10 Teknologi Terbaru di bidang Telekomunikasi

Industri telekomunikasi akan melalui fase transformasi pembangunan untuk menyesuaikan diri dengan tren teknologi dan cloud baru. Selain peluang, perusahaan telekomunikasi di seluruh dunia menghadapi banyak tantangan di era ini. Teknologi baru seperti Internet of Things (IoT), augmented reality (AR), virtual reality (VR), layanan mikro dan banyak lagi mengharuskan penyedia layanan telekomunikasi menyelaraskan kembali strategi bisnis mereka dan merestrukturisasi diri mereka sendiri sesuai dengan era cloud, dalam hal operasi, arsitektur dan jaringan juga.

Dengan ketersediaan teknologi baru, variasi dan kualitas layanan dari perusahaan telekomunikasi dan penyedia layanan internet (ISP) meningkat, margin laba menurun, dan garis-garis antara perusahaan telekomunikasi dan vendor teknologi menjadi kabur. Oleh karena itu, perusahaan telekomunikasi harus mengambil pandangan baru pada tingkat inovasi TIK dan menyesuaikan organisasi mereka dengan transformasi digital dengan menciptakan antarmuka lintas fungsional yang kuat dan dengan mencari alat untuk menjaga fleksibilitas organisasi.

Penyedia telekomunikasi perlu meningkatkan TI dan infrastruktur konektivitas mereka dan fokus pada penyediaan layanan data dan suara yang berkualitas tinggi, dapat diandalkan, dan terjangkau. Keamanan jaringan telah menjadi prioritas utama bagi perusahaan telekomunikasi dan mereka menghadapi tantangan dengan munculnya ancaman baru yang didukung oleh teknologi baru. Jadi, sejumlah inovasi operasional dan teknis diperlukan untuk memenuhi harapan pelanggan akan keamanan sistem lengkap dari jaringan hingga tingkat perangkat.

Perusahaan telekomunikasi harus mengambil pendekatan yang lebih terinformasi untuk penyederhanaan proses bisnis yang dapat membantu mereka menaiki gelombang transformasi digital.

Baca juga >>
Membuat Laporan Data Buku Aplikasi Perpus

Berikut adalah 10 Teknologi Terbaru di bidang Telekomunikasi :

10 Teknologi Terbaru di bidang Telekomunikasi

5G

5G menjanjikan beberapa perubahan dramatis. Rencana aksi 5G Uni Eropa mencakup cakupan 5G yang tidak terganggu pada tahun 2025 untuk kereta api dan jalan utama. Selain dapat mendukung peningkatan seratus kali lipat dalam perangkat yang terhubung per setiap unit unit, 5G akan menawarkan latensi sangat rendah, peningkatan kecepatan data dan memungkinkan pemotongan jaringan. Ini membuka pintu bagi layanan baru, operasi jaringan, dan pengalaman pelanggan untuk operator telekomunikasi.

5G akan mengubah peran telekomunikasi: telekomunikasi tidak hanya akan menjadi distributor teknologi, tetapi juga penyedia layanan. Pergeseran ini akan membutuhkan telekomunikasi untuk terlibat dengan pemerintah, pelanggan perusahaan dan mengubah pendekatan penjualan mereka untuk membantu pelanggan memanfaatkan kekuatan 5G.

Kecerdasan Buatan (AI)

Telekomunikasi adalah salah satu industri yang menggunakan kecerdasan buatan dalam banyak aspek bisnis saat ini. Melalui asisten virtual dan chatbots, dan kecerdasan buatan yang menjalankan alat-alat ini di belakang layar, perusahaan telekomunikasi meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan. Kecerdasan buatan sangat penting untuk optimasi dan pemeliharaan prediktif jaringan perusahaan telekomunikasi. AI juga bekerja keras dalam mendeteksi aktivitas penipuan. Selain itu, melalui analisis prediktif, kecerdasan buatan memungkinkan telekomunikasi untuk mendapatkan wawasan bisnis yang dapat ditindaklanjuti dari volume data yang mereka kumpulkan setiap hari.

Internet of Things (IoT)

Karena industri telekomunikasi memungkinkan konektivitas perangkat internet, itu adalah salah satu pemain terbesar di pasar Internet of Things, barang sehari-hari yang terhubung satu sama lain dan internet. Teknologi Internet of Things membantu telekomunikasi memantau BTS dan pusat data dari jarak jauh. Ini membantu memastikan downtime minimal untuk jaringan. Karena telekomunikasi sangat berperan dalam menyediakan infrastruktur IoT, industri ini secara unik siap untuk mengembangkan dan menawarkan layanan mereka sendiri untuk IoT. Karena teknologi IoT menghasilkan lebih banyak perangkat di jaringan, ada lebih banyak peluang untuk pelanggaran keamanan dan privasi terjadi sehingga telekomunikasi perlu merencanakan dan menyiapkan pertahanan untuk itu. Meskipun masih banyak yang tidak diketahui mengenai transformasi yang akan dimiliki IoT untuk telekomunikasi, ada sedikit keraguan bahwa hal itu akan mengganggu industri.

Baca juga >>
Cara Membedakan HP Asli dan Palsu Paling Mudah

Analitik Data besar

Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan telekomunikasi mengumpulkan dan menghasilkan volume data dari perangkat dan aplikasi seluler, perangkat yang dapat dikenakan dan banyak lagi — data nirkabel diperkirakan akan terus meningkat selama tahun 2020-an — tetapi akan menjadi perusahaan yang menggunakannya untuk keunggulan kompetitif mereka yang akan bertahan . Perusahaan telekomunikasi perlu memastikan bahwa jaringan mereka dapat memindahkan jumlah data yang luar biasa melalui jaringan mereka secara efisien dan terus mendukung teknologi baru. Telekomunikasi juga perlu mengatasi tantangan keamanan baru yang muncul dengan teknologi baru yang menggunakan jaringan mereka. Pada akhirnya, data yang dikumpulkan oleh telekomunikasi dapat dianalisis untuk meningkatkan layanan pelanggan, menentukan dan mengevaluasi produk baru, serta memantau dan mengoptimalkan jaringan. Ketika dievaluasi dan ditindaklanjuti, data besar dapat membantu telekomunikasi membangun bisnis yang lebih kuat.

Otomatisasi Proses Robot (RPA)

Otomatisasi proses robot dapat mengambil alih proses frekuensi tinggi yang berulang, berbasis aturan, dan menyelesaikannya dengan sangat akurat. Ketika telekomunikasi menggunakan RPA untuk tugas-tugas, tingkat kesalahan dan biaya berkurang sementara layanan pelanggan dan efisiensi operasional ditingkatkan. Industri telekomunikasi memiliki salah satu tingkat adopsi tertinggi untuk teknologi RPA karena tampaknya melayani dengan sangat baik. RPA menawarkan skalabilitas dan kelincahan tingkat tinggi untuk telekomunikasi dan dapat mengambil alih banyak tugas seperti pembuatan laporan, menanggapi pertanyaan pelanggan, pemrosesan pesanan, pelacakan harga, dan banyak lagi.

Komputasi Cloud

Model layanan bayar per penggunaan Cloud computing membantu telekomunikasi memperkenalkan layanan baru, mengurangi biaya mereka dan menyesuaikan permintaan pasar dengan lebih efektif. Cloud menawarkan skala ekonomi, skalabilitas, dan efektivitas biaya untuk telekomunikasi. Telekomunikasi tidak hanya dapat menjadi penyedia layanan cloud, tetapi mereka juga dapat menggunakan cloud itu sendiri. Ketika telekomunikasi mengadopsi teknologi cloud dan mengalihkan fungsi bisnis penting ke cloud, mereka mendapat manfaat dari efisiensi cloud.

Baca juga >>
Cara Melacak HP Yang Hilang dengan Mudah

Keamanan dan Ketahanan Dunia Maya

Kami menerima begitu saja layanan yang dimungkinkan oleh telekomunikasi termasuk panggilan telepon dan video, email dan pesan sampai kami mengalami pemadaman dan menyadari betapa tergantungnya kami pada layanan tersebut. Karena telekomunikasi storing dalam jumlah besar data sensitif pada jaringan kompleks yang bertindak sebagai gateway ke bisnis lain dan karena mereka membangun dan mengoperasikan infrastruktur penting, telekomunikasi semakin menjadi target bagi penjahat cyber. Dari serangan cyber langsung seperti penolakan layanan yang didistribusikan hingga serangan tidak langsung seperti malware, telekomunikasi perlu melindungi diri mereka sendiri dan mempersiapkan diri untuk masa depan 5G dan rintangan keamanan yang akan diwakili. Ini termasuk tidak hanya memiliki infrastruktur TI yang tepat tetapi juga bakat dan proses untuk mendukung ketahanan ketika diserang. Saat ini, ada ruang untuk perbaikan pada respon industri terhadap serangan cyber. Bahkan klaim serangan palsu dapat merusak reputasi telekomunikasi, serta menciptakan dampak bisnis yang cukup besar dalam hal waktu dan uang yang dihabiskan untuk merespons.

Demikianlah artikel tentang 10 Teknologi Terbaru di bidang Telekomunikasi, semoga dapan menambah wawasan anda dalam hal teknologi telekomunnikasi

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !