SEON One Stop Solution Bisnis Online Indonesia

Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

Cluster Cut Nyak Dien

Sumedang, Jawa Barat.

}

Senin - Sabtu

08.00 - 18.00

Phone Whatsapp

0822-1914-1914

10 Cara Memulai Bisnis Travel Wisata Dengan Mudah 2018 SEON One Stop Solution 23:34

10 Cara Memulai Bisnis Travel Wisata Dengan Mudah 2018

10 Cara Memulai Bisnis Travel Wisata Dengan Mudah 2018

10 Cara Memulai Bisnis Travel Wisata Dengan Mudah 2018

Sobat SEON, kali ini kita akan membahas mengenai cara memulai bisnis travel wisata yang bisa dijalankan dengan mudah.

Bisnis travel saat ini sedang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Selain dukungan tiket perjalanan yang cukup terjangkau, anda juga akan semakin mudah menjangkau banyak tempat dengan informasi dari sosial media. Apalagi ada beberapa tempat yang saat ini sudah mulai bisa dikunjungi dengan transportasi yang cukup baik.

Pembelian beberapa bagian dari akomodasi seperti tiket pesawat, voucher hotel dan lainnya juga sangat mudah. Ada beberapa pilihan aplikasi travel yang menawarkan seluruh layanan itu. Hal ini juga yang memberikan peluang besar bagi anda untuk mendapatkan ide bisnis travel. Tentu saja anda akan membutuhkan modal yang diperhitungkan sesuai dengan konsep bisnis travel yang diinginkan.

Berikut ada 10 cara memulai bisnis travel wisata dengan mudah yang bisa anda pertimbangkan.

1. Menjalankan Usaha Travel Secara Serius

Hal pertama yang harus anda miliki adalah visi dan niat yang besar. Saat ini sudah banyak bisnis travel yang dijalankan pihak lain. Hal ini tentu akan memberikan pengaruh terhadap kompetisi yang dilakukan. Selain itu, kondisi ini juga akan berkaitan dengan relasi yang anda miliki. Semakin luas relasi yang anda miliki tentu saja akan memudahkan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Biasanya metode bisnis travel ini tidak hanya berkaitan dengan penjualan tiket namun juga paket wisata. Anda harus menentukan model bisnis yang anda jalankan dalam waktu yang cukup lama.

2. Membuat Profil Usaha Travel

Tentu saja anda akan membutuhkan profil usaha yang akan memberikan pengaruh terhadap nilai jual dari bisnis travel seperti ini. Hal ini juga berkaitan dengan branding yang anda gunakan. Semakin menarik branding yang anda tawarkan tentu saja orang lain juga akan semakin mudah untuk mengenal bisnis yang anda jalankan. Tidak ada salahnya memberikan profil yang tidak terlalu berlebihan dan penampilan sederhana. Metode ini juga akan membantu bisnis anda untuk berkembang. Profil dan branding dari bisnis travel yang anda jalankan sebaiknya diterapkan sesuai dengan target pasar yang ingin diraih. Namun, pola seperti ini juga harus dilakukan dengan sangat sabar.

Baca juga  10 peluang usaha dengan modal kecil terbaru 2018

3. Membuat Pemetaan Lokasi Travel 

Detail lain dari cara mudah untuk memulai bisnis travel wisata yang harus diperhitungkan adalah lokasi yang sangat strategis. Bisnis travel juga membutuhkan lokasi yang sangat strategis. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan terhadap pengelolaan dan informasi yang didapat oleh pelanggan. Semakin baik lokasi dari bisnis travel yang anda jalankan biasanya akan semakin mudah dikenal oleh orang lain. Tampilan dari lokasi bisnis travel ini sebaiknya tidak terlalu mewah. Namun, kenyamanan menjadi hal yang utama untuk membuat lokasi ini menjadi lebih baik. Bahkan, lokasi travel yang nyaman juga akan mempengaruhi keputusan calon pelanggan untuk menggunakan jasa anda.

4. Mulai Memikirkan Branding Usaha Travel

Branding menjadi hal yang sangat penting saat ini. Apalagi branding juga mempengaruhi nilai jual yang cukup baik untuk berbagai bisnis, termasuk usaha travel. Rincian branding dimulai dari nama, logo, pelayanan, hingga harga. Masing-masing dari bagian ini sebaiknya diatur dengan sangat maksimal. Bahkan, anda juga harus memikirkan pengelolaan nilai jual dari nama dan logo. Ini biasanya dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan orang lain saat akan mendengar nama dari bisnis travel anda atau mlihat logo di suatu tempat. Semakin baik nilai brand anda tentu saja orang lain juga akan semakin memberikan kepercayaan.

5. Mendaftarkan Bisnis Travel

Rincian lain dari cara mudah untuk memulai bisnis travel wisata adalah dengan mendaftarkan kepada pihak terkait. Salah satu bagian yang harus anda ketahui adalah seluruh branding dari usaha ini harus dilindungi HAKI atau Hak Atas Kekayaan Intelektual. Ini biasanya menyangkut nama atau logo agar tidak tersangkut masalah di kemudian hari. Selain itu, bisnis juga biasanya harus didaftarkan pada beberapa kementerian seperti kementerian pariwisata, industri dan lainnya. Masing-masing daerah memiliki kebijakan yang berbeda berkaitan dengan peraturan seperti ini.

Baca juga  10 usaha dengan modal kecil menguntungkan 2018

6. Menentukan Paket Wisata atau Travel yang Menarik

Paket wisata menjadi hal penting dari suatu bisnis travel. Apalagi saat ini ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan berbagai daya tariknya. Anda harus menentukan paket wisata yang disesuaikan dengan target khalayak. Bila anda ingin menyasar target menengah keatas mungkin bisa menawarkan paket wisata untuk bepergian ke luar negeri. Namun, anda juga bisa menawarkan paket wisata mahal dengan mengunjungi daerah yang cukup jauh seperti raja ampat. Selain itu, anda juga bisa menargetkan kunjungan ke beberapa wisata yang murah untuk menyasar kalangan menengah.

7. Menggunakan Metode Pemasaran Ideal

Ada banyak metode pemasaran yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis travel ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sosial media. Anda bisa beriklan di sosial media dengan rincian paket wisata hingga harga yang ditawarkan. Selain itu, metode pemasaran lain yang bisa diperhitungkan adalah dengan melibatkan beberapa tokoh ternama seperti endorsement. Namun, jangkauan yang cukup luas menjadi bagian yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Hal ini biasanya dilakukan dengan memberikan layanan yang sangat baik bagi para pelanggan dan para pengguna jasa anda akan menawarkan review kepada orang lain.

8. Memperluas Jaringan dan Jangkauan Bisnis

Untuk memulai bisnis ini sebaiknya perhitungkan juga jaringan atau jangkauan bisnis yang anda miliki. Semakin luas jaringan yang anda miliki tentu saja akan semakin mudah menawarkan paket wisata hingga layanan travel yang diberikan. Selain itu, ada juga beberapa detail lain yang mungkin bisa diperhitungkan. Biasanya rincian seperti ini juga menawarkan beberapa paket dengan harga terjangkau untuk memperluas jaringan atau komunitas tertentu. Metode bisnis ini diharapkan akan menyebarkan peluang yang dimiliki.

Baca juga  Apa Itu Ekonomi Bisnis Dalam Ilmu Ekonomi 2018

9. Mempertimbangkan Integrasi Secara Online

Jangan lupa untuk memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menjalankan bisnis ini. Biasanya dukungan teknologi akan semakin memudahkan proses bisnis travel yang diinginkan. Apalagi saat ini ada banyak pilihan platform yang bisa anda gunakan selain menawarkan paket wisata hingga menerapkan metode promosi yang baik. Salah satunya mungkin dengan menggunakan aplikasi yang mudah dipakai oleh orang lain. Melalui aplikasi ini berikan layanan dan informasi hingga tarif paket wisata yang ditawarkan. Tentu saja ini akan membantu orang lain mendapatkan informasi yang diinginkan.

10. Menjalin Komunikasi Interaktif dengan Pelanggan

Cara berkomunikasi yang baik menjadi hal penting untuk meyakinkan para pelanggan. Anda harus menjelaskan seluruh pilihan produk yang diberikan dengan penawaran harga. Bahkan, anda juga bisa menawarkan informasi melalui beberapa media tambahan seperti booklet atau brosur. Berikan informasi dengan jelas dan jawab secara rinci seluruh pertanyaan yang diajukan oleh para calon pelanggan. Hal ini akan menjadi nilai lebih dari bisnis travel yang akan anda jalankan.

Demikian pembahasan mengenai 10 cara memulai bisnis travel wisata dengan mudah di tahun 2018. Semoga tulisan ini bermanfaat. Jangan lupa like dan share jika anda merasa artikel ini layak untuk dibagi ke orang orang terdekat anda.

Sumber : Bisnis Online Indonesia

 

5/5 (1 Review)

Previous

Next

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

/* */