10 Teknologi terbaru pada mobil

Jaman semakin canggih dan teknologi semakin berkembang di semua bidang termasuk di industri otomotif. Semua maker otomotif selalu menampilkan teknologi mobil terbarunya pada saat pameran mobil setiap tahun. Jika anda selalu mengikuti perkembangan teknologi otomotif, pasti akan terkagum-kagum.

10 Teknologi terbaru pada mobil

1.Mesin Hibrid Mikro

Mobil hybrid semakin hari semakin dikenal luas di dunia. Kendaraan mikro-hybrid terdiri dari motor listrik yang terus-menerus diisi daya dari pengereman regeneratif. Ketika mobil tidak bergerak dan dalam kondisi netral, mesin mobil akan mati secara otomatis dalam beberapa detik. Ketika Anda harus melanjutkan bergerak, Anda hanya perlu menekan pedal kopling. Setelah itu, motor listrik segera menghidupkan mesin dan memungkinkan Anda untuk bergerak maju. Meskipun sepertinya tidak signifikan, akan tetapi bisa menghemat penggunaan bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang kendaraan.

2.Smart Key

Sebelum Anda ingin menggunakan mobil, satu hal yang perlu Anda lakukan adalah mengambil kunci mobil. Dengan kemajuan dan inovasi teknologi yang semakin cepat, kunci mobil konvensional hampir tidak dipakai lagi sekarang. Saat ini, Smart key telah mengambil alih fungsi kunci mobil tradisional. Sistem smart key memungkinkan pengguna untuk memiliki kunci di sakunya untuk membuka pintu atau bisa menyalakan mesin kendaraan.

Sistem ini bekerja melalui seperangkat pemancar di key fob dan antena di mobil untuk menerima sinyal yang bisa menunjukkan keberadaan kunci. Pengguna hanya perlu menekan tombol khusus yang terletak di pegangan pintu untuk membuka pintu. Mobil yang memiliki starter tombol tekan juga bekerja dengan prinsip yang sama. Ketika keberadaan pemancar terdeteksi oleh sistem, maka secara otomatis menghubungkan rangkaian listrik pada kunci kontak. Pengguna hanya perlu menekan tombol untuk menyalakan mobil. Smart Ket merupakan salah satu Teknologi terbaru pada mobil.

Baca juga >>
Mengatasi Lag PUBG Mobile Dengan Configurasi Iphone Untuk Android - Rekomended Parah

3.Kaca Spion virtual

Tidak perlu lagi kaca spion, ada kamera di setiap sisi mobil yang mengirimkan gambar langsung ke layar di sudut dasbor atau di pintu. Kamera-kamera ini menghasilkan lebih sedikit suara angin dan hambatan aerodinamis, hal ini penting untuk mobil listrik, meminimalkan blindspot dan memberikan gambar yang lebih jelas dalam kondisi cuaca buruk.

Kamera secara otomatis mengubah posisinya untuk melihat pengemudi sepeda motor, menikung dan parkir, Dengan layar sentuh pengemudi dapat menggunakan jari-jarinya untuk memperbesar untuk melihat area tertentu secara lebih detail.

4.Kemudi semi Autopilot

Teknologi self-driving memang belums sepenuhnya bisa digunakan, tetapi sistem seperti Super Cruise Cadillac dan Tesla Autopilot menggunakan sensor dan kamera untuk mengarahkan mobil dan menjaga agar tetap melaju di jalur mereka tanpa campur tangan dari pengemudi. Sistem masih tetap perlu diawasi, tetapi tidak harus khawatir tentang mengemudi dan bisa santai. Kemudi semi Autopilot adalah salag satu Teknologi terbaru pada mobil.

5.Kamera Parkir

Gambar secara langsung ditampilkan pada layar infotainment mobil saat menyala. Terdiri dari garis-garis grid yang menunjukkan seberapa dekat Anda dengan benda di belakang mobil. Seringkali, kamera ini juga dibundel dengan sensor jarak yang mengingatkan Anda ketika terlalu dekat dengan sesuatu. Pada mobil murah tanpa layar sentuh, kamera dihilangkan dan hanya ada sensor saja.

6.Layar MID Intuitif

Awalnya area speedometer mobil hanya menampilkan informasi monokrom digital yang sangat terbatas pada odometer atau tripmeter. Tetapi saat ini sudah ada layar MID terperinci atau layar Multi-Information Display yang memberikan pengguna akses ke banyak informasi. Layar MID menampilkan layar odometer dan trip-meter. Selain itu, mereka juga menunjukkan pintu mana yang terbuka, gigi mana yang diaktifkan, konsumsi bahan bakar rata-rata, jarak kosong, kecepatan rata-rata, tekanan ban, indikator mode penggerak, dan banyak informasi lainnya tergantung jenis mobil yang anda pakai.

Baca juga >>
Perbedaan Tempered Glass yang Asli dan Palsu

7.Lampu headlights yang cerdas

Lampu headlight yang membuat silau akan menjadi masa lalu. Karena lampu terbaru akan membatasi bagian cahaya yang diarahkan pada kendaraan yang melaju di depan sehingga pengguna jalan lain tidak terganggu . Selain itu, panjang dan kecerahan cahaya lampu diubah secara otomatis tergantung pada cuaca dan kondisi mengemudi.

Lampu headlight LED juga menghasilkan intensitas cahaya yang lebih terang dengan pencahayaan yang lebih presisi dari lampu xenon biasa, sehingga memudahkan pengemudi untuk mengenali detail jalan dan rintangan di malam hari.

8.Kaca mobil cerdas

Mobil terbaru sudah memiliki kaca jendela dan bagian kaca depan dengan sensor built-in yang bisa menggelapkan kaca jika terkena sinar matahari yang cerah untuk mencegah silau, menjaga interior mobil tetap dingin dan menghalangi sinar UV yang merusak. Menggunakan teknologi film kristal cair baru, gelas juga bisa dipanaskan tanpa perlu kawat filamen.

9.Radar pengendali jarak aman

Meskipun berkendara dengan manual kontrol baik, sistem adaptif berbasis radar membawanya ke level selanjutnya. Teknologi ini menyesuaikan kecepatan mobil Anda untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Itu membuat berkendara di jalan tol yang padat jauh dari stres. Radar pengendali jarak aman Teknologi terbaru pada mobil yang terus dikembangkan.

10.Mobil Listrik BEV

Mobil Listrik BEV atau Battery Electric Vehicles sudah beredar di masyarakat. Mobil ini sepenuhnya menggunakan tenaga listrik dari baterai sebagai penggerak tanpa sama sekali menggunakan bahan bakar berbasis fosil seperti bensin. Jika baterai penuh, mobil ini mampu menempuh jarak lebih dari 500 Km. Sangat hemat Energi dan tidak menghasilkan emisi gas buang.

Mulai tahun 2020, Semua Teknologi terbaru pada mobil akan diuji seperti kemudi darurat otomatis, sistem pemantauan pengemudi, dan sistem pengereman darurat otomatis yang berfungsi di persimpangan dan ketika Anda mundur dari tempat parkir. Anda harus menemukan teknologi ini pada model-model terbaru saat itu, karena mereka akan diperlukan untuk mendapatkan peringkat keselamatan bintang lima, sebuah penghargaan yang diupayakan oleh setiap pembuat mobil.

Baca juga >>
Benarkah Aplikasi Chatting Mempengaruhi Angka Perceraian?

Dengan Teknologi terbaru pada mobil, Mobil tidak akan hanya bisa melindungi orang dari bahaya, tetapi juga akan dapat memberi Anda banyak informasi yang berguna secara real-time. Sebagai contoh, Anda akan dapat meminta mobil untuk menemukan Anda restoran, memesan tempat parkir terdekat dan kemudian memberi Anda petunjuk untuk sampai ke sana. Dan jika mobil Anda mengemudi secara mandiri, ia bahkan dapat memproyeksikan avatar digital tiga dimensi untuk menemani Anda.

Dengan Teknologi terbaru pada mobil, Lebih dari separuh mobil di dunia sudah terhubung ke internet, dan kendaraan masa depan juga akan berkomunikasi satu sama lain, infrastruktur jalan, persimpangan cerdas dan lampu jalan pintar di jaringan yang dikenal sebagai Internet of Things. Mobil Anda akan dapat menggunakan semua informasi yang diunggah ini untuk memberi Anda peringatan dini tentang potensi bahaya atau penahanan di sepanjang rute yang Anda pilih.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !