10 Teknologi Terbaru Pada Sepeda Motor

Waktu yang tepat untuk menjadi pengendara sepeda motor. Karena sepeda motor saat ini lebih cepat, lebih aman, dan lebih nyaman daripada sebelumnya. Kemajuan teknologi terbaru inilah yang memungkinkan sepeda motor menjadi lebih cepat, lebih aman, dan lebih nyaman. Hari ini tidak ada yang akan menyangkal sepeda motor memiliki banyak keuntungan seperti keunggulan starter listrik dibanding starter tendang di masa lalu. Kita telah melihat lompatan teknologi besar dalam sepeda motor selama beberapa tahun terakhir. Berikut adalah beberapa kemajuan penting yang ada pada sepeda motor saat ini.

10 Teknologi terbaru pada Sepeda Motor

1.Lampu LED yang Adaptif

10 Teknologi Terbaru Pada Sepeda Motor

Lampu depan selalu menjadi titik lemah bagi sepeda motor karena ukuran dan outputnya yang relatif kecil. Lampu sepeda motor low-beam model lama tidak bagus untuk menerangi apa yang ada di depan saat Anda berada di tikungan gelap. Lampu LED adaptif tersedia pada beberapa sepeda motor menggunakan sensor elektronik menyesuaikan dengan arah sepeda motor saat Anda mengambil tikungan , sehingga cahaya menyinari ke arah yang Anda tuju, sebagai lawan lurus di depan sepeda. Selain itu dengan menggunakan teknologi lampu LED terbaru, bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang dan meningkatkan visibilitas saat berkendara.

2.Aero winglets

10 Teknologi Terbaru Pada Sepeda Motor

Balapan adalah ajang pembuktian bagi teknologi untuk akhirnya turun ke sepeda motor biasa yang bisa Anda beli. Pernyataan itu juga untuk winglets. Terlihat pada sepeda motor seperti Aprilia RSV4 RF LE, RSV4 1100 Factory, Ducati Panigale V4 R, dan bahkan MV Agusta Brutale Serie Oro, tidak butuh waktu lama bagi teknologi aerodinamika MotoGP untuk memasuki produksi. Efektivitas winglets bagi pengendara motor untuk menjaga roda depan mereka tetap rendah  mungkin diragukan, karena winglets nyata dirancang untuk berfungsi pada kecepatan yang sangat tinggi, tetapi tidak ada keraguan winglets menambah kredibilitas sepeda motor.

Baca juga >>
Menurut Anda Sound System Sekedar Hobi Atau Bisnis?

3.Sistem pengereman Anti-lock

10 Teknologi Terbaru Pada Sepeda Motor

Mengadapasi dari teknologi mobil, maker sepeda motor telah melakukan eksplorasi sistem pengereman anti-lock untuk sepeda motor. Sistem ini menggunakan sensor kecepatan roda untuk menentukan kapan, selama situasi pengereman, roda Anda mungkin terkunci — dan kemudian mencegah hal itu terjadi dengan secara cepat mengurangi dan menerapkan kembali tekanan rem beberapa kali per detik. Tingkat kecelakaan fatal untuk sepeda motor dengan ABS opsional adalah 31 persen lebih rendah daripada untuk model yang sama tanpa ABS. Selain itu, sepeda motor juga dilengkapi dengan data unit pengukuran inersia (IMU), bersama dengan ABS dan kontrol throttle, untuk membantu menjaga sepeda stabil di tikungan tajam dan situasi darurat.

4.Quickshifter

10 Teknologi Terbaru Pada Sepeda MotorQuickshifter telah lama diterapkan pada sepeda motor untuk balapan, ternyata juga bagus untuk pengendara sepeda motor biasa, terutama jika Anda terjebak kemacetan dan berada di antara gigi. Terlebih lagi, quickshifter tidak hanya diperuntukkan bagi sepeda motor premium lagi, banyak sepeda motor dilengkapi dari pabrik dengan quickshifter, dan dipasangi sistem aftermarket dengan harga yang relatif murah.

5.Monitor Tekanan Ban Elektronik

Tekanan ban rendah dapat menyebabkan respon kendaraan yang lamban dan dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Itu sebabnya merupakan ide bagus untuk selalu memeriksa tekanan ban Anda cukup sering, terutama sebelum perjalanan panjang. Sekarang, lebih banyak sepeda dilengkapi dengan monitor tekanan ban elektronik yang memberi tahu Anda ketika tekanan angin pada ban rendah, sehingga Anda akan tahu dan segera memompa ban agar perjalanan menjadi lebih aman. Monitor Tekanan Ban Elektronik Merupakan Teknologi terbaru pada Sepeda Motor.

6.Teknologi Hill-start

Jika Anda mengendarai sepeda motor yang berat, atau memiliki penumpang di belakang, Anda memahami pentingnya bantuan saat menanjak di atas bukit. Kombinasi cepat antara rem belakang, throttle, dan kopling diperlukan untuk mengatasi ini agar bisa maju ke depan, tetapi hal itu bisa membuat stres bahkan untuk pengendara yang paling berpengalaman sekalipun. Teknologi Hill-start tersedia pada beberapa sepeda motor, namanya sedikit berbeda tergantung pada pabrikannya, kegunaannya untuk memegang rem belakang saat menanjak dan  sedikit meningkatkan putaran setelah melepaskan kopling, sehingga sepeda motor dapat melaju tanpa mesin mati.

Baca juga >>
Cara Transfer Kuota Telkomsel Terbaru

7.Teknologi IMU

Inovasi teknologi tunggal terbesar dalam dua dekade terakhir harus singkatnya adalah Inertial Measurement Unit, atau IMU. Mampu memantau posisi sepeda motor melalui giroskop dan akselerometer, IMU bersama dengan berbagai sensor lainnya telah memungkinkan teknologi yang membuat sepeda motor lebih cepat dan lebih aman. Fitur sepeda motor dengan ABS, kontrol traksi prediktif, kontrol geser, kontrol roda, dan kontrol peluncuran tidak akan bisa dilakukan tanpa IMU. Sistem IMU yang dapat kita pasangkan masih cukup baru. Artinya adalah masa depan inovasi teknologi untuk sepeda motor masih dapat berkembang

8.Suspensi elektronik

Dengan kemajuan teknologi, sekarang sepeda motor memiliki teknologi baru yaitu suspensi elektronik. Berbagai sensor berbicara dengan ECU beberapa kali per detik, yang kemudian dapat secara elektronik menyesuaikan kompresi dan tingkat peredaman suspensi saat Anda mengendarai sepeda motor berdasarkan pengaturan yang telah ditentukan.Suspensi bisa lebih lunak untuk pengendaraan yang santai, keras untuk pengendaraan yang lebih agresif. Tentu saja, pegas itu sendiri tidak dapat disesuaikan secara elektronik sehingga suspensi elektronik hanya dapat mempengaruhi kualitas pengendaraan secara keseluruhan. Beberapa sportbikes dilengkapi dengan e-suspensi, dan menawarkan solusi terbaik untuk pembeli sepeda motor yang biasanya berkendara untuk jangka waktu yang lama. Suspensi elektronik Merupakan salah satu Teknologi terbaru pada Sepeda Motor.

9.Aplikasi ponsel

Aplikasi telepon sangat populer akhir-akhir ini, Misalnya, salah satu fungsi sistem Aprilia APRC adalah menggunakan aplikasi ponsel, bersama dengan GPS telepon, untuk menentukan penempatan sepeda di trek dan menyesuaikan kontrol traksi per sudut tertentu. Zero Motorcycles memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan output daya, tingkat pengereman regeneratif, dan memeriksa status sepeda motor mereka melalui aplikasi. Yamaha dengan aplikasi Y-TRAC pada dasarnya adalah sistem akuisisi data untuk pengendara R1M, yang memungkinkan mereka untuk melihat input mereka pada sepeda, serta setiap intervensi dari bantuan pengendara, per putaran. Yamaha juga telah memperluas teknologi ke jalur motorcross, dengan aplikasi untuk melakukan penyesuaian ke YZ450F.

Baca juga >>
Cara Download Status WA Teman Dengan Mudah

10.Teknologi motor listrik

10 Teknologi Terbaru Pada Sepeda Motor

Seperti halnya mobil, sepeda motor mulai beralih ke listrik. Zero Motorcycles telah membuatnya selama lebih dari satu dekade dan sekarang Vespa mulai membuat skuter listrik. Masih akan lama untuk semua sepeda motor menjadi motor listrik, tetapi inilah pilihan terbaik untuk kendaraan roda dua dengan performa tinggi dan mewah.

Hampir 70 tahun setelah skutik ikonik diluncurkan, Vespa membuat skuter listrik Versi ramah lingkungan dengan waktu pengisian daya empat jam. Dirancang untuk berjalan-jalan di sekitar pusat kota dan dengan jangkauan maksimum 100 km, memiliki unit daya 2kW dan daya puncak 4kW. Ini termasuk baterai lithium-ion modern dan Sistem Pemulihan Energi Kinetik (KERS) dengan efisien energi tinggi yang dapat mengisi ulang saat melambat.

Demikianlah artikrl tentang 10 Teknologi terbaru pada Sepeda Motor semoga bisa menambah pengetahuan Anda.

 

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat