk perbaikan perangkat smartphone atau komputer itu.

21. Menjadi Makelar Properti

Anda bisa memulai usaha sampingan tanpa modal dengan menjadi makelar properti. Pilihan seperti ini bisa dilakukan dengan cukup mudah apabila anda mengenal berbagai daerah yang memiliki potensi properti yang sangat baik. Cara kerja dari makelar ini biasanya akan menghubungi pemilik properti dan mulai menawarkan kepada orang lain.

Jasa seperti ini sudah banyak dilakukan oleh orang lain yang berada di lokasi yang sangat strategis. Biasanya bila terjadi kesepakatan penjualan maka anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian dengan pemilik. Tentu saja anda harus memiliki relasi yang sangat luas untuk memulai bisnis ini.

22. Menjadi Youtuber

Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan saat ini adalah dengan menjadi Youtuber. Anda bisa memposting banyak video dengan konten yang menarik. Semakin banyak konten video yang anda buat untuk channel Youtube biasanya akan mempengaruhi jumlah viewers. Hal ini juga akan memaksimalkan pendapatan anda dari adsense.

Untuk memulai bisnis ini anda harus menentukan kategori video pilihan yang akan diupload. Terapkan metode upload secara berkala setiap hari. Selain itu, anda juga harus ikut aktif mencari isu konten viral yang mungkin bisa menjadi bagian dari produksi video anda. Jangan lupa untuk mentaati seluruh kebijakan yang dikeluarkan oleh Google.

23. Membuka Kursus Komputer

Saat ini sudah banyak pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan komputer. Misalnya saja beberapa toko sudah menggunakan Excel untuk menghitung laporan keungan. Tentu saja ini menjadi peluang yang cukup besar bagi anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Gunakan salah satu ruangan di rumah anda untuk memberikan kursus komputer dengan materi sederhana. Anda bisa menawarkan jasa ini kepada para pelajar atau tetangga anda yang membutuhkan pengetahuan pengoperasian berbagai software komputer.

24. Membuka Les Mata Pelajaran

Tentu saja ini menjadi pilihan bisnis yang cukup berkembang. Apalagi sudah banyak sekolah yang juga menerapkan peluang seperti ini. Namun, anda juga bisa memberikan kursus mata pelajaran sesuai dengan kebutuhan para siswa.

Tentu saja anda harus terlebih dahulu menguasai berbagai materi seperti matematika, fisika, kimia atau pelajaran lainnya. Selain itu, anda juga bisa memberikan kesempatan kepada para peserta untuk membawa tugas sekolah dan diselesaikan secara bersama.

25. Menjadi Admin Sosial Media

Peluang bisnis ini juga sangat banyak diminati. Apalagi saat ini perkembangan online shop semakin pesat akibat dukungan dari ecommerce. Anda bisa menawarkan jasa ini untuk mengelola berbagai admin dari sosial media.

Misalnya saja menawarkan menjadi admin untuk facebook atau instagram dan membalas seluruh pertanyaan dari calon pembeli. Jasa seperti ini sangat mudah dilakukan dimana saja. Anda hanya membutuhkan koneksi internet atau perangkat mobile seperti laptop atau smartphone.

26. Bisnis Ternak

Yang pertama, peluang usaha yang bisa anda coba adalah menjalankan bisnis ternak. Tetapi untuk menjalankan usaha ternak modal kecil ini anda harus memiliki pegawai yang bisa mengurusi hewan ternak jika sedang bekerja diluar. Bisnis ini juga bisa dijalankan dengan modal cukup kecil dan untuk memelihara hewan juga tidak cukup sulit. Selain itu dengan memelihara hewan ternak seperti ayam juga akan membantu kurangnya pasokan daging di negara kita yang saat ini meningkat.

27. Bisnis Investasi

Bisnis yang satu ini sangat mudah dijalankan dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang, Bisnis investasi dijalankan dengan cara membeli aset seperti properti, rumah, perhiasan dan aset bernilai tinggi lainnya dan kemudian aset tersebut bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi dari saat membelinya, sehingga teman-teman bisa mendapatkan keuntungan lebih.

28. Membuka Usaha Angkringan

Peluang usaha sampingan yang juga bisa dijalankan dengan modal kecil ini adalah membuka usaha angkringan. Usaha yang satu ini bisa teman-teman jalankan dengan sangat mudah saat malam sepulang kerja, jadi waktunya tidak akan menyita pekerjaan utama.

Dalam menjalankan usaha ini teman-teman juga harus memiliki keahlian khusus dalam menyajikan menu makanan yang enak agar para pembeli bisa tertarik untuk memesannya. Usaha ini cocok dijalankan di desa maupun di kota dengan memilih lokasi yang strategis tentunya.

29. Bisnis Periklanan

Berikutnya peluang usaha sampingan yang wajib teman-teman coba ini adalah membuka bisnis periklanan. Untuk menjalankan usaha ini teman-teman hanya perlu mempromosikan langsung kepada pelanggan, sehingga usaha ini tidak membutuhkan modal apapun.

Peluang usaha ini memang sangat menguntungkan, karena memiliki peluang yang sangat besar meskipun banyak saingan di luar sana. Tetapi untuk memulai usaha sampingan ini, sebaiknya teman-teman bekerja sama dengan perusahaan yang cukup memiliki nama di pemasarannya.

Banyak jasa periklanan yang bisa teman-teman pilih seperti periklanan TV, media online, surat kabar dan berbagai perusahaan lainnya yang membutuhkan jasa periklanan. Biasanya disini teman-teman akan memperoleh penghasilan dengan cara bagi hasil.

30. Membuka Usaha Cafe

Usaha cafe juga menjadi salah satu peluang usaha sampingan yang sangat menguntungkan. Untuk menjalankan usaha ini teman-teman juga harus memiliki pegawai yang bisa mejalankan serta menghandel pekerjaan cafe tersebut, sehingga teman-teman hanya perlu mengeceknya sepulang kerja.

Tetapi bukan berarti memberikan kekuasaan penuh pada karyawan, karena disini teman-teman juga harus berkreasi mengenai ide dalam mengembangkan cafe agar bisa menarik perhatian para pengunjung yang datang.

Selain itu yang paling utama dalam menjalankan peluang usaha ini, teman-teman harus mencari lokasi yang strategis, carilah lingkungan yang biasanya ramai dan sering di datangi orang sehingga cafe yang dibuka akan lebih diketahui orang.

31. Bisnis Saham

Selain itu masih ada lagi peluang usaha sampingan yang juga sangat menguntungkan yakni berbisnis saham. Usaha bisnis saham ini sangat cocok dijalankan bagi teman-teman yang bekerja sebagai karyawan atau pegawai kantoran.

Mungkin saham sangat terkenal dengan orang yang memiliki banyak uang saja, ternyata tidak demikian karena bisnis saham juga bisa dijalankan bagi teman-teman yang masih pemula dengan modal yang sedikit. Selain itu saham juga bisa menjadi investasi masa depan karena harganya terus meningkat.

Permainan saham ini biasanya dibeli saat harga saham masih murah dan kemudian menjual kembali saham tersebut ketika harganya melambung tinggi. Dengan demikian teman-teman akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga saham tersebut.

32. Bisnis Sarang Walet

Berbisnis sarang walet juga merupakan salah satu peluang usaha sampingan yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Sarang walet memang memiliki nilai jual yang cukup tinggi sehingga teman-teman bisa menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan.

Untuk menjalankan usaha ini memang tidak menguras banyak waktu, karena teman-teman hanya perlu menunggu saat panen sarang tiba setiap bulannya. Dengan demikian teman-teman bisa mendapatkan keuntungan besar setiap bulannya.

Untuk memulai bisnis ini teman-teman harus membuat bangunan untuk tempat walet membuat sarang dan yang dibutuhkan modalnya juga tidak terlalu besar.

33. Jualan Jus Buah

Masih ada lagi peluang usaha lainnya yang bisa dijalankan dengan modal kecil yakni dengan berjualan jus buah. Karena minuman sehat ini sangat digemari dan selalu dicari banyak orang terutama disiang hari yang udaranya panas.

Untuk menjalankan usaha ini sangatlan mudah dan modal yang digunakan pun juga murah. Karena yang dibutuhkan hanyalah sebuah blender dan buah serta air untuk membuat jusnya. Nah bagi teman-teman yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan bisa mencoba peluang usaha yang satu ini.

34. Bisnis Waralaba

Ini dia yang terakhir, peluang usaha yang juga sangat menguntungkan yakni membuka bisnis waralaba atau usaha franchise. Usaha waralaba ini cukup menjanjikan keuntungan karena belakangan ini bisnis waralaba semakin berkembang pesat.

Usaha waralaba ini yang sangat beragam bisa teman-teman pilih dan juga bisa disesuaikan dengan waktu yang kita inginkan. Adapun bisnis waralaba yang bisa ditawarkan ini seperti produk makanan, minuman, pakaian, produk kosmetik dan bahkan produk lainnya yang bisa dipasarkan.

35. Membuka Kursus di Akhir Pekan

Salah satu dari usaha sampingan untuk pegawai kantor yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka kursus di akhir minggu. Waktu luang yang cukup banyak ini biasanya digunakan untuk beristirahat. Namun, anda juga bisa memaksimalkan waktu itu untuk menawarkan jasa kursus.

Beberapa pilihan kursus yang bisa anda pertimbangkan seperti mengajari menyetir, bahasa asing, kursus komputer dan lainnya. Tentu saja diperlukan target pasar yang sesuai untuk seluruh kemampuan yang anda miliki. Hal ini akan memberikan keuntungan yang besar bila anda serius untuk menjalaninya. Selain itu, kemampuan yang anda miliki ini juga akan membantu anda untuk mendapatkan relasi yang sangat baik bagi orang lain.

36. Menjadi Web Designer

Bagi anda yang memiliki kemampuan IT mungkin bisa mencoba untuk menawarkan jasa web design. Usaha sampingan untuk pegawai kantor seperti ini sebenarnya bisa anda lakukan dimana saja. Bahkan, bila anda memiliki waktu istirahat di kantor juga bisa melakukan pekerjaan ini. Namun, tentu saja diperlukan kondisi yang kondusif untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Untuk memulai bisnis seperti ini sebaiknya ikuti berbagai forum yang menjadi bagian freelancer. Keuntungan yang anda dapatkan untuk memulai bisnis ini akan disesuaikan dengan kualitas dari web design. Semakin baik web desain yang dihasilkan tentu saja anda bisa menentukan tarif yang cukup mahal.

37. Mengajari Kursus Musik

Bagi anda yang memiliki hobi music bisa juga menjadi peluang bisnis yang cukup besar. Salah satunya dengan membuka kursus atau les musik bagi pelajar. Biasanya cara seperti ini dilakukan pada saat anda memiliki waktu luang. Mungkin dengan membuka kursus pada akhir minggu atau hari libur. Beberapa pilihan alat musik yang cukup populer seperti gitar, piano, harmonika, bass, biola dan lainnya.

Anda bisa menawarkan jasa seperti ini dengan menentukan jumlah peserta hingga tarif yang berdasar waktu. Metode bisnis ini sebaiknya dilakukan dengan mengedepankan kualitas yang baik. Sehingga anda tidak harus mengejar jumlah peserta yang terlalu berlebihan.

38. Membuka jasa penitipan anak

Pekerjaan sampingan ini juga cocok dilakukan untuk seorang karyawan atau ibu rumah tangga. Jasa penitipan anda banyak dicari terutama di kota-kota besar. tingkat aktivitas yang padat membuat orangtua yang aktif bekerja tidak sempat mengasuh anak mereka. Jasa penitipan anak sangat prospektif terutama di perumahan dan kota besar. cobalah untuk membuka usaha ini. anda bisa mengurus anak di rumah sekaligus membantu orangtua lainnya mengurus anak-anaknya ketika ditinggal kerja.

Silakan anda pilih salah satu dari peluang usaha sampingan karyawan di atas yang sesuai dengan minat anda. Jika anda serius menjalankannya maka bukanlah hal yang mustahil jika nantinya penghasilan yang anda dapatkan dari usaha tersebut bisa lebih besar dibandingkan gaji yang anda dapatkan dari kantor.

Contoh Pekerjaan Sampingan Tanpa Pendidikan Tinggi

Banyak yang berfikir bahwa semua jenis pekerjaan memerlukan titel atau pendidikan tinggi untuk bisa melakukannya. Pendidikan tinggi memang penting namun bukan berarti mereka yang berpendidikan menengah kebawah tidak bisa melakukan pekerjaan sampingan. Banyak jenis pekerjaan yang sebenarnya tidak memerlukan pendidikan tinggi.

Penghasilannya juga tidak kalah dengan pekerjaan yang dilakukan orang berpendidikan tinggi. Banyak contoh pekerjaan sampingan yang tidak memerlukan pendidikan tinggi untuk melaksanakannya. Ulasan selengkapnya akan dibahas lebih lanjut berikut ini.

Salah satunya menjadi seorang wirausahawan. Anda bisa membuka usaha warung makan atau kios bakso sebagai pekerjaan sampingan di rumah. Jenis pekerjaan ini tidak memerlukan pendidikan sarjana. Jika anda mampu mengelolanya secara ulet dan tekun hasilnya tentu tidak akan mengkhianati proses anda.

1. Pramuniaga

Menjadi seorang pramuniaga tidak memerlukan pendidikan yang tinggi. Yang diperlukan hanyalah keuletan dan ketrampilan menjaga toko dan melayani konsumen. selain itu pramuniaga juga merupakan pekerjaan yang cukup fleksibel. Karena banyak toko yang memiliki jam buka cukup panjang sehingga pekerjaan ini sangat cocok dipilih sebagai pekerjaan sampingan. Terutama di kota-kota besar banyak lowongan pramuniaga untuk mereka yang berpendidikan mulai SMP sampai SMA.

2. Mengasuh anak

Jenis pekerjaan ini juga tidak memerlukan titel tinggi sebagai jaminannya. Jika anda menyukai dunia anak-anak dan menginginkan pekerjaan, mengasuh anak adalah pekerjaan yang tepat untuk dicoba. Sesuaikan jam kerja yang anda inginkan dengan jam kerja mengasuh anak. Banyak masyarakat perkotaan yang memerlukan jasa pengasuh anak karena kepadatan aktivitas orangtua sehingga tidak sempat mengasuh anak karena sibuk bekerja.

3. Jasa laundry

Banyak orang yang ingin serba praktis termasuk urusan mencuci pakaian. Maka jasa laundry adalah solusi praktis mereka. Membuka usaha ini tidak memerlukan keahlian khusus. Anda bisa memperkerjakan karyawan atau mengurusnya sendiri. usaha ini tidak memerlukan pendidikan yang tinggi. Tinggal bagaimana kemampuan anda melayani konsumen dan mencuci hingga menyetrika dengan hasil memuaskan. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar.

4. Berjualan makanan

Tidak perlu pendidikan tinggi untuk melaksanakan pekerjaan ini. berjualan makanan hanya seputar bagaimana anda mengolah makanan secara menarik. Selain itu untuk urusan perencanaan dan keungannya juga tidak terlalu ribet sehingga bisa dilakukan semua orang. Usaha ini memiliki prospek menarik dan bisa menjadi pekerjaan sampingan anda. terlebih jika tempat usahanya strategis, bisnis makanan anda akan jauh lebih mudah mendulang banyak penghasilan.

Demikian beberapa contoh pekerjaan sampingan tanpa perlu adanya pendidikan tinggi untuk melakukannya. Jika dilaksanakan secara baik maka pekerjaan sampingan ini bisa mendatangkan omset besar sehingga bisa berubah menjadi penghasilan tetap anda.