Bisnis makanan merupakan sebuah bisnis yang tidak ada habisnya memang hingga saat ini. Anda bisa meraup keuntungan yang besar dengan modal yang kecil jika anda tahu kira-kira apa saja peluang ide bisnis makanan yang dapat anda jalankan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa ide bisnis makanan yang diperkirakan akan laris hanya dengan mengeluarkan modal yang kecil namun memperoleh keuntungan yang besar.

Dunia kuliner memang tidak ada habisnya dan selalu dibanjiri dengan peminan yang banyak. Terlebih lagi di Indonesia banyak masyrakat yang menyukai jajanan favorit yang dapat dijadikan sebagai cemilan, makanan pengganjal lapar, atau lauk pada saat makan nasi.

Pada saat anda memutuskan untuk menjalankan bisnis makanan sebenarnya anda tidak memerlukan biaya atau modal yang tinggi sehingga bsinis makanan ini sebenarnya merupakan sebuah bisnis yang ramah bagi masyrakat kelas menengah ke bawah.

Selain itu, bisnis makanan juga dapat dikatakan sebagai bisnis yang berkembang dengan cepat jika anda terus menerus memberikan inovasi pada produk makanan yang anda buat

Bisnis Usaha Makanan Modal Kecil Untung Besar

Bisnis makanan merupakan jenis bisnis yang memberikan keuntungan dan semakin berkembang, pasalnya peluang bisnis ini merupakan kebutuhan utama semua masyarakat. Tinggal kita harus benar-benar peka pada tempat yang akan di jadikan bisnis kuliner ini.

Nah, penasaran kan apa saja bisnis makanan modal kecil untung besar yang dapat anda coba jalankan? Yuk, simak ulasan mengenai bisnis makanan yang laris manis yang dapat anda jadikan referensi untuk memulai bisnis berikut ini.

1. Tahu Bulat

Tahu bulat merupakan bisnis makanan yang lagi ngetrend pada saat ini dan hingga saat ini peluang bisnis makanan ini juga semakin banyak dan semakin menjamur dengan ditemukannya sebuah inovasi untuk menjual tahu bulat disebuah mobil yang digoreng dadakan sesaat sebelum dibeli oleh konsumen,

Pada saat ini tahu bulat sebenarnya tidak akan berbentuk bulat jika dibiarkan pada waktu yang lama, namun rasa lezat dari tahu bulat yang hangat tidak mengurangi kenikmatan dan kelezatannya.

Untuk membuka ide bisnis makanan tahu bulat anda tidak memerlukan modal yang besar anda hanya perlu modal untuk menyewa mobil bak, kemudian menyediakan peralatan masak seperti kompor dan alat masak penggorengan untuk menggoreng tahu.

Anda bisa menjualnya seharga 500 rupiah untuk satu tahu. Peminat tahu bulat sudah cukup banyak hingga saat ini sehingga anda bisa meraup keuntungan sekitar kurang lebih Rp. 500 ribu per harinya dengan berjualan tahu bulat.

2. Cireng Bandung

Salah satu bisnis makanan modal kecil untung besar yang dapat anda coba jalankan berikutnya adalah bisnis jualan cireng. Cireng merupakan sebuah makanan khas bandung yang memiliki tekstur yang kenyal dan gurih. Cireng tidak sedikit yang menjadi peminat makanan ini.

Cireng atau aci di goreng merupakan jeni makanan yang memiliki isian daging ayam, keju hingga sosis sehingga cita rasa dari cireng ini sangat ramah sekali di lidah orang Indonesia sehingga tidak sedikit yang menyukai makanan khas bandung ini.

Anda tidak perlu repot-repot untuk pergi ke bandung untuk kulak makanan ini, anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mencari resep cireng yang sudah banyak tersedia di google dengan modal yang tidak besar. Pembuatannya juga sangat mudah dan semua orang pasti memiliki kemampuan untuk membuatnya.

Jika anda malas untuk membuatnya sendiri anda bisa menjual cireng yang sudah ada di dalam kemasan yang instan yang biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp. 12 hingga Rp. 15 ribu rupiah per kantongnya. Anda bisa menjualnya diatas harga itu untuk memperoleh keuntungan dan tetap disesuaikan dengan harga pasar yah.

3. Cilok

Bisnis makanan yang tidak ada matinya yang selanjutnya dapat anda jalankan dengan modal yang kecil adalah bisnis cilok. Cilok merupakan makanan yang terbuat dari tepung tapioca yang kemudian ditusuk atau di colok mangka disebut dengan aci di colok atau cilok.

Jajanan ini merupakan jajanan yang memiliki peminat yang banyak dari mulai anak kecil hingga orang dewasa, semua menyukainya. Biaya untuk membuatnya pun cukup murah karena bahan-bahan untuk membuat cilok ini pun juga merupakan bahan dengan harga yang relative murah.

Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan modal kecil yang anda keluarkan untuk menjalankan bisnis makanan yang satu ini.

4. Pempek

Bisnis makanan berikutnya adalah makanan yang khas dari kota Palembang yakni pempek. Pempek merupakan contoh usah bisnis makanan tradisional khas daerha Palembang yang memiliki cita rasa yang enak dilidah orang Indonesia.

Banyak orang yang menyukai makanan khas Palembang ini karena memiliki cita rasa yang kenyal, gurih, pedas, asin dan manis. Sangat menggiurkan sekali bukan?

5. Seblak

Ide bisnis makanan berikutnya yang dapat anda jalankan adalah makanan yang juga merupakan makanan khas bandung yakni seblak. Seblak memiliki peminat yang cukup banyak di setiap daerah tidak hanya di bandung.

Seblak yang terbuat dari kerupuk yang direndam dengan menggunakan air hangat hingga lunak ini merupakan jenis makanan yang memiliki cita rasa yang pedas, gurih, kenyal dan lezat. Cara pembuatannya juga tergolong mudah dan hanya memakan biaya yang kecil untuk membuatnya.

Menurut penelitian yang dilakukan, omset rata-rata penjual seblak untuk setiap minggunya dapat mencapai hingga Rp. 800 ribu. Pada saat ini bisnis makanan seblak juga masih banyak dikembangkan dengan memberika inovasi dengan mencampurnya dengan berbagai jenis bahan lainnya untuk menambah cita rasa seperti sosis, telur, macaroni,bakso dan sebagainya.

6. Bakpau

Makanan khas negeri china ini juga dapat anda jadikan sebuah ide bisnis makanan yang menguntungkan dengan modal yang kecil. Biasanya bakpau akan laris pada saat malam hari dan pastikan anda menjualnya saat dalam keadaan hangat untuk dapat memberikan cita rasa yang lebih empuk dan lembut ketika di makan.

Apabila anda menekuni bisnis makanan bakpau hingga mendapatkan banyak pelanggan anda bisa mendapatkan omset sekitar ratusan juta untuk setiap tahunnya. Namun pastikan anda menjaga kualitas dari cita rasa bakpau yang anda buat.

7. Pisang Coklat

Pisang coklat atau lebih dikenal dengan singkatan piscok juga dapat anda mulai coba untuk menjalankan bisnis makanan. Pisang merupakan buah yang mudah ditemukan di Indonesia dan harganya juga cukup terjangkau. Anda dapat membuatnya dengan cara yang mudah dah dengan biaya modal yang kecil.

Banyak orang yang menyukai makanan ini karena rasanya yang manis dan asam. Anda bisa menjualnya dengan harga Rp. 2 ribu dengan omset yang akan didapatkan yakni sekitar Rp. 400 ribu per harinya.

8. Bana Nugget

Bisnis makanan populer dan lagi hits pada saat ini adalah bana nugget. Bana nugget merupakan makanan yang berbahan dasar pisang dengan balutan tepung roti yang kemudian digoreng dan diberikan aneka topping di atasnya seperti coklat cair, susu, meses, keju, selai dan lain sebagainya yang menambah cita rasa khas.

9. Bisnis Membuka Warkop (warung kopi)

Pertama yang perlu anda coba yaitu warung kopi, dengan merintis bisnis warung kopi ini peluang yag di dapatkan anda semakin lebar untuk berkembang. Karena kopi merupakan favorit terbesar kaum pria di waktu pagi, siang dan malam hari.

10. Merintis Bisnis Minuman Dingin

Inilah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan dengan memakai modal yang sedikit dengan keuntungan yang menjanjikan pula, pada bisnis minuman dingin anda juga bisa menjual berbagai aneka seperti ice cream, es susu, puding es campur dan sebagainya.

11. Membuka Bisnis Roti Bakar

Bisnis Roti bakar merupakan bisnis yang di bilang kreatif, pasalnya bisnis ini banyak aneka rasa yang di pasang sebagai menu, selain bermodal sedikit lokasi yang anda tempati juga bisa di pinggir jalan, sekolah, taman maupun di tempat hiburan lainya.

12. Bisnis Jualan Bubur Kacang Hijau

Siapa yang tidak kenal dengan makanan ini sekaligus makanan ini juga memiliki banyak kandungan gizi, selain aman dapat di konsumsi pada semua umur lokasi yang akan anda tempati juga mudah seperti sekolah, kampus, sepeda dan lainya.

13. Bisnis Kue Kering 

Ini adalah salah satu dari peluang usaha makanan terlaris. Anda bisa mencoba untuk memulai bisnis kue kering dengan modal yang tidak terlalu besar. Namun, sebaiknya anda memulai bisnis ini menjelang perayaan hari besar keagamaan seperti lebaran atau natal.

Jangan khawatir karena saat ini sudah banyak pilihan resep kue kering yang mudah untuk didapatkan. Anda bisa menggunakan buku resep atau mendapatkan berbagai pilihan resep melalui internet. Pilih jenis kue kering yang banyak diminati.

Misalnya saja anda juga bisa memberikan sampel kepada calon pembeli tentang jenis kue kering yang anda buat. Untuk menarik perhatian konsumen gunakan kemasan yang unik dengan kualitas yang sangat maksimal.

14. Bisnis Jajanan Pasar

Peluang usaha makanan terlaris lainnya yang bisa anda pertimbangkan adalah dengan menjual jajanan pasar. Saat ini sudah banyak jajanan pasar yang bisa anda tawarkan dari bisnis anda.

Misalnya saja anda bisa menjuak aneka kue tradisional yang anda buat sendiri. Untuk mendukung bisnis ini sebaiknya gunakan lokasi yang sangat strategis. Hal ini dianggap akan memberikan pengaruh yang besar untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis itu sendiri.

Selain itu, anda juga bisa memperhitungkan modal lain yang dibutuhkan seperti kemasan tambahan untuk membuat jajanan pasar itu lebih higienis. Anda bisa menjual jajanan pasar ini di pagi hari di tempat yang banyak dilewati para pekerja kantor.

15. Bisnis Makanan Ringan

Kesempatan lain dari peluang usaha makanan terlaris adalah bejualan makanan ringan. Ada berbagai pilihan makanan ringan yang bisa anda tawarkan kepada para konsumen. Namun, makanan ringan seperti ini sebaiknya memiliki penyajian yang berbeda.

Misalnya saja anda bisa menjual berbagai keripik yang berasal dari bahan baku seperti kentang, ketela hingga pisang. Untuk menarik perhatian konsumen gunakan beberapa bumbu yang memiliki tingkat kepedasan berbeda.

Rasa seperti ini pada makanan ringan cukup menarik. Namun, anda juga harus memperhitungkan kemasan yang ideal untuk makanan ringan itu.

16. Bisnis Nasi Goreng

Menjual nasi goreng juga bisa menjadi bagian dari peluang usaha makanan terlaris. Namun, anda harus memiliki konsep penyajian nasi goreng yang berbeda dibandingkan warung lainnya. Apalagi saat ini sudah banyak pilihan nasi goreng konvensional yang bisa anda coba di banyak tempat.

Untuk memulai bisnis ini mungkin anda bisa menawarkan berbagai pilihan rasa nasi goreng lengkap dengan bahan baku utama yang berbeda. Misalnya saja anda bisa menawarkan lebih dari 10 jenis nasi goreng. Anda bisa mendapatkan resep itu dari berbagai sumber seperti internet.

Lokasi bisnis nasi goreng seperti ini juga memberikan pengaruh untuk mendapatkan keuntungan atau omset yang besar. Gunakan lokasi strategis untuk memulai bisnis ini.

17. Bisnis Bakso Kekinian

Bakso dianggap sebagai salah satu makanan favorit banyak orang. Peluang ini bisa membantu anda untuk memulai bisnis menjual bakso. Anda bisa menawarkan berbagai pilihan bakso dengan rasa dan ukuran berbeda. Misalnya saja anda menjual bakso jumbo yang berisi telur.

Pilihan rasa lainnya juga bisa menggunakan olahan keju sebagai bahan campuran untuk bakso itu. Menurut banyak orang hal ini cukup menarik. Apalagi anda juga bisa memulai bisnis ini dengan mempertimbangkan lokasi yang sangat baik.

Tawarkan harga yang terjangkau untuk masing-masing jenis bakso itu. Hal yang paling penting adalah gunakan bahan baku untuk bakso yang memiliki kualitas terbaik.

18. Bisnis Kue Kekinian

Bisnis makanan ini memang cukup menarik. Anda bisa memulai bisnis ini dengan memperhitungkan tren di sosial media. Misalnya saja anda menjual berbagai kue yang berasal dari bahan baku olahan keju dan cokelat.

Anda bisa membuat banyak jenis kue dengan desain dan bentuk yang menarik. Selain itu, kemasan dari kue ini juga harus terlihat menarik. Biasanya topping dari kue itu terdiri dari berbagai pilihan.

Hal ini dianggap akan membuat orang lain tertarik. Tawarkan melalui metode promosi dengan menggunakan sosial media. Biasanya cara seperti ini dianggap lebih baik dan cukup ideal.

19. Bisnis Mie Ayam

Mie ayam juga termasuk salah satu makanan yang diminati banyak orang. Anda bisa mencoba memulai bisnis ini dengan karakter mie ayam yang berbeda. Selain itu, peluang dari bisnis ini juga cukup besar bila anda menentukan lokasi yang strategis.

Sebaiknya gunakan mie ayam buatan sendiri yang berasal dari bahan baku berkualitas. Ini dianggap menjadi bagian penting dari peluang bisnis kuliner yang sangat maksimal. Perhitungkan juga kebersihan dari tempat penjualan mie ayam itu. Jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan makanan yang higienis.

20. Bisnis Martabak Mini

Usaha makanan lain yang bisa anda coba mungkin dengan menjual martabak mini. Konsep makanan seperti ini memang sangat menarik dan bisa menggunakan bahan baku tambahan. Apalagi anda juga bisa menawarkan beberapa rasa populer dari martabak mini itu.

Untuk memulai bisnis ini sebaiknya gunakan lokasi yang strategis seperti di halaman bagian depan di minimarket. Anda bisa menawarkan banyak pilihan rasa yang unik. Selain itu, bahan baku dari pembuatan martabak mini ini harus memiliki kualitas terbaik.

21. Bisnis Pizza

Jenis makanan seperti ini memang cukup populer di kalangan menengah keatas. Namun, itu bisa menjadi peluang yang sangat baik bila anda ingin mencoba bisnis makanan itu. Anda bisa medapatkan resep membuat pizza yang disesuaikan dengan bisnis ukm.

Selain itu, tawarkan berbagai pilihan rasa dengan bahan baku yang berkualitas seperti keju dan daging. Jangan lupa untuk memperhitungkan ukuran yang ideal untuk pizza ini. Cobalah untuk menawarkan pizza dengan ukuran personal.

22. Menjual Sarapan Pagi

Bisnis seperti ini dianggap sangat menguntungkan. Apalagi bila anda lakukan di tempat yang strategis seperti pinggir jalan tentu saja aka nada banyak peminatnya.

Anda bisa menawarkan berbagai pilihan sarapan pagi seperti bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk, nasi campur dan lainnya. Cobalah untuk menggunakan kemasan praktis untuk sarapan pagi itu agar para pembeli mudah untuk mengkonsumsinya di tempat kerja.

Contoh Usaha Makanan Unik dan Kreatif

Jika Anda sedang memiliki keinginan untuk memulai suatu usaha, sekarang ini sudah terdapat banyak sekali jenis usaha yang bisa Anda pilih mulai dari usaha yang menjual produk barang ataupun usaha yang menjual produk berupa jasa.

Apabila Anda ingin memilih suatu usaha yang memiliki prospek yang bagus maka Anda bisa memilih usaha di bidang kuliner karena usaha di bidang ini bisa dikatakan tidak akan pernah surut sebab manusia akan selalu membutuhkan makanan untuk bisa tetap hidup.

Peluang usaha di bidang kuliner atau makanan sendiri sangatlah populer sehingga kini Anda bisa melihat banyaknya usaha kuliner seperti misalnya rumah makan dan toko kue yang saat ini mulai menjamurdi daerah perkotaan.

Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha di bidang makanan ini tentunya Anda harus berbeda dari yang lain agar usaha Anda memiliki keunikan dan dapat bersaing dengan kompetitor. Jika Anda memang berniat membuka usaha di bidang ini, di bawah ini akan kami ulas beberapa contoh makanan Unik dan Kreatif.

1. Croquette Sandwich

Salah satu usaha makanan unik dan kreatif yang bisa Anda lakukan yakni croquette sandwich, jika croquette merupakan salah satu jenis makanan yang sudah umum Anda temukan dan sudah banyak yang menjualnya, maka Anda bisa memodifikasi croquette ini menjadi makanan yang unik yaitu croquette sanwich yang mana jenis makanan ini merupakan croquette yang diisi dengan berbagai macam isian sandwich.

2. Sosis Mie Gulung

Contoh usaha makanan unik dan kreatif kedua yang juga bisa Anda pilih adalah usaha sosis mie gulung yang mana makanan ringan ini merupakan makanan yang sangat sesuai untuk dinikmati pada saat santai. Cara pembuatan makanan ini pun tidaklah sulit serta bahan bakunya yang murah akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk membuka usaha sosis mie gulung ini.

3. Ramen Burger

Jenis usaha makanan unik dan kreatif ketiga yang bisa Anda lakukan adalah usaha ramen burger yang mana jenis makanan yang satu ini merupakan makanan yang memadukan sajian ala timur dan sajian ala barat. Jika Anda sudah terbiasa memakan burger yang menggunakan setangkup roti maka Anda kini akan membuat burger yang menggunakan setangkup ramen yang digoreng dengan telur.

4. Kentang Tornado

Jenis usaha makanan unik dan kreatif keempat yang juga bisa Anda jadikan alternatif adalah usaha kentang tornado yang mana merupakan makanan yang dimodifikasi dari potato chips. Makanan ini dibuat dengan menggunakan kentang yang diiris tipis – tipis kemudian ditusuk dengan lidi dan disusun secara memanjang, baru kemudian digoreng yang mana biasanya akan disukai oleh anak – anak.

5. Lumpia Boom

Contoh usaha makanan unik dan kreatif kelima yang bisa Anda jalankan adalah usaha menjual lumpia boom, jenis lumpia yang satu ini berbeda dengan lumpia yang biasa Anda makan. Perbedaan yang dimiliki oleh lumpia boom ini adalah ukurannya yang besar sehingga akan sangat berbeda dengan lumpia biasa, usaha lumpia boom ini juga sangat tepat untuk Anda pilih karena mudah untuk dibuat.

Bagi Anda yang sedang mencari ide untuk usaha kuliner yang akan Anda jalankan maka beberapa contoh usaha makanan unik dan kreatif di atas bisa Anda jadikan referensi.

Demikian pembahasan mengenai Bisnis Usaha Makanan Modal Kecil Untung Besar yang bisa dijalankan dengan mudah dari rumah dan dapat anda jadikan pilihan atau dapat anda jadikan referensi sebagai bisnis yang akan anda jalankan.