10 Teknologi terbaru di bidang Kesehatan

Teknologi dan kedokteran telah berjalan beriringan selama bertahun-tahun. Kemajuan yang konsisten dalam bidang farmasi dan bidang medis telah menyelamatkan jutaan nyawa. Berikut adalah 10 Teknologi terbaru di bidang Kesehatan :

10 Teknologi terbaru di bidang Kesehatan

Bedah robotik

10 Teknologi Terbaru Di Bidang Kesehatan 

Bedah robotik digunakan dalam prosedur dengan resiko minimal dan membantu dalam hal presisi, kontrol dan fleksibilitas. Selama operasi robot, ahli bedah dapat melakukan prosedur yang sangat rumit dan sangat sulit atau tidak mungkin. Ketika teknologi meningkat, hal itu dapat dikombinasikan dengan augmented reality untuk memungkinkan ahli bedah untuk melihat informasi tambahan penting tentang pasien secara real time saat masih melakukan operasi. Robot yang dipandu gambar sekarang dapat menyelidiki masalah di otak tanpa merusak jaringan di sekitarnya. Mereka dapat membentuk tulang agar pas dengan prostetik dengan akurasi yang tidak pernah bisa dilakukan manusia. Sistem bedah robotik da Vinci sudah digunakan dalam 200.000 operasi setahun, tetapi dengan koneksi super cepat 5G akan segera memungkinkan operasi jarak jauh, dan apa yang pernah dianggap sebagai hal baru dapat dengan cepat menjadi praktik standar.

AI dan Pembelajaran Mesin

10 Teknologi Terbaru Di Bidang Kesehatan

Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin menawarkan cara-cara baru dan lebih baik untuk mengidentifikasi penyakit, mendiagnosis kondisi, dan mengembangkan rencana perawatan, memantau epidemi kesehatan, menciptakan efisiensi dalam penelitian medis dan uji klinis, dan membuat operasi lebih efisien. Algoritma kecerdasan buatan didukung oleh kemajuan teknologi dan komputasi belajar dari data dan dapat memprediksi kemungkinan suatu kondisi. Hal ini bisa membantu dokter memberikan diagnosis dan rencana perawatan. Pada akhirnya, AI dan pembelajaran mesin dapat membantu dengan banyak masalah klinis selama pemerintah dapat menentukan bagaimana mengatur penggunaan algoritma dalam perawatan kesehatan.

Baca juga >>
Cara Mengatasi HP Xiaomi Sering Mati Sendiri

Sensor otak nirkabel 

Berkat plastik, kemajuan medis telah memungkinkan para ilmuwan dan dokter untuk bekerja sama dan menciptakan elektronik yang dapat diserap lebih besar yang dapat ditempatkan di otak dan larut ketika mereka tidak lagi dibutuhkan. Perangkat medis ini akan membantu dokter dalam mengukur suhu dan tekanan di dalam otak. Karena sensor dapat larut, hal ini mengurangi kebutuhan untuk operasi tambahan. Hal ini juga merupakan Teknologi terbaru di bidang Kesehatan.

Visi Komputer dan Mesin

Melatih komputer untuk “melihat” dunia dan memahami input visual bukanlah hal kecil. Karena telah ada kemajuan yang signifikan dalam visi mesin, ada lebih banyak cara komputer dan visi mesin digunakan dalam kedokteran untuk diagnostik, melihat pindaian dan gambar medis, operasi, dan banyak lagi. Visi mesin membantu dokter secara pasti mengetahui berapa banyak darah yang hilang dari seorang wanita saat melahirkan sehingga perawatan yang tepat dapat diberikan untuk mengurangi kematian ibu akibat pendarahan postpartum. Aplikasi di mana komputer bisa digunakan untuk melihat CT scan untuk mendeteksi penyakit neurologis dan kardiovaskular atau untuk melihat tumor pada gambar sinar-X tumbuh dengan cepat.

Obat presisi 

Seiring dengan kemajuan teknologi medis, teknologi ini menjadi semakin personal untuk setiap pasien. Pengobatan presisi, memungkinkan dokter untuk memilih obat dan terapi untuk mengobati penyakit seperti kanker berdasarkan pada susunan genetik individu. Obat yang dipersonalisasi ini jauh lebih efektif daripada jenis perawatan lain karena serangan tumor berdasarkan gen dan protein spesifik pasien, menyebabkan mutasi gen dan membuatnya lebih mudah dihancurkan oleh obat kanker. Obat presisi juga dapat digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis. Ini menggunakan mekanisme yang sama yaitu menyerang gen rentan penyakit untuk melemahkannya dan mengurangi gejala dan kerusakan sendi.

Baca juga >>
Kumpulan Game Lego Terbaik Saat Ini Offline dan Online

Organ buatan dengan 3D printing

 Pencetakan 3D dengan bio-printing merupakan teknologi medis yang sedang berkembang. Meskipun awalnya merupakan terobosan untuk dapat meregenerasi sel-sel kulit untuk draft kulit pada korban luka bakar, hal ini memberi jalan kepada kemungkinan yang lebih menarik. Ilmuwan telah mampu membuat pembuluh darah, ovarium sintetis dan bahkan pankreas. Organ buatan ini kemudian tumbuh di dalam tubuh pasien untuk menggantikan organ asli yang rusak. Kemampuan untuk memasok organ buatan yang tidak ditolak oleh sistem kekebalan tubuh bisa revolusioner, menyelamatkan jutaan pasien yang bergantung pada transplantasi.

Perkembangan paling signifikan dalam pencetakan 3D adalah prosthetics eksternal, implan kranial atau ortopedi, dan stent saluran napas khusus. Tetapi juga telah terbukti membantu dalam perencanaan bedah dan telah digunakan dalam operasi jantung terbuka yang kompleks, dan bahkan transplantasi wajah total.

Genomik

Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin membantu memajukan kedokteran genom. Dimana info genom seseorang digunakan untuk menentukan rencana perawatan dan perawatan klinis yang dipersonalisasi. Dalam farmakologi, onkologi, penyakit menular, dan banyak lagi, kedokteran genom membuat dampak. Komputer membuat analisis gen dan mutasi gen yang membuat kondisi medis jauh lebih cepat. Ini membantu komunitas medis lebih memahami bagaimana penyakit terjadi, tetapi juga bagaimana mengobati kondisi atau bahkan memberantasnya. Ada banyak proyek penelitian yang mencakup kondisi medis seperti penolakan transplantasi organ, cystic fibrosis, dan kanker dan menentukan cara terbaik untuk mengobati kondisi ini melalui pengobatan pribadi. Ganomik merupakan salah satu Teknologi terbaru di bidang Kesehatan.

Telehealth

Dalam dunia yang dipengaruhi oleh teknologi, diperkirakan bahwa sebanyak 60% pelanggan lebih suka layanan yang dilakukan secara digital. Telehealth menjelaskan teknologi yang berkembang pesat yang memungkinkan pasien menerima perawatan medis melalui perangkat digital mereka, ketimbang menunggu janji bertemu dengan dokter mereka. Menggunakan aplikasi seluler yang sangat personal yang memungkinkan pasien untuk berbicara secara virtual dengan dokter dan profesional medis lainnya untuk menerima diagnosis instan dan saran medis.

Baca juga >>
Cara Mengatasi Tidak Sanggup Menyimpan, Memori Penuh Pada Handphone

Extended Reality (Virtual, Augmented dan Mixed Reality)

Extended Reality bukan hanya untuk hiburan, tapi juga digunakan untuk tujuan penting dalam perawatan kesehatan. Teknologi ini tidak hanya sangat bermanfaat untuk pelatihan dan simulasi operasi, tetapi juga memainkan peran penting dalam perawatan pasien. VR telah membantu pasien dengan gangguan penglihatan, depresi, kanker, dan autisme. Augmented reality membantu memberikan dukungan bagi praktisi kesehatan dan dokter selama operasi otak dan menyambung kembali pembuluh darah. Dalam realitas campuran, dunia virtual dan dunia nyata saling terkait, sehingga dapat memberikan pendidikan yang penting bagi para profesional medis serta untuk membantu pasien memahami kondisi atau rencana perawatan mereka.

Imunoterapi Kanker

Imunoterapi mengubah definisi di dunia medis, terutama dengan menyembuhkan penyakit yang tidak dapat disembuhkan sebelumnya. Premis imunoterapi adalah secara genetik mengubah sel-sel pasien untuk bekerja bersama-sama dengan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker. Tidak seperti kemoterapi, imunoterapi tidak merusak sel-sel sehat. Dengan mengubah sistem kekebalan tubuh, seseorang dapat belajar untuk mendeteksi dan menghancurkan lebih banyak sel kanker dan mengurangi pertumbuhan tumor.

Demikianlah artikel mengenai Teknologi terbaru di bidang Kesehatan semoga bisa menjadi referansi bagi anda.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !