10 Teknologi Terbaru Untuk Pertanian

Bertani adalah salah satu profesi tertua di dunia. Itulah mengapa mudah untuk mengabaikan peran teknologi inovatif dalam pertanian jika Anda tidak terlibat dalam industri ini. Industri pertanian berada di bawah tekanan besar untuk menghasilkan hasil yang lebih besar daripada sebelumnya.

Pada skala kecil, alat seperti gerobak ringan atau traktor kecil masih bisa memadai untuk berbagai pekerjaan. Tapi, industri pertanian secara keseluruhan dipengaruhi oleh perkembangan teknologi tinggi. Contoh-contoh berikut menggambarkan beberapa cara petani saat ini menggunakan alat dan teknologi terbaru.

10 Teknologi Terbaru Untuk Pertanian

1.Sensor tanah dan tanaman

Perangkat Sensor IoT baru sangat berguna di bidang pertanian. Sebagai contoh, beberapa petani telah mulai menggunakan sensor berbasis IoT untuk memantau kondisi seperti kelembaban tanah. Alat-alat ini secara teratur memberi petani informasi berharga tentang kondisi tanah dan tanaman mereka. Ini membantu mereka membuat pilihan penanaman yang penting untuk memaksimalkan hasil panen. Lebih banyak peralatan pertanian saat ini dilengkapi dengan sensor pintar yang dapat membaca segala sesuatu mulai dari kesehatan tanaman dan kebutuhan air di tanaman hingga tingkat nitrogen di tanah. Sensor kemudian mengaktifkan aplikasi input saat ini berdasarkan kondisi lapangan real-time.

Teknologi sensor juga tersedia untuk mengukur fitur tanah seperti konduktivitas listrik tanah, ketinggian tanah, kandungan bahan organik, dan bahkan pH. Sebagai contoh, Veris Technologies, Geonics dan Dualem semuanya membuat berbagai jenis sensor tanah.

Baca juga >>
Apakah iphone bisa tanpa Icloud

Jenis lain dari sistem penginderaan adalah pencitraan satelit atau udara, yang disebut penginderaan jauh. Satelit ini memotret gambar area pertanian utama setiap tiga hingga empat hari untuk mencatat perbedaan dalam kesehatan tanaman. Petani kemudian dapat menerapkan nutrisi berdasarkan resep dari gambar satelit.

2.Drone

10 Teknologi Terbaru Untuk Pertanian

Drone udara juga mengubah cara kerja para profesional pertanian. Seorang petani yang memelihara lahan yang luas membutuhkan cara yang efisien untuk memeriksa kondisi berbagai tanaman mereka secara nyata. Dengan drone udara, mereka dapat dengan cepat mengambil gambar overhead tanah mereka. Drone juga memungkinkan petani untuk menerapkan agrokimia dengan cepat dan menanam tanaman baru. Drone merupakan salah satu Teknologi terbaru untuk pertanian.

3.Robot

Robot tampak siap memecahkan kekurangan tenaga kerja global

Ketersediaan tenaga kerja di banyak negara maju sedang dipengaruhi oleh berbagai masalah sosial-ekonomi dan politik. kekurangan tenaga kerja adalah masalah di seluruh dunia. Jawabannya? Robot yang memetik buah dan sayuran. Mereka sudah dikembangkan untuk memetik stroberi di Inggris dan Spanyol, dan apel di AS. Robot bisa menjadi perubahan besar berikutnya dalam teknologi kemudi terkendali. Secara bertahap, produsen peralatan ag menunjukkan mengintip pekerjaan mereka pada peralatan robot.

4. Traktor otonom

10 Teknologi Terbaru Untuk Pertanian

Traktor yang cerdas tampaknya akan mengubah industri pertanian

Apakah kita melihat kendaraan berbobot lebih ringan memasuki pasar, seperti yang diprediksi beberapa orang, masih bisa diperdebatkan. Untuk membajak tanah, mesin harus cukup kuat dan bergerak cukup cepat, jadi saya tidak yakin bagaimana kendaraan otonom ringan akan bekerja. Yang pasti adalah bahwa traktor masa depan akan jauh lebih cerdas daripada traktor saat ini dan kecerdasan buatan adalah teknologi yang akan mendorong perubahan transformasional ini.

Baca juga >>
Cara Mengatasi Download Tertunda di Playstore

5.Produk Biologis

Berharap untuk melihat lebih banyak pengendalian hama biologis dan peningkatan pertumbuhan karena petani mencari input tanaman yang lebih ramah lingkungan dan hemat biaya. Teknologi canggih, seperti penyaringan throughput tinggi, juga membantu perusahaan untuk dengan cepat melipatgandakan organisme bermanfaat, sehingga mendorong pengembangan biologis baru. Produk seperti nematicide biologis untuk pertumbuhan awal tanaman, perawatan benih adalah contoh biologis yang dipromosikan oleh perusahaan besar.

6.Teknologi Presisi tinggi

Teknologi pertanian presisi menjadi lebih kuat dan lebih tepat. Adopsi yang luas dari sistem navigasi RTK mendorong era ketelitian yang tinggi. Dengan navigasi RTK di tangan, aplikasi penyemaian dan pemupukan yang tepat telah menjadi kenyataan. Pabrikan memperkenalkan pengontrol, penggerak, dan sistem penutup dengan resolusi yang semakin halus dan kemampuan untuk menerapkan banyak produk dengan laju yang bervariasi.

7.Teknologi RFID

Identifikasi frekuensi radio, atau RFID, telah banyak digunakan pada ternak untuk mengidentifikasi hewan. Tetapi penggunaan teknologi penandaan akan meluas ke tanaman karena teknologi secara eksponensial menjadi lebih baik, lebih cepat dan lebih murah. Ini adalah chip komputer yang sangat kecil yang akan memungkinkan konsumen untuk melacak produk individu dari awal hingga akhir.Ini juga merupakan Teknologi terbaru untuk pertanian.

8. Pemanfaatan nitrogen

Fluktuasi harga yang ekstrim dari pupuk nitrogen tidak hilang pada perusahaan benih. Mereka saat ini sedang mengembangkan jagung hibrida dengan kemampuan untuk menggunakan nitrogen yang tersedia dengan lebih baik. menghasilkan jumlah jagung yang sama dengan nitrogen yang lebih sedikit diterapkan atau peningkatan hasil dengan jumlah nitrogen yang sama.

9. Tanaman Hibrida

10 Teknologi Terbaru Untuk Pertanian

Para peneliti telah mengembangkan berbagai bentuk tanaman hibrida yang menawarkan manfaat yang tidak bisa didapatkan oleh tanaman tradisional. Sebagai contoh, varietas jagung hibrida telah terbukti menggunakan nitrogen lebih efisien daripada jagung non-hibrida. Ini memungkinkan mereka menghasilkan lebih banyak biji-bijian. Petani yang menggunakan hibrida seperti itu dapat menghasilkan lebih banyak makanan tanpa perlu lebih banyak lahan. Akibatnya, mereka menghemat sumber daya utama.

Baca juga >>
Cara Melacak Barang J-Express Melalui Aplikasi Jd.Id

10. Sistem Menejemen

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah peternakan. Seorang petani perlu memantau kondisi tanaman, menjadwalkan penanaman dan panen, memprioritaskan tugas harian dan jangka panjang, dan banyak lagi.

Sistem manajemen pertanian membuat proses ini lebih mudah. Dengan mengumpulkan semua informasi yang diperlukan ke dalam satu aplikasi, seorang petani dapat membuat dan menempel rencana mereka jauh lebih mudah daripada sebelumnya.Ini sangat membantu di pertanian besar dengan banyak karyawan. Menggunakan aplikasi untuk memastikan semua orang memahami tujuan jangka pendek dan keseluruhannya membantu setiap pekerja dalam tugas.

Demikianlah artikel Teknologi terbaru untuk pertanian. Ini hanyalah beberapa contoh teknologi baru yang merevolusi industri pertanian. Sekali lagi, petani telah memanfaatkan inovasi sejak awal pertanian itu sendiri. Saat teknologi baru muncul, mereka kemungkinan akan menemukan kegunaan pintar untuk mereka juga.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat