10 Tanaman Air Tawar Terbaik Untuk Aquascaping

Memilih tanaman hidup untuk akuarium mungkin tampak sesederhana menuju ke toko ikan lokal dan memilih beberapa yang anda suka.

Tetapi, jika Anda ingin tanaman berkembang, Anda harus mempertimbangkan untuk memilihnya seperti yang Anda lakukan untuk ikan dan dekorasi tangki lainnya.

Ada banyak tanaman akuarium hidup yang berbeda untuk dipilih dan mereka masing-masing memiliki persyaratan perawatan yang unik.

Jadi sebelum Anda mengisi tangki Anda dengan tanaman akuarium, Anda harus meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan mengapa Anda menginginkannya, jenis mana yang paling sesuai dengan tangki Anda, dan bagaimana Anda akan merawatnya.

Tanaman hidup dapat memberikan berbagai manfaat bermanfaat, tetapi Anda masih perlu mempertimbangkan bagaimana Anda ingin menggunakannya dan mengapa.

Berikut adalah manfaat yang dapat diberikan tanaman hidup di akuarium Anda:

Mengubah karbondioksida menjadi oksigen untuk ikan.

Tumbuhan hidup menggunakan nitrat dan produk limbah kimia lainnya, membantu mengeluarkannya dari kolom air sehingga tidak membahayakan ikan Anda.

Menjenuhkan air tangki dengan oksigen yang membantu memberi udara tangki.

Mendapat tampilan alami.

Menyediakan tempat berlindung dan keamanan untuk ikan dan memecah garis pandang yang dapat bermanfaat bagi ikan teritorial.

Dapat digunakan untuk menyembunyikan perlengkapan akuarium untuk meningkatkan estetika.

Tanaman akuarium membantu meningkatkan dan menjaga kualitas air tangki.

Kualitas air yang tinggi sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan ikan Anda. Ketika kualitas air rendah, ikan Anda menjadi stres dan itu membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit.

Baca juga >>
7 Gaya Aquascaping Untuk Akuarium

Tumbuhan hidup memiliki beragam bentuk, ukuran, dan warna.

Tergantung pada ukuran dan bentuk yang Anda pilih, Anda dapat menggunakan tanaman akuarium untuk membuat karpet yang subur di sepanjang bagian bawah tangki atau latar belakang hidup untuk akuarium Anda.

Berbagai Jenis Tanaman Akuarium

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang peran yang dimainkan tanaman akuarium di lingkungan tangki, Anda siap untuk mulai memikirkan tanaman mana yang ingin Anda gunakan.

Tanaman akuarium dapat dibagi menjadi tiga kategori berbeda berdasarkan penempatannya di tangki:

Tanaman latar depan

Tanaman pertengahan tanah

Tanaman latar belakang

Tanaman latar depan adalah tanaman yang Anda tempatkan di bagian depan tangki – umumnya lebih pendek dan tumbuh cukup lambat.

Beberapa tanaman latar depan disebut tanaman karpet karena cenderung menyebar ke luar daripada ke atas, menutupi bagian bawah tangki dengan lapisan seperti karpet hijau.

Tanaman mid-ground lebih tinggi dari tanaman latar depan dan dapat digunakan di sepanjang sisi tangki Anda dan di tengah.

Tanaman Akuarium Dan Penerangan

Cahaya adalah sumber energi utama untuk tanaman akuarium Anda – ini memungkinkan mereka untuk menyelesaikan proses fotosintesis di mana mereka mengubah karbon dioksida menjadi energi.

Ada banyak pilihan berbeda untuk penerangan akuarium tetapi tidak semuanya ideal untuk tanaman hidup.

Tanaman Anda akan membutuhkan sekitar 8 jam cahaya spektrum penuh per hari – cahaya spektrum penuh meniru sinar matahari alami dan itu adalah yang terbaik untuk fotosintesis.

Namun, berhati-hatilah dalam menggunakan cahaya alami (seperti menempatkan tangki Anda di dekat jendela) karena terlalu banyak cahaya dapat berkontribusi pada pertumbuhan alga.

Jenis pencahayaan terbaik untuk tangki yang ditanam adalah pencahayaan dengan lampu LED. Pencahayaan LED sangat efisien dalam hal konsumsi energi dan bola lampu bertahan lama.

Baca juga >>
Cara Mendapatkan Uang dari Facebook bagi Pemula

Perlengkapan ini juga tidak menghasilkan panas seperti perlengkapan lainnya , sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang terlalu panas tangki Anda.

 

11 Tanaman Aquarium Terbaik Untuk Pemula

Sekarang Anda memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang tanaman akuarium, Anda dapat menggunakan informasi berikut untuk membuat keputusan pembelian jenis tanaman yang sesuai kebutuhan.

Pada dasarnya ada 2 jenis tanaman untuk aquarium yaitu  tanaman latar depan  dan tanaman latar tengah /belakang.

Tanaman latar depan atau karpet adalah tanaman yang tumbuh lambat dan memiliki ketinggian terbatas yang cenderung menyebar ke luar daripada ke atas dan mereka dapat membuat karpet hijau subur di sepanjang bagian bawah tangki Anda.

Berikut adalah tanaman latar depan terbaik untuk aquarists pemula:

1.Java Moss

10 Tanaman Air Tawar Terbaik Untuk Aquascaping

Java Moss tumbuh paling baik di air yang bersih dan bersirkulasi dengan baikAku tumbuh lebih cepat dalam pencahayaan yang terang. Ini adalah tanaman karpet yang sangat baik karena menyebar dengan cepat dan mudah dipangkas.

  1. Lilaeopsis

10 Tanaman Air Tawar Terbaik Untuk Aquascaping

 Juga dikenal sebagai Pedang Mikro Brasil, Lilaeopsis adalah tanaman bertangkai pendek yang berfungsi baik sebagai tanaman karpet. Dapat tumbuh sepenuhnya atau sebagian terendam dan membentuk karpet padat dengan kombinasi pencahayaan, CO2, dan nutrisi lainnya yang tepat.

  1. Dwarf Baby Tears

10 Tanaman Air Tawar Terbaik Untuk Aquascaping

 Tanaman ini menghasilkan kelompok daun kecil dan sangat ideal untuk tangki pengembangbiakan. Dan membentuk karpet padat dengan pencahayaan yang tepat, dan umumnya mudah dirawat sekali didirikan.

Tanaman Terbaik Untuk Bagian Tengah Atau Latar Belakang Tangki Anda

banyak tanaman air tawar hijau cerah di akuarium

Ingat, tanaman jalan tengah rendah hingga sedang dan harus digunakan sebagai titik fokus untuk tangki Anda.

Tanaman Latar belakang lebih tinggi dan dapat digunakan di bagian belakang dan samping tangki untuk memberikan perlindungan bagi ikan Anda.

Baca juga >>
Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Hingga Jutaan

Berikut adalah Tanaman Terbaik Untuk Bagian Tengah Atau Latar Belakang:

  1. Water Wisteria

10 Tanaman Air Tawar Terbaik Untuk Aquascaping

Tanaman ini menghasilkan daun seperti renda yang ukurannya bervariasi sesuai dengan suhu air. Mereka dapat dengan mudah diperbanyak dengan mengambil stek dari daun bagian bawah.

  1. Amazon Sword

10 Tanaman Air Tawar Terbaik Untuk Aquascaping

 Salah satu tanaman akuarium yang paling dikenal, pedang Amazon adalah tanaman latar ideal yang menghasilkan daun besar dan lebar. Mudah dirawat dan lebih memilih media yang longgar.

  1. African water Fern/ Pakis Air Afrika

10 Tanaman Air Tawar Terbaik Untuk Aquascaping

 Tanaman ini tumbuh cukup lambat, bahkan dalam kondisi yang ideal, dan yang terbaik adalah berlabuh pada sepotong kayu apung daripada berakar di substrat. Setelah terbentuk, mudah untuk mempertahankannya.

  1. Java Fern

10 Tanaman Air Tawar Terbaik Untuk Aquascaping

Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan memiliki berbagai ukuran dan bentuk daun. Pakis jawa baik dalam pencahayaan moderat – jika pencahayaan terlalu kuat, daunnya bisa berubah menjadi coklat.

  1. Anubias

10 Tanaman Air Tawar Terbaik Untuk Aquascaping

Salah satu tanaman yang paling mudah bagi pemula, anubias kuat dan mudah tumbuh. Tanaman ini umumnya ditambatkan ke batu atau kayu apung alih-alih berakar. Saat di-root, rimpang harus diletakkan di atas media untuk mencegah pembusukan.

  1. Cryptocoryne Beckettii

10 Tanaman Air Tawar Terbaik Untuk Aquascaping

Juga dikenal adalah terompet air, tanaman ini adalah tanaman mid-ground yang bagus. Sangat toleran dengan parameter air dan bekerja dengan baik dalam cahaya rendah hingga sedang.

  1. Aponogeton Ulvaceus Bulb

10 Tanaman Air Tawar Terbaik Untuk Aquascaping

Tumbuhan yang indah yang menghasilkan daun beriak, spesies ini sangat toleran dan menyebar dengan baik sebagai tanaman latar. Satu bola lampu menghasilkan hingga 40 daun.

  1. Dwarf Aquarium Lily

10 Tanaman Air Tawar Terbaik Untuk Aquascaping

 Tanaman yang menarik yang menghasilkan daun berbentuk unik, lily kerdil akuarium mudah dirawat. Bola lampu harus ditanam setengah jalan dari substrat atau ia akan mati.

Baca juga >>
25 Desain Aquascaping terbaik di Dunia

Ketika saatnya untuk mendekorasi akuarium,  Anda bebas menggunakan kreativitas Anda sendiri.

Namun, jika Anda ingin menanam tangki yang subur dan berkembang dengan penampilan alami, Anda harus menyertakan beberapa tanaman hidup.

Tumbuhan hidup yang dijelaskan dalam artikel ini sangat cocok untuk pemula, jadi ambil apa yang telah Anda pelajari dan manfaatkan!

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat